Sponsors Link

5 Fungsi Asli Uang Dalam Perekonomian

Sponsors Link

Berbicara tentang uang pasti tidak ada habisnya, uang adalah sesuatu yang selalu mengitari kehidupan kita. Setiap manusia pasti membutuhkan uang, baik untuk membeli barang, memenuhi kebutuhannya, membayar tagihan, membayar hutang dan lain sebagainya. Tidak bisa dipungkiri bahwa uang bisa disebut sebagai kebutuhan pokok manusia. Bahkan kehadiran uang bisa menentukan baik buruknya perekonomian negara. Begitu pentingnya uang bagi kehidupan sampai-sampai timbul suatu permasalahan besar seperti pencurian, perampokan, korupsi dan lain sebagainya.

ads

Uang Dalam Kehidupan

Uang menjadi salah satu magnet kehidupan, karena dengan keberadaannya kita bisa mendapatkan apapun yang kita inginkan dan butuhkan. Kita bisa membeli semua kebutuhan kita muali dari makanan, gadget, pulsa dan lainnya bisa menggunakan uang. Kita bertamasya ke manapun kita mau asalakan ada uang untuk transportasi dan biaya hidup, ingin pendidikan kita bisa memnafaatkan uang yang kita miliki. Perlu anda ketahui bahwasannya uang tidak hanya untuk kebutuhan masa kini ketika anda membutuhkan sesuatu namun uang juga bisa kita gunakan untuk masa depan bahkan setelah kita meninggal misalkan warisan, warisan pasti semua pada akhirnya akan berupa uang, baik uang yang berbentuk maupun uang yang tidak berbentuk seperti rumah, mobil dan lain sebagainya.

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas sesuatu yang berhubungan dengan uang yakni fungsi uang, namun sebelum membahas hal tersebut alangkah baiknya kita menegrti dan faham dulu apa sebenarnya pengertian dari uang tersebut. Definisi tentang uang bisa dipandang melalui dua perspektif yakni perspektif ekonomi tradisional dan perspektif ekonomi modern. Menurut ekonomi tradisional uang merupakan sebuah alat tukar yang bersifat secara umum atau bisa diartikan sebagai sesuatu yang bisa diterima secara umum. yang dimaksud alat tukar di sini adalah alat yang berupa benda apa saja yang bisa digunakan dan diterima oleh setiap individu dalam masyarakat dalam hal proses pertukaran atau jualbeli suatu produk baik barang maupun jasa.

Sedangkan menurut ekonomi modern uang diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat diterima oleh semua pihak dalam pembayaran suatu produk, seperti yang diuacpkan oleh D.H Robertson. Selain itu ada beberapa tokoh ekonomi modern yang mendefinisikan uang, seperti R.G Thomas dalam bukunya yang berjudul “Our Modern Banking” dia menjelaskan bahwa uang adalah sesuatu yang sudah tersedia dan bersifat umum serta dapat diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian suatu produk baik itu barang maupun jasa, kekayaan serta untuk pembayaran hutang. Adapun menurut A.C Pigou dalam bukunya yang berjudul “The Veil of Money” dia mendefinisikan uang sebagai sebuah alat yang berfungsi sebagai alat tukar, yaitu sesuatu yang bisa ditukarkan dengan suatu produk untuk memenuhi kebutuhan dan hasrat hidup manusia.

(baca juga : hukum permintaan dan penawaran –  teori perilaku konsumen)

Berbagai macam fungsi dimiliki oleh uang, mulai dari fungsi yang sederhana sampai yang kompleks. Pada dasarnya ada dua fungsi uang yang umum dibicarakan di dunia perekonomian yakni fungsi asli dan fungsi turunan dari uang. Namun yang dibahas pada pembahasan kali ini adalah fungsi asli dari uang. Apa itu fungsi asli uang ?, fungsi asli uang adalah fungsi-fungsi yang melekat pada uang yang memiliki hubungan dengan pencapaian tujuan dasar atau awal mula terciptanya uang tersebut. Ada beberapa fungsi asli uang, antara lain :

  1. Sebagai satuan nilai

Salah satu fungsi asli uang yakni sebagai satuan nilai, dalam dunia perekonomian ada beberapa istilah tentang hal ini yaitu satuan nilai (unit of value), satuan hitung (unit of account), standar nilai (standar ov value), nilai ukur minumum (common measure of value), dan nilai denominasi umum (common denominator of value). Pada dasarnya semua nama ini sama yaitu merujuk pada fungsi asli uang yang bisa menjadi patokan suatu nilai baik barang atau jasa.

