Sponsors Link

17 Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Ahli

Siapa yang tidak tahu dengan istilah ekonomi, istilah yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Berbicara ekonomi pasti ada sangkut pautnya dengan pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari, berhubungan dengan uang, bisnis dan lain sebagianya. Tentu istilah ekonomi tidak bisa berjalan tanpa adanya sebuah ilmu, ilmu yang membantu kita berkegiatan ekonomi, seperti transaksi, produksi, konsumsi dan masih banyak lainnya. Selain itu tanpa adanya sebuah ilmu kita akan kesulitan dalam menghadapi suatu permasalahan yang terkait ekonomi, seperti inflasi, pengangguran dan lain sebagainya. Ilmu tersebut bernama ilmu ekonomi. Ilmu ekonomi inilah yang membantu kita untuk mengerti dan faham akan semua kejadian dan seluk beluk ekonomi. (Baca juga : fungsi ilmu ekonomi)

Meskipun kita sering mendengar tentang ilmu ekonomi, apakah kita sudah tahu dan faham betul tentang definisis atau pengertian dari ilmu ekonomi itu sendiri. Dalam ulasan kali ini, kita akan memperkaya pengetahuan anda tentang ilmu ekonomi, yaitu akan dibahas tentang pengertian ilmu ekonomi menurut ahli :

  1. Menurut Rosyidi

Rosyidi memandang ekonomi sebagai sebuah cabang ilmu sosial yang memfokuskan objeknya pada individu dan masyarakat. Secara etimologis ekonomi terdiri dari dua kata yaitu oikos dan nomos yang memiliki arti tata laksana atau pengaturan rumah tangga. Sedangkan  Ilmu ekonomi didefinisikan sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan yang berupaya untuk memberikan pengetahuan serta pengertian yang mampu membantu semua pihak tentang gejala-gejala masyarakat yang timbul karena tingkah laku serta tindakan manusia dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan untuk mencapai sebuah kesejahteraan serta kemakmuran.

  1. Menurut Adam Smith

Ilmu ekonomi adalah sebuah cabang ilmu yang membahas dan mempelajari tentang tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan atau mengolah segala sumber daya yang memiliki batasan penggunaan untuk mencapai sebuah tujuan tertentu. Hal inilah yang sering dikenal dengan teori ekonomi klasik. Dalam teori ini terdapat beberapa istilah yang sering muncul, antara lain nilai (value), kekayaan (welfare) dan utilitas (utility).

Semua hal yang ada di teori ekonomi klasik harus berdasarkan pada hukum alamiah. Mengapa dalam teori ini semua disesuaikan dengan hukum alam, karena jika manusia tidak berlandaskan pada hukum yang ada kemungkinan besar manusia akan melakukan kesalahan dan gagal untuk mencapai sebuah kesejahteraan, untuk itulah dalam kegiatan perekonomian harus ada dasar hukumnya. (Baca juga : Hukum permintaan dan penawaran)

  1. Menurut Prof P.A. Samuelson

Ilmu ekonomi adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang membahas tentang objek perekonomian baik individu maupun kelompok (masyarakat) dalam membuat suatu keputusan atau pilihan, baik dengan menggunakan atau tanpa uang, serta memberdayakan sumber daya yang memiliki keterbatasan penggunaanya dalam upaya untuk menghasilkan suatu produk baik barang maupun jasa yang bisa didistribusikan untuk kepentingan dan keperluan konsumsi saat ini dan masa mendatang.

Hal ini diharapkan mampu dirasakan oleh semua golongan masyarakat. Dalam hal ini tugas dari ilmu ekonomi adalah untuk menganalisis biaya yang dikeluarkan serta keuntungan yang didapat serta memaksimalkan corak penggunaan seluruh sumber daya yang ada.

  1. Menurut Albert L. Meyers

Albert L Meyers mendefinisikan ilmu ekonomi sebagai suatu ilmu yang membahas dan mempelajari tentang apa saja kebutuhan yang harus dimiliki dan dibutuhkan oleh manusia serta bagaimana cara memuaskan kebutuhan tersebut, dengan cara apa manusia bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Dari pengertian tersebut bisa diambil suatu rumusan yakni, kebutuhan disitu diartikan sebagai keperluan atau kebutuhan manusia terhadap suatu produk baik barang ataupun jasa yang memiliki sifat, jenis yang bermacam-macam serta tidak terbatas.

Sedangkan pemenuhan diartikan sebagai segala macam cara yang dilakukan oleh manusia untuk memperoleh sesuatu yang bisa memnuhi kebutuhannya, baik secara individu atau kelompok, baik dengan atau tanpa menggunakan uang, dan lain sebagainya. Pada intinya ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mampu memberikan gambaran tentang apa saja dan bagaimana memnuhi kebutuhan hidupnya.

