Sponsors Link

14 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Baik

Sponsors Link

Di era modern ini kita dituntut untuk pintar memenajemen uang kita. Hal ini memang kecil namun apabila kita tidak peduli maka kita akan mengalami sebuah kesulitan. Bahkan kebanyakan orang mengalami kegagalan akibat kurangnya menata keuangannya. Dengan kebutuhan semakin meningkat maka kita diharuskan untuk pintar-pintar menata uang. Bagaimana cara kita untuk tetap memenuhi kebutuhan hidup tanpa harus merana atau sengsara dalam hidup anda karena tidak ada uang. Jangan pernah remehkan manajemen uang ini, karena jika urusan finansial mengalami gangguan maka yang lain juga akan terpengaruh.

ads

Uang adalah kebutuhan penting di hidup kita. Uang adalah alat penukar, selain itu dengan uang kita berinvestasi dan lain sebagainya. Saat ini tidak ada orang yang tidak ingin uang, mereka rela pergi pagi pulang pagi hanya untuk mencari uang. Namun permasalahan yang sering terjadi adalah ketika uang sudah ada di genggaman tangan tapi kita bingung mau diapakan dan tiba-tiba uang sudah habis. Dalam ulasan kali ini kita akan memberikan tips dan trik dalam mengatur keuangan pribadi kita.

  1. Tetapkan tujuan keuangan anda

Sebelum anda mengatur keuangan anda, tetapkan lah dulu tujuan keuangan anda apakah untuk memnuhi kebutuhan sehari-hari, ataukah untuk bersenang-senang atau yang lainnya. Hal ini merupakan hal dasar yang harus anda lakukan sebelum mengatur uang anda. Tujuan inilah yang akan menjadi pengikat dan motivasi anda untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan tujuan anda, jadi anda bisa fokus pada satu titik penmggunaan uang anda.

  1. Buatlah lis kebutuhan selama 1 bulan

Anda harus mengelis kebutuhan selama 1 bulan. Mulai dari kebutuhan untuk makan, untuk bekerja dan lainnya. Dalam hal ini anda harus siapkan dana cadangan untuk menyiapkan kebutuhan atau keperluan yang mendadak atau tidak direncanakan. Dengan hal ini anda tidak akan kebingungan atau kelabakan dalam memenuhi kebutuhan dadakan kita. Selain itu anda juga harus pintar memilih dan membedakan mana yang termasuk kebutuhan dan keinginan. Utamakan kebutuhan anda, untuk masalah keinginan bisa dipenuhi kapan pun yang penting kebutuhan sehari-hari anda terpenuhi. Kebutuhan yang mungkin terjadi dalam sebelun adalah, tagihan listrik, pulsa, bensin, sembako, perlengkapan mandi, bahan masakan dan masih banyak lainnya.

  1. Buatlah skala prioritas

Skala prioritas ini dibuat untuk mengetahui kebutuhan mana yang paling urgent dan harus dipenuhi terlebih dahulu. Dengan adanya skala prioritas ini anda tidak akan kebingungan dalam ememnuhi kebutuhan hidup anda dan untuk belajar hidup hemat. Karena pemenuhan kebutuhan anda bisa tertaur dan tersistematis dengan baik karena keperluan yang dipenuhi terlebih dahulu adalah yang benar-benar kita butuhkan jadi di sini kita lebih mudah untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Anda bisa bedakan mana yang termasuk kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan contohnya adalah sembako, bensin, listrik. Sedangkan keinginan seperti ingin berlibur ke luar negeri, ingin memiliki Hp dengan spesifikasi tinggi dan masih banyak lainnya.

  1. Pisahkan antara uang belanja dan yang di tabung

Ketika anda menerima gaji atau menerima uang, maka segera pisahkan antara uang untuk belanja dan uang yang ditabung. Dengan anda menabung maka anda akan memiliki dana cadangan atau simpanan yang bisa anda gunakan kelak ketika anda butuh. Usahakan dalam keadaan apapun anda menyisihkan uang anda berapapun itu untuk menabung. Karena ketika anda tidak menanbung, maka ketika uang anda habis dan kebutuhan hidup belum terpenuhi ini akan menimbulkan masalah besar buat kita, juga bisa menimbulkan niatan jelek untuk melakukan segala hal yang penting dapat uang.

