6 Peluang Usaha Yang Masih Jarang Tapi Menguntungkan

Ada beragam strategi yang dapat dilakukan oleh para pengusaha agar bisnisnya berjalan dengan baik dan tentunya menghasilkan keuntungan, mulai dari mendesain produk seunik mungkin baik dari segi nama hingga kemasan, menjual produk dengan harga lebih murah dibanding para pesaing (low-cost strategy), bahkan memperluas ceruk pasar melalui kegiatan promosi.

Namun, selain beberapa strategi tersebut, masih ada satu strategi yang juga dikenal sebagai senjata rahasia para pengusaha, yakni mencari jenis usaha yang jarang tapi dibutuhkan oleh konsumen. Dengan demikian maka para pengusaha yang menjalankan bisnis tersebut dapat meminimalisir persaingan. Sementara minimnya persaingan akan berdampak pada besar keuntungan yang mungkin diperoleh.

Nah, berikut ini kita akan membahas enam peluang usaha yang menjanjikan dengan modal kecil yang masih jarang tapi menguntungkan karena sebenarnya dibutuhkan oleh banyak orang. Apa saja? Mari kita simak bersama!

1. Desain Grafis

Jasa desain grafis sebenarnya memiliki peluang pasar yang sangat lebar karena banyak dibutuhkan orang. Mulai dari desain kaos, jaket, hingga logo perusahaan, kartu nama, booth, poster, dan sebagainya. Sayangnya, desain grafis merupakan jenis profesi yang tak dapat dilakukan oleh sembarang orang. Jika anda tergolong orang yang memiliki keahlian di bidang desain grafis, maka anda patut bersyukur karena anda berkesempatan untuk menjalankan bisnis dan memperoleh penghasilan dari bidang ini.

2. Jual Foto Secara Online

Pernahkah anda terpikir darimana asalnya suatu gambar yang muncul dalam situs pencarian? Foto-foto tersebut merupakan hasil jepretan para fotografer yang kemudian dipublikasikan secara online pada beberapa situs sosial media. Karena itu tak jarang beberapa foto berlabel copyright yang artinya tidak dapat diunduh secara gratis.

Nah bagi anda yang memiliki hobi fotografi, anda pun dapat menghasilkan uang dari hasil jepretan anda dengan cara ini. Caranya mudah, anda tinggal mendaftar pada beberapa situs seperti shutterstock.com atau istockphoto.com lalu upload foto hasil jepretan anda disana.

3. Bisnis Pengolahan Kopi

Maraknya tren minum kopi, terutama di kalangan generasi muda, bukan saja menjadikan bisnis kedai kopi dan café jadi ramai pengunjung melainkan juga meramaikan pengguna bisnis pengolahan kopi, baik kedai-kedai kopi dan café maupun perorangan alias penikmat kopi. Sesuai namanya, bisnis pengolahan kopi merupakan usaha yang kegiatan operasionalnya mengolah biji-biji kopi untuk dijadikan bubuk kopi.

Uniknya, bisnis pengolahan kopi termasuk salah satu peluang bisnis yang belum banyak pesaing, padahal permintaan kopi cukup besar. Jika anda berminat, anda setidaknya perlu menyiapkan modal awal sebesar 5 juta rupiah serta biaya pengeluaran rutin rata-rata 15 juta per bulan, dan anda berkesempatan memperoleh omset sebesar 30 juta per bulan. Cukup menjanjikan, bukan?

4. Bisnis Food Truck

Para pemilik bisnis kuliner modal kecil atau besar tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya food truck. Food truck atau truk makanan merupakan salah satu media berjualan yang sedang tren saat ini. Penggunaan food truck pada bisnis kuliner dinilai cukup signifikan dalam mengurangi biaya sewa dan modifikasi bangunan yang umumnya mencapai 600 juta menjadi sekitar 150 juta. Hal ini dapat menjadi salah satu tips usaha kuliner untuk pemula.

Seiring dengan maraknya bisnis kuliner yang menggunakan food truck, maka permintaan food truck sendiri akan mengalami peningkatan. Untuk memulai bisnis penyedia food truck memang diperlukan biaya yang tidak sedikit, namun potensi keuntungan yang anda peroleh terbilang besar dan menjanjikan. Selain itu, bisnis penyedia food truck juga belum terlalu banyak pesaing, apalagi jika di kota-kota kecil. Jadi, apakah anda tertarik mencoba?

5. Toko Bunga

Bunga selalu identik dengan ucapan. Karena itulah banyak orang yang menganggap bahwa toko bunga hanya ramai permintaan pada musim-musim tertentu. Padahal penggunaan bunga sebagai media ucapan cukup luas, baik ucapan selamat atas pembukaan gedung baru, pembukaan bisnis baru (grand opening), wisuda / kelulusan, ulang tahun, hingga ucapan dukacita.

Harga karangan bunga yang dibuat oleh toko-toko bunga paling murah berada pada kisaran 500 ribu rupiah, dan potensi omzet per bulan toko bunga umumnya sekitar 6 juta rupiah. Padahal modal yang dibutuhkan untuk membuka toko bunga, tidak termasuk sewa tempat, hanya berkisar antara 3 sampai 5 juta rupiah. Bisnis toko bunga juga tergolong minim pesaing, karena tidak semua orang memiliki keahlian dalam merangkai bunga.

6. Salon Muslimah

Keberadaan produk-produk keperluan muslimah seperti hijab, pakaian muslim, dan produk perawatan seolah tidak cukup, hingga kini muncul peluang bisnis baru, yakni salon muslimah. Meskipun salon ini berlabel muslimah, namun ada beberapa yang memperbolehkan anda yang tidak beragama muslim untuk mencoba layanan yang disediakan.

Keuntungan yang ditawarkan oleh layanan salon muslimah ialah tidak adanya karyawan laki-laki. Sehingga anda para perempuan, khususnya yang berhijab, dapat bebas melakukan perawatan tubuh tanpa khawatir ada yang melihat aurat anda. Bisnis ini pun keberadaannya masih cukup jarang.

Itulah enam peluang usaha yang masih jarang tapi menguntungkan. Apakah anda tertarik mencoba salah satunya?