22 Contoh Kebutuhan Primer Manusia Sebagai Makhluk Sosial

Semua manusia memiliki kebutuhan utama yang sama. Selain kebutuhan nyata yang dibutuhkan untuk bertahan hidup seperti air, makanan dan tempat tinggal ada kebutuhan primer yang melampaui kebutuhan fisiologis dan keamanan Anda. Menurut Maslow, begitu kebutuhan dasar Anda untuk bertahan hidup terpenuhi, Anda dapat pindah ke tingkat kebutuhan berikutnya seperti contoh kebutuhan aktualisasi diri. Untuk memahami kebutuhan primer manusia maka berikut contoh kebutuhan primer:

1. Pakaian atau Sandang

Ini merupakan kebutuhan primer yang bersifat sangat dasar atau harus segera terpenuhi dalam kehidupan manusia. Pakaian akan melindungi manusia dari cuaca dan juga menjadi daya tarik bagi penampilannya.

2. Pangan atau Makanan

Selain pakaian tentunya manusia sangat memerlukan makanan bukan? Siapa yang bisa bertahan hidup tanpa makanan? Setidaknya makanan adalah dasar dalam bertahan hidup bagi manusia dan makhluk hidup lainnya.

3. Tempat Tinggal

Tentunya tempat tinggal akan menjadi tempat berlindung dna tempat berteduh bagi manusia dan merupakan kebutuhan primer yang harus terpenuhi, bukan? Ini termasuk kedalam 3 kelompok besar kebutuhan dasar yang harus terpenuhi sebelum kebutuhan lainnya.

4. Keluarga

Siapa juga yang ingin hidup sendirian? Pastinya manusia akan memerlukan support dari rang lain, apalagi dari orang terdekat yang dinamakan keluarga.

5. Teman

Selain mebutuhkan keluarga, manusia juga memerlukan orang lain yang disebut teman. Dimana ini akan mengisi segala bentuk kekosngan dan mensupport mereka secara pribadi dalam sebuah lingkungan sosial tersendiri.

6. Sebuah Pendidikan

Sebuah pendidikan amat berguna bagi seorang manusia untuk menjalani perannya di dalam persaingan global dunia yang kian hari kian berkembang dan meningkat. Tentunya amat diperlukan sebuah pendidikan yang mapan agar bisa bersaing dengan individu yang lainnya.

7. Informasi

Sebagai manusia tentunya kita memerlukan sumber informasi yang diperlukan untuk bertahan sebagai seorang individu dikalangan masyarakat.

8. Pengetahuan

Sebenarnya aspek ini sama dengan pengetahuan tapi harus lebih spesifik dimana pengetahuan adalah hasil yang didapat dari sebuah pendidikan

9. Pekerjaan

Manusia tentunya memerlukan pekerjaan agar bisa mendapatkan penghasilan dan menjadi seorang yang layak bertahan di atas segala kebutuhan yang ia perlukan.

10. Kasih Sayang

Kasih sayang adalah hal dasar lainnya yang diperlukan manusia untuk tetap melanjutkan fungsi sosialnya.

11. Hubungan

Hubungan juga diperlukan agar manusia bisa menjalin relasi antara individu satu dan yang lainnya.

12. Privasi

Siapa sih yang tidak memerlukan privasi? Sebagai manusia privasi termasuk kedalam kebutuhan primer yang harus di dapatkan oleh seseorang.

13. Kesehatan

Kesehatan adalah hal penting lainnya yang bisa menunjang peran seorang manusia dalam mengembangkan kualitas dirinya dan menjadi bagian dari peradaban yangbaik.

14. Keselamatan

Keselamatan juga menjadi hal dasar yang diperlukan seseorang untuk bertahan hidup dan menjadi seseorang yang produktif.

15. Keamanan

Bersamaan dengan keselamatan keamanan adalah hal dasar yang juga harus terpenuhi.

16. Saling Menghargai

Tidak ada manusia yang ingin dilecehkan, direndahkan dan memerlukan sebuah penghargaan dan apresiasi atas apapun yang mereka lakukan. Ini nantinya akan menjadi sebuah dorongan agar mereka bisa saling berdamai dan mebentuk koloni yang baik.

17. Kebutuhan fisiologis

Jika, menurut Maslow, kebutuhan kelangsungan hidup Anda tidak terpenuhi maka fokus dan energi Anda akan diarahkan untuk memenuhi kebutuhan ini. Anda akan terdorong dan termotivasi untuk memuaskan mereka. Kebutuhan lain, seperti sosial dan harga diri tidak akan sepenting Anda sampai kebutuhan fisiologis dasar ini terpenuhi seperti contoh kebutuhan tersier.