  1. Tahan keinginan anda

Dalam hal mengatur keunagan pribadi, anda harus pintar-pintar membelanjakan uang ayang anda miliki, tahan keinginan atau nafsu anda. Karena jika anda menuruti keinginan anda, maka uang yang ada di tangan mudah habis. Salah satu contohnya adalah jangan samapi anda tergoda dengan adanya promo atau diskon, hal ini yang memotivasi anda untuk menuruti kemauan anda. Sebenarnya diskon itu hanya sebagai daya tarik bukan potongan harga yang sebenarnya. Jadi anada bisa menuruti kemauan anda jika memang memiliki uang yang lebih. Tapi jika uang anda pas-pas an maka jangan sekali-kali menuruti keinginan anda.

Sponsors Link

  1. Buatlah tabungan (ATM)

Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan anda menabung atau menyimpan uang lebih baik untuk membuat tabungan di bank atau membuat ATM. Hal ini akan bermanfaat bagi anda, tidak hanya dari sisi keamanan namun dengan disimpannya uang di bank anda tidak terlalu tergoda untuk membeli sesuatu atau menuruti keinginan anda. Berbeda dengan ketika anda menyimpan uang di rumah, dalam situasi ini pasti ada banyak godaan yang anda terima, lama-kelamaan ketika anda tidak memiliki benteng yang kuat maka anda akan menuruti keinginan anda untuk shoping.

  1. Buatlah laporan keuangan

Dengan adanya laporan keuangan ini kita akan bisa mengerti dan mengetahui proses keluar masuknya uang anda. Anda juga bisa mengetahui pengeluaran dan pemasukan selama seblun. Dengan begitu anda bisa melakukan penilaian dan evaluasi terhadap diri anda sendiri. Apakah anda sudah bisa dibilang bijaksana dalam menggunakan dan mengatur keuangan anda atau masih boros dan perlu perbaikan lagi. Laporan keuangan terbukti ampuh dalam mengatur keuangan anda, dengan laporan ini anda bisa melacak kelemahan dari pengaturan anda dan bisa menemukan beberapa peluang bagus untuk mengatur keuangan anda.

  1. Cari produk yang sama dengan harga lebih murah

Hal yang satu ini memang kecil namun jika bisa anda lakukan dengan baik dan continue maka akan menghamat pengeluaran anda. Pasti produk yang anda beli tidak hanya di satu toko itu. Cari tempat dimana anda bisa mendapatkan produk yang sama dengan harga yang lebih murah. Dengan begini anda akan memiliki uang sisa yang bisa untuk ditabung atau dibelikan keperluan lainnya. Jangan malas-malasan untuk mencari yang lebih murah, ketika anda menerima dan cuek dengan harga produk anda, maka anda tidak akan menemukan sesuatu yang bisa mneguntungkan anda. Memang banyak orang yang berfikiran yang penting ada daripada harus cari kesana kemari. Namun alangkah lebih baiknya jika anda bisa melakukan hal ini.

  1. Hindari hutang

Sebisa mungkin anda harus menghindari hutang, karena keberadaan hutang akan mempersulit mengatur keuangan anda. Anda harus memikirkan pemenuhan kebutuhan sekaligus membayar hutang. Hal ini akan menjadi belenggu bagi anda. Jadi anda yang belum memiliki manajemen diri yang baik usahakan hindari hutang. Namun bagi anda yang berani mengambil konsekuensi dan punya niatan kuat misalkan hutang untuk mendirikan usaha atau apa lah. Jadi silahkan saja untuk hutang. Namun alangkah baiknya jika anda tidak memiliki hubungan atau keterkaitan dengan hutang. Karena dengan bebeas dari hutang anda bisa bebeas mengekspresikan dan mengolah harta anda tanpa adanya tanggungan orang lain. Jadi dengan begitu anda bisa mengatur keuangan anda dengan baik. (Artikel terkait : penyebab kegagalan usaha)

  1. Berinvestasi

Untuk meraih keuntungan atau memperpanjang masa keberadaan uang, anda bisa memilih untuk berinvestasi. Anda bisa menginvestasikan harta anda dengan melakukan bisnis. Jaka anda yang suka berinovasi dan punya banyak waktu maka investasikan uang anda untuk bisnis, seperti membuka air isi ulang, jualan pulsa, jualan tas dan lainnya. Namun bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu dan ingin praktis, investasikan uang anda untuk membeli saham di suatu perusahaan. Ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk menginvestasikan uang anda. Namun sebelum melakukan investasi anda benar-benar harus faham dan mengerti tentang keputusan anda, jangan sampai dengan berinvestasi anda menjadi kebingungan dalam memenuhi kebutuhan hidup anda. (Baca juga : peluang bisnis air isi ulang)

