Sponsors Link

23 Cara Bisnis Pulsa Super Mudah – Konter dan Tidak Konter

Kemajuan zaman telah membawa banyak perubahan di hidup kita, mulai dari kebudayaan, pengetahuan, teknologi dan lain sebagainya. Yang awalnya kita tradisional dan berproses, sekarang adanya modern dan praktis. Pada ulusan kali ini kita berfokus pada kecanggihan teknologi di sekitar kehiduapn kita. teknologi yang kita bahas adalah tentang teknologi komunikasi, yaitu HP atau ponsel. Sekarang Hp tidak hanya digunakan sebagai alat untuk mengirim pesan atau telpon, namun semakain berkembang hp juga bisa digunakan untuk internetan, jual beli dan masih banyak lainnya.

ads

Kehadiran ponsel inilah yang menambah kebutuhan hidup kita, yang dulunya hanya sandang, pangan dan papan. Namun sekarang ada kebutuhan tambahan yaitu pulsa. Pulsa sudah menjadi makanan sehari-hari untuk jutaan orang di dunia ini. Pulsa digunakan untuk menggunakan media sosial, sms, telpon, game dan lain sebagainya. Inilah yang menjadikan kebutuhan akan pulsa semakin meningkat. Mereka selalu berusaha untuk mendapatkan pulsa bagaimana pun caranya. Apabila tidak da pulsa mereka akan sumpek atau galau karena mereka tidak bisa melaksanakan rutinitasnya sehari-hrinya untuk bermain Hp.

Kita harus pintar menanggapi fenomena ini, karena dengan kita mengerti dan memahami kejadian ini kita bisa menjadikan ini sebuah peluang. Kita bisa membuka bisnis jualan pulsa. Saat ini banyak sekali pengusaha pulsa di sekitar kita. meskipun banyak pelaku bisnis pulsa, tapi bisnis ini tetap menjanjikan bagi anda.

Dalam ulasan ini akan kita bahas tentang bagaimana kita memuali bisnis pulsa, agar bisa mendapatkan keuntungan sesuai yang kita harapkan. Perlu anda ketahui ada dua jenis bisnis jualan pulsa, yaitu jualn pulsa dengan membuka konter atau tanpa konter.

(Baca juga : fungsi ilmu ekonomi)

Cara bisnis pulsa dengan konter

  1. Luruskan niat terlebih dahulu

Apapun yang kita lakukan harus memiliki landasan niat yang kuat. Niat merupakan bekal utama untuk kita berbuat sesuatu. Kalau kita sudah ingin dan yakin ingin membuka konter pulsa, maka niatkan untuk ibadah, agar anda mendapatkan dua hasil sekaligus, selain pahala anda juga mendapatkan keuntungan. Jangan pernah sekali-kali anda terlalu berharap akan mendapatkan keuntungan besar karena hal itu akan menjadi penghalang bagi anda, penghancur bisnis anda, dikarenakan ketika nanti anda rugi atau tidak mendapatkan hasil yang kurang sesuai maka anda akan pesimis dan prustasi. Tapi jadikanlah bisnis ini sebagai salah satu media untuk belajar dan mencari pengalaman sekalipun anda mengalami kesulitan atau mendapatkan hasil yang kurang memuaskan anda tidak akan patah semangat, namun itu menjadi motivasi anda untuk menjadi lebih baaik.

  1. Kumpulkan dana

Uang adalah komponen yang paling penting, semua usaha atau bisnis pasti memerlukan dana. Catat semua keperluan dan peralatan yang dibutuhkan kemudian total, berapa dana yang dibutuhkan. Yang perlu diperhatikan adalah usahakan jangan sampai hutang kepada tetangga, saudara ataupun Bank, hal itu tidak memudahkan anda, melainkan menjadi batu sandungan untuk anda. Anda akan sulit untuk mengembangkan bisnis pulsa anda, karena anda terfokus pada bagimana cara menebus hutang-hutang anda. Jadi anda harus punya uang tabungan untuk memulai bisnis konter pulsa.

