Sponsors Link

7 Contoh Perdagangan Antar Pulau yang Ada Di Indonesia

Perdagangan antar pulau merupakan sebuah transaksi ekonomi yang terjadi antara dua pulau. Sebagai Negara kepulauan pastinya Indonesia tentu tidak luput dari jenis perdagangan antar pulau ini. Sumber dan kekayaan antar pulau yang ada berbeda-beda sehingga memungkinkan bagi kedua pulau untuk saling bertukar komoditas. Dalam hal ini koneksi dan hubungan ekonomi seperti transaksi perdagangan antar kedua pulau sudah pasti akan terjadi.

ads

Perdagangan sendiri merupakan kegiatan ekonomi untuk saling tukar-menukar barang dan jasa dengan kesepakatan dari beberapa pihak tanpa adanya unsur paksaan. Perdagangan diikuti juga dengan transaksi yang melibatkan aliran uang dari pihak satu ke pihak yang lainnya sebagai kompensasi terhadap pembelian barang dan jasa.Perdagangan antar pulai dilakukan secara tradisional yaitu dengan menggunakan kapal-kapal atau perahu sederhana yang bisa menjangkau satu pulau dengan lainnya. Simak juga ciri-ciri pertanian rakyat .

Seiring dengan kemajuan teknologi maka perdagangan antar saat ini dilakukan dengan cara modern sebagai bentuk kebijakan ekonomi mikro . Yakni melalui jaringan komunikasi seperti telepon dan internet dengan dukungan kapal-kapal mesin yang modern sehingga mempercepat arus perdagangan antar pulau. Beberapa pulau di Indonesia telah melakukan perdagangan antar pulau ini sejak dari masa ke masa. Sebagai bukti, berikut 7 contoh perdagangan antar pulau yang ada di Indonesia. Simak selengkapnya.

1. Perdagangan Antara Pulau Sumatra Dan Pulau Jawa

Pulau Sumatra dan Pulau Jawa terletak bersebrangan yang di batasi oleh Selat Sunda. Pulau jawa merupakan pulau dengan jumlah penduduk terbesar dan terpadat sehingga tentunya luas wilayahnya akan terbatas pada pemukiman saja. Sedangkan Sumatra merupakan pulau yang memiliki banyak sekali perkebunan skala besar salah satunya yakni kopi. Pulau Sumatra merupakan satu-satunya pulau penghasil Komoditas kopi terbesar. Daerah yang paling terkenal dengan kopinya adalah Aceh, Gayo, dan Lampung.

Sponsors Link

Mengingat bahwa pulau Jawa tidak memiliki perkebunan kopi sama sekali. Maka terjadilah perdagangan Komoditas kopi antara pulau yakni pulau Sumatra ke Pulau Jawa. Perdagangan ini telah terjadi sejak bertahun tahun yang lalu dan terus berlanjut hingga kini dan mengedepankan prinsip ekonomi manjerial . Tentunya ini merupakan salah satu contoh perdagangan antar pulau. Dimana pulau Sumatra menjual kopi sebagai komoditas unggulannya ke Pulau Jawa.

2. Perdagangan Antara Pulau Jawa ke Papua

Kepualau Papua merupakan pulau yang paling ujung di indonesia. Papua amat terkenal dengan tambang emas dan juga kekayaan alam dan keindahan panorama alamnya yang begitu mempesona. Namun, Papua tidak memiliki sumber kekayaan alam seperti minyak bumi. Sehingga dalam kondisi ini mengharuskan Papua untuk melakukan perdagangan dengan Pulau yang memiliki kekayaan minyak bumi seperti solar sebagab contoh teori permintaan  . Oleh sebab itu, maka terjadilah perdagangan antar pulau di mana pulau jawa menjual Solar ke pulau Papua.

Mengapa pulau jawa, sebab di kepualauan Jawa tersebar sumber kekayaan minyak bumi dan pusat pengenoran minyak terbesar. Oleh sebab itu, maka Jawa memiliki kompditas minyak bumi berupa solar yang kemudian di jual di luar pulau. Salah satu tujuan perdagangan pulau jawa adalah pulau Papua yang memang sama sekali tidak memiliki sumber kekayaan minyak bumi. Maka jangan heran jika sebelum pemerataan harga BBM harga solar di Papu sangat fantastis.

3. Perdagangan Dari Pulau Kalimantan Ke Pulau Papua

Kalimantan merupakan pusat daerah dengan perkebunan-perkebunan besar. Sebab Kalimantan memiliki tanah gambut yang sangat cocok dipakai sebagai areal perkebunan. Kalimantan juga merupakan daerah penghasil cengkih kualitas terbaik. Dimana pulau Jawa sendiri merupakan daerah yang memiliki pabrik rokok terbesar di Indonesia seperti Djarum Kudus, dan Gudang Garam Kediri. Tentunya kedua pabrik rokok tersebut membutuhkan komoditas cengkeh yang di pulau Jawa sendiri tidak ada perkebunan cengkeh.

