Sponsors Link

5 Contoh Motif Ekonomi Untuk Mendapatkan Penghargaan

Motif ekonomi merupakan sebuah alasan untuk mendorong seseorang untmuk melakukan suatu tindakan ekonomi, motif ekonomi seseorang untuk melakukakn suatu tindakan ekonomi tidaklah hanya didorong oleh karena keinginan belaka mamun didorong oleh beragam keinginan yang nyata. Lalu apakah motif ekonomi yang dapat mendorong anda untuk melakukan suatu tindakan ekonomi sehingga medapatkan sebuah atau lebih penghargaan.

ads

Sebelum itu anda harus lebih mengetahui tentang apa itu sebenarnya motif ekonomi?. Apa saja aspek dari motif ekonomi tersebut?. Lalu apa sajakah motif serta contoh moti ekonomi ini?. Simak beberapa penjelasan berikut.

Penjelasan Motif Ekonomi

Untuk pertama kita akan mengulas tentang penjelasan motif ekonomi. Motif ekonomi adalah: Kata motif ini sendiri berasal dari bahasa inggris yaitu motive yang berartialasan ataupun pengerak. Sedangkam kata ekonomi itu sendiri memiliki makna pengelolaan rumah tangga karena ekonomi berasal dari bahasa yunani yaitu nomos. Sehingga motif ekonomi memiliki makna gabunga dari kedua arti diatas yaitu alasan ataupun keinginan yang mendorong seseorang untuk melakukan kegiatan ekonomi.

Usaha yang biasanya dilakukan dalam kegiatan ekonomi ini berbeda-beda serta beraneka ragam. Setiap alasan yang akan mendorong manusia dalam melakukan suatu tindakan, perbuatan ataupun keinginan atau biasa dikenal dengan motif untuk mencapai tujuan tertentu. Contoh nyatanya ialah seorang imam yang bekerja sangat keras agar dapat memperoleh upah yang dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya. ataupun seoarang anak pergi kesekolah berjalan kaki sehingga memperoleh keuntungan berupa kesehatan dan menguranggi upah ongkos.

Selain itu motif ekonomi juga memiliki beberapa aspek yang mendukung kegiatan ekonomi ini.

  1. Motif intrinsik ekonomi

Motif ini adalah motif yang terlahir dari sebuah dorongan untuk tindakan ekonomi yang berasal dari dalam diri kita sendiri atau kesadaran diri. Contoh motif intrinsik: ketika Shasa ingin membeli handphone Shasa pun berniat untuk bekerja dan menabung agar handphone yang diminati oleh Shasa bisa ia dapatkan. Ketika Aileen haus maka tanpa disadari Aileen akan membeli sebuah minuman untuk menghilangkan rasa hausnya itu.

  1. Motif ekstrinsik ekonomi

Motif ekstrinsik merupakan motif ekonomi yang terlahir dari  sebuah dorongan untuk melakukan suatu tindakan ekonomi yang dikarenakan oleh campur tangan pihak luar atau suatu alasan yang diberikan oleh orang lain / pihak lain. Contoh motif ekstrinsik adalah: ketika sebuah barang tertentu sedang hitz pada musimnya mama seseorang akan mengikuti gaya itu maka hal ini merupakan dorongan dari pihak lain.

Motif Ekonomi Untuk Mendapatkan Penghargaan

Terdapat berbagai macam motif yang dapat mendorong seseorang untuk melakukakan tidakan ekonomi dengan acuan pada motif itu maka seseorang akan lebih terpacu untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Berikut contoh” motif ekonomi yang akan membawa kita agar mendapatkan penghargaan.

  1. Motif memperoleh laba

Motif ini merupakan alasan yang mendorong seseorang untuk mendapatkan laba yang benyak sehingga seseorang yang melakukan tindakan ekonomi.itu akan mendapatkan keuntungan. Dengan mengandalkan keuntunga yang telah didapatkan maka seseorang akan dapat memenuhi kebutuhan hidup sesuai kebutuhan yang sebenar-benarnya. Motif ini biasanya dimiliki oleh para pengusaha ataupun para pedagang yang melakukan suatu tindakan ekonomi guna mendapatkan laba yang nantinya akan menjadi alat pemenuhan kebutuhan hidup secara maksimal seperti contoh motif ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya seorang pedagang mainan menjual pasokan mainanya dengan harga yang lumayan tinggi, namun karena kualitas dari barang yang dijual oleh pedagang itu sehingga banyak konsumen yang membeli padanya, otomatis sang pedagang akan mendapatkan keuntungaan yang nantinya akan dibelikan kembali untuk mengisi pasokan mainan itu kembali dengan niat mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