  1. Sediakan tempat

Untuk masalah tempat anda punya dua pilihan membuat konter di rumah sendiri atau di tempat lain, seperti kontrak, atau di ruko dan lainnya. Jika anda lebih memilih di rumah sendiri anda bisa manfaatkan teras rumah sebagai tempat konter, jika di rumah sendiri kita akan memperoleh beberapa manfaat, salah satunya hemat biaya dan pengawasan mudah.  Sedangkan jika anda ingin membuka konter di luar rumah harus menyiapkan dana yang lebih karena harus siap uang sewa atau kontrak tempa yang kita pakai untuk konter.

  1. Beli peralatan dan perlengkapan yang diperlukan

Tentu kita tidak akan mengosongkan konter kita. kita membutuhkan beberapa alat dan perlengkapan utnuk konter kita. Untuk isi konter kita memerlukan beberapa hp baru atau second yang bisa kita pajang. Selain itu kita juga butuh kartu perdana all operator dan accesoris Hp. Kita juga membutuhkan etalase untuk memajang hp dan kartu perdana. Sediakan juga rak untuk tempat accesoris. Kemudian anda juga membutuhkan Hp khusus untuk mengirim pulsa atau mengaktifkan kartu perdana jika ada konsumen yang butuh. Anda juga harus selalu sedia buku rekap pulsa yang akan membantu anda untuk mengetahui pengeluaran dan pemasukan selama seharian. Itulah beberapa perlengkapan yang minimal harus anda miliki.

  1. Cari agen pulsa yang tepat

Hal penting yang juga harus menjadi perhatian anda adalah agen pulsa. Ada beberapa kriteria agen yang cocok menjadi pilihan anda. Mengapa hal ini harus diperhatikan, karena saat ini banyak sekali agen pulsa di sekitar kita, namun tidak semua agen memiliki kompeten dan kelayakan, ada banyak agen yang memiliki operator lambat atau slow respon sehingga pulsa yang kita kirim lama masuknya ke konsumen. Selain itu ada juga agen yang harganya cukup tinggi dibanding dengan yang lain, hal ini sangat merugikan bagi kita, karena keuntungan yang kita dapat minimal, mungkin hanya cukup untuk mengembalikan modal. Jadi anda harus keliling mencari agen pulsa yang murah, cepat dan berkompeten. Karena agen merupakan dasar kita mendapat sebuah keuntungan yang maksimal.

  1. Promosikan konter anda

Mempromosikan atau mengenalkan bisnis anda memang tidak mudah di samping banyaknya konter yang ada, juga bagimana kita bisa menraik minat konsumen untuk mengunjungi dan melakukan transaksi di konter kita. Namun tidak usah khawatir ada beberapa cara untuk mempromosikan konter pulsa anda.

  • Pertama anda bisa memasang banner atau spanduk di depan konter anda supaya orang-orang tahu bahwa anda membuka konter pulsa.
  • Buatlah brosur, kemudian tempel atau sebarkan kepada orang-orang yang ada di sekitar kita. usahakan dalam menempel dan menyebarkan brosur cari tempat yang ramai akan kunjungan orang, bisa di alun-alun kota, stasiun, terminal dan lainnya.
  • Yang ketiga anda bisa promosi melalui mulut ke mulut, misalkan anda sedang berjamaah di masjid atau musholla pastinya anda akan berbincang-bincang dengan orang lain, saat itulah promosikan konter anda, bisa juga ketika anda sedang arisan atau PKK bagi yang wanita, anda bisa promosikan konter anda pada teman-teman anda.
  • Bisa juga memanfaatkan media sosial, anda bisa menggunakan media sosial seperti whats up, telegram, instagram, facebook dan lainnya untuk mempromosikan konter anda.

Itulah beberapa cara mudah untuk melakukan promosi, namun jika anda memiliki cara lain bisa anda lakukan yang penting kita harus tetap promosi dan promosi agar pelanggan kita banyak.

Sponsors Link

  1. Berikan pelayanan yang baik

Dalam usaha atau bisnis apapun pelayanan pada konsumen harus diutamakan, jangan sampai konsumen menyesal mengunjungi dan bertransaksi di konter kita. Ada beberapa strategi dalam melayani konsumen, antara lain :

  • Terapkan 3S, senyum, sapa, dan salam kepada semua konsumen yang datang ke konter kita. Dengan hal ini konsumen atau calon pembeli akan merasa di hargai dan di hormati sehingga timbul chemistry yang baik antara penjual dan pembeli.
  • Tanyakan kebutuhan pembeli dan layani apa yang dia mau. Jangan sampai menunjukkan rasa tidak mood jika mereka banyak maunya. Tetap tunjukkan rasa hormat dan ramah.
  • Ucapkan terimakasih pada konsumen baik mereka jadi membeli ataupun hanya tanya-tanya, agar mereka tertarik datang ke konter anda lagi.
  1. Berikan bonus pada pelanggan