Keamanan

Fungsi dasar dan utama otak Anda adalah menjaga Anda tetap aman, melindungi Anda, dan waspada terhadap ancaman fisik atau emosional apa pun. Oleh karena itu kebutuhan fisik Anda adalah kebutuhan akan keselamatan dan keamanan. Kebutuhan keselamatan Anda dapat bervariasi dan akan bergantung pada situasi pribadi Anda. Ini mungkin berbeda dari tempat penampungan paling dasar untuk memiliki cadangan keuangan yang mencukupi.

Bagi banyak orang, kebutuhan keamanan juga meliputi: kebutuhan untuk memesan, kebutuhan untuk mengetahui, kebutuhan akan rutinitas, kebutuhan untuk merencanakan. Jika Anda merasa tidak aman dan kebutuhan fisik Anda tidak terpenuhi, maka tingkat kebutuhan berikutnya tidak mungkin mendapat banyak perhatian.

Kebutuhan Sosial

Begitu Anda telah memenuhi kebutuhan fisiologis dan keamanan dasar Anda, tingkat kebutuhan Anda berikutnya menjadi penting dan itulah kebutuhan sosial Anda. Kebutuhan sosial adalah kebutuhan untuk dimiliki, untuk terhubung dan berhubungan dengan orang lain. Kebutuhan sosial meliputi: kebutuhan akan teman, kebutuhan untuk memberi dan menerima cinta, kebutuhan untuk menjadi anggota komunitas atau sekelompok orang yang berpikiran serupa. Kebutuhan sosial kita telah berkontribusi terhadap keberlangsungan hidup spesies kita yang sukses.

Menghargai

Ketika Anda memiliki rasa ‘milik’, Anda merasa bahwa Anda adalah anggota kelompok yang penting dan berharga. Kebutuhan esteem bersifat internal dan eksternal. Kebutuhan harga internal adalah hal-hal yang berkaitan dengan harga diri seperti penghargaan diri dan rasa pencapaian. Kebutuhan harga eksternal adalah mereka seperti status sosial dan pengakuan. Beberapa kebutuhan harga adalah: harga diri, pencapaian, perhatian, kepentingan, dihargai, pengakuan dan reputasi.

Aktualisasi diri

Aktualisasi diri adalah puncak hierarki kebutuhan Maslow. Ini adalah upaya mencapai potensi tertinggi Anda. Ini juga merupakan kebutuhan untuk terhubung dengan sesuatu di luar diri ego Anda. Pada akhirnya Anda tidak akan pernah benar-benar tahu apakah Anda telah mencapai potensi tertinggi Anda karena pada akhirnya Anda tidak akan pernah benar-benar tahu apa yang Anda mampu lakukan. Tidak seperti kebutuhan tingkat kelangsungan hidup Anda, kebutuhan ini tidak mungkin sepenuhnya dipenuhi.

Ketika Anda tumbuh secara emosional, psikologis dan ‘spiritual’ (apa pun artinya bagi Anda), Anda akan selalu menemukan peluang baru, tantangan baru, dan batasan baru yang akan membantu Anda untuk terus tumbuh, berkembang, dan berkembang.

Kebutuhan aktualisasi diri adalah: pemahaman, pengetahuan, kebenaran, keadilan, kebijaksanaan, makna dan tujuan. Orang yang teraktualisasikan diri sering memiliki pengalaman puncak, momen yang memberi energi, memberikan rasa bahagia dan kepuasan. Menurut Maslow, hanya sebagian kecil penduduk yang akan mencapai tingkat aktualisasi diri ini.

Aktualisasi-lainnya

Sementara kebutuhan untuk membantu dan merawat orang lain dapat dianggap sebagai kelangsungan hidup utama, karena itu membuat spesies kita terus berjalan, kebutuhan yang lebih tinggi ini adalah untuk berkontribusi pada aktualisasi diri orang lain dan untuk kebahagiaan dan kesejahteraan orang lain. Kebutuhan ini adalah kebutuhan untuk melihat orang lain berkembang, tumbuh dan berkembang. Seperti ‘membantu menyirami kebun orang lain’ sehingga mereka dapat tumbuh, berkembang, dan berkembang. Sementara diklasifikasikan sebagai kebutuhan ini lebih merupakan kebutuhan altruistik, keinginan untuk mendorong, mendukung dan menginspirasi orang lain.

Semakin banyak orang yang memiliki keinginan ini, semakin mereka akan mempengaruhi dan memengaruhi orang lain dengan cara yang positif. Ingat bahwa kebutuhan adalah apa yang harus Anda miliki. Mereka adalah apa yang Anda hargai dan sangat inginkan agar berfungsi dengan baik dan berkembang.