Sponsors Link

4 Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna Dalam Ekonomi

Sponsors Link

Apa yang anda bayangkan ketika membaca istilah pasar persaingan sempurna ? tidak banyak orang awam yang dapat melakukan definisi secara nalar mengenai pengertian pasar persaingan sempurna.

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

Dalam pasar persaingan sempurna, permintaan dan penawaran akan dilakukan secara bebas. Tidak ada monopoli terhadap suatu kawasan atau produk tertentu. Pasar persaingan sempurna adalah pasar yang harganya tidak dipengaruhi sama sekali oleh penjual atau pembeli. Setiap harga yang terbentuk murni hasil kesepakatan dari permintaan dan penawaran yang tengah berlangsung. 

Contoh Pasar Persaingan Sempurna

Setelah mengetahui definisi dari pasar persaingan sempurna, pastinya anda telah memiliki pasar yang dapat dijadikan contoh. Pasar persaingan sempurna yang berharga murni dari permintaan dan penawaran bisa kita buktikan ketika sedang berjalan-jalan ke pasar tradisional atau dari petani ke tengkulak.

(Baca juga : Pasar Persaingan Tidak Sempurna)

Apabila seorang penjual menyediakan barang dengan harga di atas rata-rata akan membuat dagangannya sepi pembeli. Begitu pun jika terlalu murah –kecuali untuk menghabiskan stok-, pastinya penjual tidak mendapat laba besar. Sehingga harga benar-benar ditentukan oleh kesepakatan permintaan yang menjadi kebutuhan konsumen dengan penawaran yang dilakukan penjual.

Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna

Untuk dapat memudahkan identifikasi jenis pasar, anda dapat mengingat ciri-ciri pasar persaingan sempurna sebagaimana berikut : (Baca juga : Bentuk-bentuk Pasar)

  • Informasi lengkap

Seorang pembeli yang sudah menjadi pelanggan di pasar tradisional akan mengenal dengan baik produk yang dijual. Biasanya, ibu-ibu akan mengenal mulai dari waktu-waktu yang tepat untuk mendapatkan harga murah, tempat penjual barang dengan kualitas tinggi, berapa harga pasarannya sampai pada cara merayu penjual. Segala informasi lengkap saling diketahui oleh penjual dan pembeli dalam proses pencapaian kesepakatan harga.

  • Harga Bebas

Tidak seperti produk yang dijual di supermarket atau online shop yang sudah memasang harga jual. Dalam pasar persaingan sempurna harga tidak ditentukan oleh penjual yang melakukan monopoli. Harga bersaing bebas di pasaran sesuai dengan penawaran dan permintaan. Untuk itu diperlukan kejelian dan kemahiran dalam bidang negosiasi harga untuk mendapatkan harga terbaik kualitas nomor satu.

(Baca : Manfaat Ekonomi Mkro)

  • Bebas dari Pemerintah

Perbedaan yang sangat kentara. Dalam dunia pasar persaingan sempurna, pemerintah tidak akan ambil bagian apapun dalam menentukan harga. Justru ketika terjadi monopoli barang, penimbunan suatu produk yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat, pemerintah yang akan turun tangan agar barang yang ditimbundapat dikeluarkan kembali.

Berbeda dengan pasar modern yang tidak memiliki persaingan sempurna. Untuk setiap item yang memiliki nama, apalagi produk impor, sudah diwajibkan membayar pajak. Pajak yang seharusnya dibayarkan perusahaan yang memiliki produk akan dialihkan kepada konsumen yang mengonsumsi. Caranya dengan memasukkan nilai pajak ke dalam harga per item.

Sponsors Link

  • Homogenitas Barang

Pasar persaingan sempurna dianggap merakyat. Oleh karena itulah ada stigma yang tumbuh di masyarakat bahwa barang yang diperjualbelikan di pasar persaingan terbuka memiliki sifat homogenitas sama. Artinya antara satu penjual dengan penjual lain yang menyediakan barang sama, kualitasnya tidak jauh beda. Bisa saja 3 orang penjual tahu mengambil barang dari produsen yang sama.

Apabila kita mengunjungi tempat pasar persaingan tidak sempurna, kita akan menemukan banyak penyedia produk sejenis dengan pautan harga yang banyak. Selisih harga ini salah satunya dipengaruhi oleh brand barang yang berkaitan erat dengan kualitas. Misalkan dompet merk X seharga Rp. 25.000, sementara itu di kios sebelahnya harga Rp. 125.000 untuk sebuah dompet ukuran serupa.

