5 Jenis Usaha Yang Menghasilkan Uang Harian

Diantara banyaknya ide bisnis rumahan modal kecil yang terlintas dalam benak anda, tentunya anda berharap adanya suatu bisnis yang cepat balik modal. Ada beberapa alternatif cara yang dapat anda pilih untuk mencapai tujuan tersebut, seperti mencari peluang usaha dengan modal kecil atau peluang usaha yang memiliki prospek jangka panjang. Lima jenis usaha yang akan dibahas berikut memiliki potensi menghasilkan uang harian sebagai tambahan pendapatan anda. Apa saja? Mari kita simak!

1. Pulsa Elektrik

Pada era modern seperti sekarang, keberadaan smartphone atau ponsel pintar telah menjelma menjadi satu dari sekian kebutuhan primer dalam kehidupan masyarakat. Hal tersebut memicu kemunculan beberapa peluang bisnis, salah satunya jual-beli pulsa elektrik. Sebagaimana kita ketahui, smartphone secanggih apapun tidak akan berfungsi dengan baik tanpa adanya pulsa elektrik. Selain itu, pulsa elektrik juga membantu kita untuk tetap terhubung dengan layanan internet yang disediakan oleh provider.  Dari sinilah terbentuk pangsa pasar bagi para pengusaha yang menjual pulsa elektrik.

Beberapa alasan memilih bisnis ini antara lain:

  • Mudah dijalankan oleh seluruh lapisan masyarakat dari berbagai usia, dan cocok bagi para pemula
  • Besar keuntungan tetap
  • Pangsa pasar yang luas, sehingga mungkin sekali bagi anda memperoleh keuntungan setiap hari

Apakah anda tertarik untuk mencoba?

2. Menu Sarapan

Apakah anda gemar memasak? Jika ya, menjual menu sarapan mungkin bisa jadi ide bisnis yang cocok untuk anda. Karena alasan kesibukan dan tidak ada waktu, tidak sedikit orang yang lebih memilih untuk membeli sarapan di luar daripada memasak sendiri. Nah dengan menargetkan orang-orang yang memiliki kebiasaan seperti itu, maka anda dapat membuka usaha berjualan menu sarapan.

Tidak perlu modal besar, anda cukup mengalihfungsikan kendaraan atau teras depan rumah anda sebagai tempat berjualan. Anda juga tidak perlu memasak dalam jumlah besar, namun setidaknya pastikan masakan anda berada dalam kondisi baik walau dikonsumsi saat makan siang sekalipun. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa jenis menu yang akan dijual seperti roti sandwich atau beragam olahan nasi yang cocok dikonsumsi di pagi hari seperti nasi goreng, nasi campur, nasi pecel, dan lain-lain. Sebelum memulai bisnis ini, ada baiknya jika anda menambah wawasan anda tentang jenis usaha kuliner dan cara membuka usaha kuliner.

3. Jual Foto di Internet

Apakah anda tipikal orang yang memiliki hobi di bidang fotografi? Jika ya, maka inilah saatnya bagi anda menjadikan hobi sebagai sumber penghasilan tambahan. Anda dapat memotret pemandangan di sekitar anda sebagus mungkin lalu mengupload ke laman penjualan foto seperti lstockphoto.com atau shutterstock.com. Dengan demikian anda berkesempatan untuk mendapatkan komisi dalam kisaran 15 sampai 30 persen per foto. Oh ya, jangan lupa membuat akun Paypal karena komisi biasanya dikirimkan melalui Paypal.

4. Penerjemah Bahasa

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang diakui dan digunakan secara global. Karena itu, tidak salah jika beberapa perusahaan mengharuskan karyawan untuk dapat fasih berbahasa Inggris. Profesi yang satu ini berkaitan dengan keahlian berbahasa seseorang. Tidak harus bahasa Inggris, namun jika anda merasa memiliki keahlian berbahasa asing maka anda sudah memiliki modal utama dalam menjalankan bisnis ini. Ya, sebagai seorang penerjemah bahasa.

Jasa penerjemah bahasa banyak dibutuhkan orang apalagi saat menulis jurnal ilmiah, abstrak untuk skripsi dan karya ilmiah, artikel, bahkan beberapa dokumen penting lainnya. Anda dapat menemukan orang-orang yang membutuhkan jasa ini melalui situs-situs pekerja paruh waktu seperti Freelancer.co.id, Sribulance.com, dan Projects.co.id. Tarif untuk bisnis penerjemah saat ini berada pada kisaran Rp 50 per kata. Jadi jika anda diminta menerjemahkan suatu dokumen sebanyak 500 kata, anda akan memperoleh Rp 25.000. Apabila anda dapat menerjemahkan sebanyak 10 halaman masing-masing 500 kata, maka anda dapat memperoleh pendapatan sebesar Rp. 250.000 per hari. Lumayan bukan?

5. Desain Grafis

Apakah anda memiliki bakat dalam bidang desain grafis? Jika ya, anda dapat memanfaatkan bakat tersebut sebagai sumber penghasilan tambahan. Sama seperti halnya penerjemah bahasa, tidak semua orang memiliki keahlian di bidang desain grafis. Sementara jasa desain grafis banyak digunakan untuk membuat logo perusahaan, kartu nama, maskot, poster, booth atau stan berjualan, dan lain-lain. Dengan demikian, usaha ini memiliki pangsa pasar yang luas.

Masalahnya, bagaimana anda dapat menemukan klien anda? Jangan khawatir, anda dapat memanfaatkan situs-situs yang menawarkan pekerja lepas. Jika anda memiliki akun Paypal sebagai media pembayaran maka anda juga dapat menggunakan situs-situs internasional yang sudah terkenal. Anda berkesempatan mendapatkan uang harian sebagai pendapatan asalkan anda dapat mengerjakan permintaan klien dalam jangka waktu singkat.

Nah, itulah lima jenis usaha yang menghasilkan uang harian yang dapat anda jadikan referensi. Apakah anda sudah menemukan ide usaha yang sesuai dengan keahlian anda? Semoga artikel ini bermanfaat.