Sehingga inilah yang kemudian membuat perdagangan antar pulau Kalimantan dan Jawa terjadi. Dimana Pulau Kalimantan menjual Cengkeh kepada Pulau Jawa. Tentunya perdagangan ini sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak. Perdagangan ini telah berlangsung lama dan terus berlangsung hingga kini. Bahkan kemungkinan besar dimasa yang akan datang skala penjualan cengkeh dari Kalimantan ke Jawa akan semakin meningkat. Sebab hal tersebut mengikuti seiring bertambah banyaknya pabrik-pabrik rokok skala menengah dan kecil yang juga membutuhkan cengkeh sebagai bahan utama membuat cengkeh. Simak juga faktor non ekonomi yang menghambat pertumbuhan ekonomi .

4. Perdagangan dari Papua Ke Pulau Jawa

Siapa bilang Papua tidak bis melakukan perdagangan antar Pulau. Sebab ternyata Papua memiliki sumber pangan yang tentunya tidak dimiliki oleh Pulau lainnya. Sumber pangan tersebut ialah sagu. Di Papua sendori anda tidak akan sulit untuk menemukan tanaman penghasil sagu. Sebab tanaman ini tumbuh subur didalam hutan Papua yang masih asri dan jumlahnyapun begitu banyak. Sagu sendiri merupakan sumber makanan dan merupakan makanan utama bagi orang papua.

Perdagangan sagu dari Pulau Papua ke Pulau Jawa terjadi karena di pulau Jawa anda tidak akan bisa menemukan pohon sagu. Sedangkan pulau Jawa sendiri membutuhkan tanaman Sagu sebagai bahan dasar pembuatan berbagai panganan dan jajanan tradisional. Oleh sebab itu tentunya perdagangan sagu antara pulau Papua dan Jawa merupakn perdagangan yang saling menguntungkan dan saling membutuhkan.

Sponsors Link

5. Perdagangan Cinderamata Dari Pulau Bali Ke Pulau Jawa 

Bali meruakan Pulau yang sudah dikenal dunia lewat keindahannya. Pulau Bali selain menjadi tujuan pelancong juga merupakan pusat pembuatan kerajinan tangan ukir dan pahat sebagai kriteria usaha kecil, menengah dan besar . Hampir semua penduduk Bali memiliki kemampuan untuk membuat cinderamata. Selain di jual di pulau Bali, ternyata permintaan cinderamata khas bali juga sangat tinggi di pulau Jawa. Itulah yang kemudian membuat terjadinya perdagangan antar pulau Bali dan Pulau jawa dengam jomoditas yang dijual adalah cinderamata Khas Bali.

6. Perdagangan dari Pulau Papua Ke Pulau Kalimantan

Papua merupakan lokasi dimana tambang emas terbesar di dunia berada. Freefort yang merupakan tambang emas terbesr di dunia yang sayangnya hingga saat ini kepemilikannya masih dukuasai oleh asing. Dengan mengesampingkan itu semua, emas berkualitas yang dihasilkan oleh Papua sangat diminati dan merupakan salah satu emas berkualitas terbaik di Dunia. Oleh sebab itu, emas atau gold juga merupakan komoditas utama pulau Papua.

Kalimantan sendiri merupakan daerah perkebunan sehingga mereka tidak memiliki sumber bahan tambang baik emas ataupun nikel. Oleh karena hal ini, maka perdagangan antar pulau Papua dan Kalimantanpun terjadi. Dimana pulau Papua menjual hasil komoduras emasnya ke pulau Kalimantan yang tidak bisa menghasilkan emas .

7. Perdaganan Tekstile Dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatra

Pulau Jawa dikenal sebagai pusat tekstile. Derah yang paling besar dengan pabrik dan pusat pembuatan pakaian adalah Bandung Jawa Barat, Pekalongan Jawa Tengah dan yogyakarta yang merupakan pusat batik nasional. Sedangkan di pulau Sumatra gidak banyak industri tekstile yang bisa berkembang. Oleh sebab itu, terjadilah perdagangan antar pulau dimana pulau Jawa menjual Komodutas tekstilenya ke Pulau Sumatra. Simak juga penyebab ekonomi menurun .

7 contoh perdagangan antar pulau yang ada di Indonesia. Tentunya merupakan bagian dari pendukung sistem perekonomian Indonesia itu sendiri. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi dan sumber bacaan anda dan semoga artikel ini dapat bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Ekonomi