Sponsors Link

17 Cabang Cabang Ilmu Ekonomi dan Penjelasannya

Ekonomi merupakan salah satu istilah yang terkenal dan sering kita dengar. Ekonomi merupakan salah satu sektor yang sangat berpengaruh dalam kehidupan kita. Hampir semua kegiatan yang kita lakukan memiliki hubungan dengan ekonomi. Pada dasarnya kata ekonomi berasal dari dua kata yaitu oikos yang memiliki arti keluarga atau rumah tangga, dan nomos yang artinya peraturan. Maka pengertian ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang membahas tentang perilaku manusia yang berhubungan dengan kegiatan ekonomis seperti produksi, konsumsi dan distribusi, yang dilakukan memenuhi kebutuhan hidupnya demi mencapai kesejahteraan hidup. Ada yang bilang ilmu ekonomi itu merupakan ilmu kekayaan atau yang berhubungan dengan uang. (Baca juga : fungsi ilmu ekonomi)

Seiring dengan berjalannya waktu, ilmu ekonomi semkin pesat dan kian dibutuhkan oleh banyak pihak, maka dengan latar belakang hal tersebut, munculah beberapa cabang ilmu ekonomi yang bisa membuat kinerja atau peranan dari ilmu ekonomi sendiri semakin pesat. Cabang cabang ilmu ekonomi yang ada antara lain,

  1. Ilmu ekonomi teori

Ilmu ekonomi teori adalah ilmu ekonomi yang memiliki tugas untuk menjelaskan atau membahas hubungan yang ada diantara peristiwa-peristiwa ekonomi yang terjadi kemudian merumuskan suatu hukum atau sebuah teori yang biisa digunakan untuk menjelaskan peristiwa-peristiwa tersebut dengan jelas serta mampu menjadi acuan untuk memcahkan sebuah permasalahan yang ada. Ilmu ekonomi teori ini terbagi menjadi dua macam, yaitu ekonomi makro dan ekonomi mikro.

  1. Ilmu ekonomi terapan

Ilmu ekonomi terapan merupakan ilmu ekonomi yang memiliki hungan erat dengan ekonomi teori. Dalam hal ini ekonomi teori yang memberikan suatu teori atau rumusan yang bisa dijadikan sebuah acuan, setelah itu ekonomi terapan bertugas untuk menerapkan sebuah teori ekonomi yang telah dihasilkan oleh ilmu ekonomi teori. Sehingga ketika ada sebuah masalah atau kejadian yang mengganggu perjalanann ekonomi, ilmu ekonomi terapanlah yang bertugas untuk menghadapinya dengan menerapkan teori-teori yang sudah ada.

  1. Ilmu ekonomi deskriptif

Sesuai dengan namanya ilmu ekonomi deskriptif adalah sebuah ilmu ekonomi yang bertugas untuk memaparkan dan menggambarkan kondisi ekonomi real yang ada di masyarakat, semua unsur yang berkaitan dengan ekonomi. Dengan adanya ilmu ekonomi deskriptif semua pihak akan mengerti keadaan atau kondisi ekonomi saat ini.  Contohnya gambaran keadaan perekonomian peternak sapi di Boyolali atau kondisi perekonomian petani apel di kota Batu.

  1. Ilmu ekonomi lingkungan

Mungkin kita masih bertanya-tanya apakah ada hubungannya ekonomin dengan lingkunga. Ternyata ada, dalam ilmu ekonomi lingkungan akan bibahas tentang apa saja kejadian atau gangguan lingkungan yang berimbas pada keadaan ekonomi. Dalam ilmu ekonomi ini ada 3 pokok kajian. Pertama, adalah degradasi lingkungan serta penyusutan sumber daya alam mengakibatkan kesejahteraan masyarakat berkurang. Hal ini tentunya akan mempengaruhi perekonomian masyarakat, kita ambil contoh terjadinya banjir di lahan pertanian Kabupaten Malang menyebabkan petani gagal panen dan mengalami kerugian  hingga puluhan juta. Kedua, adalah penyimpangan atau kesalahan kegiatan perekonomian yang menyebabkan kerusakan lingkungan.

Dalam hal ini badan-badan usaha banyak yang melanggar aturan demi memperbanyak produksi dan memperoleh banyak profit dengan membuka cabang-cabang industri di hutan, dekat sungai dan membuang limbahnya di tempat tersebut. Tentunya hal ini akan merugikan banyak orang. Ketiga, adalah solusi masalah kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh faktor perekonomian. Dalam hal ini pemerintah bisa menetapkan kebijakan atau hukum yang melindungi lingkungan dari ancaman kerusakan dari proses ekonomi, seperti pajak yang tinggi atau pengurangan subsidi dan lainnya.


