10 Fungsi Ekonomi Pembangunan di Indonesia

Sponsors Link

Ekonomi pembangunan sangat penting untuk dipelajari dan dijalankan karena bertujuan akhir pada kesejahteraan masyarakat suatu negara. Selain itu masih banyaknya masalah yang terjadi di negara-negara berkembang seperti pendidikan, kesehatan masyarakat dan lain sebagainya menyebabkan suatu negara harus segera mengatasi masalah tersebut. Di situlah perlunya ekonomi pembangunan yaitu untuk membangun ekonomi masyarakat serta negara yang lebih baik dan maju. (Baca juga : Jenis Asuransi Kendaraan)

Terjadinya pembangunan ekonomi di suatu negara dapat diukur melalui pendapatan nasional riil per kapita masyarakat yang mengalami pertumbuhan hingga 5-7% atau lebih dalam kurun waktu yang panjang. Karena itu yang memengaruhi dalam pembangunan ekonomi adalah masyarakat. Mengingat masyarakat adalah pelaku atau subyek dari pembangunan ekonomi sekaligus obyek atau tujuan akhir dari pembangunan ekonomi tersebut. Maka menjadi perlu bagi masyarakat untuk mengetahui fungsi dari ekonomi pembangunan, agar mereka dapat berperan aktif dalam pembangunan ekonomi negaranya. Di mana hal itu akan memberikan dampak positif kembali kepada masyarakat itu sendiri yaitu kesejahteraan hidup. Berikut pembahasan mengenai fungsi ekonomi pembangunan bagi suatu negara.

Pengertian Ekonomi Pembangunan

Ekonomi pembangunan adalah salah satu cabang ilmu ekonomi yang mempelajari masalah-masalah pembangunan yang terjadi di negara-negara sedang berkembang untuk kemudian mencari solusi pemecahan atas masalah tersebut agar pembangunan ekonomi di negara-negara yang bersangkutan dapat tumbuh dan berkembang dengan cepat.

Sedangkan pembangunan ekonomi adalah upaya yang dilakukan suatu negara untuk mengembangkan perekonomiannya. Pembangunan ini mengandung arti sebagai proses perubahan yang terjadi terus menerus atau dalam jangka waktu yang panjang. (Baca juga : Fungsi Pajak dalam Perekonomian)

Fungsi Ekonomi Pembangunan

Secara umum, fungsi ekonomi pembangunan adalah menciptakan upaya-upaya untuk memperbaiki taraf hidup masyarakat. Sedang bagi civitas pendidikan atau pelajar, fungsi dari ekonomi pembangunan adalah untuk membantu memahami pertanyaan dan permasalahan kritis yang berkaitan dengan perekonomian negara-negara di dunia. Maka jika dikupas satu per satu, fungsi di atas meliputi hal-hal berikut :

  1. Menciptakan lapangan pekerjaan dan mengurangi pengangguran

Dengan mempelajari ekonomi pembangunan, suatu negara akan mampu menumbuh dan kembangkan pembangunan perekonomiannya. Jika pembangunan ekonomi sudah tumbuh dan berkembang dengan baik dan cepat maka akan bisa menciptakan lapangan pekerjaan. Terjadinya pembangunan ekonomi akan meliputi di berbagai sektor termasuk sektor industri. Jika industri berkembang tentu saja mereka akan membutuhkan tenaga kerja dalam jumlah yang besar. Maka di sinilah tercipta lapangan pekerjaan bagi masyarakat sehingga bisa mengurangi tingkat pengangguran. (Baca juga : Jenis Asuransi Kerugian)

  1. Menurunkan angka kemiskinan

Penciptaan lapangan pekerjaan dalam jumlah besar karena ekonomi yang berkembang seperti pada poin 1 di atas, akan meningkatkan pendapatan per kapita masyarakat. Sehingga akan mengurangi pengangguran dan menurunkan angka kemiskinan masyarakat di suatu negara yang bersangkutan.

  1. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pendapatan nasional

Ekonomi pembangunan yang bisa diaplikasikan dengan baik akan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu negara. Bila hal tersebut terjadi sekaligus terjadi pula penciptaan lapangan kerja yang banyak, maka akan memengaruhi tingkat pendapatan nasional. Karena semakin banyak industri akan semakin banyak pula pendapatan pajak negara sehingga pendapatan nasional pun turut meningkat. (Baca juga : Sumber Pendapatan Daerah)

Sponsors Link

  1. Memperlancar kegiatan ekonomi

Jika ekonomi pembangunan dapat diterapkan, kegiatan ekonomi yang termasuk dari pembangunan ekonomi itu sendiri akan berjalan dengan baik dan lancar. Hal itu dikarenakan masalah-masalah yang menghambat laju ekonomi telah terpecahkan atau terselesaikan.

