Sponsors Link

11 Kelebihan dan Kekurangan Menabung di Bank

Di era modern ini semua orang menginginkan sesuatu yang mudah dan praktis. Kemajuan teknologi dan ilmu semakin meningkat sehingga banyak temuan-temuan baru yang bisa memudahkan pekerjaan manusia. Salah satu contohnya adalah keberadaan Bank. Dulu orang masih menyimpan uangnya di bawah tempat tidur, di lemari dan lain sebagainya, namun dengan keberadaan Bank semua berubah. Sekarang semua orang kalau ingin menyimpan uang atau menabung langsung ke Bank, tanpa harus bingung mencari tempat yang aman dan terjamin. (Baca juga : fungsi ilmu ekonomi)

ads

Bahkan mereka gengsi ketika tidak punya ATM yang menunjukkan bahwa dia telah menabung di Bank. Perkembangan bank saat ini semakin meningkat, jumlah bank di satu daerah bisa mencapai puluhan, hal inilah yang menyebabkan semua orang berpindah ke bank untuk menyimpan atau menabungkan uang mereka.

Namun semua yang ada di kehidupan ini memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Menabung di bank pun memiliki keunggulana dan kelemahannya sendiri. Dalam ulasan berikut ini kita akan membahas tentang keunggulan dan kelemahan menyimpan uang di bank.

Keuntungan menabung di Bank

  1. Mendapat bunga

Dengan menabung uang di Bank, kita akan mendapatkan bunga tiap bulannya. Dibandingan dengan menabung di celengan yang tidak bisa mendapat bunga atau tambahan. Bunga inilah yang menarik minat dari nasabah. Perlu anda ketahui bahwa bunga yang kita dapatkan di tabungan kita merupakan perputaran uang nasabah dan keuntungan yang diperoleh bank. Namun tidak semua bank memiliki nilai bunga yang tinggi, jika anda memang tertarik dengan bunga yang ditawarkan maka anda harus lebih pintar memilih bank mana yang cocok dengan anda.

  1. Keamanan terjamin

Kita pasti membutuhkan tempat yang aman untuk menyimpan uang kita, bank adalah tempat yang tepat bagi anda yang menginginkan keamanan bagi uang anda. Di bank uang anda akan disimpan pada suatu tempat yang di mana tidak ada satupun pihak yang bisa mengambil dan mengolahnya kecuali pegawai bank itu sendiri. Selain itu Bank juga bekerjasama dengan Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS) yang menjamin keamanan uang anda yang disimpan di bank. Daripada anda menyimpan uang di rumah lebih baik menyimpan uang di bank, karena jika anda menyimpan uang di rumah keamanan dan keselamatan tidak terjamin. Apabila ada kesalahan atau apa tidak ada yang bertanggung jawab, namun bila di banak ada sesuatu hal yang terjadi atau sebuah kesalahan, bank lah yang bertanggung jawab terhadap uang anda.

  1. Bebas bertransaksi

Dengan menabung di bank anda akan menemukan berbagai fitur transaksi dan anda juga bebas kapanpun bertransaksi sesuai keinginan dan waktu luang anda. Mulai dari menabung, menarik uang, mengirim uang (transfer), kita bisa melakukan hal ini kapanpun selama jam kerja bank, mulai jam 08.00- 15.00. Selain itu ketika bank sudah tutup anda bisa ,melakukan penarikan atau transfer melalui ATM, dengan menggunakan ATM ini anda akan bebas selama 24 jam melakukan transaksi berupa penarikan atau transfer.

Sponsors Link

  1. Simple dan praktis

Dengan menyimpan atau menabung di bank, anda akan menemukan sesuatu yang simple dan praktis, tinggal pergi ke bank dan menitipkan uang anda, maka uang anda akan disimpan dengan keamanan yang super ekstra. Anda tidak perlu menjaga uang anda selama 24 jam di rumah, tapi anda bisa santai dan enjoy, pihak bank yang mengurusi dan menyimpan uang anda. Tidak hanya itu pemberian ATMpun menjadi bantuan bagi anda. Misalkan anda ingin berbelanja seharga 2 juta atau lebih contoh membeli mobil, anda tidak perlu membawa uang sebanyak itu, dari segi keamanan sangat riskan, anda cukup membawa kartu ATM anda, dan berikan pada penjual untuk mengambil uangnya di tabungan anda.

  1. Jangka panjang

Menyimpan atau menabung uang di bank tidak ada batasan waktu, hal ini bisa anda jadikan sebagai simpanan jangka panjang. Selama kita ada uang dan ingin menabung maka hal ini masih akan terus berlaku. Anda tidak bisa seenaknya mengambil ada prosedur dan lain-lain. Berbeda dengan menyimpan uang di rumah, ketika ada keperluan mendadak langsung di ambil, ada apa-apa langsung di ambil, jadi simpanan uang anda akan terus berkurang dan simpanan anda hanya akan memiliki umur yang pendek.

Kelemahan menabung di Bank

  1. Biaya administrasi

Menabung di bank sama saja kita meminta bantuan pihak lain untuk menjagakan uang kita. tentunya tidak gratis, kita haruslah memberikan bayran kepada mereka, yaitu berupa biaya administrasi tiap bulannya. Tiap bulan saldo anda akan dikurangi sebagai pembayaran administrasi, baik anda sedang melakukan transaksi atau penembahan saldo ataupun tidak anda akan tetap dikenai biaya administrasi. Rekening anda juga bisa ditutup karena selama itu tidak ada uang yang masuk ke rekening anda sehingga lama-kelamaan uang anda habis dan rekening anda otomatis akan di tutup. Biaya adminitrasi yang harus anda bayarkan berbeda sesuai dengan bank yang anda pilih dan jenis tabungan tentunya.

  1. Sulit berkembang

Uang yang ada di tabungan atau rekening anda akan sulit mengalami penambahan atau perkembangan karena hal ini ditentukan oleh anda sendriri seberapa sering dan banyak anda menabung di bank, apabila anda tidak menabung atau menambah saldo, maka uang anda akan tetap seperti itu bahkan akan mengalami potongan biaya administrasi. Berbeda jika kita investasikan uang kita dengan emas yang selalu mengalami perkembangan meskipun kita tidak melakukan aktivitas transaksi.

Sponsors Link

  1. Bunga sedikit

Bagi anda yang berharap akan bunga yang banyak, maka jangan berharap dengan menabung di bank anda akan mendaptkannya. Bunga yang diberikan bank hanya sebagian persen saja kira-kira 0,…%. Hal ini berbeda dengan bunga yang anda dapatkan dari investasi dolar atau emas, yang memiliki potensi bunga cukup besar. (Artikel terkait investasi : peluang bisnis air isi ulang)

  1. Ada batasan transaksi

Ada batasan penarikan uang di ATM, maksimalnya hanya Rp 5.000.000 saja. Jadi ketika anda sedang dalam keadaan darurat dan menginginkan uang dalam jumlah banyak maka anda akan menyita waktu lebih lama untuk mengambil uang tersebut.

  1. Antri

Nasabah bank sangatlah banyak, ketika anda akan menabung maka anda harus bersiap-siap utnuk bersabar menunggu antrian. Hal ini sudah biasa kita ketemui jika di bank, jadi anda harus menunggu antrian anda untuk menabung.

(Baca juga : penyebab kegagalan dalam usaha)

Ulusan tersebut merupakan gambaran singkat tentang kelebihan dan kelemahan menabung di bank. Meskipun terlihat mudah dan praktis menyimpan uang di bank juga ada kelemahannya. Jadi bagi anda yang ingin menabung di bank tidak usah ragu tapi anda juga harus berhati-hati dan mempersiapkan diri dalam kehidupan sehari-hari.

, , ,
Oleh :
Kategori : Moneter