Sponsors Link

20 Poin Penting Tentang Apa Yang Dimaksud Dengan Prinsip Ekonomi

Ketika berbicara tentang daftar prinsip ekonomi, ini paling sering mengacu pada “Ten Principles of Economics” milik Gregory Mankiw. Daftar ini adalah seperangkat prinsip tentang cara kerja ekonomi. 10 prinsip dibagi menjadi tiga kategori: keputusan yang dibuat orang, pekerjaan ekonomi secara keseluruhan dan interaksi orang seperti fungsi sitem ekonomi. Jika Anda belajar ekonomi selama lima jam, maka Anda tidak dapat menghabiskan waktu untuk mempelajari sesuatu yang bermanfaat, seperti pengelasan atau Sastra Inggris.

ads

Jika orang tua memiliki sejumlah uang, setiap dolar yang mereka belanjakan untuk sewa tidak dapat disimpan, atau digunakan untuk membeli makanan. Kemudian, seolah-olah masyarakat adalah seseorang, dan menghadapi trade-off dengan cara yang persis sama pemerintah seperti rumah tangga dia memberikan dua contoh makro. Pertama:

  • Semakin banyak masyarakat menghabiskan pertahanan nasional (senjata) untuk melindungi pantainya dari agresor asing, semakin sedikit yang dapat dihabiskan untuk barang-barang konsumsi (mentega) untuk meningkatkan standar hidup di rumah.
  •  Ada juga trade-off antara lingkungan yang bersih dan tingkat pendapatan yang tinggi. Jika perusahaan harus membayar kontaminasi lingkungan, mereka menghasilkan keuntungan yang lebih kecil, membayar upah yang lebih rendah, atau menaikkan harga atau beberapa kombinasi.

Ekonomi adalah bagian penting dalam hidup kita. Hampir semua yang kita lakukan adalah dengan satu atau lain cara yang terhubung dengannya. Apakah kita pergi bekerja di pagi hari, membeli sesuatu untuk dimakan untuk makan siang, atau hanya duduk di rumah dan menonton TV di malam hari, selalu ada banyak prinsip ekonomi yang dimainkan.

Dengan demikian apa yang dimaksud dengan sistem ekonomi harus dipelajari dnegan baik. Tidak hanya akan membantu Anda memahami apa yang sedang terjadi di dunia sekitar tetapi juga akan memungkinkan Anda untuk mengambil keputusan yang terinformasi dengan baik dan lebih baik yang sangat penting dalam semua bagian kehidupan. Dengan pemikiran ini kami telah membuat infografis yang menggambarkan dan menjelaskan 10 prinsip ekonomi yang paling relevan yang harus Anda ketahui:

1. Mikroekonomi vs. Makroekonomi

Makroekonomi adalah studi tentang ekonomi secara keseluruhan. Ini memberikan perspektif yang luas. Mikroekonomi di sisi lain adalah studi tentang unit ekonomi kecil. Ini terlihat pada ekonomi dari perspektif yang dekat seperti mengatasi masalah ekonomi makro.

2. Biaya Trade-off dan Peluang

Orang-orang selalu menghadapi trade-off. Mereka tidak pernah bisa mendapatkan semua yang mereka inginkan karena sumber daya yang langka. Oleh karena itu, mereka menghadapi biaya peluang, yang menggambarkan nilai alternatif terbaik berikutnya yang harus diserahkan untuk mendapatkan sesuatu seperti ciri-ciri globalisasi ekonomi.

3. Keunggulan Komparatif

Jika dua pelaku ekonomi tidak sama baiknya dalam memproduksi dua barang, mereka bisa mendapat untung dari perdagangan. Bahkan jika salah satu dari mereka lebih baik menghasilkan barang. Ini mungkin, karena mereka dapat meminimalkan biaya peluang mereka melalui spesialisasi dan perdagangan.

4. Mengurangi Utilitas Marjinal

Dalam banyak kasus, kepuasan yang didapatkan seseorang dari mengkonsumsi barang atau jasa tertentu menurun seiring dengan meningkatnya pasokannya. Ini memungkinkan untuk memprediksi lebih baik jumlah permintaan konsumen atas barang atau jasa tertentu.

5. Hukum Penawaran dan Permintaan

Harga barang atau jasa ditentukan oleh persediaan dan permintaannya. Setiap kali pasokan meningkat, harga akan turun dengan semua yang lain sama dan sebaliknya. Secara analog, kapanpun permintaan meningkat, harga barang atau jasa akan meningkat juga.

Sponsors Link

6. Pertumbuhan Ekonomi dan PDB

Pertumbuhan ekonomi diperlukan untuk memuaskan keinginan masyarakat akan standar hidup yang terus meningkat, untuk mendistribusikan kekayaan, dan untuk memajukan teknologi baru. Ini diukur dengan GDP, nilai total semua barang dan jasa akhir yang dihasilkan dalam suatu ekonomi selama periode waktu tertentu.