Dengan adanya uang kita bisa menentukan serta menerapkan nilai untuk barang atau jasa yang ada. Istilah satuan nilai sering dikenal dengan satuan moneter karena setiap pembicaraan uang maka istilah moneter tidak pernah hilang. Dengan adanya uang diharapkan pelaku ekonomi tidak kesulitan untuk menentukan nilai dari produk yang ada, bisa kita bayangkan ketika tidak ada uang maka produk yang ada tidak akan ada nilainya, kemudian pelaku ekonomi akan kebingungan dalam hal menentukan nilai serta situasi ekonomi secara otomatis akan terganggu.

Untuk mempermudah pengertian tentang fungsi uang sebagai satuan nilai, kami akan memberikan beberapa contoh, diantaranya : harga beras = Rp 10.000/ kg, harga buku tulis = Rp 3.000/ buah, harga jasa potong rambut Rp 10.000 dan lain sebagainya. Itulah fungsi uang yang menjadi satuan nilai atau satuan hitung. Dengan begitu suatu produk ada nilainya.

ads
  1. Sebagai alat tukar

Untuk fungsi satu ini mungkin sering kita lakukan dan mungkin yang kita fahami selama ini yakni sebagai alat tukar. Selama ini kita menggunakan uang sebagai alat tukar untuk produk yang kita inginkan dan butuhkan baik barang maupun jasa. Dalam dunia perekonomian alat tukar memiliki beberapa nama lain  yakni alat tukar (medium of change), alat sirkulasi (sirculating medium), perantara pembayaran (medium of payment), dan alat pembayaran (means of payment).

Mungkin inilah fungsi yang sering kita lakukan dan rasakan dimana kita berbelanja menggunakan uang untuk membeli dan membayar barang atau benda yang kita beli, untuk membayar sekolah kita menggunakan uang sebagai alat tukar pada pelayanan sekolah yang diberikan pada kita, kita menggunakan uang untuk membayar tagihan listrik, dimana perusahaan listrik telah memberikan pelayanan dan jasa pada listrik dan kita menukar jasa tersebut dengan uang, dan masih banyak lainnya.

Dengan hal ini membuktikan bahwa keberadaan uang memang sangat dibutuhkan oleh manusia. baik dalam perspektif individu maupun sosial, sebagai individu manusia membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari misalkan untuk membeli sembako, mambayar tagihan liistrik, membayar tagihan sepeda motor dan lain sebagainya. Dari sisi sosial manusia juga membutuhkan uang untuk tetap eksis dan medapat keberadaannya di suatu komunitas, seperti masyarakat membutuhkan uang untuk iuran RT, untuk kas PKK dan lain sebagainya. Hal ini merupakan pembayaran dalam sisi sosial atau kebersamaan bukan individu. Pada intinya dengan fungsinya sebagai alat tukar maka keberadaan uang sangatlah dibutuhkan dalam kehidupan manusia.

  1. Sebagai gudang nilai (store of value)

Mungkin kita masih asing dengan istilah ini, apa yang dimaksud dengan gudang nilai. Pertama kita bahsa tentang istilah gudang tersebut, pasti kita semua tahu dengan gudang. Gudang merupakan salah satu tempat dimana manusia menyimpan barang atau benda mereka yang tak terpakai, dengan disimpan di gudang barang-barang tersebut akan tetap ada hanya mungkin terkena debu. Pada pembahasan ini konsep gudang yang berfungsi sebagai penyimpanlah yang kita pakai.

Uang sebenarnya memiliki fungsi sama dengan gudang, jika gudang menyimpan benda atau barang namun jika uang menyimpan suatu nilai. Dimana nilai itu akan dipertahankan untuk tetap ada, memang jumlahnya bisa fluktuatif naik dan turun menyesuaikan kondisi perekonomian suatu negara, namun eksistensinya sebagai uang tetap ada, jadi aspek nilainya tetap ada. Untuk itulah uang disebut sebagai gudang nilai, dimana uang bisa digunakan sebagai alat tukar atau sebagai media pembayaran sepanjang waktu baik sekarang atau masa mendatang, baik untuk masa depan atau sewaktu-waktu.

