Sponsors Link

6 Macam-Macam Kegiatan Ekonomi Yang Harus Diketahui

Ekonomi adalah ilmu sosial dan manusia adalah makhluk sosial. Oleh karena itu, dalam suatu perekonomian setiap orang harus melakukan beberapa kegiatan baik untuk mendapatkan uang atau untuk memuaskan berbagai keinginan. Ini termasuk budidaya dan pertanian, pekerjaan industri, pengajaran, pemasaran, mencuci pakaian, dll. Jadi, semua kegiatan ini dilakukan untuk menghasilkan uang untuk memuaskan beberapa keinginan dan untuk mempertahankan kehidupan yang damai dan nyaman seperti penyebab terjadinya krisis ekonomi tahun 1977.

ads

Oleh karena itu, kita dapat mengatakan bahwa, kegiatan yang dilakukan dengan maksud untuk mendapatkan kekayaan atau penghasilan disebut kegiatan ekonomi. Ekonomi berurusan dengan semua kegiatan ekonomi laki-laki. Dalam kehidupan sehari-hari, kita terlibat dalam beberapa kegiatan yang berkaitan dengan perolehan dan pengeluaran uang (pendapatan atau kekayaan) untuk memuaskan keinginan kita yang tidak terbatas. Ini semua adalah kegiatan ekonomi seperti ciri sistem ekonomi sosialis.

Unsur-unsur penting dari kegiatan ekonomi adalah:

  • Ini harus memiliki utilitas;
  • Ini berkaitan dengan uang atau kekayaan;
  • Ini memuaskan keinginan manusia.

Sebaliknya, kegiatan non-ekonomi tidak peduli dengan uang atau kekayaan. Kegiatan ini dibagi lagi menjadi beberapa kelompok berikut:

  •  Kegiatan Sosial: Misalnya, menghadiri pesta perkawinan kerabat atau teman, pesta ulang tahun, festival budaya dan program dll.
  •  Kegiatan Politik: Misalnya, menghadiri pertemuan dan seminar berbagai partai politik seperti Kongres, BJP dan partai lokal lainnya.
  • Kegiatan Keagamaan : Misalnya, memuja Tuhan, sumbangan untuk membangun kuil, gereja, masjid dll.
  • Kegiatan Amal : Misalnya membantu, orang miskin atau cacat, donasi darah, dll.
  • Kegiatan Orang Tua: Misalnya, orang tua, cinta, kasih sayang, perhatian, dll. Kepada anak atau anak-anak mereka.
  • Kegiatan Rekreasi : Misalnya, bermain game, menonton televisi, melakukan tarian atau bernyanyi, dll.

Macam-Macam kegiatan ekonomi

Kegiatan ekonomi mengacu pada semua tindakan yang melibatkan produksi, distribusi dan konsumsi barang dan jasa. Kegiatan ini berkisar dari berbelanja di toko kelontong lokal untuk perdagangan saham di Wall Street hingga perdagangan barang dengan negara lain. Namun, adalah mungkin untuk mengklasifikasikan kegiatan ekonomi ke dalam lima kategori besar, yang membentuk komponen yang mengukur output ekonomi total suatu negara seperti kelebihan dan kekurang sistem ekonomi tradisional. Berikut macam-macam kegiatan ekonomi:

1. Identifikasi

Produk domestik bruto, atau GDP, adalah ukuran agregat kegiatan ekonomi total suatu negara. Kategori-kategori kegiatan ekonomi yang menyusun PDB mencakup belanja konsumen, investasi bisnis barang modal, pengeluaran pemerintah untuk barang dan jasa, dan ekspor neto, dengan produksi kategori kelima yang mendasari yang lain. Banyak ekonom mewakili GDP sebagai persamaan berikut: GDP = C + I + G + NX, dengan C mewakili pembelanjaan konsumen; Anda, investasi bisnis; G, belanja pemerintah; dan NX berarti ekspor neto, atau perbedaan antara ekspor dan impor produk.

2. Produksi

Salah satu kelas utama kegiatan ekonomi adalah produksi barang dan jasa. Produksi meliputi kegiatan dari pembuatan peralatan kecil hingga penyediaan layanan profesional, dari pemrosesan data hingga perawatan medis. Meskipun produksi bukan komponen eksplisit dari PDB, itu implisit sebagai proses produksi menghasilkan berbagai macam produk dan layanan yang konsumen, perusahaan dan pemerintah beli dan jual.

3. Pengeluaran Konsumen

Ekonomi yang makmur mengharuskan konsumen membelanjakan uang untuk barang dan jasa mulai dari bahan makanan dan resep untuk mobil dan komputer pribadi. Secara keseluruhan, akun pengeluaran konsumen untuk lebih dari 60 persen PDB seperti ciri sistem ekonomi sosialis.

