Sponsors Link

5 Hubungan Pasar Uang dan Pasar Modal dalam Perekonomian

Pasar merupakan salah satu tempat yang menjadi pusat peradaban ekonomi. Semua kegiatan atau aktivitas dijalankan di tempat tersebut. Dalam dunia ekonomi ada beberapa pasar, diantaranya pasar uang dan pasar modal. Dalam pembahasan kali ini kita akan mengupas hubungan yang ada antara pasar uang dan pasar modal. Sebelum membahas hubungan diantara keduanya, lebih baiknya kita ketahui dulu apa itu pasar uang dan pasar modal.

ads

Pasar uang adalah suatu tempat untuk pertemuan antara pemilik dana atau modal jangka pendek dan calon pemakaianya untuk melakukan transaksi jual beli baik secara langsung ataupun melalui perantara. Yang dimaksud jangka pendek adalah dana-dana hyang masuk dan dihimpun baik dari perusahaan maupun perorangandengan batasan waktu kurang lebih satu-seratus hari. Sedangkan pasar modal adalah tempat dimana terjadi transaksi jual beli surat-surat berharga antara pemilik modal dan pemilik saham. Jangka waktu kepemilikan ini berlansung secara panjang atau untuk jangka waktu lama.

Diantara keduanya terdapat beberapa perbedaan, diantaranya :

  • Produk yang dimiliki pasar uang bersifat jangka pendek kurang lebih satu tahun dengan produk yang diperjual belikan berupa sertifikat deposito, SBI, tabungan, commercial paper. Sedangkan dalam pasar modal produknya memiliki penggunaan jangka panjang, produk tersebut antara lain, onligasi, reksa dan saham.
  • Lembaga (otoritas) tertinggi pada pasar uang adalah Bank Indonesia (BI), sedangkan otoritas tertinggi pada pasar modal yaitu Departemen Keuangan.
  • Pasar modal memiliki pasar sekunder yang berfungsi sebagai pelengkap serta pembantu. Sedangkan di pasar uang tidak memiliki pasar sekunder meskipun ada mungkin hanya sebagian kecil saja.
  • Transaksi yang terjadi di pasar uang diantara bank, sedangkan transaksi di pasar modal terjadi di bursa efek.
  • Produk turunan dari pasar modal adalah opsi, right dan warrant. Sedangkan pasar uang produk turunannya hanya reksa dana.
  • Dalam hal return dan resiko lebih besar pasar modal daripada yang dimiliki pasar uang.

Itulah beberapa perbedaan dari pasar modal dan pasar uang, selanjutnya kita akan membahas tentang hubungan antara dua pasar tersebut, yaitu pasar modal dan pasar uang. Ada beberapa hal yang menunjukkan bahwa pasar uang dan pasar modal memiliki hubungan, diantaranya :


  1. Dalam hal fungsi

Dua pasar ini memiliki fungsi yang sama, mereka berfungsi sebagai perantara atau jembatan bagi pihak yang membutuhkan untuk bertemu dengan pihak yang bisa membantunya. Pasar modal memiliki fungsi sebagai perantara untuk perusahaan yang memiliki saham dan ingin menjualnya dengan tujuan memperoleh dana atau modal yang bisa digunakan untuk mengembangkan usahanya dengan pemilik modal yang bisa membeli saham perusahaan tersebut. Pada umumnya yang menjadi pembeli saham adalah, pemerintah, masyarakat umum, dan perusahaan lain. Begitu juga dengan pasar uang memiliki fungsi yang hampir sama dengan pasar modal yaitu sebagai perantara antara para pemilik kas surplus yang minim atau bisa juga yang tidak emmiliki proyek investasi dengan para kas defisit yang memiliki yang memiliki banyak peluang untuk investasi. Jadi pada intinya dua pasar ini bekerja untuk membantu para pihak yang membutuhkan untuk bertemu dengan pihak yang akan membantunya.

Artikel terkait : fungsi pasar modal bagi perekonomian dan fungsi pasar modal bagi emiten.

  1. Memiliki sifat yang sama

Pada dasarnya pasar modal dan pasar uanag masuk dalam bagian pasar keuangan atau yang sering disebut dengan financial market. Kedua pasar ini memberikan kontribusinya dalam pasar keuangan ini, yang pada intinya pasar ini hanya berfokus pada uang baik uang yang tampak maupun tidak, seperti saham, tabungan dan lainnya. Pada dasarnya dua pasar ini saling berusaha untuk membantu kelancaran jalannya pasa keuangan (financial market).

  1. Dalam hal ruang lingkup

Fokus dua pasar ini sama yaitu membantu pihak yang membutuhkan dana dan pihak pemilik dana. Ruang lingkupnya juga sama meliputi perusahaan atau staf kas surplus. Ruang lingkupnya besar secara nasional bukan hanya satu daerah tapi semua bisa terjun di pasar ini untuk menemukan apa yang mereka inginkan.

  1. Likuidisasi produk

Produk yang dimiliki oleh pasar modal dan pasar uang memiliki likuiditas yang terjamin, karena masing masing dari mereka memiliki pasar sekunder yang menjamin kemanan dan kemudahan para pihak yang terkait di situ. Berbeda dengan investasi yang lainnya terutama di sektor properti dan tanah yang likuiditasnya masih dirugikan. Salah satu contoh kita ambil dari pasar sekunder untuk obligasi dan saham yaitu BEI. Dana yang tersimpan di dalam deposito dan sertifikatnya bisa dicairkan dengan mudah jika dibituhkan, meskipun biasanya akan terkena biaya penalti.


  1. Menjunjung satu tujuan

Pasar modal dan pasar uang memiliki tujuan yang sama yaitu untuk membantu jalnnya perekonomian semakin lancar. Dengan memberikan solusi kemudahan bagi pihak-pihak yang berkeinginan untuk mengembangkan usahanya namun tidak ada pendukungnya terutama dana. Dengan adanya dua pasar ini di financial market akan mempermudah jalannya perekonomian di suatu negara.

Artikel terkait tujuan :

Pada dasarnya pasar modal dan pasar uang ini merupakan dua pihak yang memiliki satu missi dan tujuan yang sama bertindak dalam satu tempat yaitu financial market. Dua pihak ini berusaha untuk membantu jalannya perekonomian suatu negara agar tetap berjalan lancar dan bisa menciptakan sebuah kemakmuran dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat negara tersebut.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Ekonomi