Pada dasarnya uang berada untuk membantu manusia dalam menjalani kehidupannya, untuk itulah uang selalu berusaha untuk menjadi teman yang mendampingi kehidupan sehari-harinya, untuk itulah dengan fungsi gudang nilai ini, akan membuat pelaku ekonomi bisa selalu melakukan transaksi atau kegiatan lainnya dengan nilai dari uang tersebut. Demikianlah fungsi asli uang sebagai gudang nilai atau sering disebut dengan istilah store of value.

  1. Sebagai alat penimbun kekayaan.

Fungsi asli uamg yang berikutnya adalah penimbun kekayaan, mengapa hal ini bisa menjadi salah satu fungsi asli uang. Ketika kita berbicara tentang uang pasti hal tersebut berhubungan dengan kekayaan, orang yang memiliki banyak uang mereka disebut dengan orang kaya, sedangkan di sisi lain orang yang tidak memiliki uang dianggap kurang mampu atau miskin.

Banyak individu aatau perusahaan yang berlomba-lomba untuk mendapatkan uang banyak dari usahanya yang bisa kita sebut dengan laba melimpah. Bagi individu mereka menyimpan uang penghasilan mereka dengan dua cara yakni cara non formal dan formal, non formal mereka menyimpan dan menimbun hartanya di rumah sedangkan untuk formal mereka menyimpannya di Bank. Sedangkan untuk perusahaan mereka lebih sering menimbun uang melalui simpanan di Bank atau berupa saham yang dipinjamkan kepada pihak lain.

Artikel terkait Bank :

Sifat alamiah manusia yang tidak pernah mengenal kata puas lah yang menjadikan uang ini memiliki fungsi sebagai alat penghimpun kekayaan, baik individu ataupun perusahaan mereka akan menghimpun kekayaannya melalui uang sampai mereka merasa cukup dan telah melampaui prioritas mereka baiik dari penghasilan keamanan dan segi-segi lainnya.

Sponsors Link

  1. Sebagai unit perhitungan

Fungsi asli uang yang terakhir adalah sebagai unit perhitungan. Memang kehadiran uang bisa menentukan harga suatu produk. Uang menjadi magnet dalam kegiatan perekonomian terutama di pasar.

Artikel terkait pasar :

Dengan adanya uang maka para pelaku ekonomi akan mendapatkan sebuah kemudahan untuk menentukan satuan hitung produk yang beredar dan diperjualkan. Fungsi ini merupakan salah satu fungsi yang memiliki beberapa tantangan yang hebat bahkan fungsi ini pernah akan lepas dari uang. Yakni saat terjadinya inflasi yang tinggi dimana tiap saat harga produk selalu naik karena nilai mata uang lokal selalu fluktuatif, sehingga para produsen menggunakan sistem pembukuan valuta asing.

(Baca juga : pengertian inflasi menurut para ahli –  faktor penyebab kelangkaan)

Valuta asing dipilih karena sistem ini cenderung memiliki sifat yang stabil dan memberikan laba besar bagi produsen sehingga fungsi uang lokal yang menjadi satuan hitung tergeser oleh valuta asing. Sampai suatu saat dengan latar belakang tersebut banyak sarjana dan ahli ekonomi lebih suka mennggunakan valuta asing ketimbang uang lokal sendiri, mereka menganggap unit perhitungan tidak harus menjadi sifat atau kepemilikan dari uang itu sendiri.

Namun hal tersebut tidak bisa dilakukan, satuan hitung sudah melekat pada uang, telah menjadi suatu fungsi yang berarti, yakni sebagai penentu dan patokan sebagai perhitungan harga suatu produk, baik barang maupun jasa. Bagaimanapun uang tetap menjadi satuan hitung yang paling baik.

Itulah sekilas tentang fungsi asli yang dimiliki oleh uang. Pada dasarnya semua fungsi tersebut membicarakan tentang betapa pentingnya uang di kehidupan kita, tidak hanya di bidang ekonomi saja namun di semua bidang pasti membutuhkan kehadiran uang, contohnya di bidang politik butuh uang untuk kampanye dan lain-lain, di bidang pertahanan dan keamanan butuh uang untuk membeli segala jenis peralatan perang, di bidang pendidikan butuh uang untuk memnuhi sarana prasarana, di bidang seni membutuhkan uang untuk membeli alat dan bahan untuk kesenian dan masih banyak lainnya. Pada dasarnya uang hadir untuk membantu manusia, tinggal melihat manusianya mampu memanfaatkan dengan baik atau malah terjerumus pada godaan uang.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Moneter