Sponsors Link

10 Ciri Ciri Globalisasi Ekonomi di Dunia

Globalisasi merupakan proses alamiah perkembangan individu, kelompok atau antarnegara  untuk saling berinteraksi, bergantung dan memberikan pengaruh satu sama lain tanpa dibatasi oleh wilayah. Tujuan dari globalisasi ini menarik seluruh wilayah atau negara untuk semakin terikat satu sama lain tanpa memperdulikan batas-batas geografis, ekonomi dan budaya masyarakat. Salah satu bentuk globalisasi adalah globalisasi ekonomi, berikut penjelasannya.

ads

Pengertian Globalisasi Ekonomi

Globalisasi ekonomi atau free trade adalah kegiatan ekonomi dan perdagangan banyak negara yang terintegrasi dengan memiliki kekuatan pasar tanpa menghiraukan batas territorial negara. Dalam globalisasi ekonomi harus menghapuskan kepentingan-kepentingan yang menghambat arus modal, barang dan jasa. Batas-batas geografis yang lenyap memungkinkan  perekonomian antarnegara menjadi lebih erat sehingga membuka peluang pasar dalam negeri ke pasar internasional serta membuka peluang produk-produk global masuk ke dalam pasar domestik. Berikut adalah contoh kegiatan ekonomi konsumsi pada globalisasi ekonomi yang paling signifikan :

  • Penggunaan sepeda motor Honda, Yamaha, Suzuki dari Jepang sebagai alat transportasi yang sudah menjadi bagian dari keseharian kita
  • Pemanfaatan teknologi seperti Whatsapp, Facebook atau Twitter buatan luar negeri yang paling banyak digunakan masyarakat saat ini
  • Penggunaan Ms.Word hasil karya Bill Gates yang sangat bermanfaat untuk berbagai kepentingan

Berikut adalah beberapa ciri ciri globalisasi ekonomi diantaranya :

  1. Kegiatan menjadi lebih cepat

Seperti contoh-contoh globalisasi ekonomi yang sudah disebutkan sebelumnya, perkembangan benda-benda seperti sepeda motor, telepon genggan, aplikasi canggih seperti Whatsaap membuat segala bentuk komunikasi global terjadi dengan begitu cepat.

  1. Pasar ekonomi menjadi saling bergantung

Dengan globalisasi ekonomi,  faktor pertumbuhan ekonomi diantara negara-negara menjadi saling terkait dan saling bergantung satu sama lain sehingga memunculkan berbagai perusahaan multinasional dan meningkatkan pertumbuhan perdagangan internasional.

  1. Media massa berkembang

Ciri-ciri globalisasi berikutnya adalah perkembangan media massa yang sangat pesat seperti televisi, film musik dan berita-berita internasional. Informasi-informasi yang beraneka ragam ini dapat kita nikmati dengan cepat.

  1. Produksi meningkat

Globalisai ekonomi yang tidak membatasi batas-batas wilayah sangat memungkinkan peningkatan produksi termasuk produksi dunia yang meningkat dari hari ke hari. Hal ini termasuk pula pada produk impor yang memungkinkan para konsumen untuk menikmati lebih banyak pilihan barang.

  1. Jangkauan pasar lebih luas

Free trade juga ditunjukkan dengan meluasnya jangkaun pasar untuk mempromosikan produk dalam negeri. Dengan terbukanya produk-produk ekspor tersebut maka akan semakin menambah minat pengusaha dalam negeri dalam menciptakan produk-produk baru yang lebih berkualitas.

  1. Adanya banyak modal

Adanya banyak modal yang didapatkan dari investasi asing juga merupakan ciri ciri globalisasi ekonomi. Seperti kita ketahui, semakin mudah kita dalam mendapatkan modal investasi dari luar negeri, maka kegiatan ekonomi semakin berjalan dengan baik.  Modal ini biasanya didapat dari bank atau pasar saham terutaman dari negara maju yang menyediakan modal investasi.

  1. Persaingan meningkat

Ciri ciri globalisasi berikutnya adalah meluasnya persaingan antara pengusaha dalam negeri dan luar negeri. Hal ini terjadi mengingat kegiatan ekonomi berlangsung tanpa memperhatikan batas-batas di masing-masing negara.

  1. Adanya tenaga kerja asing

Masuknya tenaga kerja asing juga menjadi ciri ciri globalisasi ekonomi. Selain jangkauan pasar yang luas, globalisasi ekonomi turut mendatangkan pekerja-pekerja asing ke dalam negeri.

  1. Kerja sama meluas

Globalisai ekonomi juga ditandai dengan munculnya berbagai bentuk kerjasama antara perusahaan dalam negeri bermitra dengan perusahaan luar negeri seperti badan kerjasama ekonomi regional,  bentuk kerjasama multilateral dan lainnya. Dampak yang bisa ditimbulkan dari adanya kerja sama ini adalah kondisi industri dalam negeri yang menjadi sulit berkembang,

  1. Meningkatnya barang-barang selundupan

Apabila di sekitar kita sudah terjadi fenomena maraknya barang-barang selundupan dari luar negeri, maka sudah bisa dipastikan bahwa globalisasi ekonomi sedang terjadi. Meskipun hal ini merupakan masalah ekonomi bisnis, namun hal ini tidak bias kita hindari.

Demikian ciri ciri globalisasi ekonomi dan semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Ekonomi Makro