7. Inflasi dan Deflasi

Sebagian besar ekonomi mengalami tingkat inflasi yang moderat. Itu berarti ada peningkatan tingkat harga keseluruhan, yang sama dengan penurunan daya beli uang seperti dampak positif pembangunan ekonomi .

8. Suku Bunga 

Setiap kali bank meminjamkan uang kepada seseorang, ia akan mengharapkan untuk menerima bunga sebagai imbalannya. Dengan cara ini dapat dikompensasi dengan risiko tidak mendapatkan uang kembali. Suku bunga menentukan berapa banyak pelaku ekonomi harus membayar untuk mendapatkan pinjaman.

9. Kebijakan Fiskal

Pemerintah dapat mempengaruhi ekonomi dengan menyesuaikan pengeluaran dan tarif pajaknya. Hal ini sering digunakan oleh pemerintah untuk memperlancar fluktuasi ekonomi.

10. Siklus Bisnis

Perekonomian pada umumnya mengalami periode ekspansi dan kontraksi yang bergantian dalam aktivitas ekonomi. Siklus bisnis dimulai dengan boom, diikuti oleh resesi. Begitu palung tercapai, ekonomi pulih dan meluas lagi hingga mencapai puncak berikutnya.

11. Keputusan Melibatkan Pengorbanan

Ini mengacu pada konsep membuat kompromi. Seseorang mungkin harus memberikan sesuatu untuk mendapatkan sesuatu yang lebih mereka inginkan. Misalnya, Anda ditawari sebatang cokelat atau lollipop. Anda harus memilih untuk menyerah untuk mendapatkan yang lain.

12. Peluang Biaya Sumber Daya

Prinsip ekonomi kedua menekankan biaya apa pun yang Anda berikan. Misalnya, Anda mengambil lolipop, yang memiliki keuntungan ekonomi, apa yang Anda peroleh dari pilihan. Tetapi Anda harus menyerahkan cokelat, yang memiliki keuntungan ekonomi.

13. Analisis Biaya-Manfaat

Prinsip ini bisa sedikit sulit untuk dipahami. Pemikiran pinggir adalah membuat penyesuaian kecil.

14. Tanggapan atas Insentif

Orang-orang menanggapi berbagai insentif dengan cara yang baik atau buruk, tetapi intinya adalah kita merespons. Sebuah bar mungkin menawarkan satu beli, dapatkan satu minuman gratis. Sisi baiknya dari insentif adalah minuman gratis, sisi buruknya mungkin seorang mahasiswa yang lupa belajar minum. Bagaimanapun, respon terhadap insentif ada di sana.

15. Layanan Perdagangan untuk Uang

Penting untuk memperjelas bahwa perdagangan termasuk menggunakan uang untuk membayar sesuatu. Katakanlah seseorang terampil dalam memberikan pijatan. Anda mendapatkan pijatan, mengandalkan orang ini, dan kemudian menukarkan uang Anda sebagai pembayaran.

16. Pasar Mengatur Aktivitas Ekonomi

Pasar didefinisikan hanya sebagai tempat di mana orang membuat kesepakatan, menetapkan harga dan kemudian mengkomunikasikannya kepada dunia luas. Pasar makanan, misalnya, memiliki petani membuat kesepakatan untuk menjual dengan harga yang ditetapkan dan kemudian supermarket mengkomunikasikan bahwa dengan menjual makanan kepada publik.

17. Pemerintah dan Efisiensi Pasar

Pemerintah mungkin terlibat jika efisiensi pasar tidak berfungsi atau jika pasar gagal mendistribusikan. Kegagalan ini sering disebabkan oleh eksternalitas, yang berarti bahwa produk berdampak lebih dari sekadar pembeli dan penjual langsung. Misalnya, mobil menguntungkan pengemudi, tetapi emisi juga merupakan masalah kesehatan bagi orang-orang.

Sponsors Link

18. Pokok Produktivitas

Sederhananya, prinsip ini adalah produktivitas. Semakin kaya negara, semakin tinggi tingkat produktivitasnya seperti fungsi produksi jangka pendek.

19. Terlalu Banyak Uang Menyebabkan Inflasi

Prinsip ini mengacu pada inflasi. Harga naik untuk mencerminkan jumlah uang yang dicetak. Sementara semakin banyak uang membuat orang berpikir mereka lebih kaya, inflasi menyebabkan harga naik dan uang kehilangan sebagian nilainya.

20. Pengurangan Inflasi dan Pengangguran

Juga disebut sebagai Kurva Phillips, prinsip ini mengatakan bahwa Anda tidak dapat menjaga tingkat pengangguran tetap rendah dan inflasi terkendali pada saat yang sama dan, karenanya, menciptakan tradeoff.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Ekonomi