Sponsors Link

7 Keuntungan Deposito Yang Harus Anda Ketahui

Deposito adalah salah satu skema investasi yang paling disukai yang tersedia di Indonesia. Para investor akan mencari skema investasi yang menjanjikan dengan pengembalian yang baik memilih Recurring Deposito karena sederhana dan merupakan produk keuangan yang lugas. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang keuntungan berinvestasi dalam skema Deposito seperti bank dengan bunga deposito tertinggi.

ads

Apa itu Deposito dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Dalam skema Deposito, investor menyetorkan jumlah yang ditetapkan setiap bulan selama masa jabatan yang ditentukan yang umumnya bervariasi antara satu tahun hingga lima tahun. Skema Deposito berulang memiliki satu titik pembeda utama bila dibandingkan dengan Deposito tetap dalam skema Deposito tetap, investor harus menyetor satu kali sekaligus dan membiarkannya tidak tersentuh selama jangka waktu tertentu. Jadi, orang-orang yang tidak memiliki lump sum atau orang-orang yang ingin menginvestasi kan sejumlah uang setiap bulan biasanya lebih memilih Deposito Berulang. Jumlah pokok yang di Deposito kan dikembalikan pada akhir masa jabatan beserta bunganya. Biasanya, bunga dihitung berdasarkan peracikan kuartalan untuk Deposito berulang.
Bagaimana Cara Membuka Deposito?

Semua bank swasta dan publik besar di Indonesia menawarkan produk Deposito Berulang untuk pelanggan mereka. Juga, Di bank yang ada di Indonesia menawarkan skema Deposito berulang yang sangat populer atas nama skema Deposito Berulang Kantor Pos. Ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini untuk membuka rekening Deposito berulang. Jika Anda sudah memiliki rekening di bank yang ingin Anda buka Rekening Berulang dengan, Anda dapat menghubungi cabang bank terdekat atau sel layanan pelanggan bank untuk membuka rekening Deposito berulang.

Jika Anda ingin membuka rekening Deposito berulang di bank dengan Anda tidak memiliki akun, Anda harus menghubungi cabang terdekat dan menyerahkan formulir aplikasi. Juga, Anda harus menyerahkan dokumen dasar  untuk membuka akun. Pada saat membuka rekening Deposito berulang, masa jabatan serta jumlah jatuh tempo bulanan (jumlah setoran) harus diputuskan. Pembayaran bulanan untuk Rekening Berulang dapat dilakukan secara online, perbankan online, atau transfer dana seperti cara investasi emas di bank.

Rekening Deposito

Seperti rekening tabungan, akun deposito berjangka adalah sarana investasi bagi konsumen. Juga dikenal sebagai sertifikat deposito, rekening deposito cenderung menawarkan tingkat pengembalian yang lebih tinggi daripada rekening tabungan tradisional, tetapi uang harus tetap di rekening untuk jangka waktu tertentu. Di negara lain, akun deposito berjangka menampilkan nama alternatif seperti deposito berjangka, rekening berjangka tetap, dan obligasi tabungan seperti keuntungan investasi emas.

Keuntungan Deposito

Dengan bank yang menawarkan suku bunga yang menarik untuk produk-produk Deposito Berulang, nasabah dapat memperoleh hasil maksimal dari investasi mereka. Berikut adalah beberapa keuntungan yang datang dengan Deposito Berulang.

1. Berguna untuk Merencanakan Tujuan Jangka Pendek

Berinvestasi dalam Deposito Berulang benar-benar bebas risiko dan memberikan pengembalian yang terjamin. Berinvestasi dalam Reksa Dana dan Saham mungkin bukan pilihan yang aman jika Anda memiliki tujuan investasi jangka pendek. Karena sifat Deposito ini, investor merenungkan tujuan jangka pendek dalam rentang waktu 1 hingga 3 tahun memilih untuk terlibat dalam Rekening Berulang. Pertimbangkan situasi yang diberikan di bawah ini, Recurring Deposito mungkin hanya produk keuangan yang tepat jika Anda berencana untuk mengatasi situasi jangka pendek yang memerlukan bantuan keuangan.

ads

2. Sebagai pendorong adanya tabungan

Ini menekankan pentingnya tabungan. Sebuah deposito pemegang rekening secara tidak sengaja akan menghemat uang, karena deposito membutuhkan pemegangnya untuk menginvestasikan sejumlah lumpsum untuk jangka waktu tertentu. Penarikan prematur menarik penalti. Misalnya, deposito dari Rp. 1.000.000 diinvestasikan selama 3 tahun dengan tingkat bunga 9%, jika ditarik setelah satu tahun, akan mendapatkan bunga pada tingkat yang berlaku pada saat itu, yang akan lebih rendah dari 9%. Hilangnya bunga menjadi penalti yang Anda bayar untuk penarikan prematur.

