Sponsors Link

6 Kerugian Berbisnis Online, Bukan Untung malah Buntung!

Bisnis online kini menjadi primadona para pedagang pedagang baru. Bahkan tidak sedikit orang orang yang berdagang biasa memiliki sebuah toko juga menjalankan bisnis online. Memang bisnis online memiliki keuntungan demi keuntungan. Bahkan peluang bisnis online juga sekarang makin lama makin banyak. Orang-orang akan sangat mudah untuk melakukan bisnis dan berdagang karena hal ini. Masih banyak kelebihan dan kekurangan bisnis online sendiri.

Walaupun memiliki kerugian dan kekurangan, bisnis online tetap menjadi pilihan yang tepat untuk orang orang berjualan. Di perlukan niat dan kegigihan. Sudah banyak orang yang membuktikan bahwa bisnis online adalah bisnis yang paling menguntungkan. Bahkan bisa jadi salah satunya anda akan mencoba bukan?

Walaupun bisnis online memiliki banyak kelebihan demi kelebihan, tapi namanya juga masih di dunia, maka bisnis online juga memiliki sebuah kelemahan dan kerugian. Banyak orang yang menggunakan bisnis online modal di bawah 10 juta yang menjadi pilihan masyarakat. Bahkan, bisnis franchise terlaris sendiri kalah dengan bisnis online. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Kerugian kita Membuka Bisnis Online yang tentunya bukan membuat kita semakin untung. Perlu kita perhatikan hal ini sebelum anda membuka usaha bisnis online. Langsung aja yuk kita bahas apa faktor faktor yang membuat kerugian atau kekurangan dari bisnis online sendiri. Let’s Check It Out!

1. Sangat Rawan untuk Penipuan dan Dibohongi

Banyak owner owner atau pelapak yang membuka bisnis online ini menjadi bulan bulanan dari penipu di Indonesia. Kita ketahui bukan selama ini jika kita menggunakan sistem belanja online itu sendiri si pembeli akan membayar terlebih dahulu sebelum di proses untuk reseller, untuk packaging dan juga pengiriman sendiri. Tentu proses proses ini itu membuat kita sebagai penjual juga merasa aman, dan tentunya konsumen juga merasa aman bukan? Apalagi jika menggunakan aplikasi, itu akan jauh lebih mudah dan sangat aman. Tapi pada realita kehidupannya, banyak pelapak baru yang menjual dengan lewat instagram atau facebook sendiri mudah di bohongi oleh konsumen.

Ada beberapa konsumen yang mengkontak lewat Whats App sendiri sehingga mereka bisa mengirimkan bukti transfer yang palsu. Tapi mereka sangat halus mengirim bukti transfer baru. Konsumen biasanya akan mengirimnya lewat media sosial sendiri, jika penjual tersebut banyak orderan, maka ada penjual yang langsung percaya. Setelah itu, di cek dan ternyata uang tersebut sudah terlanjur di kirim tapi ternyata tidak ada uang yang masuk. Ada juga penipuan yang berjanji akan di bayar apabila barang sudah terkirim, tapi ternyata setelah di kirim sendiri, malah menghilang tanpa jejak.

2. Banyak Pembeli yang Hanya Bertanya Saja

Salah satu kerugian dan membuat setiap orang yang berjualan malas adalah banyak pembeli yang bertanya dan bertanya tapi tidak membeli. Walaupun ini juga terjadi pada toko biasa, tapi jika dalam online, akan menghabiskan kuota untuk chatting dan menghabiskan waktu kita untuk membalas orang orang yang tidak serius akan membelinya. Hal ini menjadi sesuatu yang sangat wajar. Memang membuat geram dan gemas dengan pembeli macam ini, tapi namanya usaha dan melakukan sebuah bisnis tidak ada yang langsung sukses dan langsung membeli barang dagangan anda. Ini merupakan salah satu kerugian pelapak bisnis online sendiri.

3. Keuntungan Menurun, Jika Tidak Up To Date

Perubahan zaman ini sangat cepat dan fluktuatif. Banyak barang yang di jual di online shop, dari barang yang keluaran edisi terbaru sampai yang paling kuno sendiri. Bahkan banyak bisnis online menjual barang masih belum ada di jual di toko toko biasa. Maka dari itu, pergerakan bisnis online ini sangat pesat dan harus mengikuti perkembangan zaman. Maka dari itu, setiap pemilik lapak harus memiliki inovasi yang sangat tinggi. Jika barang dagangan sendiri bukan barang yang up to date sendiri maka akan di tinggal oleh setiap orang orang pelanggannya. Ini perlu di lakukan dengan cepat. Jangan sampai menunggu pelanggan pada hilang duluan baru anda memberikan inovasi.

4. Tidak Bisa Bekerja Tanpa Internet

Walaupun ini merupakan kelebihan karena bekerja hanya dengan menggunakan internet, tapi ini juga menjadi kelemahan dan kerugian dari bisnis online sendiri. Bisnis online tidak akan bisa berjalan tanpa adanya Internet, ini adalah modal dasar untuk berjualan online. Anda harus aktif dan juga melihat koneksi internet anda. Jika ada mati lampu, maka koneksi internet anda akan jauh lebih lemot, apalagi ketika mati lampu dan lagi banyak pelangganyang bertanya dan juga mengorder, maka dari itu, pekerjaan anda akan terbengkalai. Ini akan jauh berbeda dengan membuka toko. Jika membuka toko anda bisa menjual stok tersebut di tempat anda. Jika anda tidak di hubungi oleh pembeli maka pembeli akan langsung mendatangi anda ke toko.

5. Menjadi Objek Pembicaraan dari Kritikan Pedas Internet

Banyak sekali orang orang di media sosial yang sekarang suka nyinyir atau memberikan pujian atau bisa juga memberikan sindiran kepada setiap orang maupun lapak online. Sosial media akan menjadi makanan sehari hari dari orang sendiri. Jika isi dari komen tersebut merupakan pujian maka itu kebahagian dan keuntungan untuk anda. Tapi bagaimana dengan  kritikan, sindiran pedas yang di tujukan pada lapak anda? Bahkan kadang hal spele dan kecil bisa sangat fatal jika berada di Internet.

Maka dari itu, salah satu hal yang perlu anda perhatikan adalah kesiapan anda dalam hati sendiri. Anda harus mempersiapkan diri anda untuk menerima cibiran, nyinyiran, sindiran dari konsumen anda yang ada di sosial media anda sendiri.

6. Barang Tidak Sampai Ke Pembeli

Bisnis online tidak hanya antara pembeli dan penjual saja, tapi juga ada kurir yang mengantarkan barang tersebut. Salah satu kekurangan bisnis online sendiri adalah kurir atau ekspedisi yang mengirimkan barang tersebut. Bisa jadi karena banyaknya barang barang bisnis online, ada barang yang hilang selama perjalanan. Anda akan mendapatkan protesan dari pembeli anda, bahkan bisa sampai anda mengirimkan lagi barang yang sama. Bukannya untung, eh malah ruhi deh.

Demikian merupakan 6 Kerugian Berbisnis Online, Bukan Untung malah Buntung!

, , ,
Oleh :
Kategori : Bisnis Online