Sponsors Link

12 Tujuan Tindakan Ekonomi Dalam Pemerintahan

Sistem ekonomi , cara manusia mengatur persediaan materialnya. Orang akan berpikir bahwa akan ada berbagai macam sistem seperti itu, sesuai dengan banyak pengaturan budaya yang telah mencirikan masyarakat manusia. Anehnya, bukan itu masalahnya. Meskipun berbagai lembaga dan kebiasaan sosial telah dikaitkan dengan kegiatan ekonomi masyarakat, hanya sejumlah kecil moda dasar penyediaan yang dapat ditemukan di bawah varietas ini. Memang, sejarah telah menghasilkan tetapi tiga jenis sistem ekonomi seperti itu : yang didasarkan pada prinsip tradisi, yang direncanakan dan diatur secara terpusat sesuai dengan komando , dan jumlah yang agak kecil, secara historis berbicara, di mana bentuk pengorganisasian pusat adalah pasar .

ads

Kekurangan yang sangat mendasar dari moda-moda fundamental organisasi ekonomi meminta perhatian pada aspek sentral dari masalah “sistem” ekonomi sama-sama, bahwa tujuan yang harus dipenuhi oleh semua pengaturan ekonomi itu sendiri tetap tidak berubah sepanjang sejarah manusia. Secara sederhana dinyatakan, tujuan yang tidak berubah ini adalah koordinasi kegiatan individual yang terkait dengan pengadaan kegiatan yang berkisar dari menyediakan makanan subsisten dalam berburu dan mengumpulkan masyarakat hingga tugas administratif atau keuangan dalam sistem industri modern. Apa yang bisa disebut “masalah ekonomi” adalah orkestrasi kegiatan ini menjadi koheren keseluruhan sosial koheren dalam arti menyediakan tatanan sosial dengan barang atau jasa yang dibutuhkan untuk memastikan kelanjutannya sendiri dan untuk memenuhi misi historis yang dirasakannya.

Sasaran Tindakan Ekonomi

Ada banyak kegiatan ekonomi yang membentuk hidup kita. Ini dapat dipecah menjadi kategori umum agar lebih mudah dipelajari. Empat Kegiatan Ekonomi penting adalah sebagai berikut:

  1. Pemeliharaan Sumber Daya berarti cenderung, melestarikan, atau meningkatkan alami, diproduksi, manusia, dan sumber daya sosial yang membentuk dasar untuk rezeki dan kualitas hidup. Berikan contoh
  2. Produksi adalah konversi dari beberapa sumber daya ini menjadi produk yang dapat digunakan, yang dapat berupa barang atau jasa. Berikan contoh
  3. Distribusi adalah berbagi produk dan sumber daya di antara orang-orang. Mereka mengambil dua bentuk: pertukaran: perdagangan satu hal dengan yang lain, dan transfer : pemberian sesuatu, tanpa imbalan spesifik apa pun yang diharapkan.
  4. Konsumsi: proses di mana barang dan jasa digunakan.

Keempat kegiatan ini mengarah ke tiga pertanyaan penting:

  • Apa yang harus dihasilkan, dan apa yang harus dipertahankan?
  • Bagaimana seharusnya produksi dan pemeliharaan diselesaikan?
  • Untuk siapa kegiatan ekonomi harus dilakukan?

Tujuan lain dari kegiatan ekonomi menengah: tujuan yang diinginkan karena pencapaiannya akan membawa Anda lebih dekat ke tujuan akhir.

Tujuan Tindakan Ekonomi

Dapat dikatakan bahwa ada beberapa tujuan dalam mikroekonomi. Anda bisa mengatakan kekayaan adalah satu tujuan. Kekayaan Adam Smith sebagai nilai semua aset material yang dimiliki oleh seorang individu atau bahkan lebih teknis, seperti apa pun yang diberikan kemampuan untuk memproduksi dan mendapatkan barang dan jasa yang berharga. Akuisisi kekayaan telah meningkat secara historis karena peningkatan efisiensi produksi. Efisiensi menyiratkan nilai minimum sumber daya untuk mencapai hasil yang diinginkan. Atau, dengan kata lain, ini adalah nilai maksimum dari output seperti tujuan strategi pemasaran.

Sponsors Link

Efisiensi

Efisiensi lebih umum digambarkan sebagai penggunaan sumber daya dengan cara yang tidak melibatkan limbah. Semua input digunakan sedemikian rupa sehingga mereka menghasilkan nilai output tertinggi, atau nilai input terendah yang mungkin digunakan untuk menghasilkan menggunakan output. Dengan demikian, tingkat utilitas tertinggi yang mungkin diperoleh dengan menggunakan sumber daya yang tersedia. Di sini kita harus mempertimbangkan efisiensi alokatif dan produktif untuk mencapai utilitas.