Selain pelayanan yang baik untuk menarik minat konsumen ke konter anda, anda bisa berikan  bonus bagi konsumen anda, agar anda mendapatkan pelanggan dan mampu mempertahankannya. Anda bisa berikan bonus, misalkan bagi pelanggan anda yang melakukan 10x transaksi dalam sebulan berikan voucher pulsa senilai 5 ribu. Anda bisa memberikan bonus dengan cara anda sendiri.

Cara bisnis pulsa tanpa konter

  1. Tata niat dengan baik

Berbeda dengan bisnis pulsa yang menggunakan konter, yang memang fokus pada bisnis tersebut. Namun bagi anda yang ingin menjadikan bisnis pulsa sebagai sampingan, misalkan anda kuliah, atau punya bisnis lain dan pulsa hanya menjadi pelangkap anda harus menata niat anda terlebih dahulu. Niatkan bisnis pulsa ini sebagai sampingan jangan sampai anda meletakkan bisnis pulsa di tingkat atas prioritas anda, karena hal itu akan mengganggu anda. Misalkan anda sebagai mahasiswa kewajiban anda adalah kuliah namun jika anda memberatkan bisnis puls anda dan mengesampingkan kuliah anda, ini akan menjadi masalah yang besar, bahkan anda bisa mengalami kegaglan di keduanya. Jadi niatkan bisnis pulsa ini sebagai sampingan dan menjadi tambahan penghasilan and, jangan jadikn priorits utama.

  1. Sediakan dana

Sama dengan bisnis yang lain meskipun hanya sebagai sampingan anda harus menyediakan dana untuk membeli sldo pulsa tau bisa disebut dengan deposit. Sesuaikan dengn budget yng anda miliki, jangan paksakan untuk berhutang atu p demi mencri dana yang banyak, pertma sebisa anda dulu berapa kemudain dengan berjalnnya wktu kembangkan bisnis anda, keuntungan yang anda peroleh bisa dijadikan sebagai tambahan dana untuk membeli saldo lebih banyak, dan seterusnya.

  1. Sediakan ponsel khusus dan buku catatan

Untuk anda yang menjadikan bisnis pulsa sebagai sampingan atau bisnis pulsa tnpa konter usahakan menyediakan ponsel khusus gak perlu bagus cukup ponsel yang bisa digunakn untuk telpon dan sms, hal ini menghindari kerancun dlm kehidupan anda, karena jika ponsel pribadi digunakan untuk pulsa juga maka anda akan bingung dlm merekap atau melakukanm evaluasi. Selain itu juga sediakan buku catatan khusus untuk transaksi pulsa, hal ini menghindari kelupaan atau kesalahan dalam menghitung saldo dan untung. Karena jika tidak ad buku ini anda kn terbengkalai dengan kesibukn anda dan lupa dengan apa saja transaksi yang terjadi hari ini dan berpa totlnya, dengan kehadiran buku inilah yang bisa memudahkan anda dalam mengingat dan merekap hasil transaksi pulsa.

  1. Cari agen pulsa

Sama halnya dengan bisnis puls yng menggunkn konter, nda hrus pintar memilih agen puls. Ushakan anda mendaptkn agen yang murah tapi berkulitas, selain itu utmkan juga yang memiliki satelit atau jaringan yang bagus karena itu menentukan respon atau kiriman pulsa terhadap konsumen. Karen kecepatan pengirimn juga berpengruh terhadap kepuasan konsumen. Jadi anda benar- benar harus selektif dalam memilih agen pulsa anda. Jangan rgu untuk mengganti agen anda, jika memang agen anda yang sebelumnya kurang berkualitas dan proses pengiriman lama.

  1. Promosikan bisnis anda

Jika anda ingin bisnis sampingan ini berjalan lancar, jangan malu untuk mempromosikannya, baik lewat mulut ke mulut ataupun melalui media sosial. Usahakan tiap harinya anda promosi dan promosi agar semakin banyak orang yang tahu anda juga menjual pulsa, baik pulsa paketan atau pulsa reguler. Intinya jangan pernah takut dan malu untuk mempromosikan anda sebagai penjul pulsa, karena hal inilah yang menjadikn anda dikenal sebagai penjual pulsa, berbeda dengn konter meskipun promosi kurang, tapi orang akan tetap tahu bahw di situ jualan pulsa.

