Sponsors Link

15 Jenis dan Penggolongan Barang Berdasarkan Elastisitas Pendapatan

Ada banyak sekali penggolongan barang berdasarkan elastisitas pendapatan, karena penggolongan barang ekonomi sendiri bisa diambil dari sudut pandang mana saja. Misalnya saja penjabaran dari penggolongan barang berdasarkan elastisitas pendapatan berikut ini:

  1. Menyatakan barang jenis elastis maupun inelastis yang didapatkan dari tabel elastisitas harga yang nantinya akan menjabarkan jumlah permintaan sebuah barang.
  2. Menyatakan jenis barang yang dikelompokkan kedalam jeni komplemen maupun barang subtitusi jika dilihat dari tabel elastisitas silang yang menyatakan jenis kolerasi dari barang tersebut.
  3. Menyatakan barang tersebut jenis barang kebutuhan pokok, mewah, maupun barang berkualitas rendah atau yang dinyatakan sebagai barang inferior jika dilihat dari tabel elastisitas pendapatan yang melambangkan penggolongan mutu barang.

Penggolongan Jenis Barang Ekonomi

Jadi, dengan mengetahui beragam penggolongan barang berdasarkan elastisitas pendapatan, maka kali ini kita juga akan emmbahas banyaknya penggolongan barang ekonomi berdasarkan bergam faktor lainnya, yaitu :

1. Barang Ekonomi

Seperti halnya contoh barang modal, ini merupakan penggolongan jenis barang yang memerlukan adanya sebuah usaha dan pengorbanan jika ingin mendapatkan barang tersebut. Beberapa contoh yang bisa dikelompokkan menjadi barang ekonomi bisa menjadi : pena, buku tulis, buku pelajaran, seragam sekolah dan jenis barang penting lainnya. Karena untuk mendapatkan jenis barang seperti ini, siapapun harus membelinya dan ini termasuk didalam kategori pengorbanan atau butuh usaha.

2. Barang Bebas

Untuk pengelompokkan barang yang kedua ini adalah jenis barang yang sebenarnya bisa didapatkan dengan cara yang lebih mudah atau tidak memerlukan banyak pengorbanan. Misalnya saja barang yang dikelompokkan dalam jenis barang bebas ini adalah sinar matahari, angin udara bebas dan jenis lainnya.

3. Barang illith

Ini merupakan jenis barang yang akan menimbulkan masalah jika ketersediaannya dalam jumlah yang sangat banyak. Bisa menimbulkan bencana misalnya saja air yang akan menjadi banjir jika jumlahnya sangat banyak dan tidak dikendalikan dnegan baik.

4. Bahan Mentah

Seperti halnya contoh barang habis pakai, barang mentah ini juga dikenal sebagai bahan baku untuk mengolah dan membuat barang lainnya agar bisa menjadi lebih bermanfaat. Pastinya barang mentah ni akan mengalami serangkaian proses pengolahan agar bisa diperjualbelikan dnegan harga dan kualitas lebih tinggi.

5. Barang Setengah Jadi

Ini merupakan jenis barang yang hampir sama dengan barang baku atau mentah, namun ini masih bisa diolah menjadi barang lainnya atau langsung digunakan dalam bentuk setengah jadi tersebut. Misalnya saja contoh barang setengah jadi ini adalah benang, kulit binatang, atau kopra.

6. Barang Jadi

Ini merupakan bentuk terakhir dari barang baku dan barang setengah jadi, dimana barang jadi ini akan menjadi barang yang sudah diolah dan bisa digunakan dengan baik. Misalnya saja barang seperti kulkas, meja belajar dan mesin jahit.

7. Barang Konsumsi

Ini merupakan jenis barang yang bisa digunakan untuk dikonsumsi. Dan barang sejenis ini memang dibuat atau diolah untuk digunakan dan bisa melengkapi kebutuhan hidup manusia misalnya saja HP, tas, sepatu dan lainnya.

8. Barang Produksi

Ini merupakan jenis barang yang digunakan agar bisa menghasilkan jenis barang lain yang berguna atau bermanfaat. Contoh atau jenis dari barang produksi antaranya adalah tepung, mesin produksi dan lainnya.

9. Barang Substitusi

Ini merupakan jenis barang yang memiliki peranan untuk menggantikan atau sebagai alternatif untuk jenis barang lainnya, misalnya saja jagung digunakan sebagai alternatif menggantikan beras.

10. Barang Komplementer

Ini merupakan jenis barang yang keseluruhan dari perangkat barang tersebut bisa digunakan untuk alternatif dari penggunaan barang yang lainnya.

11. Barang Bergerak

Ini merupakan jenis barang yang digunakan untuk jaminan dari peminjaman tertentu. Dimana jenis pinjaman yang digunakan adalah jenis peinjaman jangka pendek seperti sepeda motor maupun mobisl.

12. Barang Tidak Bergerak

Ini merupakan jenis barang yang digunakan untuk melakukan jenis dari peminjaman yang menggunakan jangka waktu lebih panjang. Misalnya sepetak tanah, bangunan dan sertifikat rumah.


13. Barang Superior

Ini merupakan jenis barang yang memiliki kualitas yang sangat bagus atau tinggia. Barang jenis ini juag bisa membarikan martabat atau kualitas yang bisa dinilai snagat baik dan jauh dari kata normal. Dimana contoh dari jenis brang ini adalah : rumah mewah, mobil mewah dan beragam barang mewah lainnya.

14. Barang Pertengahan

Ini merupakan jenis barang yang kualitasnya ada dibawah dari barang supeior namun masih sangta baik jika dibandingkan dnegan jenis barang-berkualitas normal atau diatas rata-rata.

15. Barang Inferior

Ini merupakan jenis barang yang kualitasnya kurang bagus atau bisa dibilang normal dan dibawah kualitas normal. Ini juga brang yang mutunya tidak terlalu baik dan hanya bisa dihargai dengan harga yang rendah.

Jadi, demikianlah semua penggolongan barang berdasarkan elastisitas pendapatan yang bisa kami jabarkan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Ekonomi