Sponsors Link

Ciri Ciri Pembangunan Ekonomi Modern di Berbagai Negara

Ciri ciri pembangunan ekonomi adalah sebuah proses kenaikan pendapatan total dan juga pendapatan perkapita dengan memperhitungkan pertambahan penduduk yang diikuti juga dengan perubahan fundamental pada struktur ekonomi dalam sebuah negara dan juga pemerataan pendapatan untuk penduduk di sebuah negara. Indikator pembangunan ekonomi akan tergantung dari pertumbuhan ekonomi dimana pembangunan ekonomi aka mendorong tumbuhnya perekonomian begitupun sebaliknya. Untuk itu, yang dimaksud dengan pembangunan ekonomi merupakan proses naiknya kapasitas produksi sebuah perekonomian yang diwujudkan pada bentuk kenaikan pendapatan nasional. Sebuah negara bisa disebut mengalami kenaikan ekonomi juga memang terjadi peningkatan GNP rill pada negara tersebut. Lalu, bagaimana ciri ciri pembangunan ekonomi yang bisa terlihat?, berikut kami berikan penjelasan selengkapnya.

  1. Pertumbuhan Penduduk dan Produk Per Kapita

Ciri pertama dari pembangunan ekonomi terlihat dari kenaikan produk per kapita yang tinggi diikuti dengan laju pertumbuhan penduduk yang juga cepat. Laju kenaikan yang sangat luar biasa tersebut setidaknya terjadi sebesar lima kali untuk penduduk dan paling sedikit sekitar sepuluh kali produksi.

  1. Meningkatnya Produktivitas

Kuznets berpendapat jika kenaikan produktivitas juga bisa menjelaskan hampir secara menyeluruh mengenai pertumbuhan produk per kapita di negara negara maju. Meski terjadi beberapa penyesuaian untuk menampung biaya serta input yang juga tersembunyi, pertumbuhan dari produktivitas juga bisa tetap menjelaskan lebih dari setengah pertumbuhan produk per kapita yang menjadi faktor pembangunan ekonomi. Pertumbuhan produk nasional disebabkan karena pertumbuhan penduduk yang pesat sehingga jumlah tenaga kerja juga semakin tinggi. Sedangkan pertumbuhan produk nasional tersebut juga bisa mempercepat laju perkembangan akumulasi modal dan juga modal yang bisa diproduksi kembali.

  1. Perubahan Struktural Terlihat Tinggi

Berubahnya struktural dalam perkembangan ekonomi meliputi peralihan dari kegiatan pertanian menuju kegiatan non pertanian, dari industri menuju jasa, perubahan pada skala unit produktif dan juga peralihan dari perusahaan perorangan menuju perusahaan hukum dan berubahnya status kerja buruh yang menjadi tujuan ekonomi pembangunan. Pergeseran intersektoral tersebut juga diikuti dengan perkembangan ekonomi dalam skala perusahaan dan juga terjadinya perubahan bentuk organisasi pada sektor seperti perdagangan atau manufakturing yaitu perusahaan kecil yang tidak memiliki badan hukum menjadi unit badan usaha yang besar dengan struktur industri dan juga teknologi yang mengalami perubahan cepat.

Selain itu, terjadi juga perubahan yang sangat cepat dalam alokasi produk di antara berbagai perusahaan produksi di segala bentuk dan juga ukuran. Ini menyebabkan perubahan alokasi tenaga kerja juga ikut terjadi sehingga mobilitas tenaga kerja juga semakin tinggi baik antar industri, antar kerja atau antar jabatan, pekerjaan kasar ke pekerjaan halus, dari yang kurang keahlian hingga ke pekerjaan yang butuh keahlian dan juga perusahaan kecil ke perusahaan besar.

  1. Terjadi Urbanisasi

Perkembangan ekonomi juga terlihat dari semakin banyak penduduk dalam negara maju yang terus berpindah dari pedesaan menuju daerah perkotaan yang disebut dengan urbanisasi yang ada dalam teori pertumbuhan ekonomi modern. Biasanya urbanisasi menjadi produk industrialisasi dimana skala ekonomi yang terjadi dalam usaha non agraris sebagai hasil perubahan teknologi membuat perpindahan tenaga kerja dan juga penduduk secara besar dari desa menuju kota. Sarana teknik transportasi, organisasi dan komunikasi yang semakin berkembang tersebut juga tentunya bisa menjadi lebih efektif sehingga terjadi penyebaran unit skala optimal. Semua proses ini akan berpengaruh pada pengelompokkan penduduk atas dasar status sosial dan juga ekonomi serta mengubah pola dasar kehidupan.

Urbanisasi perkembangan ekonomi negara maju membuat angka kelahiran menurun dan bergeser ke arah keluarga kecil. Urbanisasi juga mempersatukan banyak orang dari pedesaan dimana mereka akan berusaha dan terus belajar dari orang orang yang sudah menetap di kota. Ini akan semakin mempermudah perkembangan hubungan impersonal kehidupan modern serta mengajarkan untuk bekerja sama.

  1. Expansi negara Maju

Perkembangan ekonomi negara maju umumnya tidak sama. Untuk beberapa bangsa, perkembangan ekonomi bisa terjadi lebih awal dibandingkan dengan bangsa lainnya seperti karena ada penyebab ekonomi menurun dalam suatu negara. Ini disebabkan karena perbedaan latar belakang sejarah serta masa lalu. Pada saat ilmu dan juga pengetahuan mulai berkembang, revolusi industri pertama kali terjadi di Inggris pada paruh kedua abad ke-18 dan mulai menyebar ke negara Eropa lain.

Demikian ulasan dari kami kali ini tentang ciri ciri pembangunan ekonomi yang tumbuh seiring dengan kemajuan teknologi serta penyesuaian kelembagaan dan juga ideologis. Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Ekonomi