Sponsors Link

4. Investasi

Bagi konsumen untuk membelanjakan uang, perusahaan harus menghasilkan barang dan jasa yang diinginkan konsumen. Seringkali, perusahaan berinvestasi dalam modal baru, seperti ruang pabrik dan permesinan, yang memungkinkan mereka untuk meningkatkan lebih banyak barang atau memproduksi dengan biaya lebih rendah. Pembelian peralatan modal, atau investasi perusahaan, mewakili kategori kegiatan ekonomi lainnya. Investasi memperluas kapasitas produksi ekonomi, menciptakan lapangan kerja dan memungkinkan ekonomi untuk menghasilkan lebih banyak barang dan jasa.

5. Pengeluaran pemerintah

Pemerintah di semua tingkatan memainkan peran utama dalam ekonomi suatu negara, baik sebagai pembeli dan penyedia barang dan jasa. Misalnya, pemerintah membeli peralatan militer dari produsen dan menyediakan layanan mulai dari penegakan hukum hingga konstruksi jalan dan jembatan. Pemerintah memungut pajak dari individu dan rumah tangga, mendistribusikan pendapatan di antara berbagai kebutuhan, termasuk pertahanan nasional, sistem peradilan, pendidikan publik dan kesejahteraan sosial. Pemerintah harus meningkatkan pengeluaran selama masa krisis ekonomi untuk meningkatkan permintaan dalam ekonomi ketika belanja konsumen dan bisnis menurun.

6. Perdagangan

Perdagangan internasional merupakan kategori penting dari kegiatan ekonomi. Sebagian besar ekonom memandang perdagangan sebagai saling menguntungkan bagi semua pihak yang terlibat, berpendapat bahwa perdagangan memungkinkan negara-negara untuk berspesialisasi dalam memproduksi produk dan layanan tertentu sementara juga memperoleh barang yang dihasilkan negara lain secara lebih efisien. Ekspor bersih, atau selisih antara nilai barang yang diekspor dan yang diimpor, mewakili elemen lain dari PDB dan mengukur nilai perdagangan internasional. Jika nilai ekspor neto positif, suatu negara memiliki surplus perdagangan, artinya ekspor lebih banyak daripada impor. Jika nilainya positif, negara mengimpor lebih banyak dari ekspornya, menghasilkan defisit perdagangan.

Aktivitas ekonomi utama adalah jenis operasi atau industri yang melibatkan penggalian atau pemurnian sumber daya alam, seperti pertambangan, pertanian, kehutanan, dan perikanan. Fungsi-fungsi ekonomi ini mengantarkan bahan mentah untuk industri lain, yang selanjutnya memurnikan dan mengembangkan bahan-bahan ini menjadi produk untuk dijual kepada pelanggan.

Apa yang dimaksud dengan Aktivitas Ekonomi Utama?

Apa definisi kegiatan ekonomi utama? Kegiatan ini termasuk mengekstraksi sumber daya alam dari bumi untuk membuat bahan mentah bagi perusahaan lain untuk berubah menjadi produk jadi. Karena kegiatan ini menciptakan blok bangunan untuk industri lain, mereka termasuk dalam sektor ekonomi pertama atau utama. Secara tradisional, ekonomi dipisahkan menjadi tiga sektor:

  • Primer: bahan baku olahan dari sumber daya alam
  • Sekunder: bergerak di bidang manufaktur
  • Tersier: berbasis layanan

Sementara masing-masing sektor memiliki kepentingan yang unik dalam pembangunan ekonomi, seringkali struktur ini berfungsi sebagai pedoman bagi pembuat kebijakan untuk membuat strategi yang sesuai untuk masing-masing sektor. Persyaratan sektor primer berbeda dari yang lain dan membutuhkan fokus khusus untuk kinerja yang lebih baik. Mari kita lihat contohnya.

Sponsors Link

Contoh

Perusahaan P bergerak di bidang penambangan dan mengekstrak minyak dari ladang minyak. Komponen utama Perusahaan ini adalah teknik dan tenaga yang menjaga proses ekstraksi berlangsung. Kegiatan ini merupakan kegiatan sektor primer karena berkaitan dengan penggalian sumber daya alam. Perusahaan M, di sisi lain, membeli minyak mentah dari para penambang dan mengolahnya menjadi bahan bakar yang dapat digunakan, bensin, solar, minyak nabati, dan pelumas. Ini akan diklasifikasikan di sektor sekunder.

Perusahaan S, meskipun berada di bidang yang sama, mengkhususkan diri dalam mengembangkan teknik dan pendekatan yang lebih baru (milik keahlian penelitian dan pengembangan yang mereka miliki) untuk menambang lebih baik dan memproses hasil dari ladang minyak, yang menghasilkan peningkatan produktivitas langsung untuk dua lainnya. Dengan demikian, perusahaan S bekerja di sektor tersier seperti contoh sistem ekonomi terpusat.

, ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Ekonomi