Sponsors Link

7 Cara Investasi Emas Di Bank Lengkap

Emas dapat menjadi investasi penting, terutama bagi mereka yang ingin menyeimbangkan portofolio mereka dan memberikan keamanan yang lebih besar. Harga emas berubah setiap hari, dan bank berperan penting dalam menetapkan harga harian untuk emas, jadi masuk akal untuk membeli emas dari bank Anda. Namun, tidak semua bank menjual emas. Beberapa menjual koin emas, tetapi jika Anda menginginkan emas dalam jumlah yang lebih besar, seperti emas batangan, Anda harus membelinya dari pedagang emas seperti keuntungan investasi emas.

Hubungi bank Anda dan tanyakan apakah itu menjual koin emas dan menetukan cara investasi emas di bank. Jika tidak, tanyakan orang itu jika dia tahu siapa yang menjual emas di daerah Anda. Atau, Anda dapat melihat di situs web resmi untuk daftar dealer koin emas batangan resmi di negara Anda. Sadarilah bahwa daftar ini tidak lengkap dan termasuk dealer koin serta lembaga keuangan. Teliti harga koin dan batangan emas dengan mengunjungi situs web perusahaan yang melacak harga harian. Meskipun harga emas berfluktuasi dari hari ke hari, biasanya tidak berubah dalam jumlah besar seperti harga saham. Harga yang Anda lihat di situs web di pagi hari kemungkinan akan tetap dekat di sana sepanjang hari.

Cara Investasi Emas Di Bank

1. Pergi ke bank dan beli emas jika  Bank itu menjual emas

Pastikan untuk bertanya kepada manajer bank sebelumnya jika banknya memiliki emas dalam jumlah yang Anda inginkan. Bank akan menerima hampir semua bentuk pembayaran, termasuk cek dan wesel, serta kartu kredit, meskipun Anda harus mengonfirmasi kebijakan pembayaran tepat dari bank Anda sebelum pergi. Dapatkan sertifikat untuk pembelian emas Anda. Ini harus termasuk tanggal pembelian, jumlah emas yang dibeli dan karatnya. Simpan emas Anda di tempat yang aman, seperti brankas, bersama dengan sertifikat. Anda akan membutuhkan keduanya jika Anda ingin menjual emas Anda nanti.

2. Ketahui bagaimana cara membeli emas

Ada banyak cara untuk membeli emas. Produk yang berbeda dapat digunakan untuk mencapai berbagai tujuan investasi. Investor harus mempertimbangkan opsi yang tersedia di pasar mereka, bentuk investasi yang sesuai dengan keadaan mereka, dan sifat saran profesional yang akan mereka butuhkan. Memutuskan bagaimana berinvestasi dalam emas melibatkan meninjau berbagai produk investasi yang berhubungan dengan emas Berbagai produk investasi yang berhubungan dengan emas, yang semuanya memiliki profil risiko dan laba yang berbeda, karakteristik likuiditas dan biaya. Biasanya, strategi alokasi aset akan mempertimbangkan pengembalian jangka panjang versus jangka menengah, dan bagaimana produk investasi emas melakukan korelasi positif atau negatif dengan aset lainnya.

3. Membeli emas fisik (batangan dan koin)

Bar kecil dan koin menyumbang sekitar dua pertiga dari permintaan emas investasi tahunan dan sekitar seperempat permintaan emas global selama dekade terakhir. Permintaan untuk batangan dan koin telah meningkat empat kali lipat sejak awal 2000-an, dan tren mencakup Timur dan Barat. Pasar baru, seperti Cina, telah didirikan dan pasar lama, telah muncul kembali seperti investasi syariah.

4. Membeli ETF yang didukung emas dan sejenisnya

Dana emas yang diperdagangkan secara fisik yang diperdagangkan, komoditas yang diperdagangkan di bursa (ETC) dan rekening dana serupa untuk sekitar sepertiga dari permintaan emas investasi . Dana ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 dan, pada Maret 2016, mereka secara kolektif memegang 2.300 ton emas fisik atas nama investor di seluruh dunia.