  1. Menurut J.L Mey JR

JL Meij JR memandang ilmu ekonomi sebagai ilmu tentang usaha atau langkah-langkah yang dilakukan oleh manusia untuk mendapat dan merasakan sebuah kemakmuran dalam hidupnya. Hal ini sesuai dengan hukum alam yang mengatakan bahwa manusia merupakan homo economicus yang pada hakekatnya ingin selalu terpenuhi kebutuhannya untuk mendapatkan sebuah kemakmuran. Tidak bisa dipungkiri bahwa kemakmuran merupakan salah satu tujuan sentral, dimana manusia saling berebut untuk mendapatkannya, terutama kemakmuran dalam perekonomian.

Hal ini sering dinamakan sebagai liberalisasi ekonomi, dimana manusia hanya fokus dan bergantung pada ekonomi. Namun pengertian ini sanagat luas, sehingga kita tidak tahu usaha yang seperti apa yang dilakukan manusia serta bagaimana caranya mendapatkan kemakmuran sendiri tidak dijelaskan secara rinci. Namun poada intinya ilmu ekonomi disini hadir untuk memberikan pengetahuan tentang bagaimana mencapai sebuah kemakmuran.

  1. Menurut Sastradipoera

Dalam hal ini Sastradipoera mengemukakan bahwa esensi dasar ilmu ekonomi adalah tentang pertimbangan nilai yang ada di suatu perekonomian. Sehingga tokoh ini menjelaskan perbedaan antara ilmu ekonomi positif dan ilmu ekonomi normatif. Sastradipoera menjelaskan bahwa ilmu ekonomi positif merupakan ilmu ekonomi yang hanya melibatkan diri dalam masalah sederhana membahas tentang deskripsi mengenai fakta, situasi dan hubungan antara beberapa aspek dalam perekonomian, sehingga ilmu ini bisa dibilang netral terlepas dari berapa nilai yang harus dibutuhkan dan lainnya.

Berbeda dengan ilmu ekonomi normatif yang menerjunkan diri pada masalah yang kompleks dan sulit membahas tentang pertimbangan-pertimbangan nilai dan etika yang harus dilakukan dalam perekonomian, sehingga harus benar-benar berfikir dan mampu memprediksi apa yang akan terjadi. Namun pada dasarnya ilmu ekonomi hadir adalah untuk membantu memcahkan sebuah masalah seputar ekonomi yang manusia temui. Tidak ada yang merugikan kita bisa pakai ilmu ekonomi apapun, namun anda harus berfikir dan cermat dalam menggunakannya.

  1. Menurut Gunnar Myrdal

Menurut Gunnar ilmu ekonomi merupakan cabang ilmu dari ilmu sosial, sehingga ilmu ekonomi tidak terlepas kaitannya dengan ilmu sosial lainnya, seperti politik, psikologi, geografi, antropologi dan lain sebagainya. Salah satu contohnya, hubungan antara ilmu ekonomi dan politik, yang terlihat pada penetapan UU perpajakan, kebijakan perlindungan usaha kecil, sanksi-sanksi ekonomi dan masih banyak lainnya.

Sehingga dapat ditarik sebuah rumusan bahwa ilmu ekonomi memiliki dua tujuan umum yaitu untuk mencari penjelasan tentang hubungan peristiwa-peristiwa ekonomi baik yang berupa hubungan kasual maupun fungsional serta untuk dapat mencari sebuah solusi dari segala masalah yang dihadapi oleh masyarakat. (Baca juga : hubungan ekonomi dan politik)

  1. Menurut Frank Knight

Frank Knight mendefinisikan ilmu ekonomi sebagai sebuah panduan tentang bagaimana hidup ekonomis itu. Ilmu ekonomi dianggap sebagai sebuah cabang ilmu yang memberikan pengetahuan maupun pandangan bagi semua orang tentang cara hidup yang ekonomis. Tentunya kata hidup yang ekonomis memiliki pengertian yang luas, banyak penafsiran-penafsirannya, seperti halnya bisa mengatur keuangan agar tidak kesulitan, bisa mendapatkan keuntungan yang besar dan lain sebagainya. Dan pada intinya ilmu ekonomi merupakan ilmu yang berisi tentang pengetahuan dan anjuran dalam hidup di suatu lingkup perekonomian.

  1. Menurut Hennipman

Menurut Hennipman ilmu ekonomi merupakan ilmu atau studi yang bertugas untuk menganalisis manusia dan rekasi yang diberikannya dalam kehidupan ekonomi. Artinya ilmu ekonomi merupakan salah satu cabang ilmu yang mempelajari objek perekonomian yaitu manusia serta tindakan atau tingkah laku yang dilakukaknnya dalam lingkup sebuah perekonomian, baik yang berskala kecil hingga besar.

