15 Peluang Usaha Yang Menjanjikan Jangka Panjang

Apakah anda seorang calon pebisnis yang tengah mencari ide usaha? Jika ya, tentunya anda berharap menemukan bisnis yang tidak hanya menjanjikan keuntungan untuk masa kini, melainkan juga masa yang akan datang. Nah, kali ini kita akan membahas 15 peluang usaha yang menjanjikan jangka panjang. Apa saja? Mari kita simak bersama!

1. Bisnis Online

Jika anda adalah seorang pebisnis pemula yang sedang mencari ide bisnis jangka panjang, maka bisnis online yang menguntungkan tentunya yang dicari dan menjadi alternative yang layak untuk anda coba. Seiring perkembangan teknologi internet, anda dapat memilih ide bisnis baik yang bermodal minim bahkan bisnis online tanpa modal sekalipun dengan cara menjadi dropshipper tanpa modal.

2. Waralaba

Berikutnya, ada bisnis franchise alias waralaba. Ada banyak sekali jenis-jenis waralaba yang dapat anda pilih sesuai dengan minat dan besar modal yang anda miliki.

3. Web Designer

Web designer juga merupakan salah satu alternatif yang layak anda pertimbangkan. Sesuai namanya, anda bertugas mendesain sebuah website untuk berbagai keperluan, baik oleh perusahaan maupun perorangan. Jika anda memiliki bakat dan keahlian di bidang IT, maka anda dapat mencoba usaha ini.

4. Desain Grafis

Selain web designer, jasa desain grafis juga cukup digandrungi oleh para pebisnis pemula, khususnya yang berusia muda. Jasa desain grafis dibutuhkan banyak orang, mulai dari desain kaos hingga cover buku, company profile perusahaan, dan masih banyak lagi. Luasnya pangsa pasar untuk jasa ini membuatnya layak untuk anda pertimbangkan, terlebih jika anda memiliki keahlian di bidang desain grafis.

5. Digital Marketer

Di era perkembangan teknologi seperti sekarang, pemasaran door-to-door menjadi salah satu strategi yang usang dan perlu di upgrade ke ranah digital. Untuk menjadi seorang digital marketer, anda hanya perlu membuat setidaknya lima website dan mengisinya dengan konten-konten sehingga ramai pengunjung. Selanjutnya anda tinggal menawarkan layanan iklan melalui GoogleAds. Mudah, bukan?  

6. Warung Sembako

Bisnis ini ada di segala tempat. Namun siapa yang menyangka kalau bisnis ini memiliki peluang usaha yang punya prospek jangka panjang? Bahkan bisnis ini disebut sebagai salah satu usaha yang tidak pernah sepi pengunjung lantaran sembako merupakan kebutuhan utama masyarakat dari berbagai lapisan.

7. Toko Elektronik

Perkembangan teknologi yang demikian pesat dengan hadirnya fitur-fitur baru yang memudahkan pekerjaan manusia secara otomatis meningkatkan permintaan atas barang-barang elektronik, khususnya smartphone. Bisnis ini diprediksi akan bertahan dalam jangka panjang seiring perkembangan teknologi masih akan terus berlanjut.

8. Bisnis Properti

Bisnis properti meliputi sewa maupun jual-beli tanah, rumah, dan gedung, yakni aset yang harganya tidak pernah mengalami penurunan. Keuntungan bisnis properti tergolong besar. Hanya dengan menjadi makelar saja anda berhak mendapatkan komisi paling kecil 2% dari harga jual aset properti yang anda jual. Ingin mencoba?

9. Travel

Tingkat stress yang tinggi menjadikan bisnis travel ramai peminat. Mulai dari berwisata lokal hingga mancanegara, banyak orang lebih mempercayakan rencana liburan pada agen-agen travel. Kendati bisnis ini memerlukan banyak relasi dan modal yang tidak sedikit, namun bisnis ini diprediksi akan bertahan hingga jangka panjang. Terlebih, jika agen travel anda sering mendapat komentar positif dari para pelanggan.

10. Bimbingan Belajar

Jika anda senang mengajar dan memiliki pemahaman cukup di bidang akademis, maka anda dapat mencoba mendirikan bimbingan belajar. Modal yang anda butuhkan tidak banyak, namun keuntungan yang anda dapatkan per hari bisa mencapai ratusan ribu bahkan jutaan rupiah.

11. Kuliner

Apakah anda memiliki hobi memasak atau memiliki passion di bidang kuliner? Jika ya, kenapa anda tidak mencoba bisnis kuliner? Bisnis ini menjanjikan keuntungan jangka panjang, bahkan tidak sedikit bisnis kuliner yang tetap ada hingga turun-menurun. Apakah anda berminat? Anda dapat mulai mencari referensi beberapa jenis usaha kuliner paling laku dan mencoba berbagai resep makanan.

12. Bengkel Motor

Motor merupakan moda transportasi yang paling banyak dan umum digunakan oleh masyarakat. Karena itulah, bengkel motor merupakan bisnis yang dibutuhkan guna memelihara setiap komponen yang ada pada motor agar tetap dapat digunakan untuk waktu yang lama. Luasnya pangsa pasar menjadikan peluang bisnis bengkel motor terlihat menjanjikan, terutama dalam jangka panjang.

13. Bahan Material Bangunan

Pembangunan merupakan salah satu aspek kebutuhan manusia. Untuk melakukannya, kita tentunya memerlukan beberapa material yang tidak dijual di sembarang toko, melainkan hanya di toko bahan material bangunan. Bisnis ini tergolong jarang diminati, namun justru karena alasan tersebut para pemilik toko bahan material bangunan bisa  cepat balik modal dan mendapatkan keuntungan berlimpah.

14. Toko Bunga

Penggunaan bunga sebagai simbol ucapan resmi untuk pembukaan gedung, mengawali bisnis baru, ucapan selamat, hingga ungkapan belasungkawa, menjadikan toko bunga memiliki potensi menghasilkan keuntungan dan mampu bertahan dalam jangka panjang. Apakah anda tertarik untuk mencoba?

15. Jasa Printing

Jasa printing banyak dibutuhkan khususnya oleh para siswa dan mahasiswa. Keuntungan bisnis ini sebenarnya tergolong cukup besar, namun modal yang dibutuhkan pun tidak sedikit, tergantung jenis usaha printing seperti apa yang sesuai dengan keinginan anda, apakah jasa printing untuk dokumen atau print banner.

Semoga bermanfaat!