Sponsors Link

16 Contoh Kapitalisme Yang Melanda Dunia

Kapitalisme adalah sistem ekonomi dan sosial di mana para peserta secara pribadi memiliki alat produksi – yang disebut modal. Gratis pasar persaingan, bukan pemerintah pusat atau mengatur tubuh, mendikte tingkat produksi dan harga. Di bawah kapitalisme, harga dan upah ditentukan oleh kekuatan penawaran dan permintaan. Anggota ekonomi kapitalis didorong untuk mendapatkan jumlah maksimum utilitas “manfaat” atau ” laba ” dengan biaya terendah. Industri milik pribadi melayani sektor konsumen yang menginginkan barang dan jasa dengan nilai tertinggi untuk harga terendah. Persaingan memaksa perusahaan untuk menjaga harga tetap rendah untuk menarik konsumen. Peran pemerintah dalam masyarakat kapitalis adalah untuk melindungi hak-hak hukum para aktor dalam ekonomi, bukan untuk mengatur sistem pasar bebas seperti contoh sistem ekonomi kapitalis.

ads

Dalam kapitalisme, perusahaan yang paling efektif adalah mereka yang menciptakan jumlah utilitas terbesar. Perusahaan yang paling tidak efisien akan dipaksa keluar dari pasar ketika konsumen menemukan dia dapat memperoleh barang yang sama untuk biaya yang lebih rendah di tempat lain. Kapitalisme mencirikan perilaku ekonomi global. Sejak disintegrasi Uni Soviet, kapitalisme telah menjadi sistem ekonomi dominan di seluruh dunia. Kapitalisme sering dianggap antitesis Sosialisme sistem ekonomi dan politik di mana kepemilikan modal alat produksi umumnya dimiliki. Industri dan produksi sosialis diatur oleh pemerintah pusat seperti ciri-ciri kapitalisme.

Dampak Kapitalisme

Hipotesis Pasar Efisien, idealisme kapitalisme, menyatakan bahwa harga pasar keuangan selalu pada tingkat yang benar pada waktu tertentu mempertimbangkan semua informasi publik dan harapan. Pendukung teori ini percaya bahwa harga selalu selalu adil dan benar. Para pembangkang percaya bahwa harga sering merupakan hasil dari kesalahan acak dan kesalahpahaman dan tidak selalu mewakili nilai sebenarnya dari sebuah saham. Melalui tindakan penyeimbangan penawaran dan permintaan yang terus-menerus, ekonomi kapitalis terus  berusaha mencapai tingkat keseimbangan jangka panjang di mana pasokan sesuai permintaan yang menyebabkan harga stabil.

  • Di dunia nyata, kebijakan politik, peristiwa cuaca alami, kepercayaan konsumen, dan berbagai macam efek luar lainnya secara terus-menerus memengaruhi pasar, membuat tujuan ekuilibrium jangka panjang hampir tidak mungkin tercapai.
  • Kapitalisme mengacu pada sistem politik dan ekonomi yang dikembangkan di Eropa dan Amerika selama Pencerahan. Ini ditandai dengan kepemilikan pribadi atas properti, bukan kontrol negara. Lebih mendasar lagi, ini bertumpu pada prinsip Pencerahan Hak Individu, di mana unit nilai moral dan politik adalah masing-masing individu.
  • Kapitalisme adalah sistem sosial berdasarkan pengakuan hak individu, termasuk hak milik, di mana semua properti dimiliki secara pribadi. Pengakuan hak-hak individu memerlukan pengusiran kekuatan fisik dari hubungan manusia: pada dasarnya, hak dapat dilanggar hanya dengan menggunakan kekerasan.
  • Dalam masyarakat kapitalis, tidak ada pria atau kelompok yang dapat memulai penggunaan kekuatan fisik terhadap orang lain.
  • Satu-satunya fungsi pemerintah, dalam masyarakat semacam itu, adalah tugas untuk melindungi hak-hak manusia, yaitu, tugas melindungi dia dari kekuatan fisik, pemerintah bertindak sebagai agen dari hak membela diri manusia, dan mungkin menggunakan kekerasan hanya sebagai pembalasan dan hanya terhadap mereka yang memulai penggunaannya.
  • Dengan demikian pemerintah adalah sarana menempatkan penggunaan kekuatan pembalasan di bawah kendali obyektif.
Sponsors Link

Contoh Kapitalisme

Berikut akan kita bahas beberap contoh kapitalisme yang ada di berbagai belahan dunia, yaitu :