  1. Menurut Lionel Robbins

Lionel Robbins memandang ilmu ekonomi sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari dan menganalisa segala tingkah laku dan perbuatan manusia yang ada kaitannya dengan pemenuhan kebutuhan hidupnya. Pengertian ini hampi memiliki kesamaan dengan tokoh lain. Karena memang pada dasarnya ilmu ekonomi hadir dengan berbagai pengetahuan, cara serta etika yang bisa dilakukan oleh manusia untuk memnuhi kebutuhan hidupnya.

  1. Menurut Mel Vilye J Ulmer

Menurutnya ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang membahas tentang kegiatan pokok perekonomian, yaitu produksi, distribusi dan konsumsi. Dalam hal ini ilmu ekonomi mengupas secara rinci tentang apa itu produksi, konsumsi dan distribusi. Mengapa tiga kegiatan ini dinamakan kegiatan inti, karena semua kegiatan perekonomian tidak lepas dari tiga hal ini. Kegiatan ini berlaku bagi semua produk baik barang maupun jasa.

Contohnya dalam pemenuhan kebutuhan tiga kegiatan ini bisa terlaksana, misalkan kita mencari uang untuk beli kebutuhan pokok, kita bisa bekerja sebagai sales hal ini termasuk kegiatan distribusi, selain itu kita juga bisa bisnis sendiri seperti membuat tahu, membuat tas, hal ini disebut dengan produksi. Dan setelah kita mendapatkan uang kita akan melakukan pembelian suatu produk untuk memnuhi kebutuhan hidup kita, hal ini disebut konsumsi. Jadi pada intinya tiga kegiatan ini merupakan pilar penting dalam perekonomian.

  1. Menurut Oscar Langen

Oscar Langen memiliki presepsi berbeda dengan yang lain, ia mendefinisikan ilmu ekonomi sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tata administrasi dari berbagai sumber baik kecil maupun besar dan dianalisa sedemikian rupa hingga bisa dipergunakan bagi kehidupan manusia secara maksimal dan sebaik-baiknya. Dengan pandangan seperti ini ilmu ekonomi menjadi semakin kompleks tidak hanya membahas tentang pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari namun juga tata administrasi kehidupan ekonomi.

  1. Menurut Jack Hirshleifer

Menurut Jack Hirsleifer ilmu ekonomi adalah studi yang mempelajari tentang keputusan-keputusan dalam memilih dan mengambil sebuah tindakan yang mungkin diambil diantara berbagai tindakan yang ada. Selain itu ilmu ekonomi juga mempelajari tentang apa yang akan terjadi jika berbagai macam keputusan yang ada akan saling mempengaruhi satu sama lain.

  1. Menurut Louis Cantori

Louis Cantori berbeda dengan yang lainnya, dia lebih melihat ilmu ekonomi dari perspektif islami, yaitu ilmu pengetahuan atau suatu subjek yang menjamin dan bertanggung jawab atas perputaran harta atau uang yang ada di kehidupan ini, sehingga manusia bisa memaksimalkan fungsi hidup yang mereka miliki sebagai seorang hamba Allah untuk mencapai sebuah kemakmuran di dunia maupun di akhirat.

  1. Menurut A.C Pigou

Ilmu ekonomi merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang suatu kajian yang digunakan untuk menambahkan jumlah pengeluaran yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup seseorang. Memang pada intinya ilmu ekonomi memiliki tujuan mensejahterakan masyarakat melalui ekonomi. Untuk mencapai sebuah kesejahteraan mau tidak mau harus berkorban melakukan sebuah pengeluaran.

  1. Menurut Edwin Cannan

Ilmu ekonomi merupakan suatu studi yang memiliki tujuan untuk menjelaskan berbagai faktor umum yang menentukan suatu kebijakan yang berhubungan dengan material. Tidak bisa dipungkiri bahwa ekonomi berbau dengan material, karena semua kegiatan ekonomi memang membutuhkan sebuah alat penukar uang atau yang lain.

  1. Menurut M. Akram Khan

Menurutnya ilmu ekonomi merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang memiliki tujuan untuk mempelajari kesejahteraan yang didapatkan oleh manusia dari upayanya dalam mengorganisir sumber-sumber daya yang ada di bumi atas dasar kerjasama dan partisipasi. Hal ini dikarenakan manusia sebagai makhluk sosial yang butuh orang lain untuk mencapi sebuah tujuan.

Itulah beberapa pengertian ilmu ekonomi menurut ahli. Semoga pembahasan kali ini dapat menambah pengetahuan bagi kita dan bisa lebih faham akan apa yang dimaksud dengan ilmu ekonomi. Kesimpulan dari pembahasan kali ini adalah ilmu ekonomi merupakan ilmu pengetahuan yang hadir untuk membantu manusia dalam aktivitasnya di dunia ekonomi. (Artikel terkait : cabang-cabang ilmu ekonomi)

, , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Ekonomi