  1. Ilmu ekonomi evolusioner

Ilmu ekonomi evolusioner merupakan cabang ilmu ekonomi yang khusus membahas tentang apa saja perubahan yang terjadi dalam duni perekonomian mulai dari awal samapi saat ini. Hal- hal yang di kaji merupakan perkembangan, kemajuan, kemunduruan, usaha-usaha alternatif atau trobosan apa saja yang pernah ada. Karena dari situlah kita menemukan makna dari evolusi atau perubahan yang terjadi dalam duni ekonomi. Sehingga kita tahu sejarah atau apa yang pernah terjadi dahulu agar kita tidak mengalangi sesuatu yang sama.

Selain itu itu dalam ilmu ekonomi evolusioner ini membahas tentang stabilitas kelangsungan perilaku bebrbagi pihak dari waktu ke waktu, sehingga dapat dirumuskan atau diketahui bagaimana perbedaan ciri-ciri perilaku di masa mendatang dengan yang ada saat ini.

  1. Ilmu ekonomi eksperimental

Ilmu ekonomi eksperimental merupakan ilmu ekonomi yang berfokus pada penelitian-penelitian atau pengujian tentang sesuatu yang telah terjadi pada dunia perekonomian. Ilmu ekonomi ini berperan untuk mencari apa saja faktor penyebab terjadinya suatu peristiwia atau perubahan, ciri-ciri perekonomian yang baik, dan lain sebagainya. Dengan riset yang dihasilkan oleh ilmu ekonomi ini maka para pihak yang berkecimpung di dunia ekonomi mendapatkan informasi yang baik untuk bekal dalam beraktivitas di dunia ekonomi.

  1. Ilmu ekonomi kesehatan

Ilmu ekonomi kesehatan merupakan cabang ilmu ekonomi yang memiliki peran untuk menganalisis tentang kejadian seputar perawatan kesehatan, mulai dari pembelanjaan untuk kesehatan, ketenagakerjaan dan lainnya, serta memprediksi dampak dampak yang ditimbulkan pada hasil akhir nantinya, yaitu kesehatan masyarakat. Ilmu ekonomi kesehatan memiliki tujuan, yakni menggeneralisasikan berbagi informasi tentang biaya serta keuntungan yang didapat dari cara-cara alternatif mencapai suatu tujuan, yaitu kesehatan masyarakat.

  1. Ilmu ekonomi institutional

Ilmu ekonomi institutional merupakan studi ekonomi yang menganalisis sistem-sitem sosial yang membatasi penggunaan atau pertukaran sumber daya yang langka, serta upaya-upaya untuk menjelaskan perkara munculnya berbagai bentuk pengaturan institutional yang mengandung konsekuensi sendiri-sendiri. Lahirnya ilmu ekonomi institusional ini dilatarbelakangi oleh beberapa asumsi di bawah ini.

  • Kontrol yang lemah akan mengundang terjadinya pemborosan dan pemanfaatan yang kurang bijak pada sumber daya yang ada.
  • Kontrol yang bagus dan ketat akan mengurangi kecurangan atau kesalahan terutama dalam biaya transaksi untuk produksi dan investasi jangka panjang.
  • Penentuan atau penetapan kontrol sosial mempengaruhi distribusi kekayaan suatu masyarakat.
  • Kontrol yang bersifat organisasional akan mempengaruhi seseorang dalam memilih organisasi ekonomi.
  • Pengontrolan sumber daya bisa dilakukan secara langsung dengan tujuan tepat sasaran dan efektif.
  • Struktur kontrol akan mempengaruhi masa depan suatu perekonomian.
  1. Ilmu ekonomi matematik (ekonometrika)

Ilmu ekonomi matematika, merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi yang fokus kajiannya untuk menjelaskan berbagai gejala yang terjadi seputar ekonomi dengan menggunakan metode matematis dan statistik. Misalkan berdasarkan data yang ada sperti jumlah pendapatan nasional, jumlah aliran dana yang masuk dan keluar, dan data-data yang diperlukan lainnya. Bisa digunakan untuk memprediksi gejala-gejala atau permaslahan yang akan timbul di kemudian hari.

  1. Ilmu ekonomi pertahanan

Ilmu ekonomi pertahanan adalah studi ekonomi yang mebahas tentang keberadaan biaya-biaya yang diperlukan untuk mempertahankan suatu perdamaian dengan menggunakan metode dan analisis ekonomi, baik ekonomi mikro ataupun makro. Ilmu ekonomi ini berhubungan dengan kondisi suatu negara berhubungan dengan negara negara yang sedang dalam kondisi darurat akibat krisis moneter, perang dan penjajahan dan lain sebagainya.

  1. Ilmu ekonomi sumber daya alam

Ilmu ekonomi sumber daya alam ini adalah salah satu cabang ilmu ekonomi yang membahas tentang ketersediaan sumber daya alam yang ada di suatu negara. Selain itu juga merancang sebuah rumusan untuk mengolah sumber daya alam agar menghasilkan hasil dan keuntungan yang besar namun tetapp memperhatikan etika da aturan dalam pemnafaatan sumber daya alam agar tetap lestari dan seimbang serta bisa digunakan dan dimanfaatkan dalam jangka waktu yang panjang.

