Sponsors Link

5 Ciri-ciri Administrasi Usaha Yang Wajib Anda Tahu

Administrasi usaha menjadi salah satu bagian penting untuk melaksanakan operasional usaha. Administrasi menjadi bagian penting dalam  keberlangsungan sebuah usaha dan organisasi simak ciri-ciri perusahaan abal-abal . Administrasi juga sangat lekat dengan kehidupan keseharian kita. Sebagai contoh sederhana, saat akan mendaftar kuliah anda pasti melakukannya di bagian administrasi. Tentu ini membuat administrasi merupakan sebuah pintu masuk menuju tujuan yang ingin dicapai. Secara harfiah administrasi memiliki pengertian usaha yang diselenggarakan untuk menjalankam kebijaksanaan,   dalam mencapai sebuah tujuan tertentu. Sedangkan dalam arti sempit administrasi diartikan sebagai kegiatan yang berhubungan dengan aktifitas catat mencatat, surat menyurat, pembukuan ringan, agenda, ketik mengetik dan lain sebagainya yang berkaitan denga kegiatan ketatausahaan.

Dalam lingkup yang lebih luas administrasi diartikan sebagai bentuk kerjasama antara dua orang atau lebih untuk dapat mencapai tujuan dengan memanfaatkan segala sarana dan prasarana yang berdaya guna dan berhasil guna. Dalam administrasi usaha tentu erat kaitannya dengan transaksi niaga atau perdagangan. Administrasi memegang peranan penting dalam mengarsipkan segala transaksi yang berkaitan dengan operasional perusahaan agar tentu tidak ada ciri-ciri perusahaan akan bangkrut . Tidak hanya itu, administrasi menjadi salah satu indikator keberhasilan sebuah usaha. Dengan administrasi yang tertata rapi maka akan dengan mudah menemukan masalah yang timbul dalam pelaksanaan operasional usaha. Sehingga bagian administrasi sebuah usaha akan selalu didukung dan diisi oleh orang orang yang benar benar kompeten dibidangnya. Untuk lebih memahami pengertian dari administrasi usaha, simak 5 ciri-ciri administrasi usaha yang wajib anda tahu. Selengkapnya simak melalui  uraian dibawah ini.

1. Terdiri Dari Kelompok Manusia yang Berjumlah Dua Orang atau Lebih

Kegiatan administrasi usaha biasanya dikelola oleh beberapa orang, namun hal ini tergantung pada skala usaha yang dikelola. Jika usaha termasuk kategori usaha kecil maka, 1 orang administrator saja dirasa sudah cukup. Perusahaan atau usaha dari skala menengah hingga besar membutuhkan tenaga administrator dalam jumlah besar juga. Hal ini tentu berkaitan dengan banyaknya data yang harus diolah dan dikelola. Semakin besar dan luas lingkup kerja maka, data yang harus dikelola, disimpan, dan diarsipkan juga akan semakin banyak. Tentunya jika hanya ditangami oleh seorang saja maka akan menjadi beban kerja yang sangat berat. Oleh karenanya setiap perusahaan besar seperti ciri-ciri usaha BUMDes yang sudah berhasil selalu memiliki jumlah tenaga administrasi dalam jumlah yang tidak sedikit. Apalagi jika usaha tersebut memiliki cabang dalam jumlah yang banyak. Tentu tenaga administrasi yang dibutuhkan juga harus seimbang dengan cakupan lingkup kerja. Jika tidak dapat dikelola dengan baik maka sistem adminitrasi tidak akan bisa teratur dan terkelola dengan baik.

2. Adanya Kerjasama

Sama seperti sebuah sistem administrasi usaha juga memerlukan kerjasama. Kerjasama ini harus dijalin sesolid mungkin. Administrasi merupakan kegiatan yang melibatkan banyak pihak seperti contoh tenaga kerja tidak langsung , tanpa adanya kerjasama maka tingkat keberhasilan dalam menyusun administrasi tidak akan bisa tercapai. Kerjasama yang baik akan membentuk sistem kerja yang baik. Kerjasama dapat dijalin jika ada komunikasi yang baik. Komunikasi akan membuat semua informasi yang diperlukan dapat terserap dengan baik. Bentuk kerjasama ini harus dibangun dan diterapkan oleh setiap bagian dalam mendukung kinerja bagian administrasi. Kerjasama yang terjalin dengan apik akan membuat para pegawai memiliki ikatan keluarga. Tentu hal ini sangat baik bagi perkembangan usaha dan tentu akan sangat membantu dalam pengumpulan semua data dan arsip yang harus dilakukan oleh bagian administrasi.