Artinya, keputusan untuk menggunakan sumber daya yang ditetapkan sedemikian rupa sehingga mereka menghasilkan utilitas terbesar dalam memproduksi barang akan efisiensi alokatif. Ini akan menjadi keputusan untuk menghasilkan suatu tempat di sepanjang kurva PPF. Hal ini kemudian terserah kepada perusahaan untuk menggunakan sumber daya tersebut secara paling efektif untuk menghasilkan sebanyak mungkin barang atau layanan, mengingat teknologi yang ada, seefektif mungkin; demikian,

Ingat bahwa efisiensi selalu melibatkan penilaian normatif ketika membuat keputusan tentang apa yang harus diproduksi. Ini berarti beberapa standar nilai harus diadopsi sebelum definisi efisiensi dapat diterapkan.
Misalnya, ketika memutuskan untuk menggunakan sumber daya untuk meningkatkan kesejahteraan seseorang, mungkin memerlukan banyak hal. Sebagai masyarakat, tujuan produksi adalah kesejahteraan, tetapi masalahnya adalah memutuskan bagaimana menggunakan sumber daya untuk mencapainya.

Kesejahteraan dinilai sebagai tujuan itu sendiri dan dapat mencakup salah satu atau semua hal berikut: kepuasan kebutuhan fisik dasar, kebahagiaan, realisasi potensi seseorang, keadilan, kebebasan, partisipasi, rasa makna, hubungan sosial yang baik, atau ekologis keseimbangan. Pencapaian ini mengharuskan produsen dan masyarakat untuk memutuskan cara terbaik untuk menetapkan sumber daya guna memaksimalkan kegunaan pencapaian tujuan-tujuan ini.

Standar nilai

Ini umumnya dianggap berarti harga sesuatu, tetapi ada banyak cara lain untuk memahami apa yang dihargai ketika membuat analisis semacam itu. Misalnya, kesejahteraan selain menciptakan produk mungkin menjadi nilai penting ketika mempertimbangkan tujuan produksi. Pertimbangan ini relevan dengan diskusi tentang apa yang harus diproduksi dan apa konsekuensi yang dimaksudkan atau tidak diinginkan dari produksi dapat. Penting untuk mempertimbangkan berbagai aspek kesejahteraan.

Komponen Kesejahteraan

Kesejahteraan secara luas berarti mempertahankan atau meningkatkan kehidupan, yang dapat didefinisikan sebagai tujuan kegiatan ekonomi seperti tujuan ekonomi konvensional.

Berikut ini adalah daftar beberapa tujuan lain dari kegiatan ekonomi:

  1. Kepuasan kebutuhan fisik dasar, termasuk istilah seperti kelangsungan hidup, pertumbuhan, kesehatan, prokreasi, keamanan, istirahat dan kenyamanan.
  2. Kebahagiaan, termasuk perasaan puas, kesenangan, harga diri, dan ketenangan pikiran.
  3. Realisasi potensi seseorang , termasuk menciptakan peluang untuk perbaikan, dan realisasi peluang untuk pengembangan baik fisik, intelektual, moral, sosial atau spiritual.
  4. Keadilandalam distribusi kemungkinan hidup. Ini tentu saja akan berbeda di antara individu dan budaya yang diberikan apa yang didefinisikan sebagai akses yang adil terhadap sumber daya dan peluang bagi orang-orang; Meskipun demikian, tujuan keadilan adalah tersirat untuk menjadi universal.
  5. Kebebasan dalam hubungan ekonomi dan sosial. Ini berarti memungkinkan individu untuk membuat sebanyak mungkin pilihan kecil dan besar untuk diri mereka sendiri dalam batas-batas hubungan yang bertanggung jawab dengan yang lain dan dalam batas kapasitas pengambilan keputusan mereka, seperti dalam kasus anak-anak.
  6. Partisipasi dalam pengambilan keputusan sosial. Individu harus memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam proses di mana keputusan dibuat yang mempengaruhi anggota masyarakat sebagai kolektivitas dan dengan demikian mendefinisikan dan mengatur masyarakat.
  7. Rasa makna dalam kehidupan seseorang alasan atau tujuan untuk usaha seseorang.
  8. Hubungan sosial yang baik termasuk hubungan yang memuaskan dan aman dengan orang-orang yang akrab, teman, keluarga, rekan bisnis, dan sesama warga, bersama dengan hubungan yang saling menghormati dan damai di antara bangsa-bangsa.
  9. keseimbangan ekologis menyiratkan sumber daya alam dan lingkungan alam berkelanjutan dalam jangka panjang, demi kesejahteraan generasi sekarang dan mendatang.
Sponsors Link

Bagaimanapun, kegiatan yang meningkatkan pemahaman sosial dan mendorong yang sesuai, berbagi standar keadilan dan kejujuran akan memiliki eksternalitas positif di mana mereka menciptakan lingkungan yang lebih baik untuk kegiatan ekonomi seperti tujuan sistem ekonomi terpusat.

, ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Ekonomi