  1. Cari pelanggan sebanyak-banyaknya

Untuk memaksimalkan hasil anda, jangan berhenti mencari pelanggan, jangan takut jika nanti banyak pelanggan anda sulit untuk melayani mereka, singkirkanlah fikiran tersebut. Anda akan tetap bisa melayani semua pelanggan dengan baik walaupun jumlahnya banyak yang penting dlah anda memiliki tekat yang kuat untuk menjalankannya. Tanpa adanya tekad yang kut mak motivsi dalam diri anda sangat minimal dan bisnis anda akan sulit berkembang.

  1. Berikan pelayanan yang baik

Bagi anda yangmenjalankan bisnis pulsa sampingan, tetap berikan pelayanan yang baik. layani semua permintn konsumen. Upayakan selalu memberikan respon cepat agar konsumen merasa diperhatikan dan dilayani. Selain itu ketanggapan dan ketangkasan anda dalam merespon konsumen menunjukkan bahwa anda benar-benar serius menjalankan bisnis pulsa ini. Jangan sampai meremehkan permintaan konsumen dengan berleha-leha, karena hal ini bisa mengancam kelangsungan bisnis anda.

  1. Berikan bonus atau promo

Bonus atau promo merupakan salah satu cara ampuh mempertahankan pelnggan, anda harus pintar dalam membuat bonus. Anda harus sesuaikan dana yang anda miliki dengan pemberian bonus. Anda bisa memberikan bonus berupa voucher pulsa setelah berapa kali transaksi dalam sebulannya, atu anda juga bisa terapkan pulsa gratis ketika transaksi selama sebulan mencapai 200 ribu ke atas.

(Artikel terkait strategi : cara lolos interview kerja)

Itulah beberapa tips atau cara dalam menjalankan bisnis pulsa, baik yang membuka konter atau hanya dijadikan sampingan saja. Dalam bertransaksi ada satu hal yang harus anda ingat, agar bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat. Usahakan pelanggang yang membeli pulsa pada anda kisaran 5 ribu sampai 10 ribu, karena apa semakinkecil nominal transaksi maka semakin banyak keuntungan yang bisa anda raih. Sekrang kita bandingkan, semua nominal mendapat untung 2 ribu. Jika ada konsumen yang membeli pulsa 50 ribu sekali transaksi maka anda hanya mendapat untung 2 ribu sedangkan saldo anda berkurang banyak juga, bandingkan dengan konsumen yang total pembelian pulsanya 50 ribu tapi dalam 10 kli transaksi, jadi sekali transaksi 5 ribu, kita akan mendapatkan keuntungan yang lebih besaryaitu sebanyak 2 ribu x 10 transaksi = 20 ribu.

Itulah sedikit info bagaimana kita bisa mendapatkan keuntungan yang banyak. Nmun da satu hal yang harus tetp diingat jalankan sistem atau strategi ini jika memungkinkan jangan sampai memaksakan kehendak. Jika ada orang yang ingin membeli pulsa 50 ribu sekali transaksi tetap layani, jangan sampai ditolak karena hal ini akan mengubah mindset mereka sehingga tidk mau membeli pulsa di anda lagi.

ads
Strategi kedua yang bisa anda lakukan adalah investasikan keuntungan pulsa anda untuk pengembangan bisnis pulsa anda, karena hal ini akan menjadikan bisnis anda cepat berkembang, lain halnya jika anda menggunakan keuntungan dari pulsa untuk yang lain, misalny membeli tas atau perlengkpan rumah, maka bisnis pulsa anda tidak akan maju. Satu hal lagi yng harus diingt untuk melanggengkan dan mengembangkan bisnis anda, jangan lupa untuk sedekah keluarkn 2,5% hasil dari keuntungan anda untuk orang lain yang membutuhkan, karena hal ini akan membantu anda dalam mengembangkan dan meraih kesuksesan di hidup anda. Tidak bis dipungkiri lagi pebisnis yang suka bersedekah dengan pebisnis yang pelit, pasti yang akan sukses duluan adalah pebisnis yang mudah berbagi. Karena uang yang mereka berikan akan menjadi lebih banyk bukan malah berkurang. Selain itu kita juga akan selalu mendapatkan doa-doa baik darai orang yang kita beri sedekah.

