Sponsors Link

3 Masalah Ekonomi Negara Maju Yang Harus Ditangani Dengan Baik

Negara maju tentu saja memiliki masalah ekonomi. Nah oleh karena itu hal ini haruslah kita metahui untuk mebedakan masalh ekonomi negara maju dengan masalah ekonomi negara berkembang. Untuk pertama kita harus tau terlebih dahulu masalah ekonomi di negara maju. Berikut masalah ekonomi di negara maju.

ads

Masalah ekonomi yang dihadapi oleh negara maju.  Jepang merupakan sebuah negara maju yang masyarakatnya sangat sopan disiplin dan juga teratur. hal ini dapat dibuktikan melalui kebersihan kota ini, kerapian, ketertiban, dan juga pembangunan yang dilaksanakan secara teratur. Walaupun sudah menerapkan sistem negara maju akan tetapi negara maju juga memiliki masalah ekonomi yag dialami.

1. Tenaga kerja negara berkembang yang masuk ke negara maju

Negara maju ini memiliki ciri khas pertumbuhan penduduk yang lambat atau bahkan berangka satu yang biasa dibilang zero population growth sehingga tenaga kerja yang dimiliki oleh negara maju masih kurang dan sehingga memerlukan tenaga kerja dari negara berkembang. Namun walaupun hal ini menguntungkan bagi negara maju akan tetapi tetap saja hal ini akan berdampak buruk bagi negra maju.

Hal ini diakibatkan oleh perbedaan kebudayaan negara maju dan negara berkembang yang berbeda, kenapa hal ini akan membawa dampak buruk karena ketika hal kebudayaan antara kedua negara itu berbeda maka akan menghasilkan konflik dan pertentangan fisik antara negara maju dengan negara berkembang yaitu konflik antara penduduk asli dan penduduk pendatang.

2. Produk negara berkembang masuk kenegara maju

Kebanyakan produk yang ada dinegara maju adalah produk impor dari negara berkembang. Akibat globalisasi ekonomi menghambat perdagangan antar negara semakin sedikit. Dan produk-produk yang biasany dihasilkan dandijual dinegara sendiri lebih bervariasi dan lebih murah seperti masalah ekonomi kebutuhan.

3. Investasi negara maju masuk ke negara berkembang

banyak pengusaha dari negara maju yang menumbuhkan investasi di negara berkembang. Upaya ini karena ketidak inginan membayar pajak yang ditetapkan di negara sendiri dan menghemat biaya produksi selain itu negara berkembang adalah pasar utama bagi negara luar negeri. Dan apabila negara maju mendirikan perusahan di negara berkembang tentu akan mendekatkan produsen dengan konsumen namun hal ini akan mengurangi investasi di negara maju itu sendiri.

4. Kerusakan lingkungan meningkat

Negara berembang memang terkenal akan kerusakan lingkungan yang dialaminya , tentu saja hal ini terjadi karena negara berkembang belun memiliki undang-undang yang menjaga lingkungan secara pasti dan tetap. Namun apakah hal ini benar? hal ini tidak selamanya benar karena pengusaha-pengusaha yang ada dinegara majulah yang biasanya menjadi perusak alam karena lebih besar eksploitasi sumber daya alam yang dikakukan oleh pengusaha negara maju dibandingkan dengan pengusaha yang ada di negara berkembang. Bahkan sebagian pengusaha di negara maju nekat mengeksploitasi sumber daya alam milik negara berkembang. Seharusnya pengusaha dari kedua belah pihak ini menjaga kelestarian alam yang kita banggakan ini.

Tidak hanya negara maju saja yang memiliki masalah ekonomi namun negara berkembang juga memiliki masalah ekonomi yang dialami oleh negaranya sendiri. Untuk mengetahui apa saja masalah yang dialami oleh negara berkembang akan dijabarkan seperti berikut.

Masalah yang dialami oleh negara berkembang

Indonesia merupakan contoh dari negara berkembang yang memiliki berbagai kekurangan seperti negara-negara berkembang lainnya. Indonesia merupakan negara yang masih miskin, dengan warga negara yang memiliki tingkat kecerdasan yang masih lemah, penganguran yang ada dimanamana, dan pendapatan yang tidak merata. Namun hal ini sudah menjadi makanan pokok bagi orang-orang yang tinggal di Jakarta karena masih bayak orang yang tidak bekerja bahkan hanya menjadi pemulung sampah.

