Sponsors Link

Peluang Usaha Air Isi Ulang : Perhitungan dan Strategi

Sudah kita ketahui bersama, bahwa air merupakan kebutuhan utama kehidupan setelah udara tentunya. Bagi era zaman yang kian global ini, air tetap menjadi sumber mineral yang kaya guna. Dari balita hingga lansia, wanita, pria, hingga oma dan opa tetap membutuhkan air sebagai salah satu kebutuhan mutlak. Nah, maka dari itu, luasnya pangsa pasar membuat usaha dalam bidang air minum, khususnya air isi ulang sangat bagus prospeknya.

ads

Dengan tingkat kebutuhan mutlak yang diperlukan manusia untuk bertahan hidup dengan keperluan tubuh manusia terhadap air yang mencapai 65% air, dan setiap harinya memerlukan 2,5-3 liter air, maka inilah peluang bagus untuk anda. Bukan hanya sekedar usaha, tetapi juga ikut membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan air minum yang mutlak adanya.

Target Pasar

Mempelajari secara luas mengenai peluang usaha yang akan dirintis dapat membuat diri anda semakin yakin untuk lebih terpacu dalam membuka peluang usaha air isi ulang secara mantap. Jadi, ambil saja sistem market yang memang mudah dan cermat untuk digunakan sebagai ‘aturan main’ dalam peluang usaha air isi ulang.

Terkadang orang kurang peraya diri untuk terjun langsung dan berkompetitor dengan pengusaha lainnya melalui jenis usaha yang sama. Jika itu yang menjadi salah satu hal mengganggu fikiran anda, kini saatnya untuk anda merubah gaya pandang tersebut. Karena, justru dengan adanya kompetitor, anda dapat semakin maju dan kuat.

Hal ini dikarenakan adanya persaingan secara sehat yang dapat memberikan dampak melalui sistem hingga cara kerja yang handal dan profesional. Eits, jangan salah, anda dapat menjadi seorang pengusaha sukses untuk sebuah usaha, apabila anda juga mampu berbenah untuk ‘masuk’ ke dalam jenis usaha yang anda pilih tersebut. Begitu pula dengan usaha air isi ulang, anda memang perlu mempelajari tentang air isi ulang, tetapi juga jangan meremehkan mengenai ilmu yang berhadapan dengan sistem berpeluang usaha yang ‘manis’.

ads
Namanya juga usaha, jadi tetap membutuhkan semangat, ulet, serta kerja keras untuk dapat menjangkau kesuksesan. Salah satu referensi dalam memulai usaha yang dapat dirintis dan memiliki prospek lanjutan bagus adalah usaha air isi ulang. Sedangkan  menekuni usaha air isi ulang ini tidaklah terlalu sulit. Bermodalkan tempat yang strategis serta pengolahan yang dinamis memberikan pendongkrak tersendiri dalam sistem penjualan.

Dewasa ini, orang lebih berfikir secara instan dan praktis. Orang tidak mau memasak dahulu air, kemudian baru dikonsumsi, karena terlalu membuang waktu dan repot. Ditambah lagi dengan kebutuhan air yang mutlak. Jadi, 2 kata kunci itulah yang membuka lebar peluang usaha air isi ulang.

Lokasi Usaha Air Isi Ulang

Bila anda tertarik untuk menggeluti usaha jangka panjang yang satu ini, hal utama dan pertama harus anda persiapkan adalah tempat untuk memulai usaha air isi ulang. Tidak terlalu luas kebutuhan tempat untuk memulai usaha air isi ulang ini, setidaknya 4 x 4 meter saja sudah cukup untuk memulai usaha dengan prospek cemerlang ini. Bahkan, tidak harus anda menyewa toko atau ruko, karena dengan menggunakan area lahan bagian rumah pun juga sudah mampu membuka usaha luar biasa ini. Sebagai langkah lanjutannya, perlunya anda mencari agen penyulingan serta perakitan alat air isi ulang.

Untuk magnet pasar usaha air isi ulang ini tentu tak perlu promosi yang terlalu khusus. Hanya dengan komunikasi secara langsung dan tersebar dari mulut ke mulut, atau bila perlu dengan membagikan brosur maupun pamflet ke sekitar tempat anda memulai usaha air isi ulang tersebut. Jadi, orang-orang sekitar anda sudah mendapatkan informasi baru tentang depot air isi ulang, yaitu usaha anda tentunya. Ditambah dengan bonus-bonus tertentu yang menarik pembeli, misalnya saja dengan gratis 1 x pengisian, setelah 9 x pengisian konsumen.

Bonus yang anda berikan pasti membuat konsumen menjadi tertarik dan mulai memilih depot air isi ulang anda. Belum lagi bila para konsumen secara tidak langsung juga mempromosikan depot air isi ulang anda pada para tetangga hingga sanak keluarga dekat mereka. Laris manis tanjung kimpul. Air isi ulang praktis, konsumen terkumpul.

Kiat sukses yang tidak kalah pentingnya adalah ilmu. Dengan mencari wawasan sebanyak-banyaknya, maka anda akan semakin mendapatkan ilmu yang kian bermanfaat. Dengan demikian, anda akan semakin banyak memperoleh hal baru untuk dituangkan ke dalam peluang usaha air isi ulang yang prospeknya semakin gemilang tersebut.

