Sponsors Link

5 Keuntungan Mengapa Rumah Tangga Perlu Menerapkan Prinsip Ekonomi

Mengapa Rumah Tangga Perlu Menerapkan Prinsip Ekonomi, sebagaimana kita ketahui bahwa rumah tangga merupakan sektor yang sangat penting dalam sistem perekonomian. Rumah tangga merupakan unsur terkecil yang dimana merupakan pihak yang akan mengkonsumsi semua produk produk. Bisa dibilang bahwa rumah tangga merupakan unsur terpenting dalam perekonomian.

Dalam sistem perekonomian, rumah tangga haruslah juga menerapkan sistem ekonomi. Mengapa demikian sebab jika tidak menerapkan prinsip ekonomi maka akan dapat menimbulkan berbagai masalah. Perlu diketahui bahwa prinsip ekonomi yang pertama yang harus diketahui adalah “lebih besar pasak dari pada tiang (lebih besar pengeluaran ketimbang pemasukan ”

Ada beberapa hal yang perlu digaris bawahi berkenaan dengan Mengapa rumah tangga perlu menerapkan prinsip ekonomi antara lain adalah sebagai berikut ini :

  1. Memudahkan rumah tangga mengatur keuangan

Hal pertama dari pentingnya mengatur keuangan keluarga adalah karena akan dapat memudahkan keluarga dalam mengatur keuangan baik pemasukan atau pengeluaran. Menerapkan prinsip ekonomi dalam mengatur keuangan rumah tangga akan membuat anda menjadi disiplin terutama mengenai hal keuangan.

Sebab dalam rumah tangga masalah keuangan adalah hal yang sangat sensitif dan perlu dipertimbangkan dan diperhitungkan dengan seksama. Kesalahan  dalam mengatur masalah keuangan akan dapat menjadi sebuah masalah yang sangat serius. Bahkan banyak sekali pertengkaran hingga perceraian dalam rumah tangga yang disebabkan karena tidak pandai mengatur masalah keuangan.

2. Mampu menerapkan budget sesuai dengan pemasukan rumah tangga

Hal penting kedua dari menerapkan prinsip ekonomi dalam rumah tangga adalah akan bis mengatur dan menerapkan budget sesuai dengan pemasukan. Sehingga sudah ada pos masing masing dari dana yang masuk yang kemudian di bagi bagi kedalam pengeluaran pengeluaran. Sehingga nantinya tidak ada dana yang terbuang dengan sia sia untuk urusan yang tidak penting seperti cara menghitung pajak progresif sehingga semua bisa merasakan manfaat membayar pajak.

Cara paling tepat untuk menerapkan budget adalah dengan mendaftar semua pengeluaran yang ada. Lalu kemudian di cocokkan dengan sumber pemasukan yang diperoleh oleh rumah tangga. Jika ada bagian yang dirasa overbudgeting maka dapat dilakukan minimalisasi dengan mengurangi elemen elemen yang tak penting. Paling utama adalah dengan mencatat semua kebutuhan primer terlebih dahulu, baru sekunder dan memang jika budget mencukupi maka dapat dilanjutkan ke kebutuhan tersier.

3. Dapat Memprioritaskan diri untuk menabung

Tabungan merupakan hal yang sangat penting dan utama terutama dalam sebuah rumah tangga. Sebab dengan memiliki tabungan maka anda akan dapat memiliki sisa dana yang akan dapat dipakai jika ada keperluan mendadak dan mendesak. Banyak sekali orang yang salah kaprah dan menilai bahwa menabung hanya dilakukan jika ada sisa uang.

Padahal dalam prinsip ekonomi menabung merupakan hal yang prioritas. Artinya jika anda memiliki dana maka sebaiknya prioritaskan beberapa rupiah untuk ditabung terlebih dahulu baru kemudian sisanya bisa dipakai untuk keperluan lain. Bukan sebaliknya yakni memakai dana untuk keperluan baru sisanya ditabung. Sepanjang praktik tersebut dilakukan justru malah dana selalu tidak akan bersisa.

Oleh sebab itu maka salah satu hal mengapa penting sekali untuk menerapkan prinsip ekonomi adalah dapat memprioritaskan untuk menabung. Serta juga merubah pola pikir yang selama ini telah tertanam dan juga menjadi sebuah kebiasaan. Dengan memiliki tabungan maka rumah tangga akan dapat mendapatkan banyak sekali keuntungan dan juga kemudahan seperti pada cara menghitung pajak mobil.

4. Menghindari Konflik Rumah Tangga

Salah satu keuntungan dari menerapkan prinsip ekonomi dalam rumah tangga adalah dapat menghindari konflik yang berhubungan dengan masalah ekonomi. Sebab saat kita sudah selektif dan disiplin dalam mengatur keuangan sesuai dengan kebutuhan maka tentu saja kehidupan rumah tangga akan jauh dari konflik yang berujung pada pertengkaran.

Selama ini yang terjadi adalah banyak kasus yang disebabkan karena latar belakang ekonomi yang berujung pada konflik dalam rumah tangga. Baik pemasukan yang tidak sesuai dengan pengeluaran hingga juga gaya hidup boros yang tak sesuai dengan pendapatan atau juga gaya hidup dan gengsi tinggi sehingga rela berhutang demi memenuhi kebutuhan yang sebenarnya bukan kebutuhan pokok.

Hal hal sebagaimana dijelaskan diatas merupakan sebuah fakta yang sudah umum dan banyak ditemui terutama dalam kehidupan rumah tangga. Akibat tidak pandai mengatur keuangan maka hasilnya adalah pengeluaran lebih besar dari pemasukan sehingga menyebabkan kita terjebak kepada hutang yang tiada habisnya satu dasar dasar perpajakan. .

5. Menghindarkan Rumah Tangga dari Lilitan Hutang

Menerapkan prinsip ekonomi dalam rumah tangga akan menolong keluarga dari lilitan hutang, sebab dengan mengatur keuangan dengan baik serta disiplin maka akan menghindarkan diri dari membeli keperluan yang tidak penting hanya demi gengsi semata. Faktanya banyak rumah tangga yang terlilit hutang karena mengedepankan gengsi dan juga tak melihat kemampuan pemasukan keluarga dan terlalu memaksa sehingga mengambil resiko berhutang.

Nah, itulah tadi 5 keuntungan Mengapa rumah tangga perlu menerapkan prinsip ekonomi. Semoga dapat bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Ekonomi