Sponsors Link

Inilah 5 Jenis Usaha yang Cepat Berkembang di Masa Kini

Di masa sekarang ada beragam jenis usaha yang bisa dikembangkan, apalagi di tengah perkembangan teknologi di era digital. Menariknya, pasar semakin luas dan platform untuk menjalankan usaha semakin banyak. Hal tersebut tentunya bisa menjadi peluang bagi Anda yang ingin memulai sebuah usaha.

Setiap orang pasti mendambakan keuntungan dan usaha yang berkembang cepat. Hal lain yang juga diharapkan bagi seorang pebisnis adalah balik modal yang juga cepat. Nah, berikut ini kami rangkum jenis usaha yang berkembang dengan cepat dan relevan di masa sekarang.

1. Bisnis Fashion

Bisnis fashion menjadi usaha yang cepat berkembang karena memiliki target pasar yang jelas. Selain itu, fashion sudah menjadi kebutuhan sehari-hari dan bagian dari gaya hidup terutama bagi kaum wanita. Fashion juga merupakan sebuah tren yang terus berkembang sesuai dengan perubahan zaman. Kaum wanita kebanyakan tidak ingin melewatkan tren fashion yang sedang populer. Itulah sebabnya bisnis fashion menjadi usaha dengan perputaran yang cepat.

Untuk menjalankan bisnis fashion, kesempatan terbuka luas. Anda tidak hanya bisa memasarkan produk dalam negeri, tetapi juga produk impor yang sedang menjamur. Apalagi dengan makin populernya tren fashion tertentu, misalnya gaya Korea, permintaan akan busana dengan Korean style menjadi meningkat. Platform untuk menjalankan bisnis menjanjikan ini pun sangat banyak. Untuk menjalankannya Anda tidak harus memiliki sebuah toko fisik, tetapi bisa Anda lakukan secara online melalui market place atau media sosial. Kuncinya, Anda perlu mengetahui tren yang sedang berkembang dan memahami selera pasar, maka bisnis ini pun bisa Anda jalankan.

2. Usaha Kuliner

Semua orang butuh makan. Dengan alasan sederhana tersebut usaha kuliner pun menjadi salah satu usaha yang bisa berkembang dengan cepat. Membuka usaha kuliner memang memerlukan kreativitas dalam menciptakan sajian yang menarik dan lezat. Bagi Anda yang memiliki bakat dalam memasak atau hobi di bidang ini, bisnis ini tentu sangat menjanjikan.

Hal menarik dalam menjalankan usaha kuliner adalah Anda tidak harus membuat hidangan yang mewah dan memiliki rumah makan atau restoran besar. Usaha ini merupakan jenis usaha yang bisa Anda lakukan kecil-kecilan, tetapi ternyata bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Sebagai contoh, saat ini menjamur kuliner yang menggunakan bahan baku pisang seperti pisang krispi karena bahan mudah didapat dan proses memasak yang cukup sederhana. Namun dengan kreasi yang kekinian akan menjadi suguhan yang menarik.

Jika Anda seorang pemula dan tertarik dengan bisnis kuliner, Anda bisa mencoba menjalankan usaha dengan sistem franchise. Tidak perlu usaha franchise dengan brand besar. Saat ini banyak sekali jenis waralaba yang dibuka dengan gerai kecil dan menjual berbagai jenis makanan dan minuman. Peluang usahanya juga besar dan sangat bisa berkembang.

3. Desain Grafis

Di era digital seperti sekarang, Anda tidak selalu harus menjual produk. Anda bisa menawarkan jasa yang bisa Anda pasarkan secara online. Menariknya, Anda juga tidak perlu membuka kantor untuk menjalankan bisnis. Jika Anda memiliki suatu keahlian atau skill, bisnis yang menawarkan jasa dengan keahlian tertentu akan menjadi sangat menjanjikan.

Desain grafis adalah salah satu skill yang sangat dibutuhkan di masa kini. Apalagi dengan banyaknya paltform bagi para desainer grafis untuk menawarkan jasa, kesempatan dalam mengembangkan usaha ini terbuka lebar. Anda bisa menjual desain atau melakukan kesepakatan kerja secara online. Lingkup usaha Anda pun bisa sangat luas, tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri. Jadi tidak mengherankan bila jenis usaha ini sangat bisa berkembang dengan cepat.

4. Laundry (Binatu)

Bisnis laundry juga merupakan jenis usaha yang cepat berkembang. Bagaimana tidak, kebutuhan akan jasa cuci pakaian terus meningkat karena lebih terjangkau dibanding menyewa tenaga asisten rumah tangga. Anda hanya perlu membawa cucian ke binatu kemudian mengambilnya kembali dalam keadaan bersih, wangi dan rapi. Efisiensi merupakan alasan utama mengapa orang-orang lebih memilih mencuci pakaian di binatu.

Usaha laundry atau binatu memiliki pasar yang besar dan jelas. Usaha ini punya peluang besar dengan target pasar mahasiswa dan karyawan kost. Dengan harga yang terjangkau, tentu usaha ini akan sangat dibutuhkan oleh mereka. Maka dari itu, pemilihan lokasi akan sangat mempengaruhi perkembangan usaha ini. Selain pemilihan lokasi yang tepat, Anda juga harus memikirkan biaya sewa tempat dan kebutuhan alat seperti mesin cuci, pengering, setrika dan lain-lain.

Namun omzet yang dihasilkan dengan membuka usaha binatu tergolong besar, bisa mencapai belasan bahkan puluhan juta rupiah dan memiliki perputaran yang cepat. Lebih bagus lagi bila lingkungan tempat tinggal Anda memungkinkan untuk membuka usaha binatu, Anda tidak perlu memikirkan biaya sewa tempat lagi.

5. Properti

Properti tidak melulu soal jual beli tanah atau bangunan. Bisnis properti juga bisa berarti sewa menyewa tanah atau bangunan. Bisnis ini menjadi salah satu usaha yang menjanjikan dan cepat berkembang karena kebutuhan akan tempat tinggal yang meningkat. Paling sederhana Anda bisa mulai dengan usaha kos-kosan. Jika Anda memiliki properti di sekitar area perkantoran atau kampus, tentunya usaha ini akan sangat berpeluang untuk berkembang karena dekat dengan target pasar.

Contoh lain, jika Anda memiliki kamar kosong Anda bisa menyewakannya melalui platform sewa menyewa seperti Airbnb kepada turis atau traveler. Bahkan tanah kosong sekalipun bisa Anda manfaatkan untuk menghasilkan uang. Caranya bisa Anda sewakan untuk gudang atau lahan parkir.

Nah, itulah jenis usaha yang cepat berkembang di masa kini. Anda bisa memilih salah satu di antaranya, kira-kira usaha mana yang paling memungkinkan untuk Anda kembangkan. Hal yang perlu diingat, setiap usaha memerlukan kerja keras dan strategi. Maka dari itu, kenali apa kelebihan dan kekurangan Anda sebelum memutuskan untuk menjalankan usaha.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Bisnis