5. Membeli ke akun emas yang dialokasikan

Bank-bank negara dan banyak pedagang emas menawarkan pelanggan mereka rekening emas yang terdiri dari deposito emas dan menyerupai rekening mata uang. Ketika pelanggan memesan emas dalam gram atau ons, bank akan membeli emas atas nama pelanggan dan secara elektronik memesan transaksi ke dalam akun seperti cara investasi emas untuk pemula.

6. Membeli derivatif emas

Investasi dalam derivatif membutuhkan lebih banyak pengetahuan tentang sekuritas finansial daripada bentuk investasi lain dan mungkin tidak cocok untuk semua investor. Derivatif berdagang over-the-counter (OTC) dan di bursa . Derivatif yang diperdagangkan di bursa menetap di sebuah pusat kliring yang cocok dengan pembeli dan penjual. OTC derivatives adalah kontrak bilateral yang memiliki struktur yang lebih fleksibel tetapi termasuk risiko counterparty tambahan.


7. Membeli saham pertambangan emas

Investor dapat berinvestasi dalam saham perusahaan tambang emas . Stok saham perusahaan tambang emas dapat berkorelasi dengan harga emas. Namun, pertumbuhan dan pengembalian saham tergantung pada laba masa depan yang diharapkan perusahaan, bukan hanya pada nilai emas. Di Personal Bank, Anda dapat berinvestasi dalam emas untuk mendiversifikasi portofolio menjadi investasi non-tunai atau melindungi dari ketidakpastian ekonomi dan politik dan mengurangi risiko investasi. Dalam kondisi pasar di mana tingkat inflasi terus meningkat, investasi emas umumnya mampu mempertahankan nilai dan dengan demikian dapat berfungsi sebagai lindung nilai anti-inflasi bagi investor. Peluang untuk menyebarkan risiko Anda dengan melakukan diversifikasi ke investasi non-tunai dan sebagai lindung nilai mata uang

  • Harga Emas Bersaing
  • Fasilitas kredit, berdasarkan kepemilikan emas Anda dengan mereka

Investasi emas tunduk pada fluktuasi harga yang dapat memberikan peluang dan risiko. Tidak ada hasil atau bunga yang dihasilkan dan kerugian dapat terjadi karena fluktuasi harga. Pengiriman fisik emas, atau setoran fisik atau penarikan dan transfer kawat emas ke dan dari Akun Emas tidak diizinkan. Karena itu Anda harus menentukan apakah investasi emas cocok untuk Anda dalam terang tujuan investasi Anda, sarana keuangan Anda dan profil risiko Anda. Produk investasi termasuk Akun Emas dan perdagangan emas tidak selalu tersedia dan mungkin tidak tersedia di semua yurisdiksi. Pihak Bank bertindak sebagai prinsipal dalam membeli atau menjual emas di Akun Emas Anda.

Bagaimana cara menginvestasikan Emas melalui Bank Umum?

  • Pergi ke Bank Umum mana pun di negara anda. Gunakan pilihan “Layanan Pelanggan” dan tunggu giliran Anda.
  • Katakan kepada mereka bahwa Anda ingin berinvestasi dalam Emas. Mereka akan mendapatkan informasi Anda dan menyiapkan buku Akun Investasi Emas untuk Anda.
  • Kemudian, nanti Anda perlu mengambil Akun Investasi Emas ini ke counter normal (Tidak perlu menekan nomor, langsung pergi ke counter) dan mereka akan menyelesaikan semuanya untuk Anda.
  • Jika Anda memiliki akun Tabungan Bank Umum, Anda dapat membeli emas lama dengan mentransfer uang dari rekening tabungan Anda atau Anda dapat membeli secara tunai.

Akhirnya, Anda akan mendapatkan buku investasi! Buku ini persis sama dengan buku tabungan biasa. Ketika Anda ingin berinvestasi di lain waktu, cukup bawa buku ini ke counter biasa. Ini benar-benar sangat nyaman. Dan setelah anda memutuskan untuk melakukan investasi di bank maka anda tetap harus mengerti cara investasi emas di bank dan memantau perkembangan harga dan hal penting lainnya seperti resiko investasi di pasar uang.

, ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Ekonomi