Sponsors Link

3 Manfaat Pertumbuhan Ekonomi Insklusif

Manfaat Pertumbuhan Ekonomi Insklusif, salah satu hal yang menjadi dasar fundamental dalam pembangunan ekonomi sebuh Negara adalah dpat memberikan menfaat dan daya guna bagi semua pihak. Dalam artian bahwa pertumbuhan perekonomian yang dicapai dapat memberikan dampak positif secara signifikan kepada semua lapisan masyarakat. Sehingga tidak ada paradigma yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin misakin.

Jika hal tersebut terjadi maka tentu saja tidak ada nilai daripada pertumbuhan ekonomi sebab pda faktanya tidak bisa membawa kebaikan bagi semua kalangan masyarakat. Maka dari itu tugas pemerintah sangatlah berat. Maksud dari pencapaian pertumbuhan ekonomi secara inklisif adalah dapat memberikan manfaat langsung dan disarakan oleh masyarakat sekitar.

Apa yang terjadi saat ini tidaklah sesuai dengan tujuan pembangunan ekonomi secara insklusif sebab justru yang ada hanya pembagunan ekonomi hanya sebagai  indicator  dari  pertumbuhan ekonomi. Tanpa melihat dampaknya secara luas dan langsung terhadap masyarakat.

Padahal berkaca pada UUD 1945 dan dasar Negara kita pancasilan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia yang artinya semua lapisan masyarakat berhak mendapatkan ssisi positif dari pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Hal inilah yang kemudian memicu berbagai konflik, sebab perekonomian merupakan sesuatu yang snagat fundamental.

Pembangunan ekonomi yang sangat gencar ternyata justru hanya memberikan dampak bagi sebagian kalangan saja. Oleh sebab itu maka tentu saat ini kita harus berfokus kepada pembangunan ekonomi secara inklisif sehingga nantinya akan memberikan dampak yang nyata dan besar bagi semua lapisan masyarakat terutama kelas bawah.

Meskipun sudah berbagai hal dan juga strategi dilakukan namun tentu saja kita harus melihat apa sebenarnya manfaat dari pembangunan ekonomi secara insklusif agar kita kemudian merasa yakin bahwa ini adalah langkah yang tepat untuk memajukan bangsa Indonesia. Beriku ini merupakan uraian mengenai 3 Manfaat pertumbuhan ekonomi insklusif.

  1. Mengurangi angka pengangguran

Manfaat yang pertama adalah dengan adanya pertumbuhan ekonomi secara insklusif maka akan berdampak langsung kepada pengurangan terhadap angka pengangguran. Mengapa demikian, sebab jika pembangunan ekonomi insklusif dilakukan terutama dengan menghidupkan kegiatan kegiatan yang berbasis ekonomi mikro dan dengan memberdayakan masyarakat langsung maka sudah pasti banyakmasyarakat kecil yang akan ikut terbantu dan memiliki pekerjaan dan penghasilan sendiri.

Sebagaimana kita ketahui bahwa rata rata pengangguran berasal dari masyarakat kecil yang notabene memiliki tingkat pendidikan yang rendah. Dengan memberdayakan mereka baik melalui pelatihan dan juga memberikan pinjaman modal maka diharapkan mereka akan dapat mengentaskan diri dari kondisi pengangguran yang disesuaikan dengan biaya pajak mobil berbagai merek.

Hal inilah yang kemudian akan mkemberikan dampak yang secara nyata dalam upaya mengurangi angka pengangguran. Industri industri UMKM yang nantinya dibangun ini jugalah yang akan mampu menyerap tenaga kerja secara langsung. Karena sudah Nampak jelas dan banyak contoh nyata yang menunjukan UMKM menjadi salah satu pelopor dalam mengurangi angka pengangguran seperti rumus secara lengkap cara menghitung pajak progresif sehingg semua bisa merasakan manfaat membayar pajak.


Bahkan secara signifikan keberadaan industri kecil menengah ini mampu memberikan penghasilan dan pendapatan yang tidak sedikit. Banyak juga dri mereka yang akhirnya membuka usaha yang sejenis dan juga kemudian ikut memperluas lapangan pekerjaan. Dengan demikian maka sudah pasti akan sangat mudah dan juga realistis.

  1. Menekan angka kemiskinan

Selain pengangguran pertumbuha ekonomi insklusif juga akan dapat memangkas angka kemiskinan. Secara langsung jika banyak orang yang tidak menganggur dan memiliki penghasilan sendiri sudah barang tentu mereka akan dapat emncukupi kebutuhan mereka sendiri. Dengan demikian maka pastinya mereka sudh tidak lagi termasuk katefori masyarakat miskin sehingga berpengaruh pada cara menghitung pajak mobil.

Dengan turunnya angka pengangguran maka pastinya angka kemiskinan juga akan menurun secara signifikan. Meskipun hal ini tidak akan terjadi secara instan dan langsung namun tentu dampaknya akan terasa sekali. Ketika pembangunan ekonomi insklusuf dilakukan sekarang maka manfaatnya mungkin akan baru terasa 5 tahun yang akan dating.

Meskipun demikian maka hal tersubut akan menjadi hal pasti yang akan dapat diperoleh dan didapatkan. Dan tentu saja impaknya akan berdampak kepada tingkat pertumbuhan ekonomi insklisif yang dapat dirasakan manfaatnya oleh semua kalangan tidak hanya mayoritas masyarakat tertentu saja sebagaimana juga dalam salah satu dasar dasar perpajakan.

  1. Memberdaykan lingkungan

Salah satu aspek yang  juga akan terkena dampak dari pertumbuhan ekonomi secara insklusif adalah adanya perbaikan terhadap lingkungan. Dengan cara membangun ekonomi secara menyeruluh dan memperhatikan aspek kecil maka lingkungan juga akan terkena imbasnya,. Yakni dimana kelestarian dan juga perbaikan dibidang lingkungan akan dapat diperleh dan nantinya manfaat inilah yang secara langsung akan dinikmati oleh generasi dan anak cucu kita.

Itukah tadi. 3 Manfaat pertumbuhan ekonomi insklusif, semoga dapat bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Ekonomi