  1. Ilmu ekonomi sumber daya manusia

Ilmu ekonomi sumber daya manusia maerupakan salah satu cabang ilmu ekonomi yang bergerak di bidang sumber daya, yaitu manusia. Dalam ilmu ekonomi ini membahas tentang keberadaan dan peranan sumber daya manusia bagi perekonomian. Ada beberapa hal yang dibahas dalam ilmu ekonomi sumber daya manusia, mulai dari ketenagakerjaan, pengangguran, lowongan pekerjaan, migrasi penduduk, kepadatan penduduk dan lain sebagainya. Ilmu ekonomi ini bertujuan untuk memaksimalkan sumber daya manusia yang ada agar menghasilkan keuntungan yang besar serta bisa mensejahterakan kehidupan masyarakatnya.

  1. Ilmu ekonomi moneter

Ilmu ekonomi moneter merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi yang memfokuskan kajiannya terhadap fungsi, sifat, serta pengaruh uang terhadap kegiatan perekonomian yang sedang berjalan dalam suatu negara. Dalam cabang ini ada beberapa aspek yang di analisis, seperti perbankan, inflasi, tingkat suku bunga dan lain sebagainya. Inti dari ilmu ekonomi moneter adalah melihat dan meneliti semua yang terjadi terhadap uang, karena uang merupakan alat yang digunakan dalam setiap kegiatan perekonomian dalam hal apapun itu uang akan selalu dibutuhkan kehadirannya. Tujuan mempelajari ilmu ekonomi moneter ini adalah menciptakan kestabilan perekonomian masyarakat agar bisa menopang kebutuhan hidup dan mensejahterakan kehidupan.

Artikel terkait moneter :

  1. Ilmu ekonomi publik

Kata publik memiliki banyak arti, bisa diartikan sebagai pemerintah, masyarakat ataupun negara. Namun dalam hal ini ilmu ekonomi publik merupakan ilmu ekonomi yang lebih condong ke arah pemerintahan, jadi ddi dalamnya membahas semua kebijakan atau peraturan pemerintah tentang perekonomian negaranya, seperti APBN, APBD, pajak, subsidi, jaminan sosial dan lain sebagainya. Dengan adanya ilmu ekonomi publik inilah pemerintah bisa menginstropeksi dirinya apa saja kekurangan yang terjadi, bisa juga untuk membuat suatu rancangan terkait apa yang akan dilakukan dalam perekonomiannya.

Tujuan dari ilmu ekonomi publik ini adalah mempelajari atau mengkaji keterlibatan atau usaha pemerintah dalam bidang ekonomi dalam hal menciptakan kestabilan dana keefektifan jalnnya perekonomian untuk menjamin  kemakmuran dan kesejahteraan hidup masyarakatnya.

  1. Ilmu ekonomi regional

Ilmu ekonomi regional merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi yang unik, karena di dalamnya dimasukkan unsur wilayah. Dengan begitu para pemiliki usaha tau pemerintah bisa menjadikan ilmu ekonomi ini sebagai acuan untuk mencari lokasi atau tempat yang sesuai dengan bisnis atau usaha yang akan dilakukannya. Dengan perhitungan dan analisis yang dilakukan oleh ilmu ekonomi regional ini, kita akan bisa tahu tempat mana yang efektif,efisien serta menguntungkan bagi usaha kita.

Ilmu ekonomi regional ini terbagi menjadi dua yaitu regional science dan regional planning. Regional science didefinisikan sebagai studi ekonomi yang berfokus pada analisa pada aspek-aspek ekonomi dan geografi. Sedangkan regional planning adalah ilmu ekonomi regional yang fokus kajiannya pada tata ruang, tata letak,tata guna dan perencanaan. (Baca juga : fungsi ilmu ekonomi regional dalam perencanaan pembangunan wilayah)


  1. Ilmu ekonomi industri

Ilmu ekonomi industri merupakan ilmu ekonomi yang khsuus mempelajari tentang semua aspek yang terkait dengan industri, baik industri besar maupun kecil. Ilmu ekonomi industri memiliki sebuah tujuan untuk menganalisa keterkaitan yang ada antara struktur pasar dengan kebijakan suatu perusahaan dalam menentukan keefektifan kerja dari sebuah usaha yang termasuk bagian dari proses industri.

  1. Ilmu ekonomi syari’ah

Ketika mendengar kata syari’ah pasti fikiran dan fokus kita akan tertuju pada nilai islam. Pada dasarnya ekonomi syari’ah adalah ekonomi islam. Dimana suatu perekonomian didasarkan atas nilai-nilai dan aturan dalam islam. Sehingga tidak akan menyeleweng pada hal-hal yang haram atau salah. Munvulnya ekonomi syariah dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya sistem perekonomian yang keluar dari syariat islam.

Itulah beberapa cabang ilmu ekonomi yang ada. Kemunculan cabang-cabang ilmu ekonomi ini adalah tidak lain dan tidak bukan untuk menyempurnakan kinerja ekonomi. Mungkin seiring berjalannya waktu dan kemajuan zaman akan muncul lebih banyak lagi cbang-cabang ilmu ekonomi lainnya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Ekonomi