Sponsors Link

3 Bisnis Franchise Terlaris Dengan Peluang Bisnis Yang Menjanjikan

Memulai bisnis bukan lagi menjadi hal yang sulit, terlebih di era digital seperti sekarang. Terdapat beragam pilihan untuk memulai bisnis, baik perorangan maupun retail. Kendati demikian, bisnis franchise tetap menjadi salah satu jenis usaha yang diminati oleh para pemula. Bisnis franchise atau lebih dikenal dengan istilah waralaba merupakan suatu sistem distribusi barang atau jasa kepada konsumen. Bisnis franchise di lakukan dengan cara memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis menggunakan merek, nama, sistem, dan prosedur atau cara-cara yang telah ditetapkan selama jangka waktu tertentu dan meliputi area tertentu.

Bisnis franchise dianggap relatif mudah dijalankan oleh para pemula karena sudah memiliki manajemen yang terstruktur sehingga para pelaku bisnis tidak perlu repot memikirkan ide, nama, manajemen, periklanan, analisis resiko, dan lain-lain seperti halnya membuka bisnis baru. Para pelaku bisnis franchise cukup membayar sejumlah uang sebagai investasi awal kepada franchisor kemudian mulai beroperasi menggunakan merek, nama, sistem, dan prosedur yang ditetapkan.

Peluang kesuksesan bisnis franchise terletak pada image produk dan manajemen yang dijalankan pada masing-masing cabang. Produk usaha yang sudah dikenal oleh masyarakat tentu menguntungkan bagi para pelaku bisnis franchise karena memiliki target pasar yang jelas dan memimalkan biaya pemasaran. Selain itu, manajemen yang dijalankan pada masing-masing cabang juga berperan penting dalam mendatangkan keuntungan bagi para pelaku franchise.

Berikut ini adalah tiga produk usaha franchise terlaris yang dapat dijadikan referensi apabila anda berniat membuka bisnis franchise:

  1. Kedai Kopi Kulo

Kedai kopi yang mengusung konsep coffee-to-go ini berharap dapat menjadikan kopi sebagai teman masyarakat dalam beraktivitas. Sesuai dengan konsepnya, kedai kopi yang mulai beroperasi sejak Desember 2017 ini memasang harga yang tergolong murah untuk menu-menunya yang unik seperti Avocatto dan Es Kopi Keju. Tak heran, Kedai Kopi Kulo sukses menerima penghargaan sebagai pendatang baru yang paling banyak dipesan via aplikasi Go-Food dari Go-Jek hanya dalam waktu lima bulan sejak beroperasi.

Untuk dapat bermitra dengan Kedai Kopi Kulo, Manajemen Kulo Group mensyaratkan calon mitra franchise membayar sejumlah investasi untuk membeli paket franchise dan menyediakan lokasi yang strategis dengan luas minimal 120 meter persegi untuk satu gerai.  Lokasi gerai bisa di dalam mall, rumah sakit, maupun dekat dengan wilayah perkantoran maupun kampus. Anda juga bisa menghubungi situs resmi Kedai Kopi Kulo untuk informasi lebih lanjut.

  1. Aice

Aice merupakan produk es krim yang diluncurkan di Singapura pada November 2014. Aice berhasil menembus pasar kelas menengah ke bawah dengan berbagai produknya yang memiliki harga terjangkau, yakni mulai Rp. 2000,- hingga Rp. 10.000,-. Karena dapat dinikmati oleh berbagai kalangan maka tidak heran Aice mendapat penghargaan peringkat pertama di industri es krim.

Untuk dapat bermitra dengan perusahaan Aice, calon mitra cukup mendaftarkan diri pada laman resmi atau akun facebook resmi Aice. Jumlah investasi yang diperlukan pun terbilang murah, yakni minimal Rp. 500.000,- untuk membeli paket es krim dengan varian rasa yang disediakan oleh perusahaan. Dengan biaya investasi tersebut, calon mitra juga akan mendapatkan pinjaman freezer dari perusahaan. Karena itu, biasanya perusahaan juga akan melakukan pengecekan terkait daya listrik yang digunakan oleh calon mitra.

Para mitra Aice dapat menentukan sendiri strategi marketing untuk mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi per bulannya. Satu hal lagi yang membuat Aice banyak digemari para pemula bisnis franchise ialah, para mitra tidak perlu membayar apapun selain investasi di awal. Tertarik untuk mencoba?

  1. JNE

Selain bidang kuliner, bisnis franchise di bidang ekspedisi juga dapat dipertimbangkan sebagai salah satu usaha yang menguntungkan. JNE didirikan pada tahun 1990 sebagai bagian dari perusahaan ekspedisi barang internasional yaitu PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI). JNE telah mendapatkan berbagai penghargaan sebagai jasa kurir yang paling banyak dipilih pada tahun 2019.

Untuk bergabung dengan JNE, calon mitra harus menyediakan investasi sebesar Rp. 5,5 juta untuk mengurus perjanjian dan dana promosi serta biaya tambahan sebesar Rp. 10 juta kepada pihak JNE sebagai jaminan yang nantinya akan dikembalikan setelah masa kontrak selesai. Jumlah biaya investasi dan uang deposit bisa jadi berbeda antara satu cabang dengan cabang lainnya karena besarannya ditentukan oleh cabang utama.

Selain investasi, calon mitra juga harus menyediakan lokasi yang strategis beserta perlengkapan kerja seperti komputer, printer, dan timbangan. Mitra JNE yang baru beroperasi akan diberikan waktu percobaan selama tiga bulan dengan kriteria akumulasi penjualan dan pelaksanaan SOP.

Nah, itulah tiga produk usaha franchise yang terlaris di Indonesia. Sudahkah anda menemukan ide untuk bisnis baru anda? Jika belum, bisnis waralaba mungkin bisa menjadi alternatif solusi.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Franchise