  • Kekuatan Pasar

Dikarenakan tidak ada pihak yang menjadi penentu dalam pasar persaingan tidak sempurna, munculah kekuatan pasar. Kekuatan ini dimaksudkan untuk mewakili permintaan dan penawaran yang sama sekali tidak dapat dikalahkan oleh siapapun kecuali persediaan barang dagang.

(Baca juga : Fungsi Pasar Uang)

Dengan mengidentifikasi keadaan di pasar persaingan sempurna, kita dapat memaklumi budaya dan kondisi fisik mereka. Para penjual di sana kebanyakan memiliki kekuatan tubuh yang tidak sebanding sama sekali untuk melawan harga. Ada banyak juru parkir bahkan preman pasar yang kadang-kadang melakukan tindak kriminalitas. Pemandangan yang sangat sulit dijumpai pada pasar persaingan tidak sempurna.

  • Bebas Keluar Masuk

Kesempurnaan pasar jenis ini makin terlihat menonjol. Setiap penjual yang sudah bosan dengan keadaan pasar dan berniat keluar dari industry pasar bebas keluar begitu saja. Tidak ada hal berarti yang menjadi mensyaratkan apalagi menghalangi. Setiap pembeli yang ingin menjadi pelanggan juga tidak perlu melakukan registrasi yang muluk-muluk. Tinggal belanja sesuka hati. Ya, sesederhana itu. (baca juga : Macam Kredit Pasif).

  • Jenis Komoditi

Ciri yang terakhir yaitu jenis komoditi yang diperjualbelikan biasanya berupa bahan-bahan pokok seperti beras. Tidak ada penjual tas bermerk orisinil yang menjual barangnya dengan harga selangit di pasar persaingan sempurna. Mereka tahu banyaknya penjual dan pembeli tidak mempengaruhi harga pasar yang berarti keuntungan yang didapatkan tidak akan sebesar penjualan di pasar persaingan tidak sempurna.

Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna

Di samping minimalnya inovasi pada produk yang ditransaksikan dalam jenis pasar persaingan terbuka.Tentunya sebagai salah satu jenis pasar yang telah ada sejak munculnya industri perekonomian dalam masyarakat, pasar persaingan memiliki keunggulan yang menjadikannya tetap lestari dengan sempurna hingga kini.

1. Bebas

Sampai kapan saja, masyarakat akan cenderung menyukai kebebasan. Kebebasan memilih barang, menentukan harga. Tentunya tetap dengan output barang dan jasa yang berkualitas baik. Tidak adanya keterpusatana pada suatu produk atau pihak tertentu ini menjadi daya tarik yang menjaga keberadaan pasar persaingan sempurna.

2. Efisien

Selain bebas menentukan harga, seorang penjual dapat membuat produksinya efisien. Tergantung bagaimana cara penjual atau produsen dalam mengomposisikan bahan dalam barang yang diproduksi. Bagaimana caranya memproduksi barang dengan biaya serendah-rendahnya tetapi tetap standar pasar.

(Baca juga : Resiko Investasi di Pasar Uang)

Sponsors Link

3. Sederhana

Tidak ada syarat rumit untuk menjadi subjek bagian dari pasar persaingan terbuka. Tidak ada peraturan pajak yang memerlukan penghitungan dan penyediaan dana lebih dalam setiap transaksi.

Jadi, apakah anda tertarik bertransaksi di pasar persaingan sempurna, atau masih ragu dengan keamanannya ?. Tenang saja, pemerintah di berbagai kota sudah meningkatkan pembasmian preman yang biasa mengganggu ketertiban umum. Pemerintah juga melakukan banyak rehabilitasi terhadap bangunan-bangunannya agar lebih bersih dan tertata rapi.

Berbagai upaya dari pemerintah dan pihak pengembang dilakukan untuk mengunggulkan pasar persaingan sempurna di atas monopoli yang dilakukan jenis pasar lain. Pemerintah daerah banyak yang menyediakan tempat dengan posisi sedemikian rupa di alun-alun, taman kota, bahkan dipusatkan dalam suatu lingkungan pasar tradisional. Silahkan putuskan saja. Yang jelas, anda akan membantu usaha ekonomi mikro dengan terjun ke dunia pasar ini. Jangan lupa share ya jika artikel ini membantu.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Ekonomi Mikro