Sponsors Link

3 Cara Tepat Menggunakan Kartu Kredit untuk Pemula

Mendapatkan kartu kredit untuk pertama kali bagaikan memenangkan sebuah undian. Umumnya seseorang akan bersuka cita begitu permohonan kartu kredit disetujui. Tidak mengherankan karena untuk mendapatkan kartu kredit pertama Anda harus melalui berbagai proses administrasi yang terkadang tidak berjalan mulus, terutama berkaitan dengan sumber penghasilan Anda. Proses pengajuan mungkin akan lebih mudah jika Anda memiliki penghasilan tetap dan gaji yang terbilang lumayan.

Namun, banyak yang belum mengerti bagaimana sesungguhnya menggunakan kartu kredit secara bijak. Anda mungkin akan bergembira ketika menerima kartu kredit pertama Anda dan seketika memiliki banyak rencana untuk menggunakan kartu kredit tersebut. Akan tetapi, ada hal lain yang harus Anda perhatikan yakni tagihan yang harus Anda bayarkan nanti. Nah, bagi Anda yang tertarik memiliki kartu kredit, berikut adalah cara-cara agar Anda bisa menggunakan kartu kredit secara tepat.

1. Pilih Kartu Kredit yang Cocok

Pada awalnya, mungkin Anda bingung ingin menggunakan kartu kredit yang seperti apa. Memang saat ini ada banyak sekali pilihan kartu kredit yang bisa digunakan. Masing-masing memberikan penawaran menarik berupa benefit seperti suku bunga yang rendah atau promo diskon untuk berbelanja. Nah, salah satu hal yang cukup sering menjadi bahan pertimbangan adalah biaya-biaya yang dikenakan seperti iuran tahunan, biaya administrasi dan bunga.

Suku bunga yang rendah cocok untuk Anda yang suka mencicil atau membayar jumlah minimum, tetapi kartu kredit dengan suku bunga rendah umumnya jarang memberikan penawaran diskon atau cash back. Sebaliknya, kartu kredit dengan suku bunga tinggi sering memberikan penawaran tersebut, bahkan bebas biaya tahunan dan cocok untuk belanja bulanan dan tagihan bulanan seperti listrik, air dan lain-lain yang dibayar dengan segera.

Pertimbangan lain dalam memilih kartu kredit adalah kebutuhan Anda. Sebagai contoh, apabila Anda memiliki hobi traveling Anda bisa memilih kartu kredit yang memang dikhususkan untuk pencinta jalan-jalan dan memberikan penawaran menari berupa diskon untuk reservasi hotel atau tiket pesawat. Jika Anda suka belanja ritel, Anda bisa memanfaatkan fasilitas cicilan nol persen atau cash back yang ditawarkan kartu kredit tertentu. Jadi sesuaikan dengan kebutuhan Anda, kira-kira kartu kredit tersebut akan lebih sering Anda gunakan untuk keperluan apa.

2. Jaga Kerahasiaan Data

Hal penting yang harus Anda perhatikan begitu mendapatkan kartu kredit adalah menjaga kerahasiaan data Anda dengan baik. Saat ini sering sekali dijumpai kasus penipuan yang berkaitan dengan kartu kredit. Anda harus berhati-hati karena kartu kredit rentan terhadap tindak kejahatan seperti pembobolan.

Sebaiknya jangan memberikan informasi tentang data kartu kredit Anda kepada pihak-pihak yang mungkin saja mengaku dari pihak bank dan menawarkan berbagai promo atau hal menarik untuk Anda seperti diskon atau voucher. Lakukan pengecekan pada pihak bank jika Anda menerima penawaran atau hal mencurigakan seperti ini. Hal ini untuk mengantisipasi penyalahgunaan kartu kredit yang nantinya akan merugikan Anda.

Anda juga harus berhati-hati ketika menggunakan kartu kredit untuk belanja online. Transaksi online juga memiliki risiko tinggi terhadap keamanan data kartu kredit Anda. Sebaiknya berbelanjalah pada toko online yang memiliki reputasi baik dan terpercaya. Hal yang sama juga harus Anda lakukan ketika berbelanja pada sebuah toko yang Anda datangi langsung.

3. Gunakan Kartu Kredit dengan Benar

Anda boleh senang ketika akhirnya berhasil mendapatkan kartu kredit. Namun, Anda harus benar-benar menggunakannya dengan bijak. Anda tentu boleh memanfaatkan keuntungan dari kartu kredit tersebut seperti promo diskon untuk produk-produk tertentu, akan tetapi gunakanlah pada tempat dan waktu yang tepat.

Anda harus memahami konsep kartu kredit terlebih dahulu yang tidak lain adalah kartu hutang. Hal ini berarti Anda harus menggunakannya hanya untuk keperluan yang memang penting saja dan pastikan Anda memiliki dana yang cukup untuk melunasinya. Ingatkan diri Anda mengenai konsep tersebut untuk mencegah risiko terlilit hutang di kemudian hari.

Hal berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah jangan mudah tergoda dengan penawaran diskon atau fasilitas cicilan nol persen yang ditawarkan kartu kredit. Ingatlah bahwa Anda membeli sesuatu dengan pertimbangan bahwa Anda benar-benar membutuhkannya, bukan karena diskon atau fasilitas cicilan nol persen yang ditawarkan kartu kredit. Pada akhirnya Anda hanya akan asal membeli barang dan menambah tagihan saja.

Selain itu, pertimbangkan pula kemampuan Anda untuk membayar tagihan. Jika Anda memiliki lebih dari satu kartu kredit, gunakanlah secara bergantian sesuai dengan kebutuhan atau gunakanlah kartu kredit yang paling banyak memberi keuntungan dan lakukan penutupan untuk kartu kredit lainnya secara bertahap.

Nah, itulah hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam menggunakan kartu kredit. Anda harus dapat mengelola keuangan Anda dengan baik dan bertransaksi dengan bijak. Jangan sampai karena tidak bisa mengontrol penggunaan kartu kredit dengan baik, Anda akan terlilit hutang di kemudian hari.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Ekonomi, Kredit