Sponsors Link

7 Cara Menggunakan Kartu Kredit Dengan Cerdas

Kartu kredit saat ini menjadi favorit setiap orang ketika berbelanja atau dalam kegiatan apapun. Karena dengan kartu kredit bisa dilakukan dengan simple dan mudah. Nah, apabila Anda adalah orang yang baru pertama kali menggunakan kartu kredit ini, Anda perlu menggunakan kartu kredit dengan bijak dan cerdas. Mengapa harus bijak dan cerdas? Karena penggunaan kartu kredit ini bisa membuat seseorang tertagih untuk berbelanja apapun, dan setelah banyak belanja tagihan kartu kreditnya ternyata malah melonjak.

Setidaknya ada 3 alasan kenapa Anda harus menggunakan kartu kredit dengan bijak dan ceras. Karena ketika Anda menggunakan kartu kredit maka Anda siap untuk berhutang, ya ketika Anda memiliki kartu kredit maka ada utang yang wajib Anda lunasi. Alasan yang kedua adalah suku bunga kartu kredit yang selalu naik tiap bulannya, biasanya suku bunga kartu kredit akan naik terus menerus, oleh karena itu Anda harus memikirkan dengan matang penggunaan kartu kredit.

Alasan ketiga ialah kartu kredit bisa mendorong Anda kepada gaya hidup yang konsumtif, sehingga bawaannya mungkin Anda ingin terus belanja, apalagi ketika ada diskon besar-besaran atau cashback menggunakan kartu kredit maka bisa jadi utang Anda kian bertambah. Bijaklah dalam menggunakan kartu kredit ketika berbelanja, mana yang benar-benar dibutuhkan dan mana yang tidak, Anda harus bisa membuat prioritas dalam hal itu.

Berikut ini, kami akan berbagi tips bagi Anda yang menggunakan kartu kredit agar bisa menggunakan kartu kredit dengan bijak dan cerdas.

  1. Belanjalah Sesuai Kebutuhan

Jika Anda menggunakan kartu kredit ketika berbelanja, belanjalah sesuai dengan kebutuhan Anda, kalau bisa buatlah list apa yang benar-benar Anda butuhkan. Sebagai contoh, Anda berencana untuk membeli furniture dengan menggunakan kartu kredit, maka fokuslah untuk membeli peralatan rumah tangga tersebut. Memfokuskan rencana Anda untuk membeli sesuatu yang benar-benar Anda butuhkan memang tidak mudah, terkadang kita tergoda untuk membeli sesuatu yang sebenarnya tidak dibutuhkan, namun aji mumpung. Untuk itu, kembalilah ke rencana awal Anda untuk membeli sesuai dengan kebutuhan dan list yang Anda buat.

  1. Manfaatkan Kartu Kredit Untuk Menghemat Pengeluaran

Saat ini orang tertarik untuk menggunakan kartu kredit karena banyak tawaran menarik yang ditawarkan. Misalnya jika Anda berbelanja makanan, buku, atau lainnya maka Anda bisa mendapatkan berbagai promo, bonus, atau cashback yang menarik. Nah, untuk itu menggunakan kartu kredit bisa menghemat juga, namun jangan sampai Anda berbelanja sampai kebablasan karena berbagai keuntungan yang diberikan. Cara ini memang berisiko seiring dengan semakin meningkatnya daya konsumtif. Namun, hal ini bisa ditanggapi secara cerdas dibanding Anda membeli kebutuhan Anda tanpa mendapatkan fasilitas dari kartu kredit tersebut.

  1. Jangan Menarik Uang Tunai Dengan Kartu Kredit

Mungkin bagi sebagian orang belum mengetahui bahwa kartu kredit juga bisa digunakan untuk menarik uang dari ATM. Nah, ini pasti godaannya lebih besar lagi. Untuk itu Anda harus kuatkan diri Anda untuk tidak menggunakan fasilitas tersebut untuk menarik uang lewat kartu kredit Anda. Alasannya adalah ketika Anda menarik uang dengan kartu kredit maka Anda akan dikenai bunga 4-5% per bulan untuk tiap penarikan. Tentu bunga ini akan membebani Anda sendiri jika Anda menarik uang dari kartu kredit ke ATM.

  1. Rajin Periksa Tagihan

Jika Anda saat ini sudah menjadi pengguna kartu kredit, maka Anda akan dikirimkan tagihan bulanan ke rumah Anda. Tagihan tersebutlah yang berisi berapa besar pengeluaran Anda dengan menggunakan kartu kredit. Nah, setiap tagihan kartu kredit Anda datang, maka Anda harus cermat untuk mengetahui apakah ada transaksi yang tidak Anda lakukan. Jika dirasa ada transaksi yang tidak Anda lakukan maka segera hubungi layanan pelanggan kartu kredit Anda untuk memberikan komplain atas tagihan tersebut. Selain itu, Anda juga harus rajin membandingkan tagiha kartu kredit Anda tiap bulannya, apakah semakin membesar tagihannya ataukah tagihan Anda semakin kecil.

  1. Abaikan Banyak Tawaran

Biasanya para penerbit kartu kredit telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan untuk menggaet pemilik kartu kredit untuk berbelanja di tempat mereka. Misalnya pengguna kartu kredit akan diberikan potongan besar jika berbelanja di Pasar Swalayan B, maka itulah sebagai cara untuk menggaet konsumen di kalangan pengguna kartu kredit. Banyak yang sudah mengalami hal ini, untuk itu Anda harus pintar-pintar melihat tawaran mereka.

  1. Bayar Penuh Tagihan Kartu Kredit

Bagi beberapa orang ketika berbelanja dengan menggunakan kartu kredit tidak memperkirakan berapa tagihannya, dan tiba-tiba waktunya tagihan kartu kreditpun datang dan Anda perlu membayar tagihan tersebut. Untuk itu upayakan membayar penuh tagihan kartu kredit Anda sebelum jatuh tempo. Ketika Anda memutuskan menggunakan kartu kredit, maka Anda juga harus melunasi semua tagihannya dengan baik dan tidak mencicilnya, karena lebih baik Anda langsung membayarnya dibandingkan dengan mencicilnya. Selain Anda bisa mengatur keuangan Anda untuk keperluan lain, Anda juga terbebas dari hutang, gak enak kan rasanya terlilit hutang. Jadi ketika Anda berani menggunakan kartu kredit, Anda juga harus berani melunasinya dengan tepat waktu.

  1. Simpan Kartu Kredit Jika Tidak Digunakan

Jika Anda sedang tidak menggunakan kartu kredit, tetap simpanlah kartu kredit Anda. Selain untuk menghindari Anda berbelanja terus menerus menggunakan kartu kredit, menyimpan kartu kredit juga menghindari kartu kredit Anda hilang karena dompet Anda jatuh atau hilang.

Kartu kredit akan sangat bermanfaat bila digunakan dengan bijak dan cerdas. Karena kebutuhan akan kartu kredit semakin meningkatnya zaman, maka semakin banyak orang yang ingin simple menggunakan kartu kredit. Jika Anda ingin menggunakan kartu kredit, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan keluarga Anda sebelum Anda ingin menggunakan kartu kredit. Karena penggunaan kartu kredit perlu melalui proses hingga sampai Anda akan menerima tagihan atas transaksi-transaksi Anda. Otomatis tiap bulannya Anda harus siap untuk melunasi tagihannya.

Demikian informasi Cara Menggunakan Kartu Kredit Dengan Cerdas. Semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda untuk lebih bijak dan cerdas dalam menggunakan kartu kredit.

, ,
Oleh :
Kategori : Karir