11 Keuntungan dan Kerugian Bisnis Air Isi Ulang

Sponsors Link

Air putih merupakan kebutuhan pokok yang harus ada di dalam rumah atau sebuah rumah tangga. Air putih bisa digunakan untuk segala macam aktivitas di rumah, mulai dari minum setelah atu sebelum makan, untuk memesak, untuk membuat kue dan masih banyak lainnya. Tanpa air bisa kita bayangkan apa yang akan terjadi dalam kehidupan kita.

Dahulu orang tua kita mendapatkan air mineral dari memasak air biasa air dari sumur atau dari kamar mandi. Namun sekrang hal ini jarang kita temui bahkan tidak pernah kita ditemui lagi,  hal ini disebabkan karena sekarang mulai banyak air mineral dalam kemasan atupun air isi ulang. Sebagian besar memilih yang air galon atau air kemasan daripada harus ribet memasak air sendiri,  karena selain praktis juga tidak perlu menghabiskan waktu. Lebih baik waktu digunakan untuk bekerja atau beraktivitas lain daripada harus memasak air.

Saat ini banyak depot-depot isi ulang air mineral, mulai dari air oksigen atau air mineral biasa. Sebagian besar orang melihat peluang ini dan menjadikan isi ulang air sebagai usaha sampingannya. Mulai dari ibu rumah tangga sampai pegawai atau pengusaha. Hal ini dikarenakan untuk memulai bisnis ini tidak memerlukan dana yang begitu besar, tidak membutuhkan tempat yang luas hanya cukup dengan teras rumah dan mendapatkannya pun mudah, selain itu konsumenpun juga sudah tercecer dimanapun jadi tidak usah bingung mencari pelanggan.

Namun ada salah satu hal yang harus kita ketahui sebelum menjadikan isi ulang ini bisnis kita, karena semua yang ada di dunia ini memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Dalam ulasan kali ini kita akan menganalisa kelebihan dan kelemahan dari bisnis isi ulang air.

(Artikel terkait : fungsi ilmu ekonomi)

Keuntungan bisnis air isi ulang

  1. Modal kecil

Untuk menjalankan usaha ini tidak memerlukan dana yang besar seperti mendirikan usaha bengkel, usaha restoran dan lainnya. Karena hanya membutuhkan beberapa alat saja, alat pengisi air mineral, galon, dan alat pembersih. Dengan bermodal alat-alat-alat tersebut dengan dibarengi keteguhan yang kuat, maka anda bisa menjalankan bisnis air isi ulang ini. Anda tidak perlu memikirkan hutang ke bank atau apa lah, anda cukup memanfaatkan uang tabungan anda.

  1. Untung besar

Bisnis ini merupakan pilihan tepat untuk anda yang ingin mendapatkan utnung besar. Karena konsumen membutuhkan sesuatu yang praktis dan mudah, selain itu zaman modern ini waktu luang dari beberapa orang sedikit, mereka lebih sering menghabiskan waktu untuk mencari uang. Bisa kita bayangkan selama 3x seharii orang akan mengisi galonnya, maka keuntungan akan kita raih semaksimal mungkin.

Sponsors Link

  1. Simple dan praktis

Air isi ulang merupakan pilihan bagi orang yang praktis dan simple. Selain mudah dalam melakukan bisnis ini bagi pebisnis, air isi ulang juga praktis bagi konsumen. Jadi air isi ulang ini merupakan hal yang simple dan praktis bagi hidup kita.

  1. Tidak membutuh tempat yang luas

Bisnis air isi ulang ini merupakan usaha yang tidak buutuh ruang atau tempat yang luas, anda hanya cukup dengan memanfaatkan teras rumah anda untuk dijadikan depot sederhana. Anda tidak usah bingung mencai tempat atau membangun suatu ruang baru di rumah atau di tempat lain.

  1. Mudah mendapatkan pasokan

Selama air masih ada pasokan air untuk isi ulang akan terjamin. Jadi bisnis ini mudah dilakukan karena pasokan tidak akan pernah habis.

  1. Mudah mencari pelanggan

Dalam bisnis ini tidak usah bingung mencari pelanggang, tetangga atau teman sekitar anda akan menghampiri depot anda untuk mengisi ulang galonnya. Karena air merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi, selain murah air isi ulang juga praktis.

Kerugian bisnis air isi ulang

Sponsors Link
  1. Modal kembalinya lama

Kita ketahui sendiri harga satu galon isi ulang hanya berkisar antara 3-5 tibu, sedangkan alat-alat yang kita perlukan dalam menjalankan bisnis ini membutuhkan banyak biaya, seperti alat pengisi galon, sanitasi, alat pembersih dan lainnya, tentu membutuhkan uang yang tidak sedikit.  Memang modal yang kita keluarkan bisa kembali namun cukup lama dikarenakan beberapa faktor tersebut.

  1. Berhubungan dengan reputasi

Kenapa bisnis ini bisa dibilang berkaitan dengan reputasi, karena sedikit kesalahan reputasi kita akan turun di mata masyarakat sekitar, bahkan bisa membuat anda menutup bisnis ini. Mulai dari proses pembersihan, pengemasan dan pengisian harus diperhatikan jika salah sedikit saja maka hal ini akan menjadi buruk bagi konsumen, bisa jadi penyakit atau apapun itu. Jadi bila ingin melaksanakan bisnis ini anda harus benar-benar berhati-hati.

  1. Kurangnya teknologi

Teknologi dalam bisnis ini juga merupakan salah satu kelemahan. Kita tahu sendiri mulai dari pembersihan galon yang masih terbilang sederhana sehingga kemungkinan masih ada bakteri yang menyangkut terbilang besar, selain itu proses pengemasan juga terbilang sederhana hanya dengan penutup plasik tanpa adanya sterilisasi sebelumnya, sehingga kebersihanpun kurang begitu terjaga.

  1. Pengawasan dan pengendalian yang kurang

Bisnis ini tidak ada pengawasan yang ketat atau standarisasi yang cukup. Bisnis ini terbilang bebes hanya ada ijin dinas kesehatan untuk mengedarkan air isi ulang, namun dalam prosesnya tidak ada pengawasan dan pelatihan untuk menjadi lebih baik. jaminan mutupun sngat diragukan karena tidak adanya standart yang tetap untuk air isi ulang ini.

  1. Kualitas rendah

Berbicara tentang kualitas memang air isi ulang ini masih tergolong rendah. Dari segi kesehatan, air hasil masakan sendiri lebih aman dan sehat adripada air isi ulang. Dari segi teknologi juga masih sederhana tidak ada penjaminan mutu, dan beberapa aspek lainnya. (Baca juga : penyebab kegagalan usaha)

Itulah ulasan atau analisis singkat tentang bisnis air isi ulang. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi anda ketika ingin membuka usaha air isi ulang ini. (Artikel terkait : peluang usaha air isi ulang)

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Peluang Bisnis