Sponsors Link

3 Manfaat Ekonomi di Bidang Jasa Secara Umum

Manfaat ekonomi di bidang jasa akan menjadi topik menarik yang akan kita bahas. Sebagaimana kita tahu bahwa bidang jasa merupakan salah satu bidang yang menggerakkan roda perekonomian baik sektor makro ataupun mikro. Jasa sendiri merupakan sektor yang mengalami pertumnbuhan dalam kurun waktu 10 tatun terakhir ini sebagimana juga dalam salah satu dasar dasar perpajakan.

ads

Selain itu sektor jasa juga merupakan sektor yang cukup banyak menyerap tenaga kerja sehingga tentunya ikut berperan dalam mengurangi pengangguran yang ada. Bidang jasa yang ada secara umum yang ada diindonesia adalah bidang retail, grosir dan juga transportasi. Dengan demikian maka sudah tentu ada banyak sekali manfaat bidang jasaa dalam mendongkrak sektor ekonomi.

Secara umum jika diringkas maka 3 Manfaat ekonomi di bidang jasa secara umum  yang akan diperoleh diantaranya adalah sebagai berikut ini :

Mengurangi angka pengangguran langsung

Manfaat pertama yang akan sangat dirasakan dengan adanya bidang jasa dalam sistem perekonomian adalah mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar. Hal ini merupakan manfaat nyata yang tentunya dapat menekan angka pengangguran yang semakin lama semakin meningkat setiap tahunnya.

Bidang jasa merupakan penyumbang terbesar dalam kontribusi mengurangi ngka penganggguran terutama di sektor yang bergerak dalam bidang jasa transportasi. Menurunnya angka pengangguran sendiri juga merupakan slah satu indicator dalam mengukur tingkat perekonomian sebuah Negara.

Semakin kecil tingkat dan angka pengangguran maka akan semakin baik dalam meningkatkan angka perekonomian. Tentu saja hal ini merupakan nilai positif hampir setiap tahunnya angka pengangguran semakin dapat ditekan dan didongkrak dari sektor bidang jasa sehingga berpengaruh pada cara menghitung pajak mobil.

Menurunnya angka pengangguran ini juga diikuti dengan semakin meningkatnya kualitas tenaga kerja kit terutama dalam bidang jasa. Sehingga dengn demikian masyarakat sebgai penikmat jasa akan semakin merasakan manfat yang baik sebab didukung oleh para tenaga professional yang handal. Dengan demikian maka tentunya roda perputaran dalam bidang ekonomi akan semakin besar.

Dapat meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi

Perkembangan dan semakin melusnya bidang jasa tentu saja bermanfaat dalam upaya peningkatan laju pertumbuhan ekonomi. Sebagaimana yang telah banyak disaksikan bahwa dari tahun ketahun sektor bidang jasa semakin banyak diminati dan menjadi penyumbang dan berkontribusi besar dalam peningkatan ekonomi.

Dengan demikian maka tak dapat dipungkiri perkembangan di bidang jasa akan sangat mendongkrak perekonomian kita. Terlebih lagi dengan dukungan dari banyak pihak bauik pemerintah hingga swasta menyebabkan bidang jasa menjadi salah satu sektor yang paling banyak dilirik. Hal inilah yang kemudian memunculkan iklim investasi yang baik sehingga banyak para investor yang tertarik untuk menanamkan uangnya di dalam negeri seperti umus secara lengkap cara menghitung pajak progresif sehingg semua bisa merasakan manfaat membayar pajak.

Sebagai contoh adalah gojek yang merupakan aplikasi penyedia jassa layanan transportasi. Kini aplikasi berbasis online ini masuk kedalam jajaran perusahaan kategori decacorn yang memiliki nilai 1000 $US. Tentu saja hal ini semakin memperlihatkan bagaimana bidang jasa sangat memberikan manfaat besar bagi peningkatan ekonomi dalam negeri.


Memeratakan perekonomian masyarakat kecil dan menengah

Manfaat ekonomi dari bidang jasa yang terakhir adalah memberikan pemerataan perekonomin di masyarakat. Dalam bidang jasa setiap elemen masyarakat dpat ikut berpartisipasi dan terlibat baik sebagai penyedia maupun pengguna. Sebut saja jasa laundry pakaian yang pastinya dekat dengan kehidupan masyarakat kita.

Tentu saja industry ini tidak memandang tingkat perekonomian masyarakat, baik masyarakat kelas menengah hingga atas kerap menggunakan jasa laundry. Mereka yang membuka usaha ini rata rata merupakan masyarakat biasa yang pastinya termasuk kedalam msyarakat kelas menengah yang disesuaikan dengan biaya pajak mobil berbagai merek..

Dengan demikian maka bidang jasa ini menjadi slah satu usha yang bergerak pada ekonomi mikro. Sehingga tentunya akan dpat membantu dan juga meningkatkan perekonomian masyarakat kecil. Hal inilah yang tentunya ingin dicapi dari sebuah kegiatan ekonomi dimana dapat memberikan pemerataan.

Oleh sebab itu maka dapat disimpulkan bahwa bidang jasa memberikan manfaat yang sangat besar dalam ekonomi sebuah Negara. Dsar dari pada kemajuan dan perkembangan sektor jasa menjadi salah satu tolak ukur kemajuan ekonomi sebuah Negara yang anantinya akan direfleksikan kedalam angka angka yang dapat menjadi nilai tolak ukur kemajuan dan juga keberhasilah sebuah Negara membangun siklus ekonomi yang baik.

Krena itulah maka sudah seharusnya tiga elemen utama, yakni masyarakat, pemerintah dan pihak swasta saling bahu membahu untuk menciptakan iklim industry di sektir jasa yang kondusif. Sehingga nantinya manfaat yang besar ini akan dapat dirasakan secara luas oleh masyarakat kita.

Nah, itulah tadi 3 Manfaat ekonomi di bidang jasa secara umum  , semoga dapat bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Ekonomi