Sponsors Link

Pengertian Kelangkaan Barang dan Jasa Beserta Faktor Penyebab

Kita tahu bahwasanya kebutuhan manusia selalu ada dan tidak akan pernah berhenti. Namun, penyedia dan stok persediaan akan kebutuhan manusia bisa saja bersifat terbatas dan mungkin akan menjadi hal yang langka. Dan inilah teori dasar atas pengertian kelangkaan barang dan jasa yang kali ini akan kita bahas. Dimana barang sendiri adalah suatu produk yang dihasilkan oleh sumber daya alam dan  buatan yang dikerjakan oleh sumber daya manusia beserta bantuan teknologi dan mesin. Jadi jangan heran jika misalnya terjadi sebuah kelangkaan barang dan jasa tersebut. Ini adalah hal yang mungkin dan akan terjadi di seketika waktu.

Dimasa yang akan datang, adanya sebuah kelangkaan barang dan jasa mungkin akan bersifat mutlak apalagi jika digunakan tanpa perhitungan yang matang. Karena sumber daya alam yang kian terkuras dan tak mampu lagi menjadi pemasok akan kebutuhan manusia yang notabene tidak akan berkurang seperti dampak kelangkaan. Karena itu, harus dimengerti dengan baik pengertian kelangkaan barang dan jasa beserta apa saja faktor yang mungkin menyebabkan masalah ini di kemudian hari.

Penyebab Kelangkaan Barang dan Jasa

Ekonomi adalah studi tentang bagaimana manusia membuat keputusan dalam menghadapi kelangkaan. Ini bisa berupa keputusan individu, keputusan keluarga, keputusan bisnis atau keputusan kemasyarakatan. Jika Anda melihat dengan hati-hati, Anda akan melihat bahwa kelangkaan adalah fakta kehidupan. Kelangkaan berarti bahwa keinginan manusia akan barang, jasa, dan sumber daya melebihi apa yang tersedia. Sumber daya, seperti tenaga kerja, peralatan, tanah, dan bahan mentah diperlukan untuk menghasilkan barang dan jasa yang kita inginkan tetapi mereka ada dalam persediaan terbatas.

Tentu saja, sumber daya yang paling langka adalah waktu bagi semua orang, kaya atau miskin, hanya memiliki dua puluh empat jam sehari untuk mencoba memperoleh barang yang mereka inginkan. Kapan saja, hanya ada sejumlah sumber daya terbatas yang tersedia. Karena sumber daya ini terbatas, begitu juga jumlah barang dan jasa yang kami hasilkan dengan mereka. Gabungkan ini dengan fakta bahwa keinginan manusia tampaknya hampir tak terbatas, dan Anda dapat melihat mengapa kelangkaan adalah masalah seperti contoh kelangkaan barang.

Kelangkaan Sumber Daya

Jika Anda masih tidak percaya bahwa kelangkaan adalah masalah, pertimbangkan yang berikut: Apakah setiap orang membutuhkan makanan untuk dimakan? Apakah setiap orang membutuhkan tempat yang layak untuk hidup? Apakah setiap orang memiliki akses ke perawatan kesehatan? Di setiap negara di dunia, ada orang yang lapar, tunawisma dan membutuhkan perawatan kesehatan, hanya untuk fokus pada beberapa barang dan layanan penting. Kenapa ini masalahnya? Itu karena kelangkaan. Mari kita menggali konsep kelangkaan sedikit lebih dalam, karena sangat penting untuk memahami ekonomi seperti jenis-jenis kelangkaan ekonomi.

Masalah Kelangkaan Barang dan Jasa

Pikirkan tentang semua hal yang Anda konsumsi: makanan, tempat tinggal, pakaian, transportasi, perawatan kesehatan, dan hiburan. Bagaimana Anda mendapatkan barang-barang itu? Anda tidak memproduksinya sendiri. Anda membelinya. Bagaimana Anda mampu membeli barang-barang yang Anda beli? Anda bekerja untuk membayar. Atau jika Anda tidak melakukannya, orang lain melakukannya atas nama Anda. Namun kebanyakan dari kita tidak pernah memiliki cukup untuk membeli semua hal yang kita inginkan. Ini karena kelangkaan. Jadi bagaimana cara kita mengatasinya? Setiap masyarakat, di setiap tingkat, harus membuat pilihan tentang bagaimana menggunakan sumber dayanya.

