Sponsors Link

11 Manfaat Pasar Modal Bagi Emiten

Dalam dunia perekonomian, pasti kita tidak asing dengan yang namanya pasar. Pasar merupakan salah satu aspek yang vital dan penting bagi dunia ekonomi. Di sinilah tempat terjadinya kegiatan ekonomi. Perlu anda ketahui ada beberapa jenis pasar yang ada, namun di pembahasan kali ini kita fokuskan pada pasar modal. Pasar modal merupakan pasar yang berbeda dengan pasar pada umumnya, di dalamnya terjadi jual beli jangka panjang berupa obligasi, saham reksa dana dan instrumen derivatif serta instrumen lainnya. Pasar modal juga merupakan sarana yang menyediakan dana untuk perusahaan atau institusi yang lain untuk berinvestasi.

Artikel terkait :

Keberadaan pasar modal tentunya memiliki banyak manfaat bagi perekonomian negara baik untuk pemerintah, investor, emiten dan lainnya. Dalam ulasan ini kita akan membahas manfaat pasar modal bagi emiten. Sebelum mengulas lebih jauh lagi langkah baiknya kita mengetahui apa definisi dari emiten itu, mungkin saja istilah ini masih asing di telinga kita, untuk itulah anda harus tahu terlebih dahulu pengertian dari emiten.

Emiten merupakan sosok penting dalam pasar modal ini, karena dia adalah pihak yang memberikan pinjaman modal. Modal yang diberikan atau dipinjamkan berupa penawaran surat berharga (efek), untuk dijual dan diperdagangkan. Hal ini dailakukan oleh emiten untuk memperoleh uang atau dana yang diperlukan. Pada umumnya emiten merupakan perusahaan atau institusi yang membutuhkan dana untuk membiayai kelangsungan perusahaannya ataupuin untuk memperluas bisnisnya. Selanjutnya kita akan membahas tentang manfaat pasar modal bagi emiten.

  1. Perluasan usaha

Dengan adanya pasar modal inilahh emiten memperoleh tempat atau sarana untuk mendapatkan pasokan atau aliran dana untuk pengembangan serta perluasan usahanya. Dengan beraktivitas di pasar modal inilah emiten lebih mudah menemukan investor atau pembeli saham yang mereka jual karena di pasar modal telah tersedia chanel atau network yang bagus, daripada harus mencari sendiri membutuhkan biaya dan tenaga yanag banyak. Dengan begitu emiten akan bisa memperluas usahan ya dengan membuka cabang baru agar lebih produktif dan efisien.

  1. Memperbaiki struktur modal

Struktur modal sangat diperlukan bagi emiten, karena jika ada kesalahan atau ketidakseimbangan maka akan muncul permsalahan bagi emiten. Dengan adanya pasar modal inilah emiten mampu menyeimbangkan antara modal sendiri dan modal asing. Dengan begitu kelangsungan kerja emiten akan tetap terjaga dan tersistematis. Selain itu dalam hal pengolahan dana akan lebih mudah dan aman karena dalam pasar modal tidak ada campurtangan pihak lain yang memungkikan akan merugikan emiten. (Baca juga : cara mengatur keuangan pribadi)


  1. Mengedakan pengalihan pemegang saham

Berbicara tentang saham tentunya akan terjadi pergantian kekuasaan dikarenakan ada kebutuhan lain lalu saham itu di jual atau yang lainnya. Bagi emiten memiliki tugas untuk mengalihkan kekuasaaan saham kepemilikan lama ke kepemilikan baru, dalam hal ini emiten tidak bisa melakukannya sendiri namun dengan bergabung di pasar modal maka emiten bisa melaksanakan tugas ini dengan mudah.

