20 Contoh Profesi Akuntan Publik dan Jenis Jasanya

Sebuah perusahaan akan melakukan pemeriksaan rutin tentang laporan keuangannya, laporan keuangan harus di hasilkan dalam bentuk yang wajar, handal, dan memiliki daya guna secara maksimal agar para stakeholder yang berkepentingan di dalam hal tersebut. Memastikan tidak ada penyelewengan, manioulasi, tindakan yang menyimpang dan penyalahgunaan sumber daya adalah hal yang penting dalam pemeriksaan.

Investor atau sang pemilik perusahaan akan melibatkan seseorang terpercaya dan memiliki skill mumpuni yang merupakan seseorang di bidang spesialisasi akutansi untuk melakukan pengelolaan atau yang di sebut dengan manajemen di dalam perusahaannya. Manajemen yang telah di percayakan oleh sang investor tersebut tentunya harus di awasi dan di berikan informasi valid terkait kinerjanya kepada sang investor. Inilah yang mendasari adanya laporan keuangan yang wajib di buat oleh managemen untuk mempertanggung jawabkan semua aktifitas yang telah di lakukan di dalam perusahaan terhadap sang investor.

Namun terkadang, masih saja ada pihak managemen yang tidak jujur, bahkan berlaku merugikan terhadap perusahaan dengan memberikan informasi yang kevaliditasnya masih sangat di ragukan dan memalsukan data-data penting terkait laporan keuangan tersebut. Agar hal-hal seperti ini bisa di hindari, maka pemilik perusahaan harus mencari dan mempercayakan seseorang yang merupakan jenis tenaga kerja yang di perlukan perusahaan, mereka adalah pekerja yang berada di profesi akuntan publik.

Profesi akuntan publik ini merupakan salah satu jenis dari profesi akutansi atau salah satu profesi yang ada di dalam jasa keuangan. Seseorang yang berperan sebagai akuntan publik haruslah netral dan menjadi seseorang yang independen. Yang menjadi seseorang akuntan publik harus terdaftar menjadi seorang Institut Akuntan Publik Indonesia agar bisa langsung mengedit laporan keuangan sebuah perusahaan. Sedangkan tugas-tugas akuntan publik adalah:

  • Sebagai general audit services : yaitu tugas pemeriksaan laporan keuangan dengan dasar objektifitas yang di sertai dengan berbagai jenis objektivitas akan kelayakan ketersediaan laporan keuangan. Jenis jenis dari audit akan menjadi sebuah penentu dari ruang lingkup general audit.
  • Management Advisory Services : ini adalah bantuan nasehat yang akan di peruntukan kepada tim managemen mengenai masalah perencanaan keuangan, akutansi dan berbagai masalah penting lainnya.
  • Investigation Services : ini adalah bantuan yang biasanya di berikan jika ada beberapa masalah-masalah khusus yang sedang melanda managemen.
  • Representation Service : Ini merupakan sebuah wewenangan kuasa agar bisa menjadi tim kuasa terhadap klien atau mewakili dalam pengurusan berbagai masalah khusus seperti masalah dalam perundingan, perubahan, pendaftaran efek dan masalah perpajakan.
  • Assistence Service : Pemberian bantuan berupa berbagai macam jasa yang biasanya berupa bantuan dalam penyususnan sistem baru, menyiapkan ristitusi pajak dan bantuan pelaksanaan pembukuan.

Perizinan dan Pengaturan Jasa Akuntan Publik di Indonesia

Menkeu berhak dan lembaga yang memberikan perizinian atas jasa seorang akuntan publik agar bisa memberikan pelayanan publik. Adapun syarat-syarat agar bisa menjadi seorang akuntan publik adalah sebagai berikut :

  • Memiliki sertifikat kelulusan USAP yang sah atau resmiyang akan di keluarkan oleh sebuah universitas atau perguruan tinggi yang telah teruji dan mendapatkan akreditasi IAPI atau pengakuan berupa sertifikat resmi dari IAPI
  • Wajib menyerahkan bukti tentang tanda selesai mengikuti program PPL atau pendidikan profesi berkelanjutan dengan satuan kredit PPL atau SKP yang berjumlah setidaknya 60 SKP yang ada di 2 tahun terakhir.
  • Adanya pengalaman praktek kerja di dalam bidang profesi audit umum atas pekerjaan laporan keuangan atau financial yang setidaknya memiliki pengalaman kerja selama 5 tahun atau 100o jam yang setidaknya memiliki pengalaman kerja di bidang supervisi atau kepemimpinan selama 2 tahun terakhir atau sebanyak 500 jam kerja yang akan di sahkan oleh rekan KAP.
  • Merupakan warga negara indonesia yang memiliki KTP asli dan berdomisili di Indonesia.
  • Memiliki nomor wajib pajak atau NPWP
  • Berkelakuan baik dimana yang bersangkutan tidak pernah terkena sanksi pidana yang memanjarakannya selama 5 tahun atau lebih.
  • Terdaftar sebagai salah seorang anggota IAPI.

