Sponsors Link

5 Jenis Usaha Kuliner Paling Laku di Indonesia

Usaha kuliner memang tidak pernah ada matinya, karena manusia pasti membutuhkan makanan untuk mengembalikan lagi energinya. Nah, kira-kira di zaman sekarang ini usaha kuliner apa ya yang paling laris? Karena seperti yang kita tahu bahwa usaha kuliner dari masa ke masa selalu ada saja inovasinya. Bahkan di setiap daerah memiliki makanan khas masing-masing yang sangat menggoda lidah para wisatawan.

Kuliner juga dijadikan sebagai sumber rezeki bagi masyarakat sehingga masyarakat dapat berpenghasilan dari usaha kuliner tersebut. Pada dasarnya memang setiap orang jika membuka usaha kuliner berpotensi laku karena makanan menjadi kebutuhan setiap orang. Namun, tetap saja penyajian, target pasar, dan marketingnya harus diperhatikan demi mewujudkan usaha kuliner yang maju dan disenangi masyarakat.

Berikut ini kami akan informasikan bagi Anda 5 Jenis Usaha Kuliner Paling Laku di Indonesia. Pembahasan ini juga sangat cocok sekali bagi Anda yang baru saja ingin membuka bisnis kuliner atau ingin mengembangkan bisnis kuliner Anda dengan tambahan makanan-makanan berikut ini.

  1. Seblak

Bagi Anda yang tinggal di Jawa Barat, mungkin sudah tidak asing lagi dengan makanan yang dikenal sangat lezat jika dihidangkan super pedas. Seblak adalah kuliner khas jawa barat yang terbuat dari bahan dasar kerupuk sudah ada sejak tahun 2000an. Bahan baku kerupuk ini adalah kerupuk aci yang direbus kemudian ditumis dengan menggunakan bahan lainnya seperti kencur, cabe rawit, dan bahan penyedap lainnya.

Semakin kesini, jenis seblakpun beragam, bukan hanya seblak kerupuk saja namun juga terdapat berbagai toping lainnya seperti telur, sosis, bakso, macaroni, kwetiaw, dan lain sebagainya. Beragam toping serta level kepedesan membuat orang sangat menyukai seblak.

Karena masuk kedalam jenis usaha kuliner paling laku di Indonesia, membuat pertumbuhan penjualan seblak semakin meningkat karena kesukaan masyarakat dengan makanan ini. Bahkan di zaman yang sudah modern ini, terdapat seblak instan layaknya mie instan yang bisa Anda olah sendiri dirumah dengan toping dan bumbu yang ada di dalam kemasan.

Satu porsi seblak dihargai dengan bervariasi harga, tergantung dengan toping yang Anda inginkan. Harganya berkisar Rp 8.000 sampai dengan Rp 25.000.

  1. Bakso

Usaha kuliner yang paling laku selanjutnya adalah bakso. Pasti Anda suka melihat warung bakso di sepanjang jalan dan pasti ada saja tukang bakso. Makanan yang berbahan dasar terigu dan daging ini menjadi makanan yang digemari masyarakat. Di setiap daerah khususnya komplek perumahan atau pusat perbelanjaan pasti ada tukang bakso ini.

Bakso sendiri berasal dari China, yang dimana pedagang china dahulu yang menyebarluaskan resep pembuatan bakso ini. Pada awal mulanya daging yang digunakan ialah daging babi, namun karena tidak sesuai dengan kebudayaan Indonesia yang didominasi oleh masyarakat muslim jadilah bakso menggunakan daging sapi.

Harga yang dibanderol untuk bakso ini sangatlah bervariasi mulai dari harga Rp 15.000 sampai dengan Rp 30.000. Bakso ini juga terdapat banyak toping lainnya seperti mie, bihun, soun, sayuran, tahu, siomay, dan lain sebagainya. Kini usaha kuliner bakso masih sangat diminati oleh siapapun dengan sajian yang berbeda-beda.

  1. Aneka Gorengan

Usaha kuliner yang satu ini tidak usah ditanya ya, gorengan memang makanan yang disukai setiap orang. Bahkan rasanya makan itu harus ada gorengan sebagai lauk. Aneka gorengan seperti tahu isi, bakwan, cireng, tempe goreng, risol, pisang goreng, dan ubi goreng ini menjadi makanan yang paling laku di Indonesia. Bahkan jajanan gorengan ini sudah terkenal sejak dahulu. Aneka gorengan ini biasanya selalu ditemui di sepanjang jalan, pusat perbelanjaan, sekolah, kampus, komplek perumahan, dan berbagai tempat lainnya.

Hampir di setiap daerah selalu ada aneka gorengan, makanan ini selalu dicari karena harganya yang terjangkau dan enak, selain itu tidak perlu repot-repot masak sendiri, tinggal beli dan praktis pastinya. Sekalipun banyak kuliner luar negeri yang enak, pasti kuliner yang satu ini tidak kalah dari kuliner lainnya.

Di zaman modern ini bahkan beberapa pengusaha memodifikasi gorengan menjadi hidangan yang modern, mulai dari inovasi kemasannya, topingnya, dan berbagai inovasi lainnya yang membuat konsumen jadi tertarik. Aneka gorengan bahkan bukan hanya berada di lingkungan daerah saja, namun juga hadir ke tempat-tempat modern seperti restoran, hotel, café, dan tempat lainnya. Yang pasti harganya juga tidak sama dengan gorengan di pinggir komplek ya.

Harga gorengan ini bervariasi, namun biasanya harganya sama untuk segala jenis gorengan. Harga untuk gorengan berkisar Rp 1.000 – Rp 2.000.

  1. Roti Bakar

Berikutnya usaha kuliner yang paling laku di Indonesia ialah roti bakar, usaha ini tidak mengeluarkan banyak modal dan keahlian khusus karena siapapun pasti bisa melakukannya. Selain itu bahan bakunya juga mudah dicari. Anda bisa mencari supplier roti tawar yang bisa Anda ajak kerja sama. Roti bakar memiliki banyak variasi topingnya, seperti roti bakar isi selai, roti bakar isi telur, roti bakar isi sosis, dan berbagai varian toping lainnya.

Bahkan belakangan ini beberapa pengusaha membuat inovasi baru dengan mendesain kemasan dan tempat/outlet roti bakar menjadi menarik. Jadi para konsumen juga betah untuk makan roti bakar ditempat. Hal ini bisa menjadi masukan bagi pengusaha dengan membuat konsumen betah ditempat, seperti menyediakan Wi-Fi, musik, Tv digital untuk menunjang konsumen betah dan akan balik lagi.

Harga yang dibanderol untuk roti bakar ini bervariasi, mulai dari Rp 15.000 – Rp 25.000 tergantung dengan isi atau topingnya.

  1. Singkong Keju

Singkong ternyata menjadi kuliner yang difavoritkan masyarakat, apalagi jika singkong ini dibuat dengan varian rasa keju, wah makin mantap nih. Singkong keju bukan hanya jenis usaha kuliner yang paling laku namun juga unik, karena bentuk dan rasanya yang unik dank has. Selain itu bahannya juga mudah dicari. Harga singkong keju berkisar mulai ari Rp 10.000 sampai dengan Rp 20.000. bahan utamanya juga tidak sulit dicari, jadi bagi para pengusaha, usaha ini tidak memerlukan modal yang besar.

Demikian informasi 5 Jenis Usaha Kuliner Paling Laku di Indonesia. Semoga bermanfaat.

 

, ,
Oleh :
Kategori : Peluang Bisnis