  1. Memperbaiki pendidikan masyarakat

Pendidikan merupakan salah satu faktor yang menjadi masalah penting dalam pembangunan ekonomi di negara-negara berkembang. Karenanya jika ekonomi pembangunan dilakukan secara serius dan fokus serta berkesinambungan, maka masalah pendidikan akan mampu terpecahkan. Pendidikan masyarakat akan bisa diperbaiki seiring dengan pembangunan ekonomi yang baik.

  1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia

Pembangunan ekonomi yang tumbuh dengan pesat serta pendidikan masyarakat yang semakin membaik, akan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia suatu negara. Karena kualitas sumber daya manusia dipengaruhi oleh faktor pendidikan dan kemampuan ekonominya. (Baca juga : Jenis Pajak Langsung)

  1. Membentuk faktor modal

Sulitnya pembentukan faktor modal adalah salah satu permasalahan lain yang ada dalam pembangunan ekonomi suatu negara. Hal tersebut bisa karena berbagai faktor. Salah satunya karena kesejahteraan masyarakat suatu negara yang masih di bawah rata-rata sehingga tidak ada keinginan maupun kemampuan untuk menyisihkan dana guna mengembangkan modal mereka.

Namun hal tersebut akan berlaku sebaliknya ketika pembangunan ekonomi suatu negara berjalan lancar dan terus berkembang pesat. Masyarakat akan bisa memikirkan hal selain kebutuhan pokoknya seperti menginvestasikan modalnya pada sektor-sektor perekonomian.

  1. Mendorong terciptanya teknologi canggih

Pembangunan ekonomi yang terus tumbuh dan bergerak cepat akan memengarui ilmu pengetahuan. Karena perkembangan ekonomi akan seiring dengan perkembangan ilmu pengetahun. Selain itu, pembangunan ekonomi juga memengaruhi perkembangan industri ke arah yang baik. Di mana perkembangan ilmu pengetahuan dan industri yang kian maju akan bisa menciptakan teknologi-teknologi canggih seperti mesin-mesin atau robot. Karena teknologi merupakan kebutuhan terkait kegiatan industri modern. (Baca juga : Cara Untuk Mendapatkan Modal Usaha)

Sponsors Link

  1. Menumbuhkan kepercayaan diri dalam bernegara

Selain untuk menyejahterakan warga negaranya, tujuan bernegara suatu bangsa adalah untuk dapat bersosialisi dan menjalin kerja sama dengan negara-negara lain di dunia. Karena itu diperlukan rasa percaya diri agar bisa menjalin hubungan baik dengan dunia global. Di mana rasa percaya diri tumbuh karena perekonomian negaranya yang baik. Seperti halnya manusia yang akan merasa percaya diri jika memakai pakaian yang layak dan bagus, atau memiliki fisik yang tampan atau cantik. Seperti itulah kepercayaan diri sebuah negara yang akan tumbuh tinggi jika perekonomian negaranya berkembang dengan baik dan pesat. Maka untuk mewujudkannya, diperlukan ekonomi pembangunan untuk memperbaiki perekonomian suatu negara demi kemajuan dan kesejahteraan negara yang bersangkutan sehingga menumbuhkan kepercayaan diri dalam hal bernegara. (Baca juga : Penyebab Kegagalan Usaha)

  1. Mendatangkan bantuan dari dalam maupun luar negeri

Bantuan dana untuk suatu negara bisa berupa pinjaman atau pun investasi, di mana bantuan tersebut bisa berasal dari dalam (lokal) atau pun luar negeri (asing). Negara adalah entitas ekonomi, di mana jika ingin mendapatkan bantuan dana harus memiliki kemampuan ekonomi yang bagus. Karena itu pembangunan ekonomi yang baik dan pesat akan berpengaruh pada kemampuan ekonomi suatu negara. Jika sudah demikian, pembangunan ekonomi yang pesat bisa mengundang perhatian para pemberi pinjaman maupun investor. Di samping itu pembangunan ekonomi akan meningkat seiring dengan tumbuhnya kepercayaan diri suatu negara seperti pada poin 9 di atas. (Baca juga : Fungsi Budgeter Pajak)

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Ekonomi Makro