Sponsors Link

25 Contoh Pembangunan Ekonomi dan Faktor Yang Mempengaruhinya

Apa itu pembangunan ekonomi? Apa saja contoh pembangunan ekonomi? Dan apa hubungannya dengan branding kota atau branding regional ? Untuk pengembang ekonomi, jawabannya mungkin tampak cukup jelas. Tapi karena tempat branding adalah tugas yang melibatkan para profesional dari berbagai disiplin ilmu, kami pikir mungkin berguna untuk memperkenalkan konsep itu kepada mereka yang belum akrab dengannya. Dan cara apa yang lebih baik untuk melakukan hal ini selain mengundang para profesional pembangunan ekonomi terkemuka untuk berbagi pikiran mereka.

Apa Saja Contoh Pembangunan Ekonomi?

Pembangunan ekonomi adalah proses meningkatkan kualitas hidup suatu bangsa, daerah atau masyarakat. Ini biasanya melibatkan tujuan seperti kesejahteraan sosial, pertumbuhan ekonomi dan keberlanjutan seperti ciri-ciri pembangunan ekonomi modern. Berikut ini adalah jenis pembangunan ekonomi yang umum.

1. Infrastruktur

Layanan dasar yang meningkatkan efisiensi ekonomi seperti tulang punggung internet.

2. Pendidikan

Lembaga, sistem, alat, dan fasilitas yang mendukung perolehan pengetahuan dan keterampilan.

3. Kesehatan dan Kebugaran

Perawatan kesehatan seperti rumah sakit dan program kesehatan seperti program olahraga setelah sekolah.

4. Keadilan

Sistem hukum yang terbuka dan adil yang disediakan oleh penegak hukum, badan administratif, pengadilan dan sistem lain seperti pengadilan hak asasi manusia. Keadilan adalah kunci, sistem peradilan yang tidak dianggap adil dapat menghambat perkembangan ekonomi.

5. Keamanan

Sistem yang membuat orang merasa mereka hidup di lingkungan yang aman dan stabil termasuk bidang-bidang seperti pencegahan kejahatan, kesiapsiagaan bencana dan keamanan informasi seperti manfaat pajak bagi pembangunan negara.

6. Hak asasi Manusia

Prinsip dan kerangka kerja yang menjamin hak asasi manusia sedemikian rupa sehingga orang bebas mengejar kebahagiaan. Misalnya, konstitusi yang ditegakkan oleh cabang-cabang pemerintahan.

7. Perlindungan Konsumen

Mengatur kualitas, persyaratan komersial dan keamanan produk dan layanan. Misalnya, sistem yang memastikan bahwa produk makanan aman dan sehat.

8. Persaingan yang Sehat

Badan yang memastikan persaingan bebas untuk mencegah praktik anti-persaingan yang menghambat efisiensi pasar.

9. Pasar

Pasar untuk sekuritas, aset, barang dan jasa yang adil, efisien dan cair.

10. Keuangan

Institusi dan sistem keuangan yang stabil, terkemuka dan efisien. Misalnya, sebuah negara di mana mudah untuk mendapatkan pinjaman ketika Anda kemungkinan besar akan membayar kembali.

11. Stabilitas politik

Sistem politik yang adil sehingga penduduk memiliki kepercayaan pada pemimpin dan administratornya dan merasa bahwa segala sesuatunya selalu menjadi lebih baik.

12. Budaya

Pelestarian hal-hal yang orang nilai seperti arsitektur, seni, seni pertunjukan, sastra, festival, ritual dan hiburan. Dukungan untuk pencarian kreatif dan industri budaya.

13. Angkutan

Sistem transportasi yang mudah diakses dan efisien baik dari segi waktu dan uang.

14. Energi

Sistem produksi dan distribusi energi yang menyediakan banyak energi tanpa mencemari lingkungan.

15. Air

Infrastruktur yang menyediakan kawasan dengan keamanan air seperti infrastruktur untuk pengisian air tanah seperti penyebab kelangkaan air bersih.

16. Makanan

Ketahanan pangan seperti wilayah yang menumbuhkan banyak makanannya sendiri termasuk keanekaragaman tanaman.

17. Teknologi Informasi

Perusahaan teknologi, infrastruktur TI dan kumpulan orang-orang penting yang memiliki pengetahuan tentang teknologi seperti pengembang perangkat lunak dan arsitek.

18. Penelitian

Penelitian dan hal-hal terkait seperti fasilitas sains, universitas, dan program luar angkasa.


19. Basis Industri

Sektor industri yang maju dengan kemampuan untuk memproduksi berbagai produk kompleks yang signifikan.

20. Ekonomi Layanan

Negara-negara maju sedang mengalami pergeseran di mana layanan merupakan komponen output ekonomi yang semakin besar. Dengan demikian, transisi dari ekonomi industri ke ekonomi layanan dapat dilihat sebagai bentuk modern pembangunan ekonomi.

