Sponsors Link

5 Tahapan Menentukan Ide dan Peluang Usaha

Tahapan menentukan ide dan peluang usaha, akan menjadi salah satu topik yang akan dibahas dalam kesempatan ini. Menjadi seorang pengusaha bisa jadi menjadi mimpi banyak orang disaat kesulitan mendapatkan pekerjaan banyak dirasakan terutama oleh kaum muda. Pengusaha menjadi salah satu pilihan untuk dapat menghasilkan pundi pundi kekayaan. Dan pastinya jika usaha yang ditekuni menjadi sukses besar maka menjadi milyader  di usia muda bukanlah hal yang sulit seperti  kelebihan dan kekurangan bisnis online.

Namun pada faktanya ada banyak sekali tantangan dan hambatan yang biasanya akan dihadapi oleh seorang pengusaha. Salah langkah saja maka usaha yang ditekuni bisa rugi atau bahkan gulung tikar. Faktanya hal tersebut banyak sekali terjadi dan dialami oleh banyak pelaku usaha. Oleh sebab itu membuat keputusan menjadi seorang pengusaha bukanlah hal yang mudah.

Selain mesti tahu resiko yang akan dihadapi tentunya memiliki ide dan memadukannya dengan peluang usaha yang pas merupakan salah satu prasyarat agar usaha yang digeluti dapat langgeng. Dan usaha tersebut tentunya sangat berbeda dengan cara investasi saham online. Contoh saja usaha usaha dengan nama brand besar yang masih tetap eksis hingga kini tentu dapat menjadi referensi. Namun dalam dunia usaha, kreatifitas dan inovasi adalah hal yang menjadi modal utama.

Nah berikut akan penulis informasikan mengenai Tahapan menentukan ide dan peluang usaha agar anda dapat tercetak menjadi pengusaha yang handal sebagaimana cara memulai bisnis baju tidur, yuk mari disimak.

1. Ketahui Kemampuan Anda

Hal pertama adalah anda harus mengetahui kemampuan dan sampai batas mana kemampuan yang anda miliki. Hal ini merupakan upaya untuk meredam sifat menggebu gebu yang biasanya identik dengan kaum muda. Dalam usaha sifat menggebu gebu juga dianggap tidak baik karena akan berujung pada perhitungan yang salah kaprah.

Tanyakan kepada diri anda apa saja hal yang benar benar anda kuasai, anda sukai atau bahkan anda susah miliki. Hal ini dapat menjadi sebuah modal gratis bagi anda, artinya anda tidak perlu lagi mencari cari kebisaan lewat kursus yang pada akhirnya akan memakan waktu lama. Karena bisa jadi apa yang ada di kepala anda juga sudah ada pada kepala orang lain, alhasil bisa saja ide fresh anda didahului oleh orang lain.

2. Cari Sesuatu yang sedang Trend

Trend memang sangat penting untuk diperhatikan, sebab hal inilah yang akan menjadi pemicu untuk dapat melahirkan sebuah ide yang akhirnya akan menjadi sebuah peluang usaha. Oleh sebab itu, maka pastikan anda benar benar tahu apa yang sedang menjadi trend saat ini atau sedang digandrungi di luar sana sebagai bisnis online yang menguntungkan.

Mau tidak mau anda harus mengikuti trend sebab jika tidak maka anda akan dianggap nyeleneh. Alhasil anak anak mudah yang menjadi pangsa pasar yang anda lirik mereka tidak akan tertarik. Sebab sudah menjadi sebuah kebiasaan bahwa sesuatu yang sedang trend pasti akan banyak dicari. Apalagi kecenderungan untuk mengikuti trend bagi masyarakat Indonesia adalah sebuah keharusan.

3. Beri Sentuhan Inovasi

Pastinya jika anda memiliki produk atau jasa sama dengan apa yang orang tawarkan tentu persaingan akan semakin tinggi. Sebaliknya jika produk atau jasa anda berbeda dengan apa yang dimiliki oleh orang lain, maka kemungkinan akan dilirik oleh para pembeli akan semakin besar. Apalagi jika produk anda dianggap unik dan mampu mewakili anak muda namun tetap perlu mengetahui kelemahan bisnis online..

Jadi jangan takut untuk berkreasi, sebab semakin anda kreatif maka apa yang akan anda hasilkan akan semakin berbeda dengan apa yang orang lain punya. Hal ini selain menjadi nilai tambah juga akan menjadikan ciri dari produk atau jasa yang anda miliki. Jika demikian maka para pembeli akan dapat mengingat produk anda.

4. Jangan Lupakan Riset Pasar

Hal yang sangat mendasar bagi sebuah usaha adalah riset pasar. Dengan melakukan hal ini maka ana akan mengetahui apa yang benar benar pasar inginkan dan butuhkan sehingga hal tersebut akan membantu anda untuk dapat menemukan ide baru dan melahirkan sebuah peluang bisnis yang pastinya hanya akan anda yang tahu.

Lakukan riset pasar dengan terjun langsung kelapangan melakukan observasi da juga wawancara dengan para pelaku pasar. Anda akan belajar dan juga banyak menambah pengalaman, sekaligus akan membantu anda untuk menambah banyak link dan pastinya akan sangat berguna dalam hal membantu relasi saat anda siap memulai usaha.

5. Ciptakan Produk Baru

Untuk mendapatkan peluang usaha yang baik maka anda harus menciptakan peluang tersebut sendiri. Caranya anda dengan membuat ide ide produk baru yang bahkan belum ada dipasaran, belum orang pikirkan namun memiliki manfaat yang sangat besar dan pada akhirnya dibutuhkan masyarakat. So pastinya kamu tidak akan memiliki pesaing, sebab hanya kamu yang memiliki produk tersebut.

Nah. Itulah tadi 5 Tahapan menentukan ide dan peluang usaha, semoga dapat bermanfaat.

, , , , , ,