Akibat dari pendapatan yang minim orang tua tak sanggup menyekolahkan anaknya. sehingga otak orang indonesia masih rendah. Dan hal ini menimbulkan kesenjangan yang terjadi diantara rakyat dengan pendapatan kecil dan rakyat dengan pendapatan besar. Namun apa sajakah masalah ekonomi masyarakat di negara maju?

  • Kemiskinan

Kemiskinan adalah bentuk kekurangan yang dimiliki oleh rakyat yang berada di negara berkembang namun kemiskinan ini tidak hanya dialami oleh negara berkembang saja akan tetapi setiap negara memiliki angka kemiskinan negara yang dimilikinya. Untuk menangulangi kemiskinan ini pemerinta Indonesia telah melakukan segala cara agar kemiskinan yang ada di Indonesia dapat diminimalisir dengan mudah dan sesegera mungkin. Salah satu cara yang pernah dilaukan oleh pemerintah guna menghilangkan kemiskinan yang ada di Indonesia. ialah subsidi silang.

Subsidi silang ini merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah yaitu menetapkan harga BBM untuk minyak tanah lebih murah dibandingkan dengan bensin. Subsidi untuk bensin ini direncanakan akan dikurangi sedikit demi sedikit hingga subsidi bensin dihilangkan. Namun subsidi minyak tanah masih tetap dipertahankan agar rakyat yang berlenghasilan rendah dapat membeli minyak tanah ini guna memenuhi kebutuha bahan bakar.

  • Latar belakang

Masalah ini merupakan kekurangan dari sumber daya manusia karena keterbatasan pelayanan kesehatan fasilitas yang kurang memadai serta rendahnya displin diri. Pemerintah mendirikan sekolah berbasis nasiona yang bermutu tinggi guna menambah dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki oleh negara berkembang. Alokasi yang dikeluarkan APBN untuk menambah dan membantu sekolah yang kekurangan dana sarana ataupun prasarana ini ditingkatkan tiap tahunya.

  • Pengangguran

Pengangguran yang ada di suatu negara berkembang merupakan masalah utama yang menghambat pergerakan negara itu untuk menjadi negara maju. Pengangguran ini biasanya disebabkan oleh kurangnya lapangan kerja di suatu negara berkembang sedangkan tenaga kerja yang belum terpakai masih banyak. Dan  hal ini terjadi karena disuatu negara berkembang itu terjadi sedang mengalami masa transisi perubaan struktur ekonomi dari negara agraris menjadi negara industri seperti jenis-jenis industri manufaktur.

Sponsors Link

Dan hal ini berdampak tenaga kerja yang ada akana berada disekltor agraris,sedangkan lapangan pekerjaan yang tersedia untuk menuntut keahlian tersedia di sekotor industri. Negara berkembang ini lebih cepat pertumbuhan penduduknya ketimbang lowongan kerja yang ada di negara berkembang ini. dan hl inilah yang membuat merabaknya penganguran yang ada di Indonesia ini.

  • Kekurangan modal

Masalah modal ini merupakan salah satu masalah utama yang dimiliki oleh negara berkembang karena negara berkembang ini memerlukan modal yang besar guna menambahkan lowongan kerja dan meminimalisir penganguran. Namun modal ini menjadi masalah utama penghambat pembangunan di Indonesia dan menambah kemiskinan.

Sedangkan perkembangan zaman modernisasi perekonomian memerlukan modal yang sangat besar. Negara berkembang memiliki masalah dalam penyiapan modal karna mayoritas rakyat yang ada di negra berkwmbang ialah miskin. untuk mengatasi kemiskinan ini pemerintah menarik investor, baik itu investor dari dalam maupun investor dari luar guna meningkatkan tabungan pemerintah. Jika tabungan pemerintah menibgkat maka akan semakin mudah dalam mencari modal seperti cara emmbuka usaha modal kecil.

Sponsors Link

  • Tidak meratanya hasil pembangunan

Pemerataan pada pembangunan ekonomi indonesia memanglah hal yang sulit untuk dicapai bahkan belum bisa dicapai oleh negara berkembang sampai saat ini hal ini sudah menjadi masalah dari awal terjadinya tida meratanya pembangunan ekonomi ini. Sudah banyak upaya yang dilakukan oleh pemerintah guna menghilangkan dan meratakan pendapatan pembanguna perekonomian di negara maju.

 

 

, , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Ekonomi