21. Ekonomi Pengetahuan

Pergeseran ke pekerjaan yang membutuhkan dan menghasilkan pengetahuan yang signifikan seperti penelitian medis atau pengembangan perangkat lunak.

22. Pengalaman Ekonomi

Produk dan layanan yang bersaing di tingkat pengalaman pelanggan seperti video game atau hotel resor.

23. Tempat umum

Ruang publik seperti kota yang dipenuhi dengan ruang biru dan hijau yang menyenangkan.

24. Masyarakat

Elemen bangsa atau kota yang menciptakan pengalaman bersama sehingga orang-orang saling mengenal dan tidak menjadi terisolasi. Misalnya, tim olahraga lokal populer yang menarik penduduk setempat bersama.

25. Keberlanjutan dan Ketahanan

Suatu bangsa yang memiliki sistem dan praktik yang dirancang untuk bertahan waktu dan tekanan. Misalnya, industri yang tidak menciptakan limbah berbahaya atau mengkonsumsi sumber daya yang berlebihan.

Pembangunan ekonomi vs. pertumbuhan

Meskipun istilah pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi mencakup konsep yang serupa, mereka tidak sama.

Pertumbuhan ekonomi

Pertumbuhan ekonomi adalah tentang perluasan PDB, yaitu membuat ukuran ekonomi lebih besar. GDP adalah singkatan gross domestic product. GDP adalah jumlah semua aktivitas ekonomi di suatu negara selama periode tertentu. Ini adalah nilai bersih semua produk dan layanan yang dihasilkan oleh ekonomi.

Pertumbuhan ekonomi

Pengembangan, di sisi lain, melihat pada kisaran statistik yang jauh lebih luas daripada hanya PDB atau PDB per kapita. PDB per kapita adalah PDB dibagi dengan total populasi. Perkembangan ekonomi melihat bagaimana warga suatu negara terpengaruh. Terlepas dari standar hidup mereka, itu juga terlihat pada kebebasan mereka harus menikmati standar hidup mereka. Perkembangan ekonomi memperhitungkan informasi berikut:

  • Harapan hidup rata-rata, yaitu berapa lama rentang hidup orang-orang.
  • Standar pendidikan.
  • Angka melek huruf, yaitu berapa persentase populasi yang bisa dibaca.
  • Standar lingkungan.
  • Tersedianya perumahan, plus kualitas perumahan.
  • Akses ke perawatan kesehatan. Ini memperhitungkan jumlah dokter per seribu orang, akses ke obat-obatan yang terjangkau, dll.
  • Pendapatan per kapita.

Pertumbuhan ekonomi adalah kondisi yang penting untuk pembangunan. Namun, pertumbuhan saja tidak cukup karena tidak dapat menjamin pengembangan. Pembangunan ekonomi adalah tentang menciptakan kebebasan bagi orang-orang dan menghilangkan hambatan untuk kebebasan yang lebih besar. Kebebasan yang lebih besar memungkinkan orang memilih takdir mereka sendiri. Hambatan untuk kebebasan, dan karenanya untuk pembangunan, termasuk kemiskinan, kurangnya peluang ekonomi, korupsi, pemerintahan yang buruk, kurangnya pendidikan dan kurangnya kesehatan.

Mengapa Hal-hal Menjual Satu Sama Lain Bukan Pengembangan Ekonomi

Pengecualian penting adalah dengan masyarakat yang berorientasi pariwisata, di mana orang-orang di luar komunitas memang menambah pasar untuk restoran. Sama seperti dalam contoh pemanggang, jika manajemen dan kepemilikan rantai taco berada di luar masyarakat, pendapatan bocor keluar dari masyarakat.

Karena efek berganda hanya tendangan ketika pendapatan dihabiskan di dalam masyarakat, pengembalian uang ke manajer luar kota, biaya waralaba, dan pemilik luar kota atau pemegang saham menunjukkan penurunan jumlah uang yang tersedia untuk memberi makan ekonomi lokal.

Jika Anda merasa bahwa istilah dasar ekonomi telah terdegradasi begitu banyak sehingga tidak ada yang akan “mendengar” Anda ketika Anda menggunakannya, cara yang lebih baru dan mungkin lebih akurat untuk memikirkan perkembangan ekonomi yang benar sedang muncul.


Ini berpusat pada perbedaan antara barang dan jasa yang dapat diperdagangkan dan yang tidak dapat diperdagangkan, dengan barang-barang yang dapat diperdagangkan adalah barang-barang yang tidak dikonsumsi secara lokal. Hanya mempertimbangkan bahwa definisi pembangunan ekonomi yang lebih baik dapat mencegah Anda dari berjudi sia-sia pada insentif pajak yang tidak meningkatkan tingkat kemakmuran di komunitas Anda dalam jangka panjang. Percakapan pengembangan ekonomi internasional juga harus fokus pada mendatangkan uang dari luar komunitas, bukan hanya resirkulasi uang yang sama.

 

, , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Ekonomi