Kesulitan yang Dihadapi Pada Bisnis Pulsa

Bagi anda yang benar-benar ingin menggeluti bisnis pulsa anda harus siap menghadapi konsekuensi atau tantangan yang ada. Dalam bisnis pulsa nantinya anda akan menemukan beberapa kesulitan seperti :

  1. Konsumen yang banyak maunya.

Kadang kita tidak tahu apa yang dimaksud oleh konsumen, mereka biasanya seenaknya sendiri dalam meminta ataupun komplain padahal kita sudah memberikan pelayanan yang terbaik dan maksimal. Hal ini sudah biasa jadi anda harus siap mental dalam menghadapinya, jika anda mudah down maka anda tidak akan berhasil dalam berbisnis.

  1. Gangguan pengiriman

Terkadang terjadi gangguan dari operator sehingga pengiriman pulsa lambat atau tertunda. Hal ini membuat konsumen merasa tidak nyaman dan akan melakukan komplain, padahal ini bukan kesalahan kita. Jadi kita harus sebisa mungkin memberikan pengertian bagi mereka. Selain gangguan operator, pending juga bisa terjadi karena satelit yang dimiliki agen lambat dlam memproses sehingga pengiriman pulsa akan lambat dan pastinya komplain akan tertuju pada kita, dan hal ini juga akan mengkibatkan konsumen beralih ke tempat lain. Di sini kita harus segera mencari solusi atau berganti agen.

  1. Konsumen yang hutang

Biasanya kita juga akan menemui konsumen yang ingin hutang atau bon pulsa, biasanya ini adalah teman kita atau tetangga kita. hal ini akan mempersulit anda dalam mengembalikan modal, anda akan kesulitan dalam mengembangkan bisnis kita. dalam peristiwa seperti ini, anda harus memberanikandiri untuk menolak konsumen yang hutang, namun jika keadaannya yang sering hutang adalah pelanggn anda dan anda takut kehilangan konsumen maka berikan kompensasi untuk masalah hutang.

  1. Adanya kebutuhan yang harus dipenuhi

Terkadang hasil keuntungan pulsa yang ingin kita investasikan menambah jumlah saldo untuk mengambangkan bisnis pulsa ini, ada saja kebutuhan yang harus kita penuhi, sedangkan uang pokok yang kita pegang kurang, otomatis kita mau tidak mau memaki uang hasil keuntungan pulsa tersebut. Sehingga niatan untuk pengembanagan bisnis pulsa anda terkendala atau anda harus urungkan niat anda menambah saldo.

  1. Saingan yang banyak

Tidak bisa dipungkiri tidak satu atau dua pesaing kita. tapi hampir semua orang melakukan bisnis pulsa, baik yang menggunakan konter atau bisnis sampingan. Jadi kita harus berusaha untuk selalu memberikan pelayanan baik dan berhati-hati dalam bertindak serta harus selalu menjaga kualitas.

(Artikel terkait : 121 penyebab kegagalan usaha)

Yang terakhir saya akan berikan sedikit ulasan atau perhitungan keuntungan dari jualan pulsa secara singkat dan sederhana :

  • Saldo/ Deposit = Rp 300.000/ bulan
  • Transaksi = 10 kali sebanyak Rp 10.000
  • Setiap transaksi keuntunganya = Rp 2.000
  • Keuntungan kita selama satu bulan = Hasil- modal awal
  • = Rp 320.000- Rp 300.000 = Rp 20.000

Itu hanya bermodal 300 ribu, jika modal semakin besar untuk pmebelian saldo, maka keuntungan yang kita peroleh juga banyak. Jika anda ingin mengembangkan usaha pulsa anda, maka gunakan keuntungan anda, maka gunakan keuntungan anda untuk menambah saldo anda. Namun jika anda ingin menikmati keuntungannya bisa anda belanjakan. Jadikanlah kebutuhan akan pulsa menjadi peluang bisnis bagi anda.

(Artikel terkait pelung bisnis : Peluang bisnis air isi ulang)

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :
Kategori : Peluang Bisnis