Usaha air isi ulang ini pun juga semakin terbantu, sekaligus membantu. Artinya, terbantu dengan tingginya aktivitas masyarakat saat ini yang membuat mereka selalu memilih segala sesuatu yang instan dan praktis. Selain itu juga membantu masyarakat yang selalu membutuhkan air sebagai sumber kehidupan.

Perhitungan Keuntungan

Asumsi :

  • Harga pergalon Rp5.000.-
  • Harga air pertangki (5.000 liter) Rp. 250.000
  • Harga tisu/ tutup botol kira-kira Rp. 160
  • Isi 1 tangki (5.000 liter) air = + 250 galon (18 liter/ galon dan mecer-mecer/ tumpah)
  • Penjualan perhari 50 galon. (Dibeberapa outlet air minum isi ulang, rata-rata penjualan perhari mencapai 100 galon lebih).

Pendapatan :

  • Rata-rata penjualan perhari 50 galon.
  • Penjualan perbulan 50 galon x 30 hari = 1.500 galon = 6 tangki/ bulan.
  • Pendapatan perbulan 1.500 x Rp. 5.000,- = Rp. 7.500.000,-

Pengeluaran :

  • Pembelian air 6 tangki x Rp. 250.000,- = Rp. 1.500.000
  • Gaji karyawan (2 orang) = Rp. 1.500.000
  • Pembelian tisu/ tutup botol (1.500 buah) = Rp. 240.000
  • Pembelian Cartridge (3 buah) = Rp. 260.000
  • Listrik = Rp. 100.000

Total pengeluaran Rp. 3.600.000

Keuntungan bersih perbulan = Rp. 7.500.000,- – Rp. 3.600.000 = Rp. 3.900.000,-

Sponsors Link

Strategi

Strategi pemasaran akan menjadi penuntun hangat ditengah riuhnya peluang usaha yang sedang berkembang dalam dunia usaha. Nah, perlunya anda untuk merancang strategi adalah sebagai ‘otak’ dari peluang usaha yang akan anda jalankan. Jadi, inilah pentingnya strategi yang pass demi masa depan peluang usaha yang cemerlang. Dengan kuantitas yang mampu memenuhi pangsa pasar, jangan mengabaikan kualitas yang merupakan nyawa minat pasar. Hal tersebut yang sebenarnya susah-susah gampang. Memang tidak mudah, tetapi adanya kualitas mumpuni, dan kuantitas memenuhi, maka anda akan sangat terbantu dengan ‘fondasi’ peluang usaha yang tertata rapi tersebut.

Bisnis air isi ulang ini pun juga semakin menguntungkan dengan kepadatan penduduk yang kian tak ada sela. Seiring dengan hal tersebut sehingga, kebutuhan air minum kian bertambah. Belum lagi didukung dengan sulitnya mencari air bersih. Dan dijunjung lagi, karena masyarakat tak mau ambil pusing apalagi ambil repot. Namun, perlu adanya strategi, karena masyarakat saat ini yang semakin global dan cerdas, tentu menginginkan segala sesuatunya bukan hanya sekedar cepat namun juga tepat.

Maka dari itulah, diperlukan KUGALA yaitu, kualitas, harga, dan layanan. Dalam penerapannya, kualitas menjadi prioritas dalam memberikan pelayanan yang efektif serta dinamis terhadap konsumen. Harga per galon untuk air isi ulang menjadi patokan atau tetapan yang balanced dengan kualitas terjamin. Layanan ramah dan kekeluargaan dapat menjaring sistem dan mempengaruhi kepercayaan konsumen.

Fokus merupakan salah satu tips sukses dalam menjelajahi peluang usaha, termasuk pada peluang usaha air isi ulang. Dengan menyirami serta memupuk sebuah usaha, maka anda sendiri yang nantinya memetik bunga dan buahnya. Begitu pula mengenai peluang usaha air isi ulang, melalui fokus, anda dapat belajar dari lingkungan yang memberikan ilmu dengan sendirinya. Anda bukan hanya sekedar berpeluang, tetapi juga mempertegas mengenai langkah lanjutan yang akan memicu perjalanan usaha anda.

Banyak sekali manfaat mengenai peluang usaha air isi ulang yang memberikan banyak sudut gemilang, misalnya saja dengan anda mencari pegawai atau karyawan untuk usaha air isi ulang milik anda tersebut, nah anda pun juga dapat mengawalinya melalui pemilihan tepat untuk karyawan baru. Anda tentunya tidak mau asal untuk mencari karyawan, jadi anda dapat memberikan peluang bagi keluarga atau teman, maupun orang yang sudah anda kenal untuk dilimpahi tanggung jawab tersebut.

Satu hal yang dapat menjadi motivasi, selalu memberikan layanan dengan ramah dan cermat, Terlebih jika memilih strategi jitu seperti contohnya,  memberikan bonus 1 x gratis pengisian air isi ulang setelah 9 x melakukan pengisian air isi ulang. Hal ini akan membuat konsumen merasa tertarik dan mendapatkan hak lebih. Belum lagi ditambah dengan kesetiaan yang secara tidak langsung akan terjalin dinamis. Semakin smart anda dalam memberi pelayanan, maka dengan sejajar kepercayaan konsumen akan anda dapatkan. Semoga membantu untuk langkah awal kesuksesan anda.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :
Kategori : Peluang Bisnis