Sponsors Link

10 Bidang Spesialisasi Akuntansi yang Wajib Dipahami

Bidang spesialisasi akuntansi merupakan salah satu ilmu yang paling banyak di pelajari dalam dunia pendidikan. Ilmu akuntansi memiliki peranan cukup penting dalam kehidupan keseharian manusia, terutama dalam bidang ekonomi dan bisnis. Semua kegiatan yang berbasis kegiatan ekonomi seperti perdagangan, penjualan dan bisnis selalu melibatkan akuntansi. Jadi mengapa tidak heran ilmu yang satu ini paling banyak diminati dan dipelajari terutama pada tingkat perguruan tinggi.

ads

Akuntansi bisa memjadi patokan dan perhitungan apakah sebuah usaha telah berada dijalur yang benar. Akuntasi sangat erat kaitannya dengan transaksi keungan dan fungsi asli uang .  Omset dan pendapatan yang tercantum dengan jelas setiap periodenya juga akan memberikan pertimbangan apakah ada strategi khusus yang harus dilakukan agar omset di periode selanjutnya dapat meningkat. Perhitungan akuntansi yang tepat akan mampu menunjukka  kinerja perusahaan dan para manajemen yang ada didalamnya. Biasanya perhitungan akuntansi ini dilakukan setiap hari dan kemudian akan dilaporkan setiap bulannya guna memutuskan strategi di bulan berikutnya.

Akuntan merupakan salah satu profesi yang lekat demgan dunia akuntansi. Akuntan juga menjadi profesi yang ada dalam industri jasa keuangan paling diminati. Selain pendapatan yang cukup lumayan. Seorang akuntan akan bekerja diperusahaan dengan skala kecil, menengah hingga besar hingga perusahaan multinasional terbaik di indonesia  . Seorang akuntan akan mengerjakan satu bidang spesialisasi akuntansi. Sehingga tidak akan mengganggu kinerja yang lainnya.

Bidang spesialisasi akuntansi merupakan cabang ilmu yang lebih sempit dibanding dengan akuntansi. Perkembangan jaman dan teknologi menuntut adanya spesialisasi dalam bidang akuntansi. Hal ini tentu harus adanya pengkhususan di bidang ilmu akuntansi itu sendiri. Pengkhususan ini akan membantu agar lebih berfokus pada satu jenis ilmu tertentu. Sehingga anda akan bisa memeperoleh pekerjaan sesuaindengan spesialisasi yang anda miliki.  Berikut 10 bidang spesialisasi akuntansi yang wajib dipahami.

1. Akuntansi Keuangan (Financial Accounting)

Akuntansi keuangan merupakan bidang spesialisai akuntansi yang berfokus pada semua catatan transaksi perusahaan dalam waktu periodik tertentu yang disajikan dalam bentuk laporan keuangan. Pada proses penyusunan laporan keuangan dilakuka  dengan mempertimbangkan dan memperhatikan prinsip akuntansi berdasar pada Standar Akuntansi Keuangan (SAK)

2. Akuntansi Pemeriksaan (Auditing)

Bidang spesialisasi ini menguji dan memeriksa tentang kebenaran dan kewajaran sebuah laporan keuangan dimana yang menjadi penanggung jawab dari setiap laporan yang diperiksa adalah pembuat laporan itu sendiri. Pemeriksaan laporan yang dilakuka  meliputi keuangan, segala standar sistem operasional serta mengenai segala aturan yang mengikat dalam sebuah perusahaan. Setiapam auditor yang ditunjuk harus melakukan pemeriksaan secara objektif dan independen. Fungsi dari pemeriksaan ini adalah untuk me getahui apakah segala sistem akuntansi berjalan sesuai dengan sistem akuntansi yang berlaku.

3. Akuntansi Biaya (Cost Accounting)

Akuntansi biaya adalah bidang spesialisasi akuntansi yang berfokus pada semua bentuk pencatatan dan penyajian data operasional  biaya. Infotmasi yang diperoleh akan digunakan untuk melakukan perencanaan terhadap semua biaya operasional agar terkendali dan ketepatan harga produksi oleh manajemen. Informasi ini termasuk informasi rahasia dan tidak dipublikasikan kepada khalayak umum.

Sponsors Link

4. Akuntansi Manajemen (Management Accounting)

Akuntansi manajemen merupakan bidang spesialisasi yang memfokuskan pada pengembangan dan penafsiran informasi yang akan membantu perusahaan dalam menjalankan manajemen perusahaan. Informasi ini diperoleh dari bidamg spesialisasi akuntansi lainnya. Informasi yang diperoleh akan digunakan sebagai prediksi di masa yang akan datang.

5. Akuntansi Pajak (Tax Accounting)

Setiap akuntan pajak harus memiliki kemampuan menjalankan peraturan perpajakan, perencanaan pajak, pelaksanaan administrasi pajak, serta berkewajiban mewakili perusahaan dimana ia bekerja sebagai wajib pajak yang akan berhadapan dengan kantor pajak. Para akuntan pajak harus berfokus pada segala hal yang terkait dengan urusan perpajakan.

6. Akuntansi Internasional (International Accounting)

Akuntansi internasional adalan bidang spesialisasi akuntansi yang memepelajari tentang akuntansi di lebih dari satu negara. Akuntansi internasional meliputi kegiatan yang berhubungan dengan transaksi yang berada di luar negeri. Perusahaan besar seperti nestle dan unilever menggunakan akuntansi internasional sebagai standar akuntansi yang digunakan.

7. Akuntansi Lembaga Nirlaba (Non-Profit Accounting)

Lembaga seperti yayasan dan lembaga pendidikan menggunakan akuntansi ini sebagai dasar perhitungannya. Dimana akuntansi ini merupakan bidang spesialisasi yang digunakan untuk oleh organinasi yang aktivitasnya tidak untuk mencari keuntungan atau laba. Akuntansi ini biasanya merupakan akuntansi yang sederhana dimana hanya akan ada pencatatan anggaran pemasukan dan pengeluran. Laporan yang dibuat juga tidak sespesifik bidang akuntansi yang lain.

8. Akuntansi Anggaran (Budgetting Accounting)

Segala kegiatan yang bersifat perencanaan suatu perusahaan akan disusun dalam bidang spesialisasi yang disebut akuntansi anggaran. Dimana hasil dari akuntansi anggaran akan digunakan untuk membandingkan antara perencanaan dan hasil kerja yang dicapai.

9. Akuntansi Pemerintah / Sektor Publik (Goverment Accounting)

Akuntansi pemerintah atau sektor publik merupakan bidang spesialisasi yang banyak digunakan dalam penyusunan anggaran dan perhitungan anggaran di instansi pemerintah. Akuntansi ini juga berhubungan dengan masalah bentuk pemeriksaan keuangan pada instansi dan lembaga negara terkait.

Sponsors Link

10. Sistem Akuntansi (Accounting System)

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi akuntansi telah berkembang mengikuti zamannya. Jika dahulu kita akan menemukan buku besar dengan rincian akuntasi sebuah perusahaan atau lembaga. Maka berbeda halnya dengan saat ini dimana semua sistem akuntansi telah terprogram kedalam sebuah sistem komputerisasi. Dengan demikian tentu akan memudahkan cara kerja dan sistem yang ada. Ada banyak sekali program sistem akuntasi yang dijual. Oleh karenanya bidang spesialisasi yang satu ini akan terus berkembang dan semakin canggih.

Setiap bidang spesialisasi akan mempelajari jenis ilmu akuntansi yang dikhususkan pada bidang tersebut. Dalam sebuat perusahaan bisananya hanya akan memakai 2-3 jenis spesialisasi bidang. Sehingga tentunya anda harus jeli dlam memilih bidang spesialisasi yang akan diambil. Agar selanjutnya anda tidak akan sulit dalam mencari perusahaan yang memerlukan skill anda.

  1. 10 bidang spesialisasi akuntansi yang wajib di pahami. Tentu akan lebih membantu anda dalam mengambil jenis bidang spesialisasi yang anda minati. Pada dasarnya ilmu akuntansi akan selalu melekat pada kehidupan ekonomi masyarakat. Ekonomi dan manusia tentu menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Manudia selalu bersinggungan dengan kegiatan ekonomi. Sehingga ekonomi akan selalu melekat dalam kehidupan sehari hari manusia. Bahkan ekonomi bisa menjadi standar kesuksesan seseorang di mata masyarakat.  Sebagai bahan referensi anda anda dapat membaca  bank dengan deposito teringgi dan peran kebijakan moneter Semoga artikel ini dapat membantu.

 

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Akuntansi