3. Terdapat Proses dan Usaha

Administrasi merupakan proses yang harus diperoleh dari sebuah usaha. Administrasi dapat berlangsung jika terdapat proses dari sebuah usaha. Proses tersebutlah yang akan menghadirkan data data yang harus dihimpun dan dikelola. Tanpa usaha kemungkinan bagian administrasi usaha tidak akan bisa bekerja sebagaimana mestinya. Selain berkaitan dengan data proses usaha selalu melibatkan hal yang lebih kompleks seperti kebutuhan akan surat menyurat, Data data karyawan, daftar agenda dan data data lain. Bagian administrasi merupakan pusat informasi sebuah usaha seperti juga peran humas dalam organisasi . Jika bagian administrasi usaha tidak terkelola dengan baik maka akan bisa berdampak buruk bagi kelangsungan usaha. Karena selama ini kita dimudahkan oleh sistem administrasi yang terkelola dengan baik.

4. Terdapat Bimbingan Pimpinan dan Pengawasan

Didalah sebuah perusahaan biasanya usaha dikelola oleh berbagai tingkatan. Mulai dari tingkatan paling atas yaitu selaku pimpinan hingga tingkatan terbawah yaitu karyawan lapangan atau buruh. Pimpinan memiliki korelasi penting dengan bagian administrasi. Setiap kegiatan dan data yang diserahkan kebagian administrasi sebagai contoh profesi akuntan publik harus di setujui oleh pimpinan. Para pimpinan juga harus memberikan petunjuk dan arahannya agar administrasi usaha dapat terselenggara dengan baik. Pimpinan dan bagian administrasi harus mampu bersinergi dan mambangun hubungan yang baik. Hal itu, harus dilakukan untuk menciptakan kondisi internal perusahaan yang sehat. Dengan begitu maka usaha dapat beroperasional sebagaimana mestinya.

5. Memiliki Tujuan

Setiap kegaiatan dilaksanakan dalam upaya mencapai tujuan yang jelas. Begitupun dengan kegiatan administrasi usaha. Dengan di bekali sarana dan prasarana yang memadai tentunya bagian administrasi juga diisi oleh orang orang yang kompeten. Dengan demikian tentu segala hal yang berkaitan dengan administrasi akan bisa terlaksana dengan baik sebagaimana bidang spesialisasi akuntansi . Tujuan yang jelas tentu adalah meningkatkan penjualan dan citra perusahaan yang baik di mata publik. Oleh karenanya tujuan harus berorientasi dengan kinerja yang maksimal dari semua pihak. Administrasi yang rapi akan memudahkan semua bagian dapat mengakses segala informasi yang dibutuhkan guna memudahkan semua pekerjaan. Selain itu juga, dalam mencapai tujuan yang maksimal bagian administrasi akan bersinergi dengan semua pihak. Demi tercapainya kemajuan dan perkembangan bagi usaha. Dengan begitu maka usaha akan bisa berkembang, memenuhi target pasar dan berdampak bagi perkembangan perekonomian lokal.

5 ciri-ciri administrasi usaha yang wajib anda tahu. Akan membantu anda dalam mengembangkan administrasi yang baik bagi usaha yang sedang ditekuni. Administrasi yang baik akan bisa mendukung operasional usaha dengan baik. Dengan begitu maka kinerja baik para staf dan usaha akan bersinergi. Dan tentunya hal itu akan berpengaruh positif terhadap usaha yang sedang digeluti. Usaha akan bisa mencapai tujuan dan peningkatan penjualan dan produksi saat administrasi tersusun dengan baik. Dalam hal lain administrasi juga menjadi indikator bahwa sebuah usaha dapat lebih jauh berkembang dan berkelanjutan. Administrasi sangat berperan penting dalam sebuah usaha yang sedang berjalan. Administrasi menjadi wajah dan pusat informasi yang bisa diakses oleh staf intern dan juga pengunjung. Semoga artikel ini dapat membantu.

, ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Ekonomi