  1. Jual barang bekas yang ada di rumah anda

Mungkin anda bertanya-tanya tentang hal yang satu ini. Kenapa dalam mengatur keuangan ada kaitannya dengan jual barang bekas :

  • Dana tambahan

ads
Dengan anda menjual barang bekas kita akan mendapatkan uang tambahan kita tidak akan rugi dengan menjual barang bekas yang ada di rumah anda. Dulu anda membeli barang itu dengan uang, dan sekarang tidak terpakai lagi, jangan biarkan barang-barang itu jadi sia-sia tapi jual lah ke tukang pengumpul barang bekas, dan uang yang anda dapat bisa anda gunakan untuk memnuhi kebutuhan yang lainnya.

  • Menghemat waktu

Waktu kerja kita tidak akan kehilangan dengan harus membersihkan rumah dari barang bekas yang ada. Anda cukup memanggil pengimpul barang bekas, mereka yang akan membersihkannya. Jadi anda tetap bisa bekerja dan mengumpulkan uang seperti biasanya.

  1. Ikut asuransi

Dalam hidup ini kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi. Misalkan kita sakit, atau terkena bencana kita bisa gunakan asuransi kita untuk membantu. Konsep kerja dari asuransi adalah sebagai tempat anda menitipkan uang jaminan bagi kehidupan anda.  Ada beberapa jenis asuransi yang bisa kita ikuti yaitu asuransi kesehatan, asuransi jiwa dan asuransi masa depan. Jadi ketika sewaktu-waktu anda mendapatkan sebuah musibah dan tidak punya uang maka anda bisa menggunakan uang anda yang ada di dalam asuransi tersebut.

  1. Sedekah

Sedekah ini adalah kewajiban bagi kita. Hal ini harus senantiasa anda lakukan untuk membersihkan harta dan membagikan harta yang mungkin bukan hak kita. Dengan sedekah niscaya rejeki kita tidak akan berkurang namun makin bertambah. Setiap gajian atau mendapatkan pemasukan sisihkan uang sebesar 2,5% untuk disedekahkan kepada yang membutuhkan. Jangan sampai anda malas atau merasa rugi bila menyedekahkan harta anda, karena hal itu akan merugikan anda sendiri.

  1. Belajar dari orang lain

Dalam mengatur keuangan anda, ada banyak cara mudah salah satunya dalah belajar dengan orang lain. Mungkin anda bisa diajari oleh orang yang sudah memiliki pengalaman dalam hal menajemn uang, misalkan orang tua anda, guru anda atau orang-orang sukses lainnya. Anda juga bisa melihat melalui internet beberapa cara yang bagus dan baik untuk mengatur keuangan yang telah terbukti bisa berjalan dengan baik. Selain itu kita juga bisa mengikuti seminar yang bertemakan tentang pangaturan uang pribadi. Dengan hal ini kita akan mendapatkan banyak referansi atau arahan yang bagus dalam mengatur keuangan yang kita miliki. Jadi jangan pernah malu untuk belajar.

Itulah beberapa tips dan trik dalam mengatur keuangan anda. Sebenarnya masih banyak tips tentang mengatur keuangan pribadi namun poin-poin di atas telah mencakup semua hal yang diperlukan dalam mengatur keuangan anda. Namun tidak ada larangan apabila anda ingin mengatur keuangan pribadi dengan cara anda sendiri, yang terpenting kita harus benar-benar memikirkan suatu apapun sebelum dilakukan terutama dalam hal finansial ini. Selain itu anda juga harus memiliki suatu strategi dalam menghadapi rintangan yang akan anda temui ketika anda mengatur keuangan anda. Tips diatas lebih condong bagi anda yang masih belum berkeluarga, karena ketika anda sudah di dalam keluarga maka anda harus mengkomunikasikan dengan keluarga anda, serta harus adanya keterbukaan.

(Artikel terkait : fungsi ilmu ekonomi)

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Moneter