Sponsors Link

3 Cara Melunasi Kartu Kredit Tanpa Bayar, Mungkinkah?

Mungkin sebagian dari Anda sering bertanya-tanya, apakah ada cara untuk melunasi kartu kredit tanpa harus membayar tagihan? Mungkinkah tagihan kartu kredit yang sudah menumpuk berbulan-bulan akan hilang begitu saja? Berbagai anggapan bermunculan mengenai hal ini, misalnya penggunaan asuransi yang dapat membebaskan si pemilik kartu kredit dari tagihan.

Padahal sebenarnya tidak ada cara untuk melunasi kartu kredit tanpa bayar karena pada dasarnya utang yang sudah menumpuk tetap harus dibayarkan kepada pihak bank. Jika pembayaran macet Anda akan terdaftar buruk dalam Sistem Informasi Debitur (SID) Bank Indonesia.

Lalu bagaimana cara melunasi kartu kredit dengan lebih ringan? Ada beberapa pilihan yang dapat Anda ambil untuk meringankan beban tagihan kartu kredit Anda. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus Anda pahami mengenai konsep pembayaran atau pelunasan tagihan kartu kredit.

  • Asuransi Tidak Membuat Anda Bebas dari Tagihan

Sering kali orang keliru beranggapan bahwa dengan asuransi kita tidak perlu membayar tagihan kartu kredit. Padahal fasilitas asuransi tidak bertujuan untuk itu. Anda juga tidak serta merta mendapatkan asuransi saat membuat kartu kredit karena harus didaftarkan terlebih dahulu. Anda pun harus membayar premi setiap bulan setelah mendaftar asuransi.

Nah, asuransi ini bisa menjadi cara untuk melunasi kartu kredit tanpa bayar apabila pemilik kartu kredit meninggal dunia atau mengalami cacat permanen yang mengakibatkan si pemilik tidak bisa berpenghasilan. Dengan begitu seluruh tagihan atau tunggakan akan dibebaskan dan tidak perlu dibayar.

Sebaliknya, apabila si pemilik kartu kredit tidak menyertakan asuransi dan akhirnya meninggal dunia atau mengalami cacat permanen, seluruh tagihan atau tunggakan harus dibayarkan oleh pihak keluarga. Dengan kata lain, utang Anda diwariskan ke pihak keluarga. Jadi tujuan dari asuransi adalah agar Anda tidak perlu mewariskan utang apabila Anda meninggal dunia atau mengalami cacat permanen.

  • Tidak Menggunakan Kartu Kredit untuk Sementara

Menggunakan kartu kredit secara terus-menerus hanya akan menambah jumlah tagihan Anda setiap bulan. Pada akhirnya tagihan kartu kredit Anda akan makin bertambah. Jika tunggakan sudah menumpuk, tidak ada cara lain untuk berhenti menggunakan kartu kredit sementara waktu. Apakah dengan begitu tagihan akan berhernti? Jawabannya tidak.

Tagihan Anda tidak akan berhenti dan Anda harus tetap membayarnya. Namun setidaknya Anda tidak menambah utang baru dan menumpuk lebih banyak tunggakan. Tindakan yang tepat adalah fokus melunasi utang terlebih dahulu. Dengan begitu, sedikit demi sedikit Anda akan terbebas dari kewajiban membayar tagihan.

  • Membayar Tagihan Tepat Waktu

Jangan pernah menunda pembayaran. Jika tagihan sudah menumpuk, tidak ada cara lain selain membayarnya. Menghindari pembayaran hanya akan menambah jumlah tagihan karena bunga terus berjalan. Maka dari itu, siapkan pembayaran sebelum jatuh tempo. Jika Anda memiliki beberapa kartu kredit, bayar tagihan satu per satu dan buatlah skala prioritas untuk tagihan yang ingin Anda bayar terlebih dahulu.

  • Membayar dengan Minimum Payment

Dengan tagihan yang sudah menumpuk, sering kali orang memakai opsi minimum payment atau pembayaran minimum. Biasanya Anda akan dikenakan tagihan sebesar rata-rata 10% dari total tagihan ditambah tagihan yang belum lunas pada bulan sebelumnya. Namun cara ini tidak selalu menjadi opsi yang tepat karena sesungguhnya Anda hanya menumpuk tagihan tanpa melunasi sama sekali. Bunga tagihan yang dikenakan juga semakin bertambah.

Akibatnya Anda memerlukan waktu yang lama untuk melunasi tagihan. Apalagi jika Anda tidak bisa menghentikan penggunaan kartu kredit untuk sementara. Anda akan membutuhkan waktu pelunasan lebih lama lagi bahkan hingga bertahun-tahun karena tagihan terus berjalan. Jadi Anda harus bisa menahan diri untuk tidak menggunakan kartu kredit untuk sementara.

Di sisi lain, opsi ini cocok untuk Anda dengan penghasilan minim. Namun, metode ini disarankan hanya untuk membayar tagihan yang tidak menjadi prioritas utama. Kelebihan dari strategi ini memang jumlah cicilan yang Anda bayarkan terlihat kecil, tetapi memiliki kekurangan lebih banyak yaitu utang dan bunga yang menumpuk, serta waktu pelunasan yang lama.

  • Melunasi Tagihan dengan Bunga Paling Tinggi

Untuk melunasi tagihan yang sudah menumpuk, Anda lebih disarankan untuk membayar tagihan kartu kredit dengan bunga paling tinggi terlebih dulu. Lalu setelah itu, Anda bisa fokus membayar tagihan dengan bunga yang lebih rendah dan tagihan yang lebih kecil. Anda bisa membuat skala prioritas dan daftar utang dari bunga paling tinggi ke bunga paling rendah terlebih dahulu.

Anda juga bisa menerapkan metode debt stacking, yakni membayar minimum semua tagihan atau cicilan Anda kemudian fokus untuk melunasi utang dengan bunga paling besar. Meskipun memerlukan waktu yang cukup lama untuk melunasi utang pertama, tetapi strategi ini memiliki kelebihan yakni Anda dapat menghemat pembayaran bunga.

Nah, intinya tidak ada cara melunasi kartu kredit tanpa bayar, melainkan ada beberapa strategi untuk melunasi kartu kredit agar terasa lebih ringan. Dengan strategi yang tepat, Anda pun akan terbebas dari beban tagihan kartu kredit dan utang yang melilit.

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Ekonomi, Kredit