Sponsors Link

Pengertian Kelangkaan Dari Segi Ilmu Ekonomi dan Contoh Kasus

Hukum kelangkaan hanya mencatat bahwa sumber daya ekonomi yakni tanah, tenaga kerja, modal dan bakat yang terbatas, tidak terbatas. Asumsi ini mudah diverifikasi dengan mencatat bahwa jika sumber daya tidak terbatas, semuanya seharusnya gratis karena jika tidak, kelangkaan akan ada. Definisi Ekonomi muncul dengan faktualitas Hukum Kelangkaan: Ini adalah studi tentang produksi dan distribusi barang dan jasa untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan manusia yang terbatas dengan sumber daya kelangkaan.

Pemulihan mengacu pada kemungkinan produksi dari dua komoditas ketika sumber daya diperbaiki. Ini berarti bahwa produksi satu komoditas hanya dapat meningkat ketika produksi komoditas lainnya berkurang, karena ketersediaan sumber daya. Ini merupakan titik di mana ekonomi suatu negara paling efisien menghasilkan barang dan jasa dan, oleh karena itu, mengalokasikan sumber dayanya dengan cara terbaik seperti pengertian kelangkaan barang dan jasa.

Ekonomi Dasar: Kelangkaan dan Pilihan

Jika kita berbicara masalah kelangkaan dari segi ilmu ekonomi maka akan ada banyak teori dan penjelasan yang berlaku. Pikirkan hal yang ingin Anda miliki. Bagaimana jadinya hidup Anda jika tiba-tiba Anda tidak dapat memperolehnya lagi? Anda mungkin memiliki hobi favorit, seperti mengumpulkan mainan atau membaca buku-buku Harry Potter. Anda mungkin memiliki makanan favorit, seperti es krim atau jenis roti khusus. Apa yang akan Anda lakukan jika mainan atau buku favorit Anda tidak lagi tersedia? Bagaimana jika Anda tidak bisa mendapatkan es krim atau roti favorit Anda di mana saja?

Orang-orang menghadapi masalah semacam ini setiap hari. Ini disebut kelangkaan. Hal ini berasal dari kata langka, yang berarti tidak banyak atau tidak selalu tersedia. Beberapa buah dan sayuran langka di pasaran kadang-kadang karena buah atau sayuran itu hanya tumbuh pada waktu-waktu tertentu dalam setahun. Karena persediaan buah dan sayuran lebih rendah, ada peluang yang lebih baik bahwa buah dan sayuran itu akan langka, atau tidak selalu tersedia. Anda mungkin menemukan bahwa pasar tidak memiliki stroberi sama sekali. Mengapa? Entah tidak ada pengiriman stroberi yang datang, atau begitu sedikit stroberi yang datang pada saat Anda tiba di sana, mereka semua hilang.

Apa artinya ini bagi permintaan stroberi? Jika cukup banyak orang menginginkan stroberi ketika tidak tersedia, maka permintaannya cukup tinggi. Dan permintaannya tinggi bukan karena harganya rendah seperti biasanya tetapi karena pasokannya rendah. Orang yang lebih tua di keluarga Anda mungkin bisa memberi tahu Anda sekitar 30 tahun yang lalu ketika ada kekurangan bensin. Saat itu, pada 1970-an, bensin masih langka. Banyak orang ingin membelinya, tetapi hanya sejumlah tertentu yang tersedia. Ini adalah contoh kelangkaan yang bagus : Keinginan lebih dari apa yang tersedia. Karena pasokan rendah. Karena permintaan lebih besar dari pasokan, bensin itu langka.

Kelngkaan dan Hubungannya Dengan Penawaran Serta Permintaan

Jadi bagaimana kelangkaan berhubungan dengan penawaran dan permintaan? Kelangkaan adalah ukuran persediaan. Jika stroberi langka , maka pasokan stroberi rendah. Dan jika banyak orang ingin membeli stroberi ketika tidak tersedia, maka permintaan tinggi karena pasokan rendah yang disebabkan oleh kelangkaan seperti dampak kelangkaan. Ketika hal-hal langka, kita harus membuat pilihan. Jika pasar tidak memiliki stroberi, Anda harus memutuskan apakah Anda benar-benar menginginkan stroberi. Jika Anda melakukannya, maka Anda harus melakukan perjalanan ke berbagai pasar untuk mencoba menemukan stroberi. Jika Anda tidak menemukan stroberi di mana pun, maka Anda harus pergi tanpanya. Kelangkaan telah memaksa Anda untuk pergi tanpa stroberi.