  1. Dana yang dikumpulkan lebih besar

Pada dasarnya kegiatan yang dilakukan oleh emiten dalam pasar modal adalah transaksi penjualan saham. Banyak dana yang dikucurkan oleh perusahaan untuk membeli modal tersebut. Dan biasanya 1 perusahaan tidak hanya membeli satu saham saja tapi lebih. Bisa kita bayangkan jika semakin banyak perusahaan dan institusi lain yang membeli saham disini pasti akan mendapatkan banyak keuntungan lebih banyak dibanding peminjaman uang di bank ataupun kerjasama dengan sponsor. (Baca juga : keuntungan dan kerugian bisnis franchise)

  1. Penerimaan dana transaksi bisa dilaksanakan sekaligus saat pasar perdanan selesai.

Penjualan instrumen modal yang terjadi dalam pasar modal memungkinkan perusahaan menerima keuntungan dan hak secara penuh tanpa adanya proses yang rumit atau penyusutan dana yang terjadi. Maksudnya setelah melakukan transaksi dengan investor, perusahaan bisa menerima uang atau dana yang dihasilkan langsung secara penuh setelah di potong pajak dan regulasinya, tanpa harus membayar cicilan atau payment.

  1. Lebih mudah memberikan penawaran penjualan

Kehadiran pasar modal menjadi sarana atau yang memfasilitasi perusahaan untuk mencari dana dengan menjual sahamnya ke investor. Dengan berkecimpung di pasar modal ini emiten bisa lebih mudah melakukan penawaran kepada investor sehingga, tujuan dari emiten akan terwujud dengan mudah. (Baca juga : hukum permintaan dan penawaran)

  1. Tidak ada convenant dalam pengolahan dana

Perlu anda ketahui terlebih dahulu definisi dari convenant, convenant adalah suatu perjanjian atau kesepakatan tertentu yang terjadi saat jual beli saham. Dalam jual beli saham antara emiten dan investor dalam pasar modal tidak pernah ada perantara atau melalui calo sehingga dipastikan bersih tanpa adanya campur tangan pihak lain. Dan hal ini jugalah yang mampu mengurangi terjadinya convenant yang akan merugikan perushaan maupun investor

  1. Lebih mudah menemukan problem solving

Pasti semua perusahaan pernah mengalami gangguan atau masalah terutama dalam hal keuangan. Baik itu disebabkan karena pajak yang tinggi, biaya produksi yang tinggi, minat konsumen menurun dan lainnya. Dengan adanya pasar modal, suatu perusahaan akan terbantu dalam memecahkan masalah keuangannya, karena dalam pasar modal memungkinkan suatu perusahaan untuk memperoleh dana segar atas penjualan sahamnya.


  1. Mengurangi ketergantungan dengan pihak bank

Dalam pasar modal ini diupayakn emiten atau perusahaan langsung menjual sahamnya ke investor langsung karena dengan begitu emiten tidak akan bingung mencari dana untuk kelangsungannya. Biasanya perusahaan meminjam uang ke bank, namun di bank itu terdapat bunga yang harus dibayar oleh emiten dan hal ini akan menjadi beban dan tanggungan tersendiri berbeda dengan di pasar modal menjual langsung ke investor tidak usah bunga atau apapun itu. (Baca juga : penyebab kegagalan usaha dan kelebihan dan kekurangan menabung di bank)

  1. Meningkatkan produktivitas perusahaan

Produktivitas perusahaan bisa ditingkatkan melalui pasar modal. Jika semakin banyak investor yang membeli saham suatu perusahaan, maka proses produksi akan semakin banyak dan produktivitaspun akan bertambah, dengan tujuan memperoleh keuntungan yang banyak. Hal ini tentunya sangat menguntungkan perusahaan karena tidak hanya bisa mempertahankan kinerjanya namun bisa meningkatkannya.

  1. Menghindari kebangkrutan

Kebangkrutan adalah hantu yang selalu membayang-bayangi suatu perusahaan. Namun hal ini bisa dicegah dengan cara memanfaatkan keberadaan pasar modal. Dengan adanya pasar modal perusahaan yang akan bangkrut bisa memperoleh suntikan danan yang mampu membantunya untuk tetap bertahan. Berbeda jika melalui bank atau sponsor yang akan membuat perusahaan kita akan semakin bangkrut kjarena beban yang mereka berikan pada kita.

Itulah beberapa manfaat keberadaan pasar modal bagi emiten. Dengan adanya pasar modal maka emiten akan mampu menjalankan usahanya dengan baik, produktif dan efisiean tanpa adanya campurtangan pihak lain.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Moneter