3. Manfaat Pajak

Tax-saver Deposito menarik manfaat pajak berdasarkan bagian dari Undang-Undang Pajak Penghasilan. Ini termasuk dalam kategori Exempt-Tax-Exempt. Meskipun bunga yang diperoleh dari deposito semacam itu dapat dikenakan pajak, Anda dapat mengklaim pengurangan maksimum untuk jumlah yang diinvestasikan.

4. Investasi Aman

Deposito adalah investasi bebas risiko. Tidak seperti alat investasi lain, Deposito tidak digerakkan oleh pasar. Anda mendapatkan jumlah uang yang terjamin pada akhir periode jatuh tempo. Dengan demikian ini merupakan investasi yang menarik bagi investor yang menghindari risiko.

5. Suku Bunga Yang Lebih Tinggi

Tingkat bunga Deposito lebih tinggi dari pada tabungan. Sebagai contoh, salah satu Bank menawarkan bunga 4% pada tabungan rekening bank , sedangkan bunga minimum yang menarik Deposito adalah 5,5%.

6. Likuiditas

Aset akan cair ketika Anda dapat dengan mudah mengubahnya menjadi uang tunai. Deposito bersifat cair. Meskipun pemegang akan dikenakan denda, Deposito dapat ditarik saat dan ketika dibutuhkan. Jadi, Anda selalu memiliki sejumlah uang untuk ditanggung seperti bisnis ekspedisi.

7. Fleksibilitas

Masa jabatan Deposito bervariasi dari 7 hari hingga 10 tahun. Anda dapat berinvestasi dalam Deposito untuk kepemilikan yang sesuai dengan bisnis atau kebutuhan pribadi Anda. Misalkan, Anda berencana untuk mendapatkan anak Anda di sekolah tertentu dalam 5 tahun ke depan, Anda dapat memilih Deposito pembebasan pajak karena memiliki periode lock-in 5 tahun.

Fitur Deposito Online

Dengan hampir semua bank populer yang menawarkan fitur Deposito secara online, investasi baru saja menjadi lebih mudah. Pelanggan dapat mendepositokan uang di Rekening Deposito Berulang, menutup akun, membuka deposit lain, memperbarui informasi, melihat transaksi, rincian setoran dan melakukan lebih banyak secara online. Pikirkan tentang membuat investasi dan mendapatkan bunga tanpa harus meninggalkan rumah Anda dan berinvestasi dalam Deposito semudah ini.

Suku Bunga Deposito

Suku bunga Deposito bergantung pada tenor dan jumlah setoran. Dalam banyak kasus, suku bunga Deposito Berulang sangat mirip dengan Deposito tetap. Suku bunga untuk deposito bervariasi dari 7,25% hingga 9% tergantung pada bank dan rencana yang dipilih oleh pelanggan. Juga, banyak bank menawarkan suku bunga yang lebih tinggi untuk warga senior. Anda juga dapat menggunakan kalkulator deposito untuk menemukan berapa banyak bunga yang akan Anda kumpulkan untuk jumlah setoran, suku bunga dan jangka waktu.

Sponsors Link

Kemudahan Investasi

Dalam skema Deposito, investor harus menyetorkan jumlah tetap setiap bulannya yang akan membangun disiplin tabungan. Untuk pelanggan yang digaji, akan lebih mudah untuk menyisihkan jumlah tertentu setiap bulan sebagai tabungan dan untuk ini, Recurring Deposito adalah pilihan terbaik. Juga, skema RD datang dengan jaminan pengembalian dan tingkat bunga untuk depositi terkunci di mana akan melindungi investor dari perubahan suku bunga.

Deposito Fleksibel

Beberapa bank menawarkan skema Deposito yang fleksibel di mana investor tidak akan dikenakan sanksi jika jumlahnya tidak disetorkan selama bulan tertentu dan menjadi salah satu keuntungan deposito. Juga, dalam skema deposito yang fleksibel, Anda akan dapat menarik jumlah dari akun deposito Anda kapan pun Anda mau.

, ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Ekonomi, Investasi