  1. Sebelum Barat mempengaruhi Jepang, sistem politik di Jepang adalah feodalisme , suatu kondisi perbudakan dan kewajiban di mana setiap orang pada dasarnya adalah budak, tanpa hak apa pun. Feodalisme tidak unik untuk Jepang; telah dipraktekkan di beberapa tahap di hampir setiap budaya.
  2. Jepang saat ini, sama seperti Amerika Serikat saat ini, adalah ekonomi campuran, dengan beberapa elemen kapitalisme yang ada dalam struktur umum kontrol dan regulasi oleh pemerintah.
  3. Misalnya, warga Jepang dapat memiliki properti, memilih karier mereka, dan menikah dengan siapa yang mereka sukai. Ini adalah elemen kapitalis.
  4. Pemerintah sangat mengatur kegiatan ekonomi dan banyak kegiatan sosial. Ini adalah elemen-elemen statistika seperti negara yang menganut sistem ekonomi kapitalis.
  5. Walmart membayar karyawan tetap setiap jamnya begitu sedikit sehingga mereka harus mengajukan permohonan kupon makanan (Walmart bahkan membantu mereka dengan dokumen), sementara perusahaan Walmart menghasilkan lebih dari $ 100 Miliar setiap kuartal.
  6. Amazon menjual 87% dari semua pembelian belanja Natal yang dilakukan di Amerika selama musim belanja liburan tahun 2017. Akibatnya, sebagian besar peritel tingkat atas Amerika menutup toko. Sekarang, Amazon bertujuan untuk mengambil alih bisnis kelontong.
  7. Pada dasarnya ada sekitar enam perusahaan besar yang memiliki semua outlet berita di Amerika.
  8. Ada sedikitnya lima penyedia layanan kesehatan utama yang memiliki semua peralatan yang lain.
  9.  Ada empat perusahaan telekomunikasi yang memiliki semua industri telekomunikasi.
  10. Perusahaan-perusahaan minyak Rusia tidak memiliki kapasitas untuk berinvestasi dalam teknologi baru untuk memperpanjang hidup dan mengekstrak minyak dari sumur yang lebih tua.
  11. Beberapa perusahaan minyak barat masuk ke JV yang memberi mereka saham di kelebihan produksi sumur yaitu laju aliran melebihi arus keluar.
  12. Memiliki modal dan keahlian untuk memaksimalkan produksi. Beberapa dari mereka tertipu oleh Yeltsin dan Putin karena mereka mengingkari beberapa kesepakatan yang lebih sukses.
  13. Contoh serupa yang baik lainnya adalah pipa gas di Australia, yang dibangun secara publik tetapi dilisensikan kepada operator swasta.
  14. Operator hanya dapat memperoleh biaya ditambah pengembalian aset yang ada tetapi dapat memperoleh pengembalian normal atas investasi apa pun yang dilakukan untuk meningkatkan efisiensi, kapasitas atau distribusi, sehingga sangat insentif untuk berinvestasi untuk meningkatkan ketiganya.
  15. Kapitalisme tidak perlu melakukan ini, berbagi secara merata, kapitalisme dapat menguntungkan semua orang kurang lebih sama. Tetapi sifat manusia tidak begitu murah hati dan pada titik tertentu kekayaan menjadi terlalu menggiurkan untuk disebarluaskan dan cenderung tetap berada di tangan orang kaya.
  16. Pada zaman kuno ini biasanya terjadi ketika orang kaya mulai dengan keuntungan, mungkin warisan keluarga yang bertanggung jawab atas hal-hal.

Kapitalisme dan Kemiskinan

Kapitalisme tidak menciptakan kemiskinan, tetapi ia berfungsi untuk mendefinisikannya. “Kemiskinan” sebagai kondisi visual telah menjadi banyak manusia untuk sebagian besar keberadaan kita. Kami secara tradisional telah membuat perumahan kecil dan sengsara, makanan berjamur, parasit, dan semua sisanya dari apa yang kita kaitkan dengan kemiskinan. Tetapi ketika semua orang hidup seperti ini, tidak ada yang hidup dalam kemiskinan. Kemiskinan dapat dipahami dan didefinisikan hanya berbeda dengan kekayaan. Sampai kekayaan terakumulasi dan dihabiskan, tidak akan ada kemiskinan.

Sponsors Link

Kapitalisme,  mengubah permainan. Ini memungkinkan perdagangan dan konsolidasi barang untuk beberapa anggota kelompok sambil menjauhkan barang dari orang lain. Sekarang ada pemisahan ekonomi. Dari sana, mudah untuk mencubit arus barang dan jasa ke tempat yang kurang menguntungkan dan menyimpannya untuk dirinya sendiri. Sekarang, kapitalisme tidak menyebabkan kemiskinan ini, tetapi telah membangun kontras yang kuat dengan kekayaan dan akibatnya mendefinisikan apa arti “kemiskinan” seperti akibat kemiskinan.

, ,