  1. Motif dalam memenuhi kebutuhan

Suatu tindakan ekonomi yang didasarkan oleh keinginan untuk memenuhi kebutuhan hidup baik itu berupa barang maupun jasa yang harus dipenuhi guna mempertahankan kehidupan sehari-hari dan memenuhi keinginan akan sesuatu. Mengenang bahwa kebutuhan manusia itu tidak terbatas dan akan bertambah seiring berjalannya waktu maka oleh karena itu manusia harus dengan cermat memilih dan memenuhi agar kebutuhan yang terpenuhi sesuau keinginan yang paling penting untuk dipenuhi. Misalkan ketika ibu ataupun ayah kita yang bekerja guna memenuhi kebutuhan hidup seperti biaya makan, sekolah , dan biaya penting lainnya.

  1. Motif untuk mendapatkan penghargaan

Nah ini merupakan salah satu motif utama yang akan kita bahas disini. Motif ini merupakan tindakan yang didorong oleh keinginan upaya untuk mendapatkan penghargaan dari orang lain sehingga akan menghasilkan rasa kepuasan tersendiri bagi pelaku ekonomi. Penghargaan ini buka hanya sekedar piagam ataupun pujian tetapi guna mendapat kan status atai jabatan sosial yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Misal seorang pedagang keliling yang berdagang dan diberikam pujian oleh para konsumernya bahwa dagangan yang dijualnya enak dan pelayanan nya juga bagus sehingga para konsumer akan bertambah dan meningkatkan keuntungan dari pedagang keliling tadi dan akhirnya pedagang keliling itu mendirikam toko yang akan menambah keuntungannya.

Sponsors Link

  1. Motif memperoleh kekuasaan

motif ini didorong oleh hasrat manusia yang tinggi ketika manusia telah mencapai kehidupan sejahtera maka manusia itu akan menginginkan kekuasan yang lebih. Hal ini karena sifat manusia yang tidak pernah puas akan sebuah kebutuhan. Jika kebutuhan yang satu terpenuhi maka akan bertambah kebutuha yang akan dipenuhi selanjutnya seperti motif ekonomi produsen.

Begitu juga dalam bidang ekonomi. Misalkan Seorang pengusaha yang telah dapat memonopoli sebuah perusahaan disuatu daerah maka pengusaha itu akan berusaha membuka cabang-cabang baru didaerah lainnya dan berniat untuk memonopoli perusahan di seluruh daerah tersebut.

  1. Motif sosial

Motif sosial merupakan suatu motif yang mulia karena kegiatan dari motif ini bersifat murni dan tidak pamrih. Dalam motif ini memiliki tujuan untuk mebantu meringankan beban yang diderita oleh orang lain hal ini didasari oleh kata-kata bahwa manusia merupakan mahluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Manusia akan memerlukan orang lain dalam melakukan segala tindakan.

Misalkan seorang pengusaha yang mengembangkan perusahaan nya dibidang agrari di sebuah pedesaan hal ini dapt dimanfaatkan oleh warga negara tersebut sebagai lowongan pekerjaan. Demikian warga negara yang ada di desa itu dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dan juga meminimalisir penganguran.

Nah itulah hal yang dapat kita bahas dalam hal motif ekonomi ini. setelah mengetahui hal diatas anda dapat tahu motif apa saja yang ada dalam tindakan ekonomi dan contoh motif apa saja yang dapat mendapatkan penghargaan dalam tindakan ekonomi. Sehingga anda dapat melihat dan menjadikannya sebagai pedoman dalam meakukan suatu tindakan ekonomi seperti motif ekonomi distributor.

Sponsors Link

Fungsi dari motif ekonomi ini adalah sebagai pedoman dalam melakukan suatu tindakan ekonomi sehingga menghasilkan suatu keuntungan yang diharapkan dalam diri sendiri. Intinya setiap kegiatan ekonomi itu dilandasi oleh motif ekonomi yang sesuai dengan tindakan ekonomi yang sedang ia lakukan guna memenuhi kebutuhan hidup yang akan selalu bertambah seiring berjalanya waktu.

, ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Ekonomi