Sponsors Link

101 Cara Bisnis Online Shop Bagi Pemula Agar Sukses

Kemajuan zaman telah membawa kita ke arah modern yang semuanya harus praktis dan mudah. Kecanggihan teknologi telah merubah kehidupan kita secara drastis. Salah satu contohnya adalah internet. Semua kegiatan atau keperluan bisa kita penuhi hanya dengan memanfaatkan internet. Mulai dari mencari informasi, memesan tiket, berbelanja atau apapun itu, hampir semua dilakukan dengan internet.

ads

Dalam ulasan kali ini kita akan membahas tentang bisnis dan berbelanja di internet atau sering disebut dengan online shop. Berbicara tentang online shop bukan sesuatu yang asing atau baru. Hal ini telah menjadi booming dan hampir semua sudah menggunakan program ini. Sebelum mengulas lebih jauh tentang bagaimana cara menjalankan bisnis online shop. Kita harus tahu dulu. Kenapa banyak orang yang memilih dan tertarik pada online shop.

  1. Mudah dan praktis

Belanja di online shop sangatlah mudah dan praktis hanya pegang hp atau menyalakan laptop, selanjutnya memilih dan klik untuk pesan kemudian di kirim ke rumah kita. semudah itu untuk berbelanja, hal inilah yang menjadikan online shop jadi pilihan.

  1. Pilihan banyak

Di online shop tidak ada yang tidak bisa kita temui. Untuk itulah banyak konsumen yeng lebih suka online daripada ke tempat belanja langsung. Karena mereka berfikiran belum tentu kita mendapatkan saat di tempat belanja tapi kalau di online pasti ada.

  1. Harga terjangkau

Berbelanja di online tidak perlu takut dengan dana. Online shop menyediakan berbagai produk dengan harga terjangkau. Untuk itulah online shop ini menjadi pilihan utama bagi pecinta belanja atau shopping.

  1. Respon cepat

Meskipun tidak langsung ke tempat, online shop pun bisa memberikan respon cepat. Anda akan merasa dilayani seperti anda beli di tempatnya langsung. Bahkan pelayanan di online bisa lebih cepat dan ramah daripada di tempat belanja.

  1. Hemat waktu dan energi

Alasan dipilihnya online shop oleh konsumen adalah karena tidak memerlukan banyak waktu dan tidak perlu capek keluar hadapi macet dan lainnya. Untuk saat ini banyak orang yang menghabiskan waktunya untuk bekerja dan tidak ada waktu senggang. Mereka memanfaatkan online shop untuk berbelanja dan mencari kebutuhan yang dia cari.

Kita harus pintar melihat peluang ini. Kita bisa jadikan ini bisnis yang menuntungkan bagi kita. kita bisa merintis bisnis online shop. Dalam ulasan ini akan kita bahas tentang bagaimana menjalankan bisnis online shop bagi pemula. (Baca juga : fungsi ilmu ekonomi)

  1. Luruskan niat

Untuk memulai bisnis online shop, anda benar-benar mempersipakan mental dan fisik. Kuatkan tekad dan niat anda untuk berkecimpung di online shop ini. Camkan pada fikiran anda bahwa anda akan meraih kesuksesan dengan online shop ini. Niatkan untuk belajar dan mencari pengalaman agar anda mendapatkan sesuatu yang lebih, jangan sampai hanya berniat mencari uang karena itu akan merugikan diri anda sendiri.

  1. Tentukan produk yang akan dijual

Sebelum membuka online shop anda harus memikirkan matang-matang terlebih dahulu tentang produk apa yang akan anda jual di online shop anda. Cari dan fahami apa saja keinginan pasar, atau produk yang sering diinginkan konsumen. Usahakan dalam memilih produk bagi online shop anda senada jangan selang-seling. Contohnya anda ingin fokus ke fashion, anda bisa menjual baju, sepatu tas dan lainnya yang berhubungan dengan fashion, hal ini akan menjadi salah satu tarikan untuk konsumen, jangan jual produk yang tidak senada, contohnya menjual obat dan perabotan rumah, hal ini akan membuat konsumen ilfil dan tidak tertarik.

  1. Buatlah website khusus untuk online shop anda

Untuk anda yang ingin membuka online shop tentunya harus membuat website sendiri. Kehadiran website sangat diperlukan selain sebagai ruang bagi produk anda, juga digunakan sebagai sistem yang mampu dikenali di google sehingga orang-orang akan tahu tentang online shop anda. Untuk website ada dua macam yaitu website berbayar dan website gratis. Bagi anda yang ingin mendapatkan hasil yang maksimal maka gunakanlah website berbayar karena itu akan membantu anda dalam mempromosikan atau mengenalkan online shop anda. Namun bagi anda yang memiliki kendala dalam dana, maka untuk sementara waktu bisa menggunakan website gratis.

  1. Promosikan online shop anda

Ada beberapa cara dalam mempromosikan online shop anda, diantaranya :

Sponsors Link

  • Dari mulut ke mulut

Anda bisa mempromosikan online shop anda ke teman atau ke tetangga maupun saudara. Dengan beberapa penjelasan serta menunjukkan produk-produk yang ada di online shop anda. Bisa jadi tentannga atau teman yang anda berikan penjelasan ikut membantu mempromosikan atau mengenalkan online shop kita sehingga kemungkinan mendapat konsumen terbuka luas

  • Melalui media sosial

Media sosial merupakan alat promosi yang tepat untuk kita. anda bisa mengenalkan online shop anda ke seluruh dunia dengan menggunakan media sosial, seperti facebook, twitter, line, bbbm dan lainnya. Kemungkinanan mendapatkan konsumen juga terbuka luas. Jadi manfaatkan media sosial yang anda miliki sebagai alat promosi.