Dengan cara yang sama, buku Harry Potter terbaru mungkin sulit ditemukan karena Anda bukan salah satu dari orang-orang awal di toko buku pada hari buku itu keluar. Jika toko buku lokal Anda memesan hanya 5.000 eksemplar dan 4.998 orang membeli buku sebelum Anda tiba di sana, maka Anda lebih baik berharap Anda adalah salah satu dari 2 orang berikutnya yang melewati pintu. Hal yang sama mungkin benar di toko buku lain di wilayah Anda. Kita dapat mengatakan bahwa terbaru Harry Potter buku ini langka karena pasokan rendah.

Pilihan lain yang mungkin Anda harus buat ketika ada sesuatu yang langka adalah seberapa banyak Anda bersedia membayar untuk itu. Jika stroberi biasanya harga rendah, maka mereka mungkin memiliki harga lebih tinggi ketika mereka langka . Jika itu masalahnya, maka Anda harus memutuskan apakah Anda ingin membayar harga yang lebih tinggi. Anda harus memutuskan seberapa besar Anda menginginkan stroberi itu. Jika Anda hanya memiliki sejumlah uang, maka Anda harus membeli stroberi menggunakan sebagian uang yang telah Anda rencanakan untuk dibelanjakan untuk makanan lain. Kelangkaan telah memaksa Anda untuk membuat pilihan di antara makanan.

Opsi Kelangkaan

Bagi banyak orang, membuat pilihan yang sulit adalah cara hidup. Jika Anda tidak memiliki cukup uang untuk membeli semua makanan yang Anda butuhkan, maka Anda harus membuat pilihan. Dan semakin kelangkaan yang Anda lihat di rak-rak pasar, semakin banyak pilihan sulit yang harus Anda buat seperti jenis-jenis kelangkaan. Hal yang sama berlaku jika kelangkaan hanya dibuat oleh pasar musiman, seperti stroberi atau buah dan sayuran lainnya. Beberapa tanaman tumbuh lebih baik pada waktu-waktu tertentu dalam setahun, sehingga mereka dipanen pada waktu itu dan dikirim ke pasar pada waktu itu. Jika Anda menginginkan stroberi dan bukan musim stroberi, maka persediaan stroberi kemungkinan besar langka , jika ada yang tersedia.

Terakhir, terkadang kelangkaan dibuat hanya karena pemasok telah kehabisan produk tertentu. Penjualan buku-buku Harry Potter yang lebih tua mungkin menghasilkan toko buku yang menjual semua buku yang ada di tangan. Dan jika toko buku lain memiliki penjualan yang sama, maka akan sangat sulit untuk menemukan salah satu buku Harry Potter yang lebih tua . Ini adalah kelangkaan yang disebabkan oleh terlalu banyak orang yang mencoba membeli terlalu sedikit barang.

Kelangkaan bisa menjadi hal yang kuat. Itu dapat memaksa Anda untuk membuat pilihan yang sulit. Itu bisa memaksamu pergi tanpa itu. Itu dapat memaksa Anda membayar lebih dari yang Anda inginkan. Itu dapat memaksa Anda untuk mencari di tempat lain untuk hal yang Anda inginkan. Lain kali Anda menemukan bahwa sesuatu yang Anda inginkan tidak tersedia, ingatlah gagasan kelangkaan seperti contoh kelangkaan barang. Pilihan apa yang akan Anda buat?


Orang-orang membayangkan bahwa hidup mereka akan lebih baik jika mereka mengkonsumsi lebih banyak barang dan jasa daripada yang mereka konsumsi saat ini. Akibatnya, mereka akan selalu menuntut lebih dari yang dapat diberikan oleh siapa pun. Harga ditetapkan berdasarkan kuantitas barang yang dipasok asumsikan tidak ada pengganti dan kuantitas barang yang diminta. Pertanyaan Anda mengasumsikan bahwa jumlah yang ditawarkan tidak memenuhi permintaan hingga harganya naik. Kenaikan harga membawa produsen baru ke pasar  dan harga akan akan turun. Inilah bagaimana pengertian kelangkaan dari segi ilmu ekonomi.

, , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Ekonomi