Sponsors Link

4 Fungsi Pasar Valuta Asing Bagi Negara

Sponsors Link

Pasar valuta asing atau yang disingkat dengan valas merupakan proses perdagangan mata uang suatu negara dengan mata uang negara lain. Masyarakat dapat melakukan transaksi pembelian atau penjualan mata uang. Melalui perdagangan mata uang tersebut bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Keuntungan dapat dilakukan dengan melakukan transaksi dua arah. Pertama dengan cara membeli terlebih dahulu (open buy) kemudian menutup dengan cara menjual (sell), atau bisa dilakukan dengan cara sebaliknya. Fungsi valuta asing menjadi salah satu pendorong perdagangan mata uang suatu negara, khususnya pada dunia perdagangan.

ads

(baca juga : Hukum Permintaan dan Penawaran)

Tidak dipungkiri bahwa adanya pasar uang antar bank (PUAB) dapat mempengaruhi kebutuhan masyarakat dalam perputaran keunganan untuk memperkembangkan bisnis. Dalam dunia usaha, adanya pasar valuta asing dapat mencapai keuntungan dollar trilliun. Transaksi yang dilakukan memang atas nama nasabah, tetapi sebagian besar kepentingan ditujukan untuk pemilik bank atau untuk bank itu sendiri.

Dalam proses perdagangan keuangan juga memiliki pemain pasar valuta asing. Pemain dalam valas sama halnya dengan kepemilikan saham. Setiap anggota memiliki bursa saham untuk mendapatkan keuntungan dari perdagangan tersebut. Akses saham tersebut memiliki tingkatan-tingkatan dan tingkatan tertinggi berada pada Pasar Uang Antar Bank (PUAB). PUAB terdiri dari perusahaan-perusahaan investasi-investasi besar yang menjalankan bisnis tertentu. Selain Perusahaan investasi, pasar valuta asing juga dapat berkembang dengan adanya dana pensiun, perusahaan asuransi, reksadana, dan investor institusi. Pemain-pemain tersebut merupakan salah satu pemain besar dalam pasar keuangan secara umum maupun khusus dalam pasar valuta asing.

Berikut pemain valuta asing yang juga memiliki peran besar dalam pasar keuangan:

  • Bank

Bank merupakan pemain valuta asing yang paling penting dan peranannya sangat penting. Bank membantu dalam proses pedagangan keuangan melalui pembelian ataupun penjualan mata uang asing. Fasilitas dari bank dalam perdagangan uang bisa mendapatkan keuntungan dollar trilliun. Selain bank memfasilitasi perdaganga, bank juga mempertemukan antara penjual dengan pembeli untuk upah yang kecil. Hingga saat ini, bank merupakan pelaku pasar valuta asing yang paling besar.

  • Dunia Usaha

Pada pemain dunia usaha, valuta asing menjadi salah satu kebutuhan aktivitas perusahaan untuk melakukan pembayaran harga barang dan jasa.

  • Bank Sentral

Bank sentral membantu mengendalikan suplai uang, inflasi, atau suku bunga. Bank sentral akan terus menerus menstabilkan pasar dan sering kali menggunakan cadangan devisanya untuk memperbaiki keuangan pasar.

Sponsors Link

  • Perusahaan manajemen investasi

Perusahaan manajemen investasi biasanya terdiri dari dana pensiun dan dana sumbangan yayasan. Transaksi yang dilakukan merupakan salah satu cara untuk ikut investasi di luar negeri. Dengan begitu nasabah bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

  • Hedge Funds

Hedge funds merupakan penjalanan usaha untuk mendapatkan keuntungan yang spektakuler.

  • Pialang Valuta Asing

Pemain valuta asing ini ialah dengan mendirikan perusahaan khusus untuk memberikan jasa perantara bagi kepentingan nasabah di pasar uang.

Itulah pemain-pemain yang terlibat dalam pasar uang. Adanya pemain tersebut membuat proses pasar valuta asing dapat berjalan dan mampu mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Pasar uang memang peranannya tinggi dalam mengatur perekonomian, baik negara ataupun individu. Pasar valuta asing juga memiliki berbagai fungsi yang menguntungkan.

