Sponsors Link

7 Peran IPTEK Terhadap Perubahan Jenis dan Struktur Pasar

Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur di mana usaha menjual barang dan jasa untuk orang-orang dengan imbalan berupa uang. Dalam arti ekonomi, pasar seringkali diartikan sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi. Pasar mempunyai arti yang sangat penting bagi produsen dan juga konsumen yaitu untuk membantu memperlancar kegiatan penjualan dan pembelian hasil produksi untuk mempromosikan atau memperkenalkan barang, dan konsumen lebih mudah untuk memperoleh barang atau jasa yang dibutuhkan, apabila pasar luas maka konsumen akan lebih mudah mendapatkan barang atau jasa yang dibutuhkan.

Semakin berkembangnya IPTEK dan menjamurnya situs marketplace online dan aplikasi e-commarce memperlihatkan bagaimana IPTEK melesat jauh seiring dengan berkembangnya zaman. Mungkin dahulu, kita harus berbelanja langsung di pasar atau mendatangi supermarket secara langsung, tidak bisa praktis seperti sekarang ini, namun dengan semakin berkembangnya IPTEK, maka semua serba praktis, pembeli dan penjual tidak perlu lagi bertransaksi secara langsung. Semua berkat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pada pembahasan berikut ini kami akan membahas Peran IPTEK Terhadap Perubahan Jenis dan Struktur Pasar, kira-kira seberapa jauh Peran IPTEK Terhadap Perubahan Jenis dan Struktur Pasar. Berikut pembahasan lengkapnya.

  1. Tidak Perlu Menempuh Jarak Yang Jauh

Jarak antara pembeli dan penjual semakin bersahabat, padahal jarak mereka jauh misalnya penjual berada di Jakarta dan pembeli berada di Surabaya, namun dengan internet semua terasa mudah dan cepat. Pembeli dan penjual tidak perlu bertemu untuk bertransaksi secara langsung. Jadi lebih praktis kan.

  1. Jangkauan Pasar Semakin Luas

Jangkauan pasar dari produk yang ditawarkan oleh penjual juga semakin luas. Bayangkan saat ini orang lebih banyak berselanjar di dunia internet dan media sosial. Hampir setiap hari mereka membuka situs dan media sosial, jadi ini lebih berguna untuk perluasan pasar, untuk membuat masyarakat mengetahui produk kita lebih jauh lagi. Yang sebelumnya penjual hanya menjual produk atau barangnya di toko, namun perluasan pasar masih jauh dan hanya dikenal di daerahnya terdekat saja, kini dengan internet penjual sanggup membidik pasar secara luas hingga ke luar negeri.

  1. Memperluas Jaringan Usaha

Baik produsen maupun konsumen dari belahan dunia, tanpa batas negara dapat saling bermitra untuk bekerja sama memperluas aktivitas ekonominya. Misalnya pengusaha di Indonesia yang menjual barang-barang impor, maka bisa bekerja sama dengan e-commarce dari negara lain untuk menjadi mitranya, dengan kemajuan teknologi saat ini, maka pembeli dari Indonesia hanya tinggal memesan barangnya secara online, maka pihak e-commarce di luar negeri langsung memproses transaksi Anda dan mengirimkan barangnya sampai ke tujuan.

  1. Biaya Lebih Efisien

Interaksi antara penjual dan pembeli dengan kemajuan teknologi saat ini secara fisik tidak harus bertemu, sehingga mengurangi biaya transportasi. Penyediaan barang dan jasa, maka cukup upload gambar atau foto produk yang dijual, tidak perlu lagi membangun atau menyewa toko, selain itu tidak memerlukan banyak tenaga kerja lagi, karena pekerjaan lebih banyak menghabiskan waktu di depan komputer, dan bagi Anda yang bekerja sama dengan e-commarce, maka pihak e-commarce lah yang akan bekerja 24 jam nonstop.

  1. Memperkenalkan Perusahaan

Citra perusahaan merupakan persepsi yang direkam oleh konsumen, dengan kemajuan IPTEK saat ini, orang lebih banyak tahu perusahaan Anda lewat website perusahaan. Mereka bisa menemukan seputar informasi perusahaan Anda, barang apa yang dijual, layanan apa saja yang diberikan. Dengan internet lebih mempercepat berkembangnya citra perusahaan karena profil perusahaan tersebar di internet.

  1. Proses Transaksi Yang Mudah dan Simple

Dengan layanan internet, maka konsumen tidak perlu antre. Semua layanan lebih mudah. Anda cukup membuka smartphone Anda, segala proses transaksi juga lebih mudah dan simple dengan memanfaatkan layanan Mbanking.

  1. Mempermudah Memasarkan Produk

Informasi produk yang Anda jual lebih mudah menyebar ke seluruh dunia dengan internet. Jadi para konsumen sanggup dan gampang mengakses isu kapan dan di mana saja tentang produk yang Anda jual.

Dampak positif dari IPTEK adalah pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi, terjadinya industrialisasi, produktivitas dunia industri semakin meningkat, karena dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi lebih meningkat salah satunya teknologi industri. Di masa depan akan banyak teknologi baru yang memungkinkan perusahaan dan konsumen lebih mudah.

Tentunya anda bernah berbelanja online bukan? Pastinya pernah ya, karena saat ini sudah banyak perusahaan marketplace online yang menawarkan berbagai barang kebutuhan secara praktis hanya dengan mengklik barang pilihan Anda di aplikasi marketplace online tersebut. Kini berkat canggihnya teknologi internet saat ini, kita tidak perlu repot-repot lagi apabila ingin membeli sesuatu, tidak usah repot-repot pergi ke pasar atau bermacet-macet ria di jalan.

Belanja kini semakin lebih mudah, hanya dengan mendownload aplikasi marketplace online di Playstore, mencari barang apa yang kita butuhkan, kemudian pesan, dan membayarnya juga lebih mudah, bisa lewat Mbanking, ATM, atau minimarket, kemudian tinggal menunggu barang diantar sampai ke lokasi. Praktis sekali bukan?

Tahukah Anda bahwa aplikasi marketplace online yang Anda gunakan untuk berbelanja secara online itu termasuk e-commarce.  Apa itu e-commarce? E-commarce merupakan aktivitas transaksi jual beli online atau perdagangan dengan memanfaatkan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) khususnya internet. Berkat kemajuan internet, penjual dan pembeli sanggup bertemu di situs marketplace online atau aplikasi e-commarce. Karena itu, e-commarce di sini juga sanggup menjadi mediator antara penjual dan pembeli sampai terciptanya pasar di dunia maya.

Nah, dengan semakin berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) ini maka perubahan jenis dan struktur pasar kian maju dan mudah. Selain itu, mendorong semakin berkembangnya jenis pasar abnormal dengan fasilitas transaksi yang lebih mudah. Pembahasan kali ini mengenai Peran IPTEK Terhadap Perubahan Jenis dan Struktur Pasar sangat menarik untuk dibahas, ternyata begitu besar peran IPTEK sampai menghipnotis aspek hidup kita hingga ke jenis dan struktur pasar saat ini. Pelajaran dari ini semua, kita harus terus mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi terus menerus, karena semakin berkembangnya zaman, semakin maju teknologi saat ini.

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Bisnis Online