  • Menggunakan endors

Istilah endors mungkin sudah tidak asing, karena berbicara tentang online shop pasti ada kaitannya dengan endors. Bagi anda pemula yang memiliki dana yang kuramng anda bisa jadikan diri anda atau keluarga anda sendiri menjadi endors. Namun jika anda memang ada dana dan anda ingin segera mendapatkan konsumen anda bisa gunakan jasa para orang terkenal atau model.

  • Mencari reseller

Anda bisa memaksimalkan penjualan dengan mencari reseller. Dengan bantuan reseller produk anda akan mudah terjual. Namun jika anda bekerjasama dengan reseller keuntungan yang diperoleh tidak sebanyak jualan sendiri. Tapi tidak ada salahnya kita menggunakan reseller untuk membuka pasar lebih luas.

  • Menulis artikel

Menulis juga bisa anda jadikan alternatif untuk mempromosikan online shop anda, salah satu caranya adalah dengan membuat artikel yang menggambarkan online shop anda atau gambaran tentang produk anda.

  1. Buatlah laporan keuangan

Laporan keuangan adalah salah satu aset penting bagi anda. Karena dengan adanya laporan ini anda akan mengetahui apa saja transaksi yang terjadi. Selain itu dengan adanya laporan keuangan ini anda bisa gunakan sebagai bahan evaluasi untuk menjadi lebih baik lagi.

  1. Produksi sendiri

Untuk produk alangkah baikny anda memproduksinya sendiri. Karena dengan cara ini kita bisa menyesuaikan dengan keinginan konsumen. Dan kualitas handmade lebih bagus daripada langsung mengambil dari pemasok. Tapi ingat tidak semua produk bisa di produksi sendiri, antara lain tas, baju, sepatu bisa anda produksi sendiri.

  1. Berikan promo dan bonus bagi pelanggan

ads
Promo atau bonus merupakan salah satu penarik konsumen dan cara yang ampuh untuk mempertahankan pelanggan. Contohnya anda bisa memberikan potongan harga atau gratis ongkir dan lain sebagainya. Namun perlu anda ingat sesuaikan dengan dana maupun badget anda jangan sampai merugikan anda.

  1. Sedekah

Hal ini memang kecil dan sederhana, tapi inilah yang membuat bisnis anda langgeng dan akan mendapatkan kesuksesan. Sisihkan sebanyak 2,5% untuk disedekahkan kepada orang yang membutuhkan.

(Baca juga : cara lolos interview kerja)

Dalam menjalankan bisnis ini pasti anda akan menemukan beberapa kesulitan, namun anda harus melawannya dengan beberapa strategi. Kesulitan itu diantaranya

  1. Banyaknya pesaing

Ketika anda membuka bisnis online shop bersiaplah dengan banyaknya pesaing di sekitar anda. Untuk mengatasinya anda harus selalu memperhatikan kualitas, serta anda harus selalu berinovasi untuk menarik konsumen. Usahakan anda selalu bisa mengerti dan memahami konsumen agar online shop anda tetap menjadi pilihan dibanding dengan online shop yang lain.

  1. Variasi permintaan konsumen

Permintaan dari konsumen selalu berubah-ubah, tidak pernah puas dengan sesuatu yang ada. Dalam kondisi ini anda harus tetap bersabar dan selalu berusaha melayani konsumen sebaik mungkin. Berusahalah menyediakan apa yang diinginkan oleh konsumen. Jangan lupa selalu upgrade produk anda agar tidak membuat konsumen bosan.

  1. Masalah modal

Untuk pemula anda jangan pernah mengeluh atau bosen ketika modal anda lama kembalinya. Karena untuk pertama kalinya adalah proses pengenalan produk dan online shop anda. Jangan terfokus hanya pada keuntungan saja tapi fokuslah untuk belajar dan mengenalkan online shop anda. Apabila online shop anda sudah dikenal maka konsumen akan datang dengan sendirinya.

  1. Menyusun tampilan web

Mungkin bagi pemula anda akan menemui kesulitan dalam menyusun tampilan website online shop anda. Bagaimana tampilan tersebut  menarik perhatian konsumen. Apabila anda kesulitan dan tidak terbiasa dengan web anda bisa minta tolong teman atau saudara yang bisa atau ahli.

  1. Menentukan harga.

Permasalahan yang terakhir bagi kita pemula bisnis online shop adalah menentukan haraga, kita pasti takut kemahalan, dan takut juga kemuraha. Selain itu jika terjadi kenaikan bahan dasar maka anda akan dihadapkan bagaimana menaikkan harga tanpa membuat pelanggan lari dari kita. untuk mengatasinya anda harus selalu update harga pasaran dan mencari trobosan ketika terjadinya inflasi. (Artikel terkait kesulitan : penyebab kegagalan usaha )

Itulah beberapa ulasan tentang bisnis online shop. Bagi anda yang memiliki pashion untuk berjualan maka online shop ini bisa anda jadikan bisnis sampingan yang menjanjikan. (Artikel terkait peluang usaha : peluang usaha air isi ulang)

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Bisnis Online