Fungsi Pasar Valuta Asing

Dalam pasar uang, proses perdagangan uang pasti memiliki fungsi yang sangat mendasar. Salah satu hal terpenting ialah hubungan perdagangan dengan luar negeri. Tidak heran mengapa dunia bisnis terus berkembang dari tahun-ke tahun dan pasar valuta asing juga berperan di dalamnya. Lalu apa saja fungsi pasar valuta asing?

Berikut fungsinya:

1. Alat tukar Internasional

Setiap negara pasti menjalin hubungan erat dengan negara lain, terutama pada dunia perdagangan. Pasar valuta asing sangat berperan dalam membantu pertukaran uang. Misalnya, ketika Indonesia mengimport gandum, pasti pembayaran dilakukan dengan dollat. Pasar valuta asing lah yang akan menjadi perantara dalam penukaran uang tersebut.

2. Alat Pembayaran Internasional

Kaitannya dengan kerjasama negara lain. Pembayaran juga menggunakan dollar, misalnya ketika negara memiliki hutang dengan negara lain, tentu saja cicilan hutang dan bunganya dibayarkan dalam bentuk mata uang negara tersebut. Dengan begitu, pasar valuta asing menjadi perantara dalam proses pembayaran internasional.

3. Alat Pengendali Kurs

Kurs merupakan perbandingan antara mata uang suatu negara dengan negara lain. Tidak dipungkiri bahwa setiap negara pasti mengalami penguatan atau pelemahan mata uang. Valuta asing dapat mengendalikan kurs mata uang sendiri dari mata uang negara asing.

Sponsors Link

4. Alat Memperlancar Perdagangan Internasional

Inilah salah satu hal yang penting dalam dunia perekonomian, terutama perdaganga. Pada dasarnya, perdagangan merupakan kegiatan negara yang terus dilakukan. Untuk itu, adanya pasar valuta asing, perdagangan dapat berjalan dengan lancar tanpa harus mempermasalahkan pembayaran. Proses perdagangan uang dapat dilakukan pada bank-bank setiap negara. Selain berperan dalam penukaran mata uang, valuta asing juga dapat memperlancar perdagangan dengan cara jual beli barang atau sistem barter.

(baca juga: Tujuan Kerjasama Ekonomi Internasional)

Itulah fungsi pasar valuta asing. Tidak dipungkiri bahwa sebagian besar fungsi perdagangan uang terletak pada dunia perdagangan. Hal ini memang kaitannya erat dengan kerjasama antar negara.

(baca juga: Peran Bank Indonesia)

Jenis Valuta Asing

Ditinjau dari jenisnya, valuta asing dibedakan menjadi dua kelompok, yakni:

  1. Valuta asing fisik: Uang dalam bentuk sebenarnya, yaitu dollar atau rupiah. Uang visik tersebut juga terdiri dari uang kertas ataupun uang logam. Valuta asing fisik ini memudahkan penukaran uang dalam perdagangan internasional.
  2. Valuta asing non-fisik: Bukan uang sebenarnya, tetapi memiliki nilai mata uang, seperti cek, wesel, atau internatioal money.

Dilihat dari bentuknya, mata valuta asing umumnya dijual belikan dalam bentuk:

  • Mata uang asing
  • Saldo kredit
  • Surat-surat wesel luar negeri
  • Hak-hak penerimaan pembayaran

(Baca juga : Manfaat Pasar Modal Bagi Emiten – Tujuan Kerjasama Ekonomi Antar Negara)

Dari peranan pasar valuta asing jelas membantu pada proses perdagangan internasional. Pasar uang ini juga menjadi salah satu cara dalam memperbaiki perekonomian negara, terutama melalui dunia bisnis. Pasar uang tentu saja tidak akan berjalan tanpa adanya pemain valuta asing. Pemain tersebut melakukan pembelian dan penjualan uang untuk mendapatkan keuntungan secara maksimal. Adanya kerjasama internasional membuat valuta asing terus berkembang karena adanya proses perdagangan. Jenis valuta asing juga tidak harus dengan uang fisik, tetapi juga dapat berupa non-fisik.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Moneter