Sponsors Link

3 Peranan Pemasaran di Era Ekonomi Digital

Strategi pemasaran dalam menjalankan sebuah usaha merupakan hal yang sangat penting. Bahkan perusahaan-perusahaan besar menyiapkan budget khusus hanya untuk kegiatan pemasaran. Strategi ini tidak hanya berlaku untuk brand atau perusahaan baru, melainkan tetap dijalankan oleh perusahaan besar yang sudah lama eksis.
Seperti halnya brand besar macam produk air mineral, minuman kemasan dan produk rokok terkenal sekalipun tetap melakukan kegiatan pemasaran dengan memasang iklan-iklan di televisi dan menjadi sponsor suatu acara atau mengadakan acara tertentu yang melibatkan masyarakat. Tujuannya adalah agar masyarakat tetap merasa dekat dengan produk tersebut walaupun sudah memiliki nama besar.

Di era ekonomi digital seperti sekarang, kegiatan pemasaran menjadi masih menjadi hal wajib yang harus dilakukan oleh perusahaan atau pemilik brand. Hanya saja bentuk dari kegiatan pemasaran itu sendiri mengalami perubahan karena faktor perkembangan teknologi. Lalu, apakah sebenarnya kegiatan pemasaran tersebut? Mengapa kegiatan pemasaran menjadi hal yang sangat penting bagi kelangsungan sebuah perusahaan? Berikut ini kami uraikan penjelasan mengenai kegiatan pemasaran tersebut.

Definisi Pemasaran

Pemasaran merupakan suatu kegiatan atau proses penyampaian produk atau jasa dari produsen ke konsumen. Menurut Philip Kotler, pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.

Pendapat lain dari W Stanton mengemukakan bahwa pemasaran merupakan suatu sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.

Selain bertujuan untuk menarik pelanggan, kegiatan pemasaran dilakukan untuk menguntungkan pihak produsen maupun konsumen. Dengan strategi pemasaran yang efektif, produsen diharapkan dapat memperoleh keuntungan secara sehat untuk kelangsungan perusahaan. Di sisi lain, konsumen pun diharapkan dapat memperoleh produk atau jasa yang mereka butuhkan.

Peranan Pemasaran Digital (Digital Marketing)

Di masa sekarang dimana kita sudah memasuki era digital, muncul istilah digital marketing. Digital marketing sendiri merupakan suatu strategi pemasaran yang memanfaatkan media digital. Strategi pemasaran seperti ini sangat relevan di masa sekarang dan dinilai mampu mendongkrak keuntungan yang didapat dari kegiatan pemasaran konvensional.

Pemasaran digital sendiri bila dibandingkan dengan pemasaran konvensional memakan biaya yang lebih sedikit. Seseorang bisa memanfaatkan media sosial, website atau blog untuk memperkenalkan produk atau jasa kepada masyarakat.

Media digital memungkinkan seseorang atau perusahaan untuk memasarkan produk barang dan jasa dengan jangkauan yang lebih luas. Selain itu, media digital dapat dimanfaatkan untuk berinteraksi atau mendekatkan diri pada konsumen.

Berikut ini adalah peranan digital marketing atau pemasaran digital di masa sekarang untuk kelangsungan suatu usaha.

1. Menghubungkan Produsen dan Konsumen Melalui Internet

Dahulu apabila seseorang ingin mencari informasi mengenai suatu produk, mereka harus mencari di halaman iklan di surat kabar atau melihat katalog produk yang diperoleh dari toko. Namun kini Anda tidak perlu lagi repot-repot membaca halaman iklan atau mencari katalog karena Anda bisa menggunakan internet untuk mencari informasi apa pun. Bahkan, iklan-iklan produk muncul dengan sendirinya dengan memanfaatkan fitur iklan media sosial tanpa harus dicari terlebih dahulu. Dalam hal ini, media digital memegang peranan penting dalam efisiensi dan efektivitas untuk menghubungkan produsen dan konsumen melalui internet.

2. Menghemat Biaya Pemasaran

Di era ekonomi digital, perusahaan kecil seolah mendapat angin segar karena memperoleh banyak keuntungan dari digital marketing. Hal ini disebabkan biaya pemasaran melalui media digital lebih rendah dan memberikan hasil yang efektif. Jadi pemasaran digital memiliki peranan penting dalam membantu perusahaan kecil dengan sumber daya terbatas untuk memasarkan produk barang atau jasa mereka.

3. Membantu Menghasilkan Keuntungan yang Lebih Besar

Saat ini kebiasaan masyarakat dalam membeli sebuah produk mengalami pergeseran. Jika dahulu kita harus pergi ke toko untuk membeli sesuatu, sekarang kita hanya perlu membuka situs belanja online melalui ponsel. Belanja online dinilai lebih efisien dan dapat membuat konsumen melakukan kegiatan transaksi berkali-kali karena kemudahannya. Dampaknya, produsen mendapat keuntungan yang juga berlipat. Nah, itulah sebabnya strategi pemasaran digital merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh perusahaan karena efektif dalam meningkatkan angka penjualan.

Peranan Pemasaran Secara Umum

Kegiatan pemasaran tidak hanya sekedar menyampaikan produk atau jasa dari produsen ke konsumen tetapi juga menyangkut kepuasan konsumen. Kegiatan pemasaran juga memiliki sasaran lain yakni menarik pelanggan baru dengan cara pendistribusian produk yang mudah, promosi yang efektif, menetapkan harga menarik dan memberi nilai lebih pada produk serta mempertahankan pelanggan lama.

Itulah sebabnya brand-brand ternama secara rutin mengeluarkan varian baru untuk menarik pelanggan baru sekaligus agar pelanggan lama tidak merasa bosan dengan varian yang itu-itu saja. Brand-brand tersebut pun berlomba untuk membuat iklan yang menarik dengan harapan lebih efektif dalam menjangkau target pasar.

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Bisnis, Ilmu Ekonomi