Keluarga harus memutuskan apakah akan membelanjakan uang mereka untuk mobil baru atau liburan mewah. Kota harus memilih apakah akan memasukkan lebih banyak anggaran ke polisi dan perlindungan kebakaran atau ke dalam sistem sekolah. Negara harus memutuskan apakah akan mencurahkan lebih banyak dana untuk pertahanan nasional atau untuk melindungi lingkungan. Dalam banyak kasus, tidak ada cukup uang dalam anggaran untuk melakukan segalanya. Jadi mengapa kita tidak hanya menghasilkan semua hal yang kita konsumsi? Jawaban sederhananya adalah sebagian besar dari kita tidak tahu caranya, tetapi itu bukan alasan utama. Ketika Anda belajar ekonomi, Anda akan menemukan bahwa pilihan yang jelas tidak selalu merupakan jawaban yang benar atau setidaknya jawaban lengkapnya. Mempelajari ilmu ekonomi mengajarkan Anda untuk berpikir dengan cara yang berbeda.

Faktor Penyebab Kelangkaan Barang dan Jasa

Masalah kelangkaan barang dan jasa merupakan msalah serius yang akan dihadapi sewaktu-waktu katena kita tidak tahu kapan pastinya sumber daya yang berfungsi untuk menghasilkan  barang maupun kebutuhan jasa yang diperlukan oleh manusia kian menipis dan menyebabkan kelangkaan dikemudian hari. Bahkan kita juga harus tahu bahwasanya kelangkaan barang dan jasa dipengaruhi oleh kelangkaan dari sumber daya ekonomi. Namun, sebelum mengkaji lebih lanjut bisakah kita mengetahui apa saja yang menyebabkan kelangkaan bagi barang dan jasa? Berikut beberapa faktor yang bisa menyebabkan kelangkaan tersebut terjadi:

1. Kelangkaan sumber daya alam

Tentu saja SDA yang kian menipis menjadi salah satu faktor penting mengapa kelangkaan bisa terjadi termasuk maslaah kelangkaan barang dan jasa. Dimana nantinya SDA lah yang memasok semua kebutuhan yang diperlukan oleh manusia tersebut. Bahkan ada SDA yang berjenis terbatas dan tidak bisa diperbaharui seperti Emas, Minyak, Mineral, Tembaga dan jenis lain nya. Sedangkan jenis SDA yang bisa diperbaharui juga bisa menjadi langka jika tidak dirawat dan diperhatikan dengan baik. Kayu dan hasil hutan misalnya. Tanpa bantuan dari manusia juga tidak bisa diperbaharui dengan sendirinya bahkan dengan terbatasnya SDA bisa menyebabkan kelangkaan yang kaian parah jika diperlakukan dengan lebih buruk seperti contoh kelangkaan sumber daya alam.

2. Kelangkaan sumber daya tenaga kerja

Bahkan dengan terbatasnya sumber daya tenaga kerja juga bisa menyebabkan kelangkaan barang dan jasa. Karena SDA penyedia barang sedangkan SDM akan menyediakan jasa dan mengolah bahan mentah menjadi barang jadi. Inilah keterkaitan kedua sumber daya tersebut dan menjadi hal yang patut diperhatikan. Dahulu kala, di Indonesia misalnya, semua masih menggunakan pekerjaan yang langsung menyangkut dengan alam seperti bertani, nelayan, beternak dan lain nya. Sedangkan sekarang penduduk jarang ada yang mau bekerja seperti itu seperti contoh kelangkaan sumber daya manusia. Ini nantinya aka menyebabkan kelangkaan tenaga kerja hingga kebanyakan beras sekarang di import dari negara lain.

3. Kelangkaan sumber daya pengusaha

Bahkan jika tidak ada lagi pengusaha yang siap menanamkan modalnya sebagai saham untuk mendirikan beragam industri dan lapangan pekerjaan bagi penyedia barang dan jasa juga akan menyebabkan kelangkaan. Misalnya saja SDA yang ada melimpah dan masih ada SDM yang bisa diandalkan. Namun apa jadinya jika kita tidak memiliki pabrik atau tempat untuk menampung kedua sumber daya tersebut? Oleh karena itu dibutuhkan pengusaha handal yang bisa menjadi pemimpin dan penampung agar kedua jenis sumber daya berjalan dan dikelola dengan baik kedepannya.

 

, , ,
Oleh :
Kategori : SDA