Sponsors Link

3 Cara Mudah Memulai Bisnis Kosmetik Online

Berpenampilan menarik menjadi salah satu tuntutan dalam berbagai sektor kehidupan yang harus dipenuhi. Penampilan yang menarik sama halnya dengan memberi nilai tambah bagi diri kita, terlebih dalam berhadapan dengan kalangan professional. Oleh sebab itu, stigma masyarakat tentang perawatan dan kosmetik saat ini telah jauh bergeser seiring berjalannya waktu.

Kosmetik dan perawatan yang dulu identik dengan kebutuhan kaum Hawa, kini juga dibutuhkan oleh kaum Adam. Buktinya, saat ini juga bermunculan berbagai produk perawatan untuk kaum Adam. Meluasnya pangsa pasar untuk berbagai produk perawatan kulit telah menciptakan peluang bisnis baru. Nah, bagi anda yang ingin mulai berbisnis di bidang kosmetik online, berikut ini 3 cara mudah yang layak untuk dicoba!

  1. Jasa Titip / Pre-Order

Bagi anda yang sering berbelanja produk secara online tentunya sudah tidak asing dengan istilah jasa titip. Jasa titip atau personal shopper merupakan sebuah pekerjaan keluar masuk toko, mall, atau merchant besar dengan beberapa merek terkenal untuk membeli barang yang diinginkan pelanggan. Sistem jasa ini berasal dari budaya masyarakat yang seringkali titip membeli suatu barang pada teman yang kebetulan berkunjung ke suatu tempat. Pelaku jasa titip biasanya menggunakan sistem pre-order dengan menunjukkan foto barang yang ditawarkan, lalu menerima pembayaran atas pemesanan pembeli sebelum barang dibeli dan akhirnya dikirimkan kepada pembeli.

Jasa titip merupakan salah satu cara mudah bagi anda yang ingin mulai berbisnis online di bidang kosmetik. Hal ini dikarenakan modal yang anda butuhkan paling tidak hanyalah koneksi internet untuk menawarkan beberapa jenis barang kepada konsumen. Sedangkan uang untuk membeli barang tersebut sudah disediakan oleh konsumen beserta harga atas jerih payah anda dalam mendapatkan barang tersebut.

Apabila anda memiliki sedikit uang lebih, mungkin anda dapat membuka jasa titip produk perawatan (skincare) maupun kosmetik selagi berlibur ke suatu negara, misalnya Korea Selatan yang saat ini produk kecantikannya cukup digandrungi masyarakat. Dengan demikian, anda dapat berlibur sambil mendapatkan uang. Anda juga dapat memanfaatkan koneksi seperti teman atau kerabat yang sedang bepergian ke negara lain dan meminta mereka membeli barang-barang titipan pelanggan lalu memberikan bagian komisi penjualan sebagai gantinya. Cukup mudah, bukan?

  1. Reseller atau Dropshipper

Salah satu kelemahan jasa titip ialah terkadang anda harus berurusan dengan pihak bea cukai, apalagi jika barang titipan konsumen cukup banyak. Alternatif lain yang dapat anda pilih ialah  mendaftar sebagai reseller atau dropshipper pada official store atau toko resmi produk kecantikan. Dalam rangka memperkenalkan produknya kepada masyarakat, biasanya beberapa toko resmi bersedia merekrut reseller atau dropshipper dan memberikan harga khusus.

Anda dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk memulai bisnis dan memperoleh keuntungan dari komisi penjualan. Anda juga dapat mendaftar sebagai reseller atau dropshipper pada toko grosir produk kecantikan. Toko grosir pada umumnya menjual produk kosmetik dengan harga yang lebih murah dibanding toko resmi.

Namun sebelum anda mendaftar sebagai reseller atau dropshipper, pastikan bahwa supplier anda menjual produk yang asli. Sebagaimana kita ketahui, semakin baik kualitas suatu produk kecantikan maka semakin banyak pula produk KW bermunculan. Keaslian produk kecantikan berpengaruh penting pada reputasi toko anda. Untuk meyakinkan pembeli mengenai keaslian produk yang anda jual, ada baiknya anda menyediakan sampel produk selain memberikan fasilitas diskon dan promo.

  1. Membuka Toko Online

Biasanya, reseller atau dropshipper hanya dapat dilakukan untuk satu produk tertentu. Cara terakhir ini merupakan alternatif bagi anda yang ingin menjual beberapa produk dari berbagai macam merek secara sekaligus. Walaupun membuka toko online memang terbilang membutuhkan modal yang cukup besar, namun anda dapat menyiasati masalah tersebut dengan membeli produk dalam skala besar (grosir) untuk mendapatkan harga khusus.

Keuntungan membuka toko online adalah anda dapat menyarankan konsumen untuk membeli produk yang sesuai dengan kondisi kulit mereka. Sebagaimana kita ketahui, kondisi kulit seseorang sangat menentukan pemilihan produk kecantikan. Sebagus apapun kualitas produk kecantikan, apabila tidak sesuai dengan kondisi kulit pemakai maka hasilnya pun tidak akan maksimal. Dengan membuka toko online, anda tidak terikat oleh satu produk jadi anda dapat memilihkan produk kecantikan yang sesuai dengan kondisi kulit konsumen.

Itulah tiga cara mudah bagi yang berminat membuka bisnis di bidang kosmetik. Apakah anda tertarik untuk memulai bisnis di bidang kosmetik? Jika ya, cara manakah yang sesuai dengan modal anda? Sekadar tips, sebelum anda mulai bisnis di bidang kosmetik, pastikan anda memiliki wawasan cukup untuk menjawab pertanyaan konsumen terkait cara perawatan kulit dan produk yang anda tawarkan. Penguasaan yang baik mengenai hal-hal seputar perawatan kulit akan sangat membantu anda dalam memperoleh reputasi di mata konsumen.

, , , , , , , , , , , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Ekonomi