Contoh Jasa Profesi Akuntan Publik

Seperti halnya prinsip-prinsip bisnis yang mengatur tentang berbagai aktifitas yang terjadi di dalam mekanisme bisnis, maka profesi akuntan publik juga menghasilkan berbagai jenis jasa yang berguna bagi masyarakat, yaitu :

  • Jasa Assurance

Ini adalah pelayanan jasa yang professional dan independen untuk meningkatkan kualitas informasi bagi para pengambil keputusan. Karena para pengambil keputusan membutuhkan informasi yang relevan dan terpercaya sebagai acuan dalam pengambilan keputusan. Inilah mengapa mereka membutuhkan jasa assurance agar bisa memperbaiki kualitas informasi yang di jadikan dasar keputusan yang akan mereka tentukan. Walaupun jasa assurance merupakan contoh profesi yang dapat di lakukan oleh penyedia profesi akuntan bidang lain selain akuntan publik, namun profesi akuntan publik telah lebih dahulu menyediakan jasa pelayanan ini. 

  • Jasa Atestasi

Salah satu jenis dari pembagian jasa assurance yang bisa di sediakan oleh para akuntan publik adalah jasa atestasi. Ini merupakan jasa yang memberikan pertimbangan atau pendapat orang yang kopenten sekaligus independen tetang suatu entitas yang pas dalam semua aspek dengan kriteria yang telah di tentukan. Jasa atestasi sendiri terbagi menjadi 4 yaitu : jasa review, prosedur yang telah di sepakati, exmaniation atau pemeriksaan dan audit.

  • Jasa Nonasurance

Ini merupakan salah satu contoh profesi akuntan publik yang jasa tersebut tidak memberikan sebuah pendapat, bentik lain dari opini, ringkasan temuan maupun keyakinan yang bersifat negatif. Beberapa jenis jasa nonassurance yang di hasilkan adalah berupa jasa perpajakan, jasa konsultasi dan jasa komplikasi. Sedangkan salah satu jasa yaitu jasa konsultasi dapat di bagi atau terhubung melalui beberapa jasa-jasa berikut, yaitu :

  • Consultasion atau Konsultasi

Adalah sebuah pelayanan yang memberikan jasa saran atau konsultasi profesional atau professional advice yang dapat memberikan respon cepat, berdasarkan beberapa fakta dan pengetahuan akan klien, tujuan bersama semua pihak, keadaan. representasi klien dan masalah teknis yang terkait. Contoh dari jenis jasa ini adalah komentar dan review terhadap bisnis yang di hasilkan oleh klien. 

  • Advisory Service atau Jasa Pemberian Professsional

Ini merupakan jenis jasa yang tujuannya adalah untuk mengembangkan simpulan, rekomendasi dan temuan yang nantinya akan di pertimbangkan oleh klien tersebut. contoh dari jasa ini adalah analisis, review dan improvement study.

  • Jasa Transaksi

Fungsi dari jasa ini adalah sebagai penyediaan jasa untuk transaksi khusus yang di gunakan klien dengan pihak ke tiga. contoh dari penerapan jasa ini adalah : jasa penilaian. penyediaan informasi, analisis kemungkinan dan jasa kepilitan.

  • Jasa Implementasi

Ini adalah jasa yang berfungsi dalam perwujudan dari perencanaan kegiatan hingga tercapai menjadi sebuah kenyataan. Contoh implementasi di bidang jasa ini adalah : pelaksanaan dari tahapan peningkatan produktivitas, proses merger dan pemberian berbagai bantuan.

  • Jasa Produk

Ini adalah contoh profesi akuntan publik yang akan memberikan pelayanan jasa dan produk professional sebagai pendukung dari pemeliharaan produk khusus, pendukung atas adanya instalasi dan penggunaan produk. Contoh daro kegunaan jasa ini